Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

9 Tipe Pembaca Buku

Manakah dari sembilan tipe ini yang mewakili gaya Anda membaca buku?

9 Tipe Pembaca Buku

Jika membaca masih menjadi bagian dari gaya hidup Anda, selamat! Aktivitas yang satu  ini masih menjadi salah satu ukuran penting sebuah peradaban. You read, therefore you exist.

Manakah dari sejumlah tipe pembaca berikut ini yang paling tepat menggambarkan kepribadian Anda?

Pembaca Maraton
Sekali membaca sebuah buku, Anda tidak bisa berhenti sampai membaca halaman terakhir. Anda bisa saja lupa waktu atau mengabaikan aktivitas lainnya.

Kutu Buku
Membaca memang bagian tak terpisahkan dari keseharian Anda, bukan lagi sekadar hobi. Kalau sehari saja tidak membaca, Anda akan merasa ada yang kurang lengkap.

Pengejar Halaman Akhir
Anda biasanya segera membalik halaman terakhir untuk membaca bagian penutupnya. Prinsip Anda, kalau bisa mengetahui akhir atau kesimpulannya sekarang juga, mengapa tidak?

Pembaca Poligamis
Membaca beberapa buku secara bersamaan itu terasa lebih mengasyikkan bagi Anda dibanding hanya membaca sebuah buku.

Pembaca Setia
Anda gemar membaca satu buku berkali-kali. Rasanya Anda selalu memperoleh kesan atau perspektif yang berbeda setiap kali membacanya.

Penggemar Fanatik Novel
Buku fiksi atau novel bagi Anda merupakan tiket ke dunia fantasi yang mengasyikkan. Bukankah, katanya, “art imitates reality”?

Pembaca Non-fiksi
Membaca fiksi atau novel itu hanya membuang-buang waktu bagi Anda yang berprinsip bahwa membaca harus membuat Anda memperoleh pengetahuan baru,

Pembaca Setengah Jalan
Anda tidak pernah membaca sebuah buku pun sampai selesai. Biasanya Anda bahkan hanya membaca bagian yang Anda anggap penting atau Anda sukai.

Pembaca Spesialis
Anda membatasi diri pada tema, aliran atau pengarang tertentu. Hanya novel bertema spionase atau detektif, serial Game of Thrones, karya pemenang nobel sastra atau buku-buku karya pengarang tertentulah yang akan Anda baca. Lainnya? No way.

(Foto: Ko Backpacko/Shutterstock)