Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Langkah Tepat Untuk Berhenti Sejenak Dari Perawantan Kecantikan Anda

Akhir-akhir ini saya menyadari bahwa saya kesulitan untuk menjaga rutinitas perawatan kecantikan saya.

Langkah Tepat Untuk Berhenti Sejenak Dari Perawantan Kecantikan Anda
Courtesy of Bazaar US

Tahun lalu, saya mulai sering manikur.

Kuku dengan kilauan yang tahan lama, dan perlindungan anti UV selama beberapa minggu membuat saya candu. Kemudian, saya juga memasang bulu mata natural akibat desakan teman saya yang memiliki adiksi lash-lift, dengan juga saya harus menjadwalkan janji untuk tiga minggu kedepan sebelum keluar dari salon. Ditambah lagi, saya sudah menutupi uban saya setiap beberapa bulan sekali, beserta perawatan keratin smoothing setahun dua kali. Saya juga sesekali merapikan alis saya, dan waxing bikini. Tetapi, kedua hal ini dapat saya lakukan sendiri tanpa harus memikirkan konsekuensinya lebih dalam.

Jika digabungkan, jadwal dan tagihan saya sudah membludak.

BACA JUGA: Courtney Cox Menghilangkan Semua Filler di Wajahnya

Sehingga saya memutuskan pertama kali untuk tidak manikur dahulu. Saya melepaskan gel dan meminta mereka untuk melakukan manikur dasar tetapi biarkan kuku saya polos begitu saja. Berpikir bahwa saya akan mengecatnya sendiri di rumah. Tetapi kuku saya jauh lebih rusak dari yang saya bayangkan. Kuku saya lemah, pecah-pecah, dan bergerigi. Lalu saya melihat bulu mata saya di kaca, melihat apakah bulu mata natural saya juga rusak di bawah extensions yang ada. Jika saya menghentikan janji fill-extensions dan membiarkan ekstensinya lepas, apakah saya akan berakhir dengan bulu mata lebih tipis daripada saat saya memulai perawatan ini? Ketika Anda tahu apa rasanya bangun dengan mata yang cerah dan berbulu, apakah Anda bisa kembali ke semula?

Ini topik yang kerap saya bicarakan dengan teman-teman saya yang melakukan perawatan kecantikan yang serupa dengan saya: Apakah worth it untuk mencoba beberapa indulgences walau artinya Anda akan kecanduan, atau jika itu menimbulkan kerusakan permanen, dan anda akan terpaksa untuk harus tetap perawatan untuk menutupnya? Carrie, seorang konsultan di Portland, Oregon, memiliki istilah yang sesuai untuk fenomena ini: merry-go-around atau komidi putar.

“Menurut saya, melakukan hal seperti ekstensi bulu mata, manikur gel atau bahkan botox itu seperti komidi putar, yang akan berputar semakin cepat dan cepat. Saat pertama kali Anda akan berpikir 'Oh, ini menyenangkan!' kemudian Anda mulai merasa pusing serta mual, Anda ingin berhenti. Tapi Anda tidak bisa berhenti, karena ini sudah berputar terlalu cepat. Hal yang membuat Anda mual dalam analogi ini adalah biaya, waktu, dan dalam beberapa kasus, dampak yang ditimbulkan”

Carrie sedang mencoba untuk melepaskan ekstensi bulu mata dan manikur: “Namun, ini sulit, karena begitu saya mulai melakukan ekstensi bulu mata, rasanya seperti saya memiliki riasan wajah penuh sepanjang waktu, dan Anda terbiasa melihat wajah Anda dalam kondisi ini. Hal yang sama juga berlaku untuk botox; Saya melakukannya beberapa kali dan menyukai hasilnya, tetapi memerlukan banyak perawatan setiap beberapa bulan. Untuk kuku saya, itu sangat rumit, karena ketika gel-nya dihilangkan, kuku saya menjadi sangat tipis sehingga bengkok dan patah. Jadi saya sering pasrah dan akhirnya memakai gel kembali, tetapi kuku saya tetap tidak menjadi lebih kukuh di bawahnya, ini seperti upaya menunda masalah yang ada"

Dalam beberapa perawatan, ada juga masalah sunk cost, seperti pengeluaran awal yang lumayan untuk memulai proses. Ekstensi bulu mata, misalnya, harganya lebih mahal untuk satu set baru daripada sekadar isi, dan beberapa perawatan rambut lebih mahal untuk rambut virgin.

