Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

100 Tren yang Masuk Dalam Daftar The Bazaar 2022

Sederet tren fashion, produk kecantikan, film, musik, buku, serta memes terbaik di tahun ini.

100 Tren yang Masuk Dalam Daftar The Bazaar 2022

Di tahun 2022, kami jatuh cinta dengan banyak hal. Banyak darinya jenaka, seperti kompartemen tas berbentuk burung merpati, kemudian celana jeans yang terbuat dari bahan kulit. Ada juga yang klasik seperti sepatu penny loafers, serta celana panjang wool penuh keelokan. Tak terlupakan serial TV yang senantiasa meramaikan opini di Twitter, buku-buku yang berhasil membuat kita menangis, produk kecantikan bak ciptaan ilmuwan sci-fi, serta sebuah kursi dengan desain yang sangat istimewa.

Sulit rasanya di generasi penuh konten ini untuk memilih satu atau dua hal yang sukses mendominasi kultur. Namun, walaupun kadang terasa susah, hal ini justru menyuguhkan variasi yang begitu beragam. Tahun ini menawarkan opsi tak terbatas untuk hal yang dapat ditonton, dipakai, dan tentunya dibicarakan. Jika Anda tidak menyukai satu hal? Banyak pilihan yang lain. Berbicara tentang pilihan yang terbaik? Tentunya ini subjektif. Simak daftar hal-hal yang paling dicintai oleh para Editor Bazaar US sepanjang tahun 2022 berikut.

1. Ana Bag oleh Luar

Terjemahan modern terhadap siluet klasik tas ini menjadi salah satu faktor besar yang Raul Lopez penghargaan CFDA Accessories Designer of the Year.


2. Mini shirtdress Valentino

Sensibilitas Barbiecore oleh Pierpaolo Piccioli untuk koleksi fall/winter 2023 ini menjadi favorit banyak pelaku dan peminat mode.


3. Julia Fox

Banyak yang menyukainya, banyak juga yang membencinya. Namun, tidak bisa dipungkiri, sosok Julia Fox benar benar mahir dalam liga mode dan fenomena selebriti di tahun 2022.


4. The White Lotus

Kita tidak bisa berhenti berbicara mengenai setiap elemen dari serial TV yang satu ini, mulai dari intensi Daphne, busana Portia, serta adegan kematian ironis di akhir season ini.


5. Hermèsistible Infused Lip Care Oil

Dengan aroma segar dan kemampuannya untuk menunjang mood, produk yang satu ini bagaikan tas Birkin untuk bibir Anda.


6. Y2K Fashion dan Beauty

Mulai dari polesan bibir penuh kilau, hingga sepatu chunky dan atasan crop, nuansa Y2K mendominasi tahun ini.


7. Keke Palmer

Keke menjadi MC ajang CFDA, membintangi salah satu film terbaik tahun ini, serta mengumumkan kehamilannya di acara TV Saturday Night Live. Dengan hal ini, ia mengingatkan publik apa yang penggemar beratnya sudah tahu selama ini, bahwa ia seorang sosok multitalenta yang dapat menaklukan segala hal.


8. Dyson Airwrap terbaru

Dyson Airwrap menjadi salah satu produk kecantikan terpopuler di dekade ini. Tahun ini, Dyson kembali meluncurkan versi terbarunya dengan teknologi terbaru guna mengeriting rambut lebih cepat, sekaligus merawat rambut agar tetap lembut.


9. Sepatu balon dari Loewe

Teruntuk Anda yang gemar dengan sepatu dengan desain cantik yang sekaligus surealis.

10. Kilt Chopeva Lowena

Brand asal London ini mencuri atensi peminat industri mode dengan desain kilt yang mengawinkan unsur punk dengan kerja tangan penuh detail.


11. Boat-and-Tote ironis


Kultur meme dan kembalinya sensibilitas anak sekolah di tahun 2022 membuat banyak perempuan kembali menggunakan tas ransel L.L Bean-nya, kali ini dengan ragam ornamen bordir dengan slogan-slogan ironis seperti “Xanax” dan “Can u not?”


12. Pasangan selebriti mengumumkan cintanya pada publik


Machine Gun Kelly dan Meghan Fox bertunangan, Ben dan Jen akhirnya kembali bersama, kemudian Kourtney dan Travis melangsungkan tiga pernikahan berbeda.


