Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Simak Panduan Lengkap Mengenai Investasi Terhadap Jam Tangan Mewah

Semua yang perlu Anda ketahui untuk membantu mencari sebuah jam tangan yang sempurna.

Simak Panduan Lengkap Mengenai Investasi Terhadap Jam Tangan Mewah
Courtesy of BAZAAR UK

Ah, horologi. Dunia yang memesona, penuh dengan keahlian yang luar biasa, sejarah yang menarik, dan gaya yang luar biasa. Maksud saya, industri lain mana yang dapat memiliki hubungan dengan perlombaan luar angkasa, Olimpiade, pacuan kuda, dan adibusana yang memusingkan?

Namun itu juga merupakan tempat yang berpotensi membingungkan, dengan banyak sekali model yang tersedia dan banyak jargon tidak jelas yang dapat menghalangi Anda saat mencari arloji untuk dihargai (apa sebenarnya kronograf itu? Dan apakah Anda benar-benar membutuhkannya?). Baik Anda mencari fashion item yang menyenangkan diri atau jam tangan yang pada akhirnya akan menjadi pusaka, Bazaar memiliki semua fakta yang perlu Anda ketahui jika Anda sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi sekarang.

PILIH SESUATU YANG ANDA CINTAI 

Untuk seorang jurnalis jam tangan berpengalaman Ming Liu, apa yang akhirnya Anda beli tidak sepenting mengapa Anda membelinya. “Ada orang yang mengoleksi jam tangan sebagai investasi murni; barang-barang untuk disimpan di brankas dan dijual nanti, dan tidak apa-apa, ”katanya. “Tetapi bagi saya, jam tangan yang indah jauh lebih dari itu. Itu adalah sesuatu yang dapat Anda pakai selamanya dan diwariskan kepada anak-anak Anda, jadi Anda harus memilih yang benar-benar Anda sukai, terlepas dari tren atau apa yang disukai orang lain. Itu harus memberi Anda kegembiraan. ”

Courtesy of BAZAAR UK

HARUS MEMBAWAKAN RASA KEGEMBIRAAN UNTUK ANDA 

“Saya selalu memberi tahu klien bahwa tidak ada yang tahu selera mereka lebih baik daripada mereka,” kata Faye Soteri, seorang senior buyer untuk Watches of Switzerland, pengecer jam tangan terbesar di Inggris. “Memiliki gagasan tentang apa yang Anda inginkan sebelum Anda menginjakkan kaki di butik dapat membantu mempersempit pencarian Anda. Jika Anda mencari jam tangan sehari-hari yang dapat Anda pakai untuk bekerja, Anda mungkin menyukai Rolex klasik. Jika gaya Anda lebih offbeat, Anda bisa mencoba arloji dengan daya tarik vintage. Dan jika Anda ingin merayakan hari jadi yang penting atau mengenakannya untuk acara malam khusus, Anda mungkin lebih suka jam tangan bertahtakan berlian dari Chopard.” Pada akhirnya, ini tentang memilih bagian yang tepat yang sesuai dengan kehidupan dan gaya Anda – terlepas dari apakah Anda ingin menjualnya di masa depan atau tidak.


LAKUKAN RISET TERLEBIH DAHULU 

Setelah mengatakan hal di atas, itu juga akan membayar untuk melakukan penelitian Anda. “Ada begitu banyak informasi hebat di luar sana untuk membantu Anda memutuskan label atau model mana yang paling sesuai dengan Anda dan nilai-nilai Anda. Luangkan waktu untuk melihat warisan merek dan apa yang mereka perjuangkan, dan Anda akan lebih berdaya dalam membelanjakan uang hasil jerih payah Anda,” saran Faye.

Tidak yakin harus mulai dari mana? Coba jelajahi beberapa pembuat jam tangan klasik dengan reputasi historis untuk kinerja, asal, dan desain. “Setiap kali kita berbicara tentang Rolex, Audemars Piguet atau Patek Philippe, DNA mereka bertahan dalam ujian waktu,” kata João De Brito E Faro, Manajer Pasokan Jam Tangan di Farfetch, menambahkan bahwa Cartier “juga telah melihat permintaan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, selama bertahun-tahun."