Jika Anda terjerbak dalam rutinitas kecantikan dan berharap untuk melepaskan diri dari beberapa di antaranya, saya telah melakukan beberapa penelitian.

Cara Membebas Diri Anda dari Perawatan Keratin

Bagi orang yang melakukan perawatan keratin setahun sekali, bertujuan untuk mengurangi rambut kusut.

Tidak ada proses yang mudah, hasil dari perawatan ini akan hilang secara bertahap seiring waktu, ungkap Nunzio Saviano, pemilik salon ternama di kota New York. Tetapi bagi orang yang sudah sering melakukannya serta telah melakukannya secara konsisten selama bertahun-tahun, atau telah memilih perawatan ekstra yang dapat lebih melonggarkan keriting (termasuk yang mungkin mengandung formaldehida), efeknya bisa jauh lebih sulit untuk dihilangkan.

Anda mungkin perlu memotong sebagian rambut yang dirawat untuk kembali ke tekstur alami Anda.

“Jika seseorang melakukan keratin hanya setahun sekali, tekstur alami rambut akan kembali dalam waktu yang relatif singkat,” kata Nunzio. Tapi untuk klien yang sudah melakukan perawatan tiga atau empat kali setahun selama beberapa tahun, butuh waktu lebih lama. Dia menambahkan: "Penting nya untuk memotong bagian rambut sebanyak mungkin untuk menyegarkan kondisi rambut." Untuk mempercepat prosesnya, lakukan hal berkebalikan dari nasihat untuk memperpanjang umur perawatan keratin Anda. Misalnya, mencuci rambut dengan sampo yang lebih keras. Nunzio menyarankan untuk menggunakan clarifying sampo untuk membantu detoksifikasi batang rambut, dan menghindari kondisioner dengan basis protein (misalnya, yang mengandung keratin atau asam amino), karena ini dapat memperpanjang efek perawatan keratin.

Cara Berhenti Dari Ekstensi Bulu Mata

Dalam hal ekstensi bulu mata, tidak ada alasan Anda tidak dapat memakainya setiap bulan, kata Andra Ciulei, direktur artistik di butik Courtney Akai Lash, yang juga secara konsisten melakukan ekstensi bulu mata selama hampir 15 tahun. Kuncinya, tentu saja, ekstensi dilakukan dengan baik dan disesuaikan dengan bulu mata spesifik Anda. Tidak lebih tebal atau lebih panjang dari yang dapat bulu mata natural tahan.

“Tekanan yang disebabkan oleh bulu mata yang terlalu panjang serta terlalu tebal dapat membuat bulu mata alami Anda rontok sebelum waktunya, dan jika hal itu terjadi berulang kali selama bertahun-tahun, dapat menimbulkan kerusakan permanen,” kata Ciulei.

"Serupa halnya dengan alis yang dicabut terlalu banyak yang terkadang tumbuh kembali, dan terkadang tidak." Untuk memastikan Anda mendapatkan bulu mata yang tepat untuk Anda, Andra menekankan bahwa lash artist Anda yang harus memutuskan apa yang cocok untuk Anda, bukan anda yang hanya memilihnya dari lookbook.

Jika Anda memutuskan tidak ingin perawatan lagi, biarkan saja bulu mata palsu itu rontok dengan sendirinya. “Jika dilakukan dengan baik, yaitu tidak lebih dari 2 atau 3 milimeter lebih panjang dari bulu mata alami Anda maka ekstensi menyatu dengan bulu mata alami dan tidak menyebabkan celah yang terlihat. Jika menggunakan ekstensi yang lebih panjang, itu akan menciptakan celah, maka akan cukup terlihat saat bulu mata tersebut rontok, dalam hal ini Anda mungkin ingin merontokkannya sekaligus. Cara lain untuk kembali ke kehidupan bulu mata alami dan menutupi bulu mata yang rontok: "Letakkan liner hitam yang bagus di kelopak atas."

