Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mari Intip Tren Industri Kecantikan di Tahun 2024

10 tren yang mengubah dunia kecantikan. Mulai dari inovasi yang digerakkan oleh AI hingga influencer Gen-Alpha, epigenetik, estetika regeneratif, dan banyak lagi.

Mari Intip Tren Industri Kecantikan di Tahun 2024
Courtesy of Bazaar UK

Perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan dalam dunia kecantikan, dan di tahun 2024, teknologi akan mempercepat cara kita memilih dan menggunakan kecantikan lebih dari sebelumnya. 

BACA JUGA: Tren Kecantikan Non-Invasive yang Patut Anda Coba!

Namun, bukan hanya penggunaan AI (artifical intelligence) yang mengubah tren kecantikan. Begitu juga dengan perubahan iklim, pertumbuhan remaja, dan pertemuan mistisisme dengan kapitalisme. Penasaran? Baca terus untuk mengetahui 10 cara di mana kecantikan akan mengalihkan fokusnya dari tahun 2023.

1. AI atau kecerdasan buatan akan semakin mengubah definisi kecantikan

Membuat segala sesuatunya menjadi lebih efisien dan efektif, AI akan terus merevolusi industri kecantikan pada tahun 2023. Secara khusus, kehadiran AI yang terus berkembang akan menghasilkan "pergeseran ke arah personalisasi pengalaman dan interaksi yang lebih baik, bahkan dalam domain virtual," jelas dokter kosmetik dan pelatih industri yang dihormati untuk Allergan Aesthetics, Dr Sophie Shotter.

Tentu saja, merek kecantikan telah mengintegrasikan AI dengan berbagai cara, "Termasuk algoritme analisis kulit, rutinitas perawatan kulit yang dipersonalisasi, dan produk yang dipersonalisasi," catat Dr Jason Thomson, dokter kulit di perusahaan perawatan kulit yang dibuat khusus, Skin + Me. 

Penggunaan AI yang terus berkembang ini akan terus bermanfaat bagi pelanggan dalam menemukan perawatan kulit yang tepat. Serta perawatan rambut, perawatan kuku, dan kosmetik warna (ambil contoh Dcypher, merek foundation pertama yang sepenuhnya dibuat khusus dan didukung oleh AI). "Namun, untuk kondisi dermatologis, disarankan untuk mengandalkan panduan dari manusia yang ahli," Dr Jason mengingatkan. 

Dr Nowell Solish, seorang dokter kulit di Indeed Labs setuju, menambahkan bahwa kita akan melihat lebih banyak lagi penggunaan gabungan antara teknologi dan keahlian manusia. "AI membantu melacak perubahan pada kulit dari waktu ke waktu, membantu deteksi dini kondisi kulit seperti melanoma," katanya, tetapi menyarankan kombinasi AI dan penilaian profesional "Untuk rutinitas perawatan kulit yang komprehensif dan gambaran yang akurat secara keseluruhan tentang kebutuhan kulit Anda".

Platform baru Renude adalah contoh yang bagus untuk kolaborasi tersebut. Dilatih untuk berpikir seperti ratusan ahli, platform ini dapat secara akurat mengidentifikasi berbagai masalah kulit, menilai tingkat keparahan secara keseluruhan, dan menciptakan rutinitas perawatan kulit yang berfokus pada bahan-bahan dengan rekomendasi produk multi-merek. Selain hasil yang dihasilkan oleh AI, alat ini juga menghubungkan Anda dengan ahli kecantikan Anda sendiri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sedang berlangsung dan mengembangkan rutinitas Anda seiring dengan perubahan kulit Anda.

2. Tren rambut, tata rias, dan kuku yang sudah viral akan terus menginspirasi

Jika Anda mengira tren "ekspresi sesaat" tahun lalu telah digerakkan oleh TikTok (satu menit 'latte make-up' dan satu menit berikutnya 'milk bath nails'), bersiaplah untuk tahun 2024 yang akan menghadirkan lebih banyak lagi tren mikro yang akan menjadi viral.

