Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

John Hardy Hadirkan Pameran Fotografi Bertajuk Transitions

Melihat kebudayaan Bali di balik lensa kamera.

John Hardy Hadirkan Pameran Fotografi Bertajuk Transitions
Courtesy of John Hardy

Butik yang merangkap menjadi restoran dan galeri ini, menghadirkan ekshibisi fotografi karya Nikola Kostic. Seorang fotografer yang lahir di Serbia, dan memulai perjalanannya dengan seni foto, di Bali. 

BACA JUGA:  Eksplorasi Mendalam Tentang Jenis-Jenis Karya Seni Rupa

Mengambil tajuk Transitions, Nikola mengeksplor Bali, baik dalam bentuk inspirasi maupun teknik yang ia gunakan dalam menghasilkan karyanya. 

Nikola pertama kali mencetak karyanya di atas piring arkrilik dengan background putih, menciptakan bayangan yang menyerupai bentuk wayang kulit. Yang mana pada umumnya digunakan sebagai hiburan ataupun ritual sakral. 

Ia juga bermain dengan warna melalui menggambar bagian belakang foto arkriliknya, yang disebut dengan teknik glass painting. Teknik yang sudah ada di Indonesia selama berabad-abad. Serta dapat ditemukan di beberapa daerah seperti Solo, Yogyakarta, Cirebon, dan Bali. Umumnya di Bali, glass painting digunakan untuk menggambarkan legenda Ramayana. 

Courtesy of John Hardy

Courtesy of John Hardy

Selanjutnya, festival layang-layang Bali menjadi tema utamanya. Festival ini sendiri memiliki kebudayaan yang mendalam. Layang-layang dipercaya membawa pesan dari dewa, meminta berkat dan keberuntungan. Namun tak hanya nilai budaya ini yang ingin ia sampaikan pada tema kali ini, ia juga menceritakan perjalanan pribadi dalam mencari keseimbangan cahaya, dan bayangan. 

"Pertama kalinya saya melihat layangan Bali itu ketika di tahun 1998, dan saya langsung takjub dengan kegaduhan dan adrenalin yang membawa layangan penuh warna itu ke langit," ungkap Nikola Kostic, yang semakin mengukuhkan ketakjubannya terhadap budaya yang satu ini. 

Ekshibisi Transitions dibuka untuk umum, hadir dari 14 Desember 2023 hingga 20 Februari 2024. 

Courtesy of John Hardy

BACA JUGA:
Gelaran Art Jakarta 2023 Mengharumkan Dunia Seni Rupa Internasional di Jakarta
Intip Rangkuman Serta Inspirasi Seputar Tren dan Seni Tahun Ini!

(Foto: Courtesy of John Hardy)