Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

12 Cincin Pertunangan Terindah dengan Emerald Cut

Semua yang Anda perlu kamu ketahui tentang potongan klasik ini.

12 Cincin Pertunangan Terindah dengan Emerald Cut
Courtesy of Bazaar UK

Cincin pertunangan dengan emerald cut telah ada selama berabad-abad. Diperkirakan berasal dari abad ke-15 ketika para pengrajin perhiasan menggunakannya untuk meminimalkan tekanan saat memotong zamrud, batu yang jauh lebih rapuh, agar tidak terkelupas atau pecah.

BACA JUGA: Cara Memaksimalkan Uang Anda untuk Cincin Pertunangan

Potongan ini menjadi sangat populer selama gerakan art deco tahun 1920-an, yang mengutamakan garis-garis minimal dan bentuk yang simetris. Perancang perhiasan Harry Winston mengagumi emerald cut karena kemampuannya menampilkan kualitas dan kejernihan berlian yang luar biasa (dengan lebih sedikit sisi yang memantulkan cahaya dibandingkan potongan lainnya, Anda dapat melihat langsung ke dalam batu dengan emerald cut, sehingga dapat melihat kekurangannya). 

Memang, potongan ini telah menjadi ciri khas rumah berlian ini, yang menghubungkannya dengan Jonker I yang terkenal, berlian emerald cut 125,35 karat yang dibelah dari berlian kasar Jonker 726 karat yang dibeli Harry pada tahun 1935.

Sejak saat itu, cincin pertunangan berbentuk potongan emerald telah dikenakan oleh sejumlah pengantin bintang seperti Elizabeth Taylor, Grace Kelly, Amal Clooney, Beyonce Knowles-Carter, Angelina Jolie, Reese Witherspoon, Jennifer Lopez, dan Nicola Peltz. Dan ya, ibu mertua Nicola, Victoria Beckham, juga memilikinya. Ini adalah salah satu dari 15 cincin pertunangan yang dikabarkan telah diberikan David kepadanya sepanjang pernikahan mereka.

Berlian dengan potongan emerald mungkin tidak akan langsung memesona Anda seperti batu berpotongan bulat klasik (batu ini memiliki lebih banyak sisi untuk memaksimalkan kilau yang memukau), namun sangat cocok bagi siapa saja yang mencari cincin yang bersahaja, elegan, dan sedikit lebih unik.

Merasa terinspirasi? Berikut adalah 12 cincin pertunangan dengan emerald cut yang indah yang layak untuk Anda pertimbangkan.

Harry Winston

Courtesy of Bazaar UK

Favorit yang tak lekang oleh waktu, batu emerald cut ini diapit oleh empat batu cemerlang berpotongan bulat.

Tiffany & Co.

Courtesy of Bazaar UK

Ingin sedikit tambahan kilau? Tiffany telah mengelilingi berlian dengan bentuk emerald cut ini dengan lingkaran sinar yang cemerlang untuk menambah kilaunya.

Cartier

Courtesy of Bazaar UK

Terkadang, hanya zamrud yang benar-benar cocok. Batu yang menakjubkan ini dipasangkan pada tali platinum, bertahtakan berlian dengan potongan yang brilian.

Jessica McCormack

Courtesy of Bazaar UK

Jessica memilih posisi yang tidak umum. Membuatnya semakin unik dengan meletakkannya sehingga membentuk memanjang pada jari, sangat modis.

De Beers

Courtesy of Bazaar UK

Tiga batu emerald cut yang bersinar, berdampingan. Tidak ada yang lebih elegan dan klasik dari ini.

Boodles

Courtesy of Bazaar UK

Cincin 'toi et moi' yang memukau ini, dengan zamrud dan safir yang dipasang berdampingan di atas tali emas kuning, menjadi alternatif yang indah untuk desain solitaire klasik.

Rachel Boston

Courtesy of Bazaar UK

Menurut Rachel Boston, perajin perhiasan asal Inggris, cincin ini mewakili "kesederhanaan yang elegan dalam bentuk yang terbaik". 

Salah satu desainnya yang paling populer, cincin ini menampilkan berlian dengan emerald cut ditengahnya dengan batu-batu sisi berwarna putih, semuanya dipasangkan pada tali emas kuning.

David Morris

Courtesy of Bazaar UK

Sederhana dan berkesan, cincin berkilau ini menampilkan berlian emerald cut dengan berat lebih dari 3 karat.

Meadowlark

Courtesy of Bazaar UK

Alih-alih berlian putih, bagaimana dengan warna merah muda merona pucat dari tiga morganite emerald cut? Cincin pertunangan yang sempurna untuk pasangan yang sangat romantis.

Milamore

Courtesy of Bazaar UK

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih kontemporer, pertimbangkan cincin grafis dari Milamore ini. Dengan dua tali sejajar yang dipadukan dengan berlian baguette yang mengelilingi zamrud hijau, cincin ini terinspirasi dari gaya art deco, namun terasa sangat modern.

Van Cleef & Arpels

Courtesy of Bazaar UK

Berlian dengan potongan Baguette yang dipasang pada tali cincin ini memberikan kilau dan drama ekstra pada cincin solitaire zamrud ini.

Fenton & Co.

Courtesy of Bazaar UK

Sebuah batu yang melambangkan jiwa muda, kebahagiaan, dan harapan abadi, batu aquamarine emerald cut ini adalah permata yang sempurna untuk sebuah cincin pertunangan.

BACA JUGA:
Inspirasi Layering Perhiasan Cincin dan Kalung Menggunakan Koleksi John Hardy
Cara Berbelanja Cincin Tunangan Vintage

(Penulis: Kim Parker; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)