Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cook-­it-­Yourself: Homemade Raviolo alla Fornarina by Luca Pezzera

Cook-­it-­Yourself: Homemade Raviolo alla Fornarina by Luca Pezzera

Bagi seorang Luca Pezzera, makanan Italia, di negara asalanya adalah hidangan yang sederhana namun mementingkan kesegaran dan kualitas bahan masakan. Ingin Anda juga menikmati kelezatan hidangan otentik Italia untuk para pembaca Bazaar, chef yang kini bertanggung jawab di Caffe Milano Jakarta ini membagi resep salah satu hidangan andalannya yakni Raviolo alla Fornarina.

Bahan-bahan:
80 gr adonan pasta
80 gr bayam segar
50 gr ricotta cheese
20 gr parmesan cheese
20 gr mentega unsalted
1 buah telur
3 gr daun sage
1 gr garam
1 gr merica

Isian:
Rebus daun bayam, kemudiah sisihkan dan biarkan dingin. Setelah itu remas dan cincang kasar daun bayam tersebut. Taruh dalam mangkuk lalu tambahkan ricotta cheese, keju parmesan, merica dan garam. Campur semua hingga merata dan sisihkan.

Cara pembuatan
Dengan menggunakan mesin pasta, roll adonan pasta hingga ketebalan mencapai 2mm. Buat dua lapisan. Hamparkan lapisan pertama di atas meja, taruh isian yang telah siap di atasnya. Buat lubang di tengah isian, kemudian isi dengan telur. Tutup dengan lapisan kedua, dan rapatkan dengan egg wash.
Rapihkan raviolo yang telah Anda buat dengan ring cutter yang berdiameter 12 cm. Rebus raviolo tersebut. Sementara menunggu matang, taruh mentega di atas wajan yang telah panas, dan taburi dengan daun sage yang telah dicuci bersih, aduk hingga merata.

Angkat raviolo yang telah matang dan tiriskan. Setelah dingin, sajikan di piring kemudian taburi dengan sisa keju parmesan serta siram dengan mentega cair yang telah dicampur dengan sage. Terakhir taburi dengan parutan keju parmesan.

(Daniar Cikita. Foto: Ganang Arfiardi)