13. Dunia bersatu untuk Ukraina


Sederet pemimpin dunia, bintang Hollywood, atlet professional, pelaku fashion, serta orang biasa menggalang dana untuk membantu penduduk Ukraina yang harus mengungsi dari negaranya sebab perang.


14. Album Bad Bunny, Un Verano Sin Ti

Dipenuhi dengan sederet lagu hits seperti “Titi Me Preguntó” dan “Después de la Playa,” album ini menduduki peringkat 1 di tangga Billboard selama 13 minggu, dan menjadikan sosok asal Puerto Rico ini musisi dengan penghasilan terbesar dari turnya. 


15. Lilin Cartier


Lilin dengan aroma woody dan botanical ini sungguh menciptakan nuansa segar.


16. Buku “Tomorrow, and Tomorrow, and Tomorrow” oleh Gabrielle Zevin


Menghibur dan menyenangkan untuk dibaca, novel ini adalah perjalanan penuh emosi tentang dua sahabat lama yang gemar akan video game, Sam dan Sadie, yang harus bergulat dengan duka setelah salah satunya meninggal dunia.


17. Kuku press-on yang baru

Mudah untuk diaplikasikan dan dengan daya tahan lama berminggu-minggu, teknologi press-on ini jelas berbeda dari yang sebelumnya.


18. Gelas Bon Bon oleh Helle Mardahl


Wadah minuman ini memadukan segala hal yang keren seperti martini mania, estetika Memphis, glasswork unik, dan seorang desainer lulusan Central Saint Martins.


19. Sweater Lauren Manoogian


Rajutan bulu lembut ini menjadi favorit banyak peminat mode.


20. Mengenang Ratu Elizabeth

Diskusi tentang dunia, tradisi, stabilitas, dan monarki semakin berapi-api setelah wafatnya sosok pemimpin kerajaan Inggris terlama di sejarah.


21. Album Renaissance oleh Beyoncé

Tidak sebatas surat cinta untuk kaum LGBT, album ini juga menampilkan Beyoncé yang semakin bebas. Bebas dari peraturan dan larangan industri musik dan bebas dari tekanan sosial. Lewat album ini, nampaknya ia bebas berkreasi sesuai dengan suara hati.


22. Film Everything Everywhere All at Once

Film ini memaparkan cara hidup modern yang telah mengubah jangka waktu perhatian manusia.


23. Sweater tenis Miu Miu


Kami menyaksikan estetika tenniscore yang mendominasi tahun 2021. Di tahun 2022, tampaknya sensibilitas preppy yang kembali disorot.


24. Kacamata hitam Celine Triomphe


Tren kacamata hitam di 2022 rata-rata cepat memudar, namun yang satu ini dipastikan tetap dicintai dan tampil gaya setidaknya lima tahun ke depan.


25. Alis bleach

Nyatanya kita tidak bisa mendiamkan alis kita begitu saja. Seperti yang banyak selebriti telah lakukan, mem-bleach alis Anda dapat menjadi cara termudah untuk mentransformasi penampilan Anda.


26. Gaya tur pers

Busana karpet merah cenderung dapat diprediksi, namun bintang-bintang baru seperti Letitia Wright (Black Panther: Wakanda Forever), Florence Pugh (Don’t Worry Darling), serta Taylor Russell (Bones and All) tampaknya membawa kembali unsur segar tak terduga ke karpet merah di musim premier kali ini.


27. Makanan TikTok

Konten memasak sudah umum, namun tren makanan terbaru di 2022 terasa berbeda, seperti halnya Corn Kid, Chicken Salad Lady, dan juga Negroni Sbagliato. 


28. Konser Harry’s House Harry Style

Ketenaran Harry Styles terus membara. Hal ini pun terasa dengan sederet tanggal tur di Madison Square Garden yang senantiasa terjual habis.


29. Celana denim Bottega Veneta yang terbuat dari kulit 


Kreasi Matthieu Blazy untuk Bottega yang satu ini menjadi favorit kami. Terbuat dari kulit, inovasi ini terasa baru dan orisinil. 


30. Buku I’m Glad My Mom Died oleh Jennette McCurdy


Bintang aktor muda yang membintangi serial TV iCalry dan Sam & Cat ini mengulas balik hubungan rumitnya dengan sang ibu lewat buku memoir yang bernapas dark comedy.


