Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bebaskan Imajinasi Anda dengan 10 Buku Fiksi Fantasi Ini!

Mari berangkat sejenak menuju dunia magis!

Bebaskan Imajinasi Anda dengan 10 Buku Fiksi Fantasi Ini!
Layout by Nuraini Saraswati

Ada banyak sekali buku yang ditulis setiap tahunnya, dengan berbagai macam genre ditawarkannya. Menghabiskan waktu dengan membaca atau rehat sejenak dari layar smartphone dan komputer adalah salah satu cara terbaik untuk mengistirahatkan mata Anda. Tidak ada benar atau salah, tapi saya punya saran untuk dimulai dari yang mengizinkan Anda berimajinasi sendiri. Yakni dengan genre fiction.

BACA JUGA: 23 Buku Terbaik Rekomendasi Editor Bazaar di Musim Panas Ini

Salah satu genre (selain romantis tentunya) yang mudah memikat hati para pembaca tentunya ialah fantasi. Genre yang satu ini mampu membawa Anda keluar dari kejenuhan sehari-hari, ke dunia yang berbeda, yang tentunya penuh dengan penyihir dan pendekar! Mari terlusuri 10 buku fiksi fantasi dari Bazaar, dan berkhayal bersama kami.

Woven in Moonlight oleh Isabel Ibañez

Courtesy of Goodreads

Novel yang satu ini mengambil inspirasi dari budaya Bolivia. Mengisahkan Ximena yang berperan sebagai decoy Condesa, garis keturunan terakhir kerajaan Illustria. Rakyatnya kehilangan segalanya ketika Atoc, sang perampas kekuasaan menggunakan pusaka maut untuk memanggil hantu dan mengusir bangsa Ilustria dari La Ciudad.

Dilandasi keinginan untuk balas dendam, dan kekuatan memintal yang magis dimilikinya, Ximena ingin membalikkan kekuasaan yang sudah dirampas tersebut.

Apakah Ximena berhasil?

The Poppy War oleh R.F Kuang

Courtesy of Goodreads

Masih berlatar belakang kekuasaan, buku yang satu ini mengambil sudut cerita dari sejarah Tiongkok pada abad ke-20. Tepatnya perang Sino-Jepang.

Rin seorang gadis desa dari daerah selatan, terlahir miskin dan memiliki kulit gelap. Ia kerap dijauhi oleh teman-temannya. Namun diluar dugaan, ternyata ia memiliki kekuatan magis yang tidak wajar. Melalui kekuatan ini ia berusaha menyelamatkan orang-orangnya.

The Song of Achilles oleh Madeline Miller

Courtesy of Amazon

Mengambil latar belakang era pahlawan Yunani, buku ini menceritakan kembali perang Troya dari perspektif Patroclus, yang akan menjadi pasangan Helene. Namun di buku ini ia menjalin hubungan romantis dengan Achilles, pahlawan perang Troya. Lika-liku hubungan mereka menjadi sorotan utama buku ini.

A Wizard of Earthsea oleh Ursula K. Le Guin

Courtesy of Goodreads

Buku ini menginspirasi banyak cerita fantasi yang bertemakan penyihir. Termasuk di antaranya, Harry Potter.

Mengisahkan perjuangan Ged yang berbakat sejak lahir, dan memiliki ambisi untuk menjadi penyihir terhebat di seluruh Earthsea. Akibat ini ia tumbuh menjadi anak yang sombong dan tidak sabaran. Namun, perlahan-lahan melalui banyak ujian dan kejadian Ged tumbuh pria yang rendah hati dan kalem.

Six of Crows oleh Leigh Bardugo

Courtesy of Goodreads

Cerita ini berpusat pada sekelompok karakter yang terdiri dari para penjahat muda yang masing-masing memiliki bakat yang unik.

Mereka ditugaskan untuk melakukan misi yang sangat berbahaya yang bisa mengubah nasib dunia mereka. Antara lain, ada Kaz Brekker, seorang pemimpin yang cerdas dari dunia kriminal, Inej Ghafa, yang mahir dalam menyelinap dan bernavigasi, Jesper Fahey, seorang penembak jitu yang ulung, Nina Zenik, seorang Grisha yang memiliki kemampuan dalam sihir, Matthias Helvar, seorang mantan prajurit yang sekarang menjadi musuh mereka, dan Wylan Van Eck, seorang ahli bom dan teknologi.

