Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Destinasi Seni Edukatif di Jakarta

Mari menyelusuri keindahan budaya dan kreativitas di Jakarta!

15 Destinasi Seni Edukatif di Jakarta

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, bukan hanya pusat bisnis dan politik tetapi juga tempat yang kaya akan seni dan budaya. Mulai dari museum hingga festival seni yang menarik, kota ini menyuguhkan berbagai destinasi seni yang menakjubkan. Bersama Bazaar, mari kita telusuri 15 destinasi seni di Jakarta yang memikat!

BACA JUGA: Eksplorasi Mendalam Tentang Jenis-Jenis Karya Seni Rupa

Museum Harry Darsono

Courtesy of museum.co.id

Terletak di kawasan Jakarta Selatan, Museum Harry Darsono merupakan museum fashion pertama di Asia dan dinamai sesuai dengan perancang busana terkemuka Indonesia, Harry Darsono. Museum ini menempati bangunan mewah bergaya arsitektur baroque seluas 1000m². Museum ini menjadi rumah bagi seluruh karya terbaik Harry Darsono, termasuk haute couture yang dirancang khusus untuk kalangan kelas elit seperti Ratu Elizabeth II dan Ratu Rania dari Yordania.

Koleksi Museum Harry Darsono meliputi karya-karya terbaik Harry sejak tahun 1970, termasuk adibusana, lukisan di atas kain sutra, lukisan dekoratif, lukisan kontemporer, desain perhiasan, desain trofi, benda-benda antik, dan benda-benda langka. Uniknya, pengunjung dapat menyentuh dan mencoba koleksi-koleksi ini. Selain fokus pada fashion, museum tiga lantai ini juga menyediakan ruang sinema, perpustakaan, ruang pertemuan, dan balkon-balkon besar. 

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/iLpGcsedMdvdNYiRA

Galeri Nasional Indonesia

Courtesy of Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia (GNI) adalah museum seni rupa modern dan kontemporer yang didirikan pada tahun 1998. Terletak di Jakarta Pusat, GNI membuka peluang bagi seniman lokal dan internasional untuk memamerkan karya-karya mereka dalam ruang yang luas. GNI berfungsi sebagai tempat pengkajian, pengumpulan, registrasi, perawatan, dan pameran karya seni rupa modern dan kontemporer, melibatkan lukisan, sketsa, grafis, patung, keramik, desain grafis, ilustrasi, fotografi, seni kriya, seni instalasi, dan media alternatif lainnya.

Koleksi GNI berasal dari Museum Nasional Indonesia, Direktorat Kesenian, Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan, dan donasi seniman Indonesia dan mancanegara terkenal. Para seniman Indonesia seperti Raden Saleh, S. Sudjojono, Affandi, dan banyak lagi, serta seniman internasional seperti Wassily Kandinsky dan Hans Hartung.

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/mYtPbyXxeAa42oQSA

ISA Art Gallery

Courtesy of ISA Art and Design

ISA Art and Design, didirikan oleh Deborah Iskandar, merupakan galeri seni yang mengusung semangat Pablo Picasso, "Beri saya sebuah museum dan saya akan mengisinya." Deborah, awalnya seorang pengacara keuangan, menemukan kecintaannya pada seni pada usia 26 tahun dan memutuskan bahwa seni adalah museum hidupnya.

Setelah membeli lukisan pertamanya di Hong Kong, Deborah tidak pernah berpaling dan mulai mengoleksi seni. Pada tahun 1996, setelah pindah ke Indonesia, ia membuka Christie's, lelang pertama di Indonesia, sebelum akhirnya membuka ISA Art and Design. Sebagai pemain senior di industri seni, Deborah menekankan pentingnya menjadi pemilik galeri dan kolektor seni. Galeri ini menekankan misi mempromosikan seniman perempuan, memberikan perhatian pada seniman multimedia dan pertunjukan dari diaspora Indonesia, serta fokus pada seniman media baru dan pasar sekunder.

