Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Perwakilan Indonesia di Berlinale Talents 2023: Asmara Abigail

Definisi pepatah “third time’s a charm” yang diartikan secara harfiah oleh aktris Tanah Air satu ini.

Perwakilan Indonesia di Berlinale Talents 2023: Asmara Abigail
Asmara Abigail untuk Harper's Bazaar Indonesia; difoto oleh Saeffie Adjie Badas

Asmara Abigail datang membawa kabar baik.

Dirinya berhasil lolos seleksi ke jajaran Berlinale Talents 2023. Kabar menyenangkan ini datang di awal tahun 2023, tidak lama setelah Bazaar mengobrol santai dengannya, tepatnya di Brunch with Dave Hendrik. Mungkin judul Brunch with Dave Hendrik kurang tepat, ya? Harusnya kesempatan ketiga! (Bercanda, BAZties!)

Tonton lagi episode Brunch with Dave Hendrik bersama Asmara Abigail di bawah ini:

Kesempatan yang dibicarakan oleh Asmara kala itu mengarah pada kesehariannya, hubungan romansa, dan juga web series berjudul Dapur Napi yang bercerita tentang kesempatan kedua untuk para mantan narapidana. 

Jadi, apa yang saya maksud dengan kesempatan ketiga? Peluangnya berpartisipasi di Berlinale Talents 2023. Aktris yang akrab disapa Abi ini berhasil terseleksi dari 3,295 kandidat dari 125 negara. Terlebih lagi, ia menjadi satu-satunya dari Indonesia (dari total 204 kandidat yang lolos). Bangga? Ya, pasti. Bazaar pun demikian.

Garin Nugroho dan Asmara Abigail
Garin Nugroho dan Asmara Abigail untuk Harper's Bazaar Indonesia; difoto oleh Saeffie Adjie Badas

Tentu tidak mudah untuk berhasil masuk ke program ini. Asmara sendiri mencoba lebih dari satu kali. “Aku apply 2020 untuk program 2021, ditolak. Apply 2021 untuk program 2022 ditolak. Ini apply 2022 untuk program 2023, diterima,” jelas Asmara yang sempat menjadi Guest Editor untuk Bazaar Indonesia - Youth Issue, tahun 2020 silam, pada saya lewat chat. 

Asmara Abigail
Asmara Abigail di laman resmi Berlinale Talents 2023

“Pertama kali aku tahu tentang Berlinale Talents, dan berniat untuk daftar itu tahun 2016, untuk program tahun 2017. Namun, belum ada portofolio yang kuat untuk apply. Jadi, dengan seiring berjalannya waktu, dan dari tahun 2020 sampai 2022, saya terus daftar sampai tiga kali,” lanjut sang aktris.

Berlinale Talents adalah program pengembangan bakat yang mengeksplorasi proses serta tujuan dibuatnya sebuah film. Tepat sejak dua dekade lalu, agenda ini berkembang menjadi forum unik untuk para profesional, pencinta film, sekaligus sineas untuk berkumpul. Banyak yang terjadi di bawah payung Berlinale Talents ini, seperti diskusi publik, discipline-specific workshops, project development labs, dan tentu saja, networking.

Sejak 2003, Berlinale Talents menjadi tempat berkumpulnya para pelaku kreatif, terutama di lanskap film. Coba bayangkan kesempatan melebarkan sayap Anda di depan sutradara, aktor, screen writer, hingga kritikus film dari berbagai negara. Siapa yang tidak mau?

Garin Nugroho dan Asmara Abigail
Garin Nugroho dan Asmara Abigail untuk Harper's Bazaar Indonesia; difoto oleh Saeffie Adjie Badas

Tahun ini menjadi Berlinale Talents yang ke-21. Tema tahun ini berpusat salah satu sifat dasar manusia, humor. Secara detail, tema itu berbunyi You Must Be Joking: Humour In Serious Times. 

Nantinya, Asmara akan berada di Berlin selama enam hari, tepatnya 18 hingga 23 Febuari. Di sini, ia akan berpartisipasi sebagai aktor dalam program Acting Studio. Tak hanya mengasah kemampuannya melakukan seni peran, Asmara juga akan bertemu dengan Honor Swinton Byrne dari film The Souvenir yang berpartisipasi sebagai salah satu juri Berlinale Talents. 

Salah satu program yang menjadi sorotan adalah sesi obrolan bersama Todd Field, Cate Blanchett, Nina Hoss, dan Hildu Guðnadóttir di teater HAU Hebbel am Ufer. Tepatnya di 23 Febuari 2023. Keempatnya terlibat di film yang hangat menjadi buah bibir saat ini, Tár. 

Tentu ada keistimewaan menjadi yang terpilih di Berlinale Talents. Asmara menjadi salah satu orang pertama yang akan menyaksikan film pendek karya Todd Field bertajuk The Fundraiser. 

Lantas, apa yang membuat Asmara gigih mencoba terus untuk masuk ke Berlinale Talents sejak tahun 2016? "Berlinale Talents bisa lihat perkembangan aku secara profesional sebagai aktor bahwa portofolio kian bertambah. Makanya sampai mereka highlight di e-mail tentang performance aku di Stone Turtle.” Berikut potongan dari e-mail tersebut:

Asmara Abigail, Berlinale Talents 2023
Potongan e-mail Asmara Abigail dari pihak Berlinale Talents

Dari lubuk hati yang paling dalam, good luck, Abi! We are rooting for you!

BACA LAGI:
5 Menit Bersama Asmara Abigail
Asmara Abigail Masuk Nominasi Best Actress di Locarno Film Festival Ke-75

Portofolio ini:
Editor Fashion: Gusti Aditya
Busana: Tangan, Lulu Lutfi Labibi (pada Asmara Abigail), Cipta Busana Martha Tilaar (pada Garin Nugroho)
Makeup & hair: Claudia Christiani
Retoucher: Astis Abiprasiasti
Asisten stylist: Elizabeth Michelle

(Foto: Dok. Harper’s Bazaar Indonesia, courtesy of Asmara Abigail)