Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apa yang Terjadi dengan Pakaian yang Tidak Cukup Baik untuk Dijual Kembali?

Vintage Threads sedang membuat fashion yang ramah lingkungan dengan mengubah pakaian bekas pada satu waktu.

Apa yang Terjadi dengan Pakaian yang Tidak Cukup Baik untuk Dijual Kembali?
Courtesy of Bazaar UK

Dengan begitu banyak pembeli yang ingin mengurangi jejak karbon mereka, perdagangan ulang (resale) saat ini sedang pesat. Namun, tidak semua barang dapat berhasil dijual di pasar barang secondhand, beberapa barang terlalu rusak untuk dapat digunakan kembali, dan hal ini meninggalkan risiko barang tersebut dibuang ke tempat pembuangan. Masalah inilah yang ingin dipecahkan oleh bisnis baru bernama Vintage Threads.

BACA JUGA: Kemeriahan Show Final Asia NewGen Fashion Award (ANFA) 2022/2023 yang Berkonsep Sustainability

Konsepnya sederhana, para penjahit berbakat mengubah potongan-potongan desainer dan streetwear yang sudah usang menjadi sesuatu yang benar-benar berbeda dan diinginkan, sehingga mereka tidak akan berakhir di tempat pembuangan, dan mereka akan terus digunakan. Koper Gucci yang sudah rusak dapat diubah menjadi jaket atau mantel Fendi yang diimajinasi menjadi setelan dua bagian yang menyenangkan.

"Ketika pertama kali membangun visi kami untuk Vintage Threads, kami selalu merasa tidak ingin hanya menjadi pengecer pakaian vintage," kata salah satu pendiri, Freddie Rose, yang meluncurkan bisnis ini bersama Charlie Oxley.

"Reworking dapat memainkan peran yang sangat penting dalam mendorong industri menuju model yang lebih berkelanjutan. Meskipun kami selalu berusaha menyelamatkan sebanyak mungkin pakaian dari tempat pembuangan sampah melalui koleksi vintage kami, kami menemukan semakin banyak bahwa ada potongan-potongan luar biasa dan bahan-bahan indah yang tidak dapat kami jual karena kondisinya tetapi bisa kami ciptakan sesuatu dari mereka."

Courtesy of Bazaar UK

Reworking adalah tentang meminimalkan sebanyak mungkin hal yang baru, tanpa mengorbankan gaya, katanya. "Ini menawarkan pilihan fantastis untuk lebih mengurangi jumlah pakaian yang kita kirim ke tempat pembuangan sampah setiap tahun. Ini juga merupakan tantangan besar bagi merek di seluruh dunia untuk melihat limbah tempat pembuangan mereka dan bertanya kepada diri mereka sendiri apakah mereka dapat menemukan cara lain untuk menggunakan bahan, karena ini harus menjadi opsi terakhir untuk pakaian dan, akhirnya, bukan opsi sama sekali."

Ketika berbicara tentang mode berkelanjutan secara umum, transparansi menjadi kunci untuk mendorong industri maju, demikian pendapat Freddie. Dengan memperhatikan hal ini, merek-merek perlu bertanggung jawab dan jujur dengan diri mereka sendiri tentang dampak pemasaran mereka terhadap konsumen.

"Industri mode sudah membuat beberapa perubahan positif dan membawa kesadaran yang lebih besar, namun, selalu ada risiko greenwashing. Harus ada transparansi yang lebih besar tentang apa yang dilakukan merek dengan stok surplus mereka. Brand perlu mengambil lebih banyak tanggung jawab atas bagaimana mereka mendorong konsumsi berlebihan di antara konsumen dan membentuk pola pikir bahwa selalu butuh pakaian baru."

Dan, meskipun ada tanggung jawab pada brand, perubahan nyata datang dari atas. "Saya ingin melihat campur tangan pemerintah karena ini adalah masalah yang tidak akan hanya pergi begitu saja," katanya. "Perubahan besar harus dilakukan pada tingkat atas untuk memastikan perubahan terjadi dengan laju yang diperlukan."

Courtesy of Bazaar UK

Freddie menyebut pemerintah Prancis sebagai contoh yang memimpin. Mereka baru-baru ini memperkenalkan skema bonus perbaikan (di mana pelanggan dapat mengklaim uang kembali atas perbaikan pakaian mereka), dan ia berharap sesuatu yang serupa akan terjadi di Inggris. Tetapi, tentu saja, perubahan besar hanya terjadi dengan tekanan eksternal, sehingga kekuatan dimulai dari kita para pembeli.

"Tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk menjadi pembeli yang sadar lingkungan," katanya. "Saya akan menyarankan konsumen untuk menantang diri mereka sendiri jika mereka membutuhkan suatu pakaian. Mungkin mereka bisa memperbaiki elemennya atau mengubahnya untuk mencapai perasaan kebaruan. Model fashion yang lebih circular harus menjadi ambisi di antara kita semua."

Apa yang akan terjadi selanjutnya untuk Vintage Threads? "Dari perspektif sehari-hari, ambisi kami selalu untuk menjadi lebih baik setiap hari, untuk terus mengubah persepsi tentang pakaian vintage dan yang diubah, untuk membantu mendorong industri fashion menuju model yang lebih berkelanjutan dan berputar. Kami ingin memiliki toko Vintage Threads di 10 kota besar di seluruh dunia, kami tahu itu ambisius, tetapi jika kami dapat mempertahankan pengalaman pelanggan yang sama seperti sekarang, maka kami memiliki banyak yang bisa ditawarkan di kota-kota di seluruh dunia."

Vintage Threads yang telah membuat pakaian untuk tokoh seperti Ariana Grande dan Emma Chamberlain. Memiliki toko sendiri di Covent Garden, London, dan baru-baru ini membuka konsep di Selfridges, yang bisa Anda kunjungi sekarang.

BACA JUGA:

Tampilan Fashion di Chrome Carpet Premiere Film Renaissance Beyoncé

Menilik Arti Fashion Sustainability & Circular Economy di Tinkerlust Fashion Impact Summit 2022

(Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)