Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

NBCUniversal Berjanji akan Berikan Kesempatan Lebih Besar Kepada Para Aktor Peyandang Disabilitas

Studio telah berkomitmen untuk membuat produksi mereka lebih inklusif.

NBCUniversal Berjanji akan Berikan Kesempatan Lebih Besar Kepada Para Aktor Peyandang Disabilitas

NBCUniversal telah berkomitmen untuk membuka kesempatan audisi bagi para aktor penyandang disabilitas untuk setiap produksi studio di masa mendatang, dalam upaya untuk menyamakan kedudukan dalam hal representasi disabilitas di layar.

Seperti yang dilansir oleh People, janji tersebut dibuat menyusul permintaan Ruderman Family Foundation, sebuah organisasi advokasi disabilitas, yang berkomitmen untuk memperjuangkan representasi otentik.

Presiden yayasan tersebut, Jay Ruderman, mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui People, "Ruderman Family Foundation sangat senang melihat NBCUniversal berkomitmen pada pedoman kami dan mendedikasikan diri mereka lebih jauh untuk menampilkan penyandang disabilitas dalam produksi mereka." Pernyataan tersebut melanjutkan, "Dengan memiliki entitas yang berpengaruh seperti NBCUniversal mengambil pendirian yang lebih berani ini, kami berharap dapat terus melihat orang lain atau pihak lain bergabung dengan kami dalam upaya untuk menciptakan lebih banyak kesempatan bagi para penyandang disabilitas dalam dunia hiburan."

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2018 oleh Ruderman Family Foundation mengungkapkan, "Pada tahun 2018, 12% dari semua karakter penyandang disabilitas di layar kaca adalah autentik, menandai peningkatan dari tingkat keterwakilan 5% yang ditemukan pada tahun 2016." Mudah-mudahan, dengan janji dari studio besar seperti NBCUniversal, para penyandang disabilitas akan diberi akses ke kesempatan yang lebih adil dan besar untuk bekerja di industri hiburan.

Wakil presiden eksekutif inklusi untuk film, TV, dan streaming, Janine Jones-Clark, mengatakan melalui People, "NBCUniversal tetap berkomitmen untuk membuat konten yang secara otentik mencerminkan dunia tempat kita tinggal dan meningkatkan peluang bagi mereka yang memiliki disabilitas adalah bagian integral dari itu. Kami bangga dapat bergabung dengan Ruderman Family Foundation karena seruan untuk bertindak seperti yang mereka lakukan penting dan meminta pertanggungjawaban pada industri hiburan penting melihat adanya perubahan sistemik. "

Seperti yang diberitakan sebelumnya oleh The Hollywood Reporter, pada tahun 2019 CBS berjanji "untuk meningkatkan inklusi disabilitas di Hollywood", sebagai tanggapan atas permintaan Ruderman Family Foundation. Dengan demikian, pengumuman NBCUniversal merupakan langkah positif menuju representasi disabilitas yang lebih akurat di industri ini, dan semoga lebih banyak studio akan mengikuti.

Namun, jalannya masih panjang. Menurut Forbes, studi terbaru yang didukung oleh jaringan TV di Inggris "menemukan bahwa penyandang disabilitas hanya berjumlah 5,2% dari angkatan kerja di luar layar dan 7,8% di layar." 

(Penulis:Amy Mackelden; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)