Untuk mengungkap bahan, produk dan teknik yang akan menjadi tren di tahun 2024, tim riset Beauty Pie menganalisis volume pencarian Google untuk ratusan tren baru, dan membagikan tren mana yang akan mengalami lonjakan popularitas terbesar menjelang tahun baru. 'Ectoin' adalah bahan perawatan kulit yang sedang naik daun, sementara 'skin streaming' (merampingkan rutinitas Anda) masih terus berlanjut. Teknik highlight 'Scandi hairline' dan potongan 'butterfly bob' akan mendominasi gaya rambut, sementara 'Cherry cola lips', 'espresso make-up' dan 'chocolate-milk nails' membuktikan bahwa nama-nama tren yang terinspirasi dari makanan akan tetap relevan.

Kita juga dapat mengharapkan konten wewangian untuk menjadi viral: menurut 2024 Trend Talk dari Instagram (sebuah tinjauan berbasis data tentang tren Gen-Z yang akan mendorong budaya global di tahun 2024), #perfumetok terus meningkat, dengan "lebih dari seperempat Gen-Z berencana untuk mengekspresikan diri mereka sendiri dengan menemukan aroma yang khas pada tahun 2024".

Courtesy of Bazaar UK

3. Konsumen Gen-Alpha akan mengumpulkan pengaruhnya

Dari generasi Z hingga A... Alpha akan memiliki dampak besar pada merek dan ekonomi di tahun-tahun mendatang, demikian ungkap para pendiri Indu. Sebuah merek kecantikan yang diciptakan untuk memberikan ruang yang aman bagi para remaja untuk mempelajari dan merawat kulit mereka serta bereksperimen dengan tata rias wajah.

"Lahir antara tahun 2010 dan 2025 menjadikan mereka sebagai remaja tertua di Gen-Alpha, dan meskipun mereka belum memiliki daya beli. Merek dan produk semakin disesuaikan untuk generasi muda calon konsumen masa depan ini," kata Aaron Chatterley dan Reena Hammer, salah satu pendiri Indu. "Budaya saat ini telah menciptakan generasi pembeli kecantikan muda dan pencari produk yang 'layak untuk konten', sekarang dimanfaatkan oleh merek-merek." Influencer praremaja seperti keturunan Kardashian, yaitu Penelope Disick dan North West, juga menetapkan tren berikutnya, dengan membagikan rutinitas mereka di TikTok, di mana video yang diberi tagar '#generationalpha' telah menghasilkan hampir 50 juta penayangan.

Chatterley dan Hammer merasa bahwa, daripada mengabaikan pasar. Seperti yang mungkin dilakukan oleh merek-merek sebelumnya di masa lalu. Industri kecantikan akan berfokus pada perumusan produk yang sesuai dengan hasrat, keinginan, dan kebutuhan generasi muda. 

4. Perawatan tubuh akan berkembang pesat karena dua hal besar

'Investasi kulit' kita tidak lagi berhenti di leher: pada tahun 2021, pasar produk perawatan tubuh global bernilai $26,93 miliar, (atau sekitar 416 triliun Rupiah) sesuatu yang menurut ahli dermatologi Dr Alexis Granite sebagai fokus besar untuk tahun 2024, dengan penjualan yang diperkirakan akan meningkat sebesar 5,9 persen per tahun. Ia menunjukkan bahwa "98 persen kulit kita terdapat di bawah leher, jadi masuk akal jika membangun kesadaran untuk merawat kulit di luar wajah sangatlah penting".

Ini adalah salah satu cara gerakan "snackable wellness" yang akan dilakukan tahun depan. Anggap saja ini sebagai dorongan kecil, kata Dr Alexis, daripada sesuatu yang berlebihan. "Perawatan diri tidak boleh menjadi tekanan tambahan. Saya tidak ingin pasien saya merasa bahwa mereka harus atau perlu melakukan sesuatu, seperti, pertama-tama saya merawat kulit wajah saya dan sekarang saya harus merawat kulit tubuh saya juga?" 

