Setelah mengumumkan kolaborasinya di media sosial beberapa saat lalu, akhirnya para penggemar Loewe dapat melihat koleksi terbaru rumah mode tersebut yang berkolaborasi dengan mahakarya Hayao Miyazaki di tahun 1988 berjudul My Neighbor Totoro.
Untuk koleksi kapsul kali ini, Loewe menghadirkan koleksi ready-to-wear seperti kaus, hoodie, alas kaki, aksesori, dan tentunya tas ikonis kebanggaan Loewe. Pada koleksi yang resmi dirilis di tanggal 8 Januari ini, Anda dapat melihat kehadiran karakter yang ada di dalam film tersebut.
Bukan hanya kehadiran Totoro dan teman-temannya yang menghiasi koleksi terbaru dari Loewe ini, namun juga lanskap fantasi yang mereka tinggali. Visual ini dipindahi dalam sebuah cetakan.
Lalu dikembangkan lagi dengan cetakan all over print yang kemudian dipotong dengan laser, dan dibersihkan untuk menghilangkan aroma tak sedap dari proses pembakaran.
Perlu diketahui, guna menghasilkan efek yang berkilau, kulit yang digunakan untuk proses seperti ini harus dipilih secara teliti.
Sesudah setiap bagian dari gambar Totoro siap untuk disatukan, para pengrajin menggunakan alat khusus untuk memotong setiap bagiannya. Semua potongan dari desain tersebut harus memiliki ketebalan yang sama untuk proses pengerjaan patchwork yang sangat halus. Selain presisi, para pengrajin juga membutuhkan kesabaran yang tinggi selagi mengerjakannya.
Lanjut ke tahap berikutnya, di mana para pengrajin sudah bisa menggabungkan siluet dan detail potongan layaknya mengerjakan permainan puzzle.
Agar para penggemar Loewe dan juga My Neighbor Totoro mendapatkan hasil yang paripurna, di sini setiap craftsman harus memberikan perhatian penuh untuk memastikan bahwa kualitas dan setiap tahap prosesnya berlangsung secara mulus.
Proses ini juga dikenal dengan nama leather marquetry. Teknik ini adalah sebuah perpaduan antara keahlian dan teknologi yang membuahi hasil yang indah, seperti kehadiran Totoro dan the mischievous dust bunies di gaya berpakaian Anda.
Sebagai creative director di balik label Loewe, Jonathan Anderson mengungkapkan alasan di balik kolaborasinya dengan film yang menjadi simbol dari Studio Ghibli tersebut, “menyatu dengan alam dan inner child diri sendiri adalah hal yang sangat penting saat ini, dan menurut saya akan selalu begitu.”
Selain hadir dalam bentuk ready-to-wear dan juga tas Loewe, karakter dengan tampilan menggemaskan ini juga hadir menghiasi card holder, dompet, casing smartphone, hingga gantungan kunci.