Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Memilih Model Kemeja Putih Wanita untuk Kerja

Mari ketahui apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih fashion item klasik ini.

Cara Memilih Model Kemeja Putih Wanita untuk Kerja
Layout by Nuraini Saraswati

Ketika membahas pakaian kerja, maka kemeja putih akan langsung terlintas di benak siapa saja. Formalitas yang dibawakan oleh kemeja putih tak jarang menjadikannya jenis pakaian yang paling kaku. Namun di saat yang sama, fashion item yang harus ada di setiap lemari pakaian.

BACA JUGA: 8 Kemeja Putih Karya Brand Lokal yang Patut Anda Miliki!

Kemeja putih pertama kali dirancang untuk kaum pria, pakaian yang satu ini tentunya sudah sangat umum dipakai oleh kaum wanita pula. Semua ini tentunya berkat Marie Antoinette, sang trendsetter. Walau begitu, hampir keseluruhan model kemeja putih memiliki unsur desain yang maskulin, sebagaimana ia didesain sebelumnya. Untuk model yang lebih menonjolkan sisi feminin dapat dilihat pada blus. Blus sendiri masih tergolong dalam kategori kemeja, hanya saja memiliki siluet yang lebih santai. 

Busana yang satu ini akrab sebagai dikenal busana kantor. Meskipun bentuknya hampir sama semua, bukan berarti Anda tidak bisa berpenampilan keren. Ketahui berbagai detail kemeja serta tips memilih model berikut!

Kerah

Button up dan Button down

Kerah yang paling umum terlihat pada kemeja, diadaptasi sepenuhnya rancangannya dari kerah pria. Umumnya yang membedakannya hanyalah posisi kancing pada kerah ini. Pertama button up yang berarti tidak ada kancing pada daun kerah, sedangkan button down memiliki kancing pada daun kerah, yang mengencangkan daun kerah dengan badan kemeja.

Kemeja button up umumnya lebih cocok untuk tampilan yang lebih formal, umumnya dipakai sebagai dalaman. Sedangkan button down lebih sesuai untuk gaya kasual dan santai, serta dipakai untuk luaran. 

Ganni
Button up White Shirt

Courtesy of Farfetch

Sentuhan flare kecil di sela-sela kancing kemeja Ganni yang satu ini tentunya memberikan kesannya tersendiri. Jika Anda ingin sedikit sentuhan unik pada busana kantor Anda. 

Thom Browne
Button Down White Shirt

Courtesy of Farfetch

Sepertinya ada yang salah jika tidak merekomendasikan kemeja Thom Browne. Kemeja yang satu ini dilengkapi dengan kantong yang rapi, beserta jahitan di sekitar kancingnya, menekankan segala elegansi yang harus Anda tampilkan di kantor. 

Kerah Convertible

Selain kerah klasik di atas, kerah convertible juga kerap ditemukan pada kemeja lengan pendek (atau kerah camp pada pria). Bentuknya yang landai, menjadikan kerah ini lebih kasual daripada kedua kerah sebelumnya. Namun, kerah model ini tetap dapat dipakai di kantor, padukan saja dengan rok span panjang dan pumps! Kerah model ini tetap bisa memberikan pesonanya pada keseluruhan tampilan Anda. 

Jika kantor Anda memiliki peraturan yang lebih kaku, sebaiknya gunakan kemeja dengan kerah ini sebagai dalaman, dan lapisilah dengan blazer. 

Theory
Camp collar shirt in Viscose

Courtesy of Theory

Ideal untuk musim panas, kemeja yang satu ini memiliki potongan yang rileks dan terbuat dari viscose. Kesan santainya, menjadikan kemeja ini cocok dikenakan di hari jumat, siap untuk menyambut akhir pekan. 

Lengan

Lengan panjang atau lengan pendek?

Pilihan kemeja untuk acara penting, tetaplah jatuh pada kemeja yang berlengan panjang yang dilengkapi dengan placket dan manset. Jika Anda ingin menambahkan sedikit sentuhan chic, pilihlah kemeja dengan manset yang cukup besar. Tambahan, jika Anda ingin menggunakan kemeja lengan panjang sebagai dalaman, hindarilah lengan oversized. Untuk mencairkan suasana formal di kantor (tentunya ini balik lagi ke peraturan kantor Anda) kemeja lengan pendek dapat diandalkan. 

Maison Kitsuné
Short-sleeve cotton shirt

Courtesy of Farfetch

Melalui siluetnya yang boxy, kemeja lansiran Maison Kitsuné ini dapat Anda kenakan saat kerja tanpa harus merasa terlalu kasual. 

Tom Ford
Long-sleeve shirt

Courtesy of Farfetch

Lengkap dengan placket ala tuxedo, dan manset yang berukuran masif. Kemeja ini tak hanya bisa dipakai saat kerja, namun juga untuk evening occasion. 

Siluet

Oversized untuk tampil chic, fitted untuk tampil profesional

Hadirnya kemeja oversized di runway merek-merek seperti Lemaire dan The Row membius kita! Paduan kemeja oversized yang bersih dan simpel dengan celana lurus dan sepatu derby, ternyata berhasil menciptakan busana kantoran yang chic. Tampilan tersebut tentunya dapat Anda tiru, serta dikembangkan! Pasangkan saja setiap kemeja putih oversized Anda dengan bawahan siluet lurus ataupun fitted. 

Sebaliknya, kemeja fitted bagi Anda yang ingin terlihat profesional serta maskulin. Gulung lengan kemeja setinggi siku, dan buka dua kancing teratas.

Tada! Girl boss!

The Row
Oversized button-up shirt

Courtesy of Farfetch

Anda dapat mengenakannya langsung sebagai atasan, ataupun sebagai luaran. Pilihan cara pakai ada di tangan Anda.

Armani Exchange
Long-sleeve shirt

Courtesy of Farfetch

Terbuat dari bahan viscose yang efektif menyerap keringat, serta sejuk. Kemeja ini sangat cocok untuk digunakan sebagai paduan dengan jas!

BACA JUGA:
10 Kemeja Button-Down Untuk Anda Pakai Berulang Kali
Sejarah Panjang Kemeja Putih

(Foto: Courtesy of Farfetch dan Theory; Layout by Nuraini Saraswati)