Cara Berhenti Dari Manikur Gel

Setelah Anda manikur gel, sulit rasanya untuk kembali.

The shine! The durability!  Bagaimanapun, biaya yang tinggi, mungkin menjadi alasan untuk menyelingi gel dengan manikur biasa. Tetapi jika gel Anda tidak dikerjakan dengan baik, itu tidak semudah yang dibayangkan. “Ini semua tentang bagaimana gel diterapkan dan bagaimana menghilangkannya,” kata Evelyn Lim, kepala pendidik di studio kuku Paintbox di New York. Untuk memulainya, tidak akan sulit untuk menghilangkan manikur gel yang diaplikasikan dengan benar, dimulai dengan mengikir cepat lapisan lapisan atas atau lapisan kilau, kemudian merendam setiap kuku dalam aseton murni setidaknya selama 10 hingga 15 menit.

"Penghapusan halus memang memakan waktu," kata Evelyn, sehingga jika nail tech meminta Anda merendam kuku anda selama beberapa menit dan sudah terasa panas, maka jangan ragu untuk memberitahu mereka. Untuk aplikasinya, setiap merek memiliki pedomannya sendiri pada masa perbaikan lapisan dasar. “langkah krusial,” kata Evelyn—dan jika overcured, dapat menjadi sangat sulit untuk dihilangkan, membutuhkan pengikisan dan filling berlebih, yang dapat menghilangkan beberapa lapisan kuku Anda yang sebenarnya.

Sementara rata-rata orang tidak akan tahu berapa lama hal-hal harus dikembalikan dan berapa banyak filling yang normal, inilah mengapa harus lebih berhati-hati dalam menemukan nail technician yang anda percaya, sosok yang dengan nyaman anda dapat bertanya adalah aspek terpenting. Dengan manikur reguler, bahkan tanpa polish, Anda dapat memprioritaskan kesehatan kuku anda untuk beberapa minggu bahkan bulan sebelum memutuskan tindakan Anda selanjutnya.

Cara Perlahan-lahan Mengurangi Injeksi Botox


Bahkan jika Anda menyukai tampilan botox yang halus, Anda mungkin tidak menyukai seberapa sering Anda harus mengulangi perawatannya.

Bagi kebanyakan orang, itu dilakukan setiap beberapa bulan. Untungnya, dengan sesuatu seperti neuromodulator, Anda tidak memerlukan strategi keluar resmi—Anda tidak perlu kembali lagi. Garis dan gerakan Anda perlahan akan muncul kembali.

Filler sedikit berbeda dari yang lainnya, ia mampu bertahan lebih lama, tentu saja (pada beberapa orang efeknya memudar hanya dalam beberapa bulan, sedangkan yang lain membutuhkan beberapa tahun untuk sepenuhnya hilang). Ketika anda menunggu efeknya untuk menghilang, beberapa dermatologis menyarankan untuk tidak meninggalkan injector Anda.

Menghapus filler tidak akan menyebabkan wajah Anda mengempis dalam semalam seperti balon, bibir tanpa filler juga tidak akan tiba-tiba terlihat tipis (kecuali jika disuntikkan secara berlebihan sehingga meregangkan jaringan secara ekstrem), tetapi “mengharapkannya akan memudar sepenuhnya dengan sendirinya juga tidak relevan, karena ini semua bergantung pada beberapa faktor, seperti bagaimana ini disuntikkan, beserta dimana Anda disuntik," ucap Shereene Idriss, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Dermatologi Idriss di New York.

Ini tip akurat yang jika Anda telah melakukan injeksi untuk sementara waktu. Anda mungkin perlu melakukan keputusan yang cermat dan mundur perlahan untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih sustainable serta sesuai dengan keinginan Anda. Mintalah dokter Anda menjelaskan Anda tentang opsi-opsi yang ada, dan jika mungkin dapat melarutkan filler, kata Shereene.

BACA JUGA:
Panduan dari Pakar untuk Merawat Kulit Setelah Melakukan Injeksi dan Filler
Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Filler Pipi

(Penulis: Liz Krieger; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US)