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/yiezcSG1q22RM7oAA

Museum MACAN (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Courtesy of Museum MACAN

Merupakan museum seni rupa modern terbesar di Indonesia, Museum MACAN menjadi institusi seni terkemuka yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta. Menjadi yang pertama jenisnya di Indonesia, museum ini memiliki koleksi yang mencakup karya seniman Indonesia hingga internasional.

Pengakuan terhadap signifikansinya tercermin dalam masuknya museum ini ke dalam daftar "100 Tempat Terbaik di Dunia 2018" versi majalah Time. Dibuka sejak November 2017, museum ini menampilkan sekitar 90 karya seni dari koleksi yang mencapai 800 karya seni modern Indonesia dan kontemporer dari berbagai belahan dunia, termasuk karya ikonis 'Infinity Mirrored Room' karya seniman Jepang, Yayoi Kusama.

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/FDHUHEkFmRELsJGa9

Galeria Sophilia

Courtesy of Galeria Shopilia

Galeri Sophilia merupakan tempat di mana Anda dapat menemukan kumpulan lukisan barat dan kebudayaan kuno dari China. Pendiri galeri ini adalah pendeta Gereja Reformed Injili, Stephen Tong, yang juga seorang pakar budaya Timur dan Barat.

Galeri ini bermula dari inisiatif Pendeta Stephen Tong yang sering membawa replika lukisan setelah perjalanan dari luar negeri. Terdapat sekitar 400 lukisan barat dan 3.000 koleksi kebudayaan kuno dari China yang dipamerkan di galeri ini. Menariknya, koleksi ini telah dikumpulkan oleh Pendeta Tong selama puluhan tahun sejak masa muda. 

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/8b44Enbo4aoBeHv6A
 

Museum Seni Rupa dan Keramik

Courtesy of Museum Seni Rupa dan Keramik

Berlokasi di area Kota Tua Jakarta Barat, museum ini memiliki sejarah panjang sejak pertama kali dibangun pada tahun 1870 sebagai Kantor Pengadilan. Awalnya menampilkan seni rupa tradisional dan keramik Indonesia, kini museum ini telah berkembang menjadi pusat pelestarian seni rupa internasional.

Fasilitas seperti ruang serbaguna, workshop keramik, dan workshop melukis tersedia, menjadikannya bukan hanya tempat pameran, tetapi juga entitas yang menyimpan, merawat, dan memperagakan kekayaan warisan budaya dari berbagai masa dan negara. Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta menjadi destinasi menarik bagi Anda pecinta seni dan budaya yang ingin menjelajahi dan menghargai karya-karya luar biasa.

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/4nC94516hN6beRWX8

Art:1 New Museum

Courtesy of museum.co.id

Art:1 New Museum, yang bermula dari Galeri Seni Mon Decor yang didirikan oleh Martha Gunawan pada tahun 1983. Awalnya berlokasi di Plaza Senayan, Wisma Mulia, dan Grand Indonesia, galeri tersebut kemudian berkembang menjadi Art:1 pada tahun 2011 untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi pameran seni. Terdiri dari tiga lantai, New Museum dan Art Space terhubung oleh koridor di setiap lantainya.

Dengan desain yang apik dan cita rasa seni yang tinggi, Art:1 New Museum menampilkan koleksi seniman ternama, sementara Art Space menjadi wadah bagi seniman untuk memamerkan karya-karya mereka. Koleksi di New Museum mencakup lukisan, patung, dan karya instalasi dari seniman-seniman yang diakui. Di sisi lain, Art Space menampilkan beragam karya, mulai dari lukisan hingga instalasi, video art, dan fotografi. 

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/78XvNMGQMfTeAJJ7A

Dia.Lo.Gue Artspace

Courtesy of Dia.Lo.Gue Artspace

Tempat ini tidak hanya menjadi galeri seni tetapi juga ruang untuk diskusi dan dialog seni. Dia.Lo.Gue merupakan ruang seni publik dan kolektif yang terbuka untuk berbagai jenis seni dan desain. Platform ini dipandang sebagai sarana untuk mendukung eksperimen dan menginspirasi kreativitas, gairah, dan minat baru.