31. Hailey Bieber

Jika tidak sedang meluncurkan produk baru dari lini kecantikannya, atau menginspirasi tren kuku terbaru, tahun ini Hailey mencuri perhatian dengan sifatnya yang siap menerima setiap halangan dan tantangan di hidupnya.


32. Celana High Sport


Celana ikonis High Sport membuktikan bahwa berbusana untuk kembali kerja serta berpesta seiring pulihnya dunia dari pandemi global tetap bisa terasa nyaman.


33. Taplak meja bervisual kerah baju oleh Gohar World


Meja Anda berhak berbusana dengan gaya sendiri. Seri linen bernapas jenaka ini menjadi salah satu produk perabotan rumah yang paling unik di tahun ini.


34. Jaket scarf Totême


Penuh elegansi namun tetap dengan kenyamanan optimal. Tidak heran jaket ini menjadi favorit semua influencer tahun ini.


35.“Running Up That Hill (A Deal with God)” oleh Kate Bush

Setelah menjadi latar belakang lagu sebuah adegan ikonis di Stranger Things, lagu yang tenar di tahun ‘80-an ini kembali disorot dan menjadi favorit Gen-Z. 


36. Highlighter stick Westeman Atelier Lit Up oleh Nectar


Tampilan muka glazed donut semakin mudah untuk dicapai dengan highlighter stick yang satu ini. Aplikasinya yang mudah dan lembut membuat kulit semakin berkilau.


37. Nensi Dojaka

Desainer dari London ini merevolusi busana pesta dengan sensibilitas hyper-sexy yang sangat kontemporer.


38. Buku Fiona and Jane oleh Jean Chen Ho


Serupa dengan karya Jean sebelumnya, ‘Sula and My Brilliant Friend,’ buku yang terdiri dari koleksi cerita pendek ini penuh akan eksplorasi persahabatan antar wanita. Fiona adalah sosok wanita penuh glamor yang berpindah ke New York dari California, sedangkan Jane Shen adalah temannya yang mengaguminya, namun juga iri terhadapnya.


39. Bond Builders

Pernahkah Anda menggunakan kata disulfide bonds akhir-akhir ini? Jika iya, kemungkinan besar Anda telah familier dengan Olaplex, K18, atau sederet produk perawatan rambut baru lainnya yang mereparasi rambut Anda dari akarnya.


40. Kolaborasi Tekla dan Jacquemus


Busana tidur serta seprai bernapas ethereal untuk membuat hidup Anda di apartemen terasa bak liburan di kota pesisir.


41. Tur pers Don’t Worry Darling

Film Don’t Worry Darling berhasil mencuri atensi para penonton jauh sebelum tayang di bioskop. Sepanjang tahunnya, film ini juga menjadi bahan pembicaraan banyak orang, dari hubungan cinta lokasi, rumor DeuxMoi, hingga bocoran video penggarapan film serta Spitgate.


42. Jack Harlow 

Penyanyi yang satu ini berhasil memikat perhatian banyak orang dengan lagunya bertajuk “First Class” yang memadukan cuplikan sample dari lagu legendaris Fergie dengan ciri khas Louisville-nya.


43. Tas Chanel 22


Dengan detail klasik seperti kulit quilted, rantai emas kulit, tas yang satu ini juga mengetengahkan gaya hidup wanita modern lewat ukuran yang luas dan fungsional. 


44. Koleksi vas bunga kreasi Athena Calderone untuk Crate & Barrel 


Siluet unik dengan palet earth tones cenderung netral dari sosok influencer dengan selera yang baik.


45. Euphoria

Serial TV ini senantiasa relevan, bukan hanya sebatas tata rias glitter dan sederet bintang atraktifnya, namun karena sudut pandang dan narasi yang terasa segar dan tanpa filter.


46. Adidas

Tahun ini menjadi tahun penuh pencapaian bagi brand atletik ini. Beberapa darinya adalah kolaborasi dengan Gucci, Sporty & Rich, Wales Bonner, serta Balenciaga.


47. Satin Kajal Jewel Liner oleh Victoria Beckham.


Diaplikasikan secar rapi atau digosok, eyeliner dengan pigmen pekat yang berkilau ini dapat menciptakan tampilan mata impresif dengan satu pulasan saja. 