Apabila Anda memiliki selera yang unik, mungkin Anda dapat mencoba jam tangan dengan daya tarik vintage

Bahkan di antara label ternama ini, ada beberapa model ikonik yang tidak pernah gagal untuk membuat hati para pencinta berdebar. Seperti Omega Speedmaster telah (secara harfiah) pergi ke bulan dan kembali (bahkan menyelamatkan nyawa awak kapal misi Apollo 13 yang populer).

Rolex, yang juga terkenal dengan kualitasnya yang sempurna, membanggakan Datejust yang elegan, yang memperkenalkan konsep sederhana namun penting untuk menampilkan tanggal di samping waktu pada tahun 1945. Saat ini, dapat dilihat di pergelangan tangan Rihanna, Jennifer Aniston, dan Hailey Bieber.

Courtesy of BAZAAR UK

Jam tangan Reverso dari Jaeger LeCoultre memiliki warisan yang sama mengesankannya. Awalnya diadaptasi untuk perwira tentara Inggris yang bermain polo di India pada awal 1930-an (casingnya yang dapat dibalik memastikan jam tangan tidak rusak saat bermain), desain unisex dikenakan oleh semua orang mulai dari Raja Edward VIII hingga Amelia Earhart.

Empat dekade kemudian, Nautilus Patek Philippe yang ramping dan terinspirasi dari laut, dibuat oleh desainer Swiss Gerald Genta, menimbulkan sensasi saat diluncurkan, dan tetap menjadi salah satu jam tangan yang paling diminati hingga hari ini. Arloji Genta lainnya, Audemars Piguet Royal Oak yang sangat chic, juga terinspirasi oleh desain bahari dan merayakan hari jadinya yang ke-50 tahun ini. Bezel-nya yang berbentuk segi delapan dan gelangnya yang khas dikagumi oleh Serena Williams, Will Smith, dan John Legend.

Courtesy of BAZAAR UK

Dan tentu saja, ada Tank Cartier, dinamai sesuai bentuk casingnya yang memberi penghormatan kepada tank Prancis yang bergemuruh dalam pertempuran selama Perang Dunia I. “Ini telah dikenakan oleh semua orang mulai dari Presiden hingga Putri Diana dan legenda Hollywood. Ini praktis menjadi legenda, ”catat Ming Liu.

Courtesy of BAZAAR UK

Jika Anda mencari arloji bekas atau antik, rumah lelang seperti Sotheby's, Christies, dan Philips adalah sumber yang tak ternilai, dengan para ahli di tangan dan semua pemeriksaan yang diperlukan terkait keaslian dan asalnya. Jika Anda telah menetapkan hati Anda pada model yang sangat spesifik, cobalah dealer jam tangan terkemuka seperti Somlo London atau Eric Wind, yang bahkan telah mencari model untuk film. Bersabarlah. Banyak potongan langka bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk ditemukan.

Tidak ada pergelangan tangan yang sama, jadi mengenakan arloji di tangan Anda akan sangat membantu

Kata unik tentang bahan: jam tangan emas kuning atau putih terlihat sensasional, dan cenderung mempertahankan nilainya, tetapi lebih mudah tergores daripada jam tangan baja atau keramik (ingatlah ini jika Anda ingin menumpuk jam tangan Anda dengan perhiasan).

Gelang berbahan logam akan bertahan lebih lama dan lebih tahan banting di iklim panas daripada tali kulit atau kanvas, tetapi tali kanvas lebih mudah diganti. Untungnya, banyak label terkemuka lainnya seperti Longines, Hermès, dan Vacheron Constantin yang kini menawarkan jam tangan dengan tali yang dapat diganti, sehingga Anda dapat memperpadupadankan. “Pastikan Anda bisa menggantinya sendiri,” tutur Ming.

Courtesy of BAZAAR UK

PELAJARI ARTI DI BALIK SETIAP JARGON

Banyak yang dibuat di dunia jam tangan tentang kuarsa (dioperasikan dengan baterai) vs. manual (tangan) atau jam tangan otomatis, yang menggerakkan mekanisme penunjuk waktu ('mesinnya') dengan memanfaatkan energi kinetik dari gerakan pergelangan tangan Anda.