Prinsip ini tercermin dalam namanya yang berasal dari bahasa Betawi lokal, dengan arti 'Dia/Kamu/Saya', serta logogramnya yang merepresentasikan individu dan karakter dari berbagai latar belakang, usia, dan kepribadian. Ruang ini membuka peluang untuk semua bentuk media, di mana dialog kreatif yang autentik menghubungkan seniman, desainer, dan masyarakat secara menyeluruh. 

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/g8RM5sajLbkdqAqSA

Motomoto Museum

Courtesy of Motomoto Museum

Terletak di kawasan BSD City, Motomoto Museum menawarkan pengalaman liburan yang unik bagi Anda yang sedang mengunjungi Jakarta. Dengan 23 ruangan interaktif, museum ini memamerkan karya seni dari berbagai seniman, termasuk Sembilan Matahari, Rebellionik, dan Naufal Abshar.

Keunikan museum ini terletak pada pergantian berkala koleksi seninya, yang bertujuan memperkenalkan karya seni dengan pendekatan yang berbeda kepada publik. Saat berkunjung ke Motomoto Museum, disarankan untuk membawa kamera dan berpenampilan terbaik, karena museum ini menyediakan banyak spot foto unik yang dapat diunggah ke media sosial. Setelah menjelajahi karya seni, pengunjung dapat menikmati aneka menu lezat di restoran museum, melengkapi pengalaman liburan yang menyenangkan.

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/GaEz6qSEcMnvp1tB7

Pasar Seni Ancol

Courtesy of Ancol

Berlokasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Pasar Seni Ancol didirikan pada tahun 1977, bukan hanya menjadi pusat seni dan kerajinan, tetapi juga sumber inspirasi bagi penikmat seni dan peluang bagi para seniman. Sejak peresmiannya, Pasar Seni ini telah menjadi tempat berkumpul seniman, populer di kalangan masyarakat.

Saat ini, Pasar Seni tidak hanya menjadi destinasi utama bagi pelaku seni dan kolektor, tetapi juga membuka Art Academy yang menyediakan beragam kursus seni, mulai dari musik hingga multimedia, menjadi pusat pengembangan bakat seni yang komprehensif dan berkelanjutan.

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/PxAVR32P11cF329dA

Nadi Gallery

Courtesy of Nadi Gallery

Nadi Gallery adalah ruang seni terkemuka di Jakarta. Galeri ini, yang disimbolkan oleh kata "nadi" dalam bahasa Indonesia yang berarti "arteri," bertujuan untuk memamerkan denyutan yang hidup dari perkembangan seni kontemporer di Indonesia. Pameran, dijadwalkan setidaknya enam kali setahun, menampilkan karya-karya seniman Indonesia dan internasional, menekankan kualitas dan inovasi.

Dengan berkolaborasi dengan kurator tamu, Nadi Gallery tidak hanya mempromosikan pertumbuhan artistik tetapi juga mempertimbangkan aspek komersial dari karya yang dipresentasikan. Di luar pameran, galeri memfasilitasi diskusi, pertukaran, lokakarya, penerbitan buku, dan berbagai proyek seni terkait. Terbuka untuk dialog dan kolaborasi, Nadi Gallery berusaha menjadi denyutan yang signifikan dalam ekspresi artistik pluralistik di Indonesia.

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/iugzqBEmY95Ngvic6

Komunitas Salihara Arts Center

Courtesy of Salihara 

Salihara Arts Center, terletak di selatan Jakarta, menjadi wadah yang mempersembahkan beragam seni terkini dari Indonesia dan seluruh dunia. Dalam lingkungan kreatif dan sejuk, Salihara membuka peluang bagi individu yang ingin mengembangkan kreativitas dan keterampilan melalui seni dan pemikiran, sambil mendorong apresiasi terhadap keberagaman untuk memperkaya kebebasan berpikir di Indonesia.