Mereka diberikan tugas untuk menyusup ke kota kerajaan yang terlindungi kuat, yakni Ketterdam, untuk mencuri suatu barang yang sangat berharga: seorang ilmuwan Grisha. Dalam perjalanan mereka, tantangan dan rintangan muncul dari setiap sudut, sementara masing-masing anggota kelompok membawa beban masa lalu mereka sendiri.

Lantas apakah mereka berhasil melalui itu semua?

The Lion, the Witch & the Wardrobe oleh C.S. Lewis

Courtesy of Bloomsbury

The classic! Bagi Anda yang ingin mencoba membaca fantasi, jangan lewatkan buku ini. Tapi bagi Anda yang sudah pernah baca buku ini, maka tak ada salahnya membaca lagi!

Menceritakan sekelompok anak-anak yang menemukan lemari yang menghubungkan mereka ke dunia magis bernama Narnia. Dalamnya, mereka membantu Aslan, sang singa yang mampu berbicara, untuk menyelamatkan Narnia dari penyihir putih yang jahat.

Tentu saja pertualangan mereka tidak berhenti di sini, setidaknya terdapat enam buku yang siap menyuguhkan Anda dengan berbagai pertualangan magis ala C.S.Lewis.

The Buried Giant oleh Kazuo Ishiguro

Courtesy of Goodreads

Berlatar belakang di era Raja Arthur di Inggris. Novel karya peraih nobel sastra ini menceritakan tentang dua pasangan tua bernama Axl dan Beatrice, yang sedang mencari putra mereka yang hilang. Diperjalanannya, mereka bertemu dengan ksatria tua bernama Sir Gawain, yang sedang melakukan pencarian unik dan menjadi pelindung mereka dari ancaman duniawi dan supernatural.

City of Glass oleh Cassandra Clare

Courtesy of Amazon

Buku yang memicu deretan bestselling seri The Mortal Instruments.

Clary harus pergi ke City of Glass untuk menyelamatkan ibunya, kota yang dikenal sebagai tempat tinggal Shadowhunter. Masuk ke kota tersebut tanpa ijin, artinya melawan hukum, dan konsekuensi melawan hukum ialah kematian. Ini diperburuk pula dengan Jace tidak ingin ia berada disana, dan Simon dipenjarakan oleh para Shadowhunters. Bagaimanakah Clary menghadapi konflik ini? Dan siapakah yang akan membantunya kedepannya?

The Lord of the Rings Series oleh J.R.R. Tolkien

Courtesy of Goodreads

Kembali lagi ke fantasi klasik! Seri ini tetap akan menghibur Anda walau sudah dibaca berkali-kali.

Alkisah terdapat cincin yang dibuat oleh peri, ketika cincin ini terkumpul, orang yang memiliki cincin tersebut dapat menguasai dunia. Inilah yang diinginkan Sauron, sang penguasa kegelapan. Sayangnya, ia kekurangan satu cincin, dan secara kebetulan cincin tersebut ada di tangan Bilbo, si hobbit.

Bilbo yang sudah tua memberikan cincin ini ke saudaranya Frodo, yang kemudian akan melakukan perjalanan panjang di Middle-earth. Untuk menghancurkan cincin ini serta menghentikan kekuatan Sauron.

Favorit penulis

Malice oleh Heather Walter

Courtesy of Goodreads

Mengisahkan kembali legenda klasik, si putri tidur, but with a twist!

Alyce satu-satunya penyihir yang memiliki kekuatan gelap di Briar. Ia sendiri dijuluki sebagai Dark Grace, hampir semua orang menjauhinya. Kecuali sang pewaris tahta kerajaan Briar, Putri Aurora. Alyce pun pelan-pelan menaruh hati padanya, bagaimanakah kisah mereka? Apakah mereka berhasil melawan stigma yang ada?

BACA JUGA:
10 Buku Resep Favorit Bazaar yang Bisa Dibeli Sekarang
10 Rekomendasi Buku yang Cocok Dibaca Seumur Hidup

(Foto: Courtesy of Amazon, Bloomsbury, Goodreads. Layout by: Nuraini Saraswati)