Selain kecantikan, perawatan tubuh juga dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan. Ia menjelaskan, "sebagian besar dari apresiasi yang baru ditemukan untuk perawatan tubuh ini adalah tentang peran wewangian dan tekstur dalam membantu orang untuk terlihat dan merasa nyaman dengan diri mereka sendiri".

Tentu saja, ada juga manfaat kesehatan dan estetika yang bisa didapatkan, yang membuat perawatan tubuh menjadi lebih menarik. Di sini, ketika mencari produk berbasis perawatan, formulasi menjadi penting untuk diselidiki, terutama mengingat bagaimana kulit lebih tebal pada tubuh. 

"Memanfaatkan bahan aktif untuk mengatasi bintik-bintik di punggung, misalnya, membutuhkan formulasi yang mampu menembus kulit secara efektif sekaligus memberikan konsentrasi bahan aktif yang tepat," kata dokter kulit. Nantikan produk tubuh yang diformulasikan secara khusus dan sarat dengan bahan-bahan ampuh, serta produk yang diposisikan sebagai 'ramah mikrobioma', seperti produk dari Luna Daily yang sedang berkembang. Merek yang berfokus pada perawatan tubuh yang menyeimbangkan mikrobioma untuk semua jenis kulit (bahkan kulit yang paling intim sekalipun).

Courtesy of Bazaar UK

5. Kecantikan emosional akan menjadi lebih dipahami

Seperti di atas, kegembiraan akan kecantikan tidak dapat diremehkan sekarang. Dan dibuktikan oleh 'mind-body axis', jelas Dr Sophie. Ia mengaitkan hal ini dengan tren yang diramalkan pada tahun 2024 yang disebut 'neuro-glow', yang dilakukan oleh perusahaan riset pasar Mintel.

"Hubungan antara penampilan dan perasaan kita semakin dipahami, dan hal ini juga berlaku sebaliknya... bagaimana perasaan kita memengaruhi penampilan kita. Saya pikir keterkaitan antara kesehatan mental dan penampilan luar kita akan semakin dipahami, dan juga semakin penting."

Dr Sophie merasa bahwa intervensi estetika tidak boleh didekati dari perspektif fisik saja. "Apa yang saya sukai dari pasien saya adalah bagaimana mereka merasa lebih baik setelah menjalani perawatan." Dr Alexis setuju: "Kegembiraan sebagai hasil dari perawatan adalah bagian dari apa yang membuat pekerjaan saya sebagai dokter kulit estetika begitu memuaskan," katanya.

Eksplorasi kecantikan emosional juga membantu menjelaskan peningkatan mistisisme yang menyatu dengan kapitalisme. Dari "ilmu sihir" hingga kewaskitaan (clairvoyance), cartomaniac, terapi kristal, numerologi, dan astrologi. Sebanyak 58 persen orang percaya pada setidaknya satu disiplin esoterik seperti itu (menurut sebuah survei di Prancis yang dilakukan oleh Ifop), dan hal ini semakin sering muncul dalam rutinitas kecantikan dan kesehatan kita baik di media sosial dan kehidupan nyata. (Contohnya, pembacaan wewangian yang terinspirasi dari tarot di butik dan virtual dari Argentum Apothecary, yang memanfaatkan energi dari berbagai pola dasar yang ada di dalam diri kita).

Membuat spiritualitas lebih mudah diakses, sekaligus membawa hubungan yang lebih dalam dengan kecantikan dan pelarian di masa-masa kita yang penuh dengan kesibukan ini, terdapat banyak manfaatnya. Namun, berhati-hatilah dengan upaya influencer dan merek kecantikan dalam mengkooptasi praktik-praktik kuno; kita tidak boleh bergantung pada produk atau perawatan untuk mendapatkan kebahagiaan, melainkan memprioritaskan ritual (apapun itu) yang membuat kita merasa nyaman baik secara fisik maupun mental.