Program utama, seperti Salihara International Performing-arts Festival (SIPFest) dan Literature and Ideas Festival (LIFEs), menawarkan panggung bagi seniman global dan penulis untuk berinteraksi dengan masyarakat. Tak hanya itu, Salihara juga menggelar festival seni pertunjukan, seperti Helateater dan Helatari, yang menampilkan karya-karya terpilih dari seniman dalam negeri, serta Salihara Jazz Buzz, sebuah konser jazz inovatif dengan kolaborasi unik antar musisi senior dan muda. Sebagai pusat seni yang dinamis, Salihara Arts Center memainkan peran penting dalam pengembangan seni dan budaya yang beragam di Indonesia.

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/4CpEoDKvDASNZHVA9

Ciputra Artpreneur 

Courtesy of Ciputra Artpreneur 

Ciputra Artpreneur merupakan sebuah pusat seni yang terletak di pusat Jakarta, yang dikenal sebagai tempat mewah untuk pertunjukan opera, musik klasik, dan berbagai acara seni yang berkualitas tinggi. Tempat ini mencerminkan komitmen terhadap kemajuan seni dan budaya di Indonesia, terutama dalam bidang pertunjukan seni klasik.

Pusat seni ini diinisiasi oleh Ciputra Group, salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia. Ciputra Artpreneur dirancang untuk menjadi wadah bagi seniman dan pencinta seni untuk mengeksplorasi, berbagi, dan menikmati keindahan seni. Jika Anda berencana untuk menghadiri tempat ini, pastikan untuk selalu memeriksa jadwal acara.

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/6Ek2V9nNVtwZik5w6

ROH Projects

Courtesy of ROH

ROH merupakan galeri yang diinisiasi pada tahun 2014 dengan tujuan melayani ekosistem seni Indonesia melalui pembangunan program lokal yang konsisten, sambil secara bersamaan memupuk dialog yang lebih luas dan tanpa batas. Beberapa saat lalu galeri ini memindahkan rumahnya ke kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

ROH telah memainkan peran yang lebih nomaden dalam beberapa tahun terakhir saat membangun ruang permanennya yang baru, mengeksplorasi presentasi yang tidak konvensional bagi seniman dalam pengaturan dan situasi temporal yang dinamis.

Lokasi: https://maps.app.goo.gl/yQ3CowK8j5BU489m9

Art Jakarta

Courtesy of Art Jakarta 2023

Art Jakarta adalah acara tahunan pameran seni utama di Indonesia, dengan fokus jelas pada Asia Tenggara. Pameran ini merupakan forum internasional yang bersemangat bagi semua pemangku kepentingan dalam ekosistem seni. 

Sejak perhelatan pertamanya pada tahun 2009, Art Jakarta telah menjadi pameran seni tahunan yang sangat diminati oleh berbagai pecinta seni. Lukisan, instalasi, patung, dan berbagai karya seni menarik lainnya dipamerkan dalam setiap edisi Art Jakarta. Prestasi ini membuat Art Jakarta diakui memiliki dampak yang signifikan dalam dunia seni kontemporer di tingkat internasional.

Cek secara berkala di media sosial Art Jakarta untuk mengetahui perhelatan seninya tahun 2024.

BACA JUGA:

16 Karya Seni yang Mengikuti Perlelangan Bazaar Icons Charity Gala 2023

Dior dan Kolaborasi Seniman Wanita

(Penulis: Riza Arya; Foto: Courtesy of museum.co.id, Galeri Nasional Indonesia, ISA Art and Design, Museum MACAN, Galeria Sophilia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Dia.Lo.Gue Artspace, Motomoto Museum, Ancol, Nadi Gallery, Salihara, Ciputra Artpreneur, ROH, Art Jakarta 2023)