Quartz atau teknologi kuarsa memungkinkan ketepatan waktu yang sangat akurat ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969 tetapi tidak disukai oleh para ahli sejak saat itu. “Pembuat jam bangga dapat membuat gerakan mereka sendiri, jadi ada wibawa yang terkait dengan jam tangan manual atau otomatis. Mereka juga bisa dianggap lebih berkelanjutan dalam jangka panjang,” jelas Faye. “Tapi tidak ada yang salah dengan jam tangan kuarsa. Mereka sering menjadi titik masuk yang bagus untuk banyak label mewah karena harganya lebih terjangkau untuk diproduksi.”

Courtesy of BAZAAR UK

Bagaimana dengan 'komplikasi?' Setiap tangan atau dial ekstra pada jam tangan dihitung sebagai komplikasi, termasuk kalender, kronograf (stop watches), tourbillon (tambahan mekanis dari akhir 1700-an yang mengurangi efek gravitasi pada jam tangan), dan fase bulan. “Itu adalah tambahan yang bagus untuk jam tangan dan benar-benar dapat memamerkan kemampuan keahlian pembuatnya, tetapi terserah Anda untuk memutuskan apakah Anda membutuhkannya atau tidak,” saran Ming.

MENGATUR ANGGARAN DAN COBA SEBELUM ANDA MEMBELI 

Jika Anda mempertimbangkan sebuah jam tangan mewah, ada baiknya mengidentifikasi anggaran Anda dan menaatinya. Dan selalu mencoba sebelum Anda membeli. “Tidak ada dua pergelangan tangan yang sama, jadi akan sangat membantu jika Anda melihat arloji itu dengan kedua mata Anda sendiri. Ketika saya membeli Reverso, saya pikir yang berbentuk persegi paling cocok untuk saya, tetapi yang lebih panjang dan lebih persegi sebenarnya lebih bagus, ”ungkap Ming Liu.

Seperti semua benda mewah, jam tangan yang sempurna akan selalu menjadi transaksi yang begitu berarti 

Banyak produsen juga menyadari fakta bahwa pembeli mungkin menginginkan lebih dari sekadar jam tangan 'wanita' bertatahkan berlian. “Jam tangan harus dipakai oleh siapa saja yang ingin memakainya. Ukuran jam tidak lagi menjadi stigma atau definisi gender, tetapi lebih pada bagaimana Anda mengidentifikasi diri Anda dengan penunjuk waktu tertentu.

Anda melihat lebih banyak pria mengenakan jam tangan berukuran lebih kecil, dan wanita mengenakan lebih banyak ukuran besar sekarang,” catat João De Brito E Faro. “Apakah ada saklar? Saya tidak percaya begitu. Saya pikir crossover ini menjadi lebih umum, dan setiap lini hanya mencoba memahami cara memasarkannya dengan benar.”


LINDUNGI JAM TANGAN ANDA 

“Seperti barang mewah lainnya, jam tangan yang bagus harus selalu menjadi pembelian yang berarti. Jika Anda merawatnya, itu akan bertahan bertahun-tahun, bahkan beberapa dekade, itulah yang harus dilakukan dari setiap label yang berkelanjutan,” kata Faye Soteri, yang menyarankan siapa pun yang berinvestasi dalam jam tangan manual untuk membeli winder jam juga, untuk mencegah overwinding yang dapat merusak mekanismenya. Servis profesional juga merupakan kunci, untuk memastikan semuanya tetap dalam kondisi prima - bawa jam tangan ke butik Anda atau kembalikan ke label itu sendiri untuk hasil terbaik.

Semoga, Anda dan jam tangan Anda akan bersama selama bertahun-tahun yang akan datang, tetapi pastikan Anda menyimpan semua dokumentasi asli – ini akan membantu membuktikan keasliannya jika Anda memutuskan untuk menjualnya di masa mendatang.

(Penulis: Kim Parker; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Sabrina Sulaiman, Alyssa Tagor; Foto: Courtesy of Bazaar UK)