Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bagaimana Bisa Tas Puzzle Lansiran Loewe Menyandang Status 'It Bag'?

Bagaimana bisa desain yang terinspirasi dari origami ini berhasil mendapatkan status tas 'It' dalam waktu kurang dari satu dekade.

Bagaimana Bisa Tas Puzzle Lansiran Loewe Menyandang Status 'It Bag'?
Courtesy of Bazaar UK

'Flat pack' biasanya mengacu kepada gambaran unit rak tanpa nyawa, bukan barang mewah. Namun, pada tahun 2015, satu tas yang sederhana namun dirancang dengan sempurna mengubahnya. Kita berbicara tentang Loewe model Puzzle, tas berbentuk kubus yang elegan, fungsional, dan dapat dilipat. Tetapi, tidak mungkin Anda mau tas Puzzle tetap seperti itu dalam waktu yang lama; garis geometrisnya jauh lebih menawan dalam 3D.

BACA JUGA: Simak Proses Subtil di balik Pembuatan Koleksi Kolaborasi Loewe dan My Neighbor Totoro

Tas Puzzle merupakan hasil karya dari Direktur Kreatif Loewe, Jonathan Anderson. Sebagai desain tas pertamanya untuk rumah mode tersebut, mengingat Loewe belum merilis bentuk tas baru sejak tahun 1980-an, tas itu harus istimewa.

“Saya berusaha mencari cara baru untuk membuat tas, yang pada dasarnya mempertanyakan strukturnya,” ucap Jonathan. “Itu tentang mendekonstruksi tas konvensional untuk membuat objek datar dengan fungsi tiga dimensi.”

Loewe Puzzle
Courtesy of Bazaar UK

Loewe Puzzle
Courtesy of Bazaar UK

Loewe Puzzle
Courtesy of Bazaar UK

Loewe Puzzle
Courtesy of Bazaar UK

Loewe Puzzle
Courtesy of Bazaar UK

Loewe Puzzle
Courtesy of Bazaar UK

Loewe Puzzle
Courtesy of Bazaar UK

Loewe Puzzle
Courtesy of Bazaar UK

Kreasi inovatif Jonathan, dalam semua kemegahan tiga dimensinya, diresmikan pada presentasi Loewe SS15 koleksi pria dan dimasukkan ke dalam koleksi wanita saat diluncurkan. Dengan garis-garis tajam dan struktur lembutnya, tas Puzzle terasa maskulin dan juga feminin. Itulah perpaduan yang kami harapkan dari desainer Irlandia Utara tersebut, baik dalam karyanya untuk Loewe maupun untuk labelnya sendiri.

Tas Loewe Puzzle

Courtesy of Bazaar UK

Ini bukan hanya tas yang terlihat bagus. Volumenya yang luas benar-benar praktis, strukturnya yang seperti origami merupakan keahlian yang luar biasa. Setiap Puzzle dibuat secara handmade di Madrid, dari 75 potong kulit terpisah dan membutuhkan waktu sembilan jam, dan lebih dari 500 tindakan terpisah, termasuk pemotongan yang tepat, penjahitan tangan, dan pengecatan untuk menyelesaikannya. Ini adalah penghormatan Jonathan terhadap warisan Loewe; perusahaan Spanyol yang dimulai pada tahun 1846 sebagai bengkel dan kolektif yang didedikasikan untuk barang-barang kulit.

“Sebagai sebuah rumah mode, kita fokus pada kerajinan dalam arti kata yang paling murni,” katanya. “Di sinilah letak modernitas kita, dan itu akan selalu relevan.”

Loewe
Courtesy of Bazaar UK

Jonathan terbukti benar. Hanya dalam delapan tahun, Puzzle telah mengambil kedudukan tak tergoyahkan di dalam capsule wardrobe, menjadi handbag ikonis, di samping Fendi Baguette dan Dior Saddle. Dalam warna hitam, cokelat, atau krem, ini merupakan pelengkap yang tenang untuk tampilan monokrom. Hal ini ditunjukkan oleh para influencer, termasuk Jessica Skye dan Hannah Crosskey, dimana keduanya mendukung estetika minimal.

Hannah Crosskey
Courtesy of @hannahcrosskey Instagram

Hannah Crosskey
Courtesy of @hannahcrosskey Instagram

Hannah Crosskey
Courtesy of @hannahcrosskey Instagram

Hannah Crosskey
Courtesy of @hannahcrosskey Instagram

Tas Puzzle juga bisa mencolok, dalam warna kacang-hijau atau bunga matahari kuning. Dua warna tersebut merupakan warna musim baru, terinspirasi oleh glasir monokrom keramik Cina kuno, terutama jika disertai dengan tali pengikat berlogo yang serasi. Tonal patchwork kreasi Loewe juga diulang musim demi musim, dalam warna netral dan pastel serta warna-warna primer yang ‘bertabrakan’.

Beyoncé dan Kate Bosworth sama-sama terlah terlihat difoto dengan versi pink.

Loewe

Courtesy of Bazaar UK

Khususnya, tas ikonis Loewe tersebut dapat dipakai dalam lima cara: sebagai tas bahu, diselempangkan di badan, dijinjing, atau sebagai clutch (diperlebar atau dilipat rata). Mereka yang mencari personalisasi lebih lanjut dapat mengganti tali panjang asli tas dengan sesuatu yang lebih menarik, misalnya jacquard Anagram atau rantai berwarna cerah, serta menambahkan charm atau kantong berbentuk binatang.

Terlepas dari dekorasinya, fungsi indah Puzzle tetap utuh. Bahkan ukuran Mini dan Small cukup lapang untuk ponsel, kotak kacamata hitam, dan dompet. Sedangkan, ukuran medium aslinya cukup besar untuk semua hal di atas, ditambah buku tulis dan botol air.

Loewe Puzzle
Courtesy of Bazaar UK

Ingin Puzzle yang bisa muat bak cuci piring (atau setidaknya, laptop)? Anda harus menunggu hingga Juni untuk peluncuran tas Puzzle berukuran besar dari Loewe.

Gaya baru musim Fall/Winter 2023 yang telah memicu hasrat di Instagram brand tersebut, dan mengikuti tren yang lebih luas untuk tas XL. Sementara itu, Anda dapat melihat-lihat variasi lain dari orisinal yang ikonis, termasuk Puzzle Hobo, tas bahu ramping yang juga tersedia dalam kedok 'Puffer' yang licin, dan bumbag Mini Puzzle.

Loewe Studio Ghibli

Courtesy of Bazaar UK

Seperti banyak dari ikon lemari pakaian ini, tas Puzzle telah diperlakukan sebagai kanvas kosong untuk kreasi artistik. Edisi khusus hadir dengan lukisan flora dan tumbuhan dari imajinasi seniman, termasuk Joe Brainard dan Ken Price. Dan, tentu saja, ada tiga koleksi Studio Ghibli Loewe. Masing-masing koleksi terinspirasi oleh film ikonis dari studio animasi Jepang, dan berisi Puzzle yang dirancang khusus. Koleksi ketiga dan terakhir merayakan Howl's Moving Castle, dengan Calcifer, iblis api yang ada di film tersebut, muncul di sisi tas Puzzle dan tali jacquard mereka.

Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa Puzzle itu luar biasa dalam semua dimensi, mau itu dalam 2D, 3D, dan juga di dunia fantastik Ghibli.

BACA JUGA: 

Loewe Rilis Koleksi Terbaru yang Ramah Lingkungan
Loewe Presentasikan Eksperimen Sensualitas pada Koleksi Busana Wanita Spring/Summer 2022

(Penulis: Natalie Hughes; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)