7. Harapkan kemajuan yang konsisten dalam hal keberlanjutan

Pada tahun 2024, "Konsumen akan memiliki fokus yang lebih kuat pada produk yang dapat digunakan kembali dan didaur ulang," kata Zoe Boikou, CEO dan pendiri Zoeva. Bahkan, dalam sebuah laporan baru-baru ini, 69 persen orang menyatakan bahwa keberlanjutan lebih penting bagi mereka saat ini dibandingkan dua tahun yang lalu. Sebagai salah satu penyumbang limbah terbesar, "industri kecantikan harus terus berinovasi dalam hal siklus hidup produk". Kita dapat mengharapkan "kemajuan yang konsisten", menurut Forbes.

Pasar teknologi kecantikan yang berkembang pesat. Diperkirakan akan terus meningkat selama lima tahun ke depan, mencapai nilai sekitar $8,93 miliar pada tahun 2026, dan mengalami peningkatan kebutuhan akan solusi yang berkelanjutan. Di sini, carilah merek-merek lain seperti Geske German Beauty Tech, yang memproduksi produk yang dibuat untuk bertahan minimal 20 tahun, didukung oleh garansi 15 tahun di atas garansi lokal standar.

Sementara itu, pemborosan produk kecantikan yang tidak sempurna juga akan dicegah. Situs ritel 'Outnet untuk kecantikan', Boop, mendapatkan daya tarik dengan memberikan kesempatan kedua untuk produk kecantikan yang berlebih. Baik yang memiliki formulasi atau kemasan yang lebih tua (namun tetap aman untuk digunakan).

8. Perawatan pribadi yang protektif akan menjadi prioritas

Faktor lain yang terkait dengan planet ini: Payne percaya bahwa panas ekstrem yang dialami di seluruh dunia pada tahun 2023 "akan meningkatkan minat konsumen terhadap kecantikan dan perawatan pribadi dengan keunggulan perlindungan" tahun depan. "Pikirkan tentang perlindungan terhadap sinar matahari yang canggih dan produk yang membantu tubuh dan pikiran beradaptasi dengan lingkungan yang keras."

Di sini, perlindungan terhadap sinar UV adalah kategori yang sangat menarik untuk inovasi, "Karena teknologi perawatan matahari membuatnya lebih mudah dan menyenangkan untuk digunakan setiap hari," (nantikan hal-hal menarik dari La Roche Posay pada tahun 2024). Sementara polusi. Yang menjadi perhatian besar bagi banyak dari kita, "Akan menginspirasi produk perlindungan untuk lingkungan luar ruangan yang ekstrem," tambah Payne. Ia menyebut kategori ini sebagai "Perawatan pribadi yang melindungi saya", yang tidak diragukan lagi akan berkembang seiring dengan efek perubahan iklim yang mengganggu.

Courtesy of Bazaar UK

9. Estetika regeneratif akan 'meretas' kulit kita

Tahun depan, prosedur non-invasif yang sedang berkembang pesat (bernilai $60 miliar secara global, angka yang diprediksi meningkat tiga kali lipat pada tahun 2030) akan berevolusi dan berkembang. "Kami telah menyaksikan pergeseran dari anti-penuaan menjadi pro-penuaan," kata Dr Alexis, "dan yang paling penting dalam hal ini adalah konsep regenerasi".

Dr Sach Mohan, pendiri Klinik Revere yang berbasis di Harley Street, setuju: "Kita memasuki era di mana perawatan kecantikan tidak lagi hanya tentang perubahan pada permukaan kulit dan lebih kepada peremajaan yang bermakna." Fokusnya bergeser dari perawatan wajah yang terlalu banyak mengisi wajah ke penggunaan teknologi yang dapat meremajakan kulit secara alami. 

"Saya meramalkan masa depan di mana perawatan kecantikan tidak lagi hanya tentang perubahan dramatis secara langsung dan lebih kepada peremajaan secara bertahap dan berkelanjutan. Ini adalah tentang hubungan yang lebih dalam dengan tubuh sendiri, menggunakan kemampuan bawaannya untuk memulihkan dan memperbarui."

Pilihan yang memungkinkan regenerasi jaringan semakin banyak tersedia bagi para ahli. "Kita sekarang dapat 'meretas' kulit kita," kata Dr Sophie. Pikirkanlah "perawatan seperti Harmonyca dan Sofwave, yang menstimulasi pembentukan kolagen baru pada kulit, atau polinukleotida, yang benar-benar membalikkan degenerasi pada jaringan tubuh". Ia merasa hal ini menarik karena, karena kita semua ingin hidup lebih lama dan lebih sehat, hal ini harus mencakup penuaan kulit yang optimal, "Terutama karena penelitian yang baru-baru ini diterbitkan menunjukkan bahwa penuaan pada kulit (organ terbesar tubuh kita) menyebabkan penuaan pada organ-organ lain seperti jantung dan otak".

10. Ilmu epigenetics akan menyempurnakan perawatan kulit

Berbicara tentang biohacking, seperti yang telah kami prediksikan tahun lalu, ilmu epigenetik adalah perawatan kulit yang super canggih. Dalam hal kulit, epigenetics mengacu pada penuaan yang disebabkan oleh faktor eksternal, khususnya sumber kerusakan DNA akibat lingkungan dan gaya hidup. Sekarang, produk dapat membantu mengubah pola ekspresi gen Anda, membuat kulit Anda tampak lebih muda. Inilah mengapa platform perawatan kulit yang ditargetkan, Klira, menawarkan jenis kulit epigenetics sebagai bagian dari layanan perawatan kulit dengan resep khusus. Tapi ini adalah sesuatu yang juga diinvestasikan oleh perusahaan-perusahaan kecantikan dunia.

Dengan platform baru yang didasarkan pada penelitian pelopor tentang umur panjang kulit, Estée Lauder unggul dalam hal ini. "Umur panjang adalah salah satu gerakan yang paling cepat berkembang dalam industri kecantikan dan kesehatan, dengan minat konsumen multi-generasi terhadap biohacking dan praktik pembalikan usia yang berada di titik tertinggi sepanjang masa," kata Justin Boxford, presiden merek global Estée Lauder. Pada bulan Januari, merek ini akan meluncurkan inovasi terbarunya, Re-Nutriv UltimateDiamond Transformative Brilliance Soft Crème, yang menampilkan teknologi yang telah dipatenkan yang menjanjikan pembalikan usia yang terlihat jelas mulai dari 14 hari.

Dalam hal epigenetics, kita juga bisa berharap untuk melihat lebih banyak lagi bahan inovatif Sunflower Shoot Extract (SSE) yang dapat membantu meningkatkan kadar NAD+ (koenzim yang berperan penting dalam perbaikan DNA dan anti-penuaan). Bekerja lebih cepat daripada niacinamide yang merupakan bahan utama perawatan kulit, SSE mencegah kerusakan pada baterai sel kulit saat terpapar UVA yang merusak. Anda sudah dapat menemukannya dalam Dr Sam's Flawless Moisture Intense, yang diluncurkan tahun ini.

Eksosom adalah bahan peremajaan lain yang perlu diperhatikan. "Mereka memainkan peran penting dalam komunikasi sel dan regenerasi jaringan," jelas Dr Solish. Di sini, carilah merek EXO|E yang berbahan dasar tumbuhan (tersedia di klinik). Dr Sophie merekomendasikan produk yang mirip serum ini untuk meredakan peradangan sekaligus menstimulasi produksi kolagen, elastin, dan asam hialuronat di kulit saat digunakan bersamaan dengan perawatan wajah.

BACA JUGA:
Langkah Tepat Untuk Berhenti Sejenak Dari Perawantan Kecantikan Anda
Anti Ribet, Ini Produk Kecantikan Lokal yang Travel Friendly

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)