48. Tank top Prada

Tank top menjadi salah satu tren terbesar tahun ini, dan Prada menyuguhkan yang terbaik. 


49. Selimut Sauna HigherDose Infrared


Anda tidak perlu melakukan banyak hal untuk berkeringat dengan selimut ini. Selimut ini memproduksi hawa panas guna relaksasi tubuh, sirkulasi yang baik, dan membuat Anda berkeringat untuk membuang racun.


50. Reservation Dogs

Perpaduan antara komedi dan unsur melankolis membuat Reservation Dogs berbeda dari acara lain di TV. Tak terlupakan empat aktor berdarah pribumi Amerika yang membawakan acara.


51. Ekshibisi mode di Museum Brooklyn

Institusi Brooklyn ini telah menjadi destinasi para pencinta mode, dengan ekshibisi label Thierry Mugler yang sedang berjalan sekarang, juga retrospektif desainer Virgil Abloh yang sebelumnya.


52. Buku Nightcrawling oleh Leila Mottley


Dikarang oleh seseorang berusia 20 tahun dan sudah menjadi salah satu kandidat Booker Prize, novel yang satu ini memaparkan secara puitis masa muda orang berkulit hitam yang dihancurkan oleh kekerasan seksual dan diskriminasi rasial.


53. The Bear

Tidak terduga, acara TV tentang orang-orang yang membuat sandwich dapat menggerakan hati sekaligus penuh kejutan dan antisipasi. 


54. Kalung Bean Wire oleh Elsa Peretti


Interpretasi baru terhadap siluet perhiasan klasik dengan batu jade terasa sangat sempurna untuk tahun 2022.


55. Lini skincare selebriti

Kim Kardashian, Scarlett Johansson, Hailey Bieber, Ciara, Jared Leto, Idris Elba, hingga Brad Pitt. Tampaknya setiap bintang tersohor meluncurkan lini perawatan kulit tahun ini.

56. Kacamata hitam wraparound Balenciaga

Jika kacamata hitam Anda terlihat seperti kacamata yang dijual di pom bensin, Anda telah sukses mengikuti tren terbesar tahun ini.


57. Kolaborasi Marie Marot dengan J.Crew

J.Crew telah kembali dan tampaknya orang-orang siap menyambut kedatangan atasan-atasan klasik Prancis ini.


58. Miracle balm Jones Road

Pelembab bibir dengan warna ini mampu melakukan semuanya. Rona merah muda yang sempurna untuk tampilan blush dewy serta rona bronze memberikan kilau sun-kissed. Anda dapat menggunakannya di bibir, bahkan di kelopak mata untuk menambah warna sekaligus kelembapan.


59. Sepatu Mary-Jane

Siluet klasik ini kembali menjadi tren besar di tahun ini. Anda patut memiliki sepasang sepatu dengan model ini, terlepas dari gaya pribadi Anda.


60. Selimut Zircon kasmir motif salur oleh Gabriela Hearst.


Selimut rajut yang cantik dan nyaman ini adalah hasil kemitraan dengan Manos del Uruguay, sebuah organisasi non-profit yang memberdayakan wanita di pedesaan lewat cara mempekerjakan mereka di bidang kerja tangan tradisional. 


61. Wednesday

Serial TV yang satu ini menawarkan drama dan gaya ala Gossip Girl, namun lebih gelap dan menakutkan.


62. Black Panther: Wakanda Forever

Banyak orang berpendapat bahwa film Wakanda tidak dapat sukses tanpa sosok Chadwick Boseman. Namun nyatanya, Ryan Coogler berhasil memberikan hormat terhadap mendiang aktor lewat narasi penuh cinta tentang keluarga, berduka, serta kekuatan wanita berkulit hitam.


63. Aksi protes di Iran

Lewat gerakan luar biasa yang tiba-tiba, wanita dan pemuda-pemudi Iran mempertaruhkan hidupnya untuk memprotes pemerintah yang telah lama menindasnya.


64. Buku Kiki Man Ray: Art, Love, and Rivalry in 1920s Paris oleh Mark Braude


Muse Man Ray, Modigliani, Cadler, serta sederet seniman lainnya di Paris pada tahun’20-an disorot secara detail lewat sudut pandangnya yang kreatif dan tak terduakan.


65. Las Vegas menjadi destinasi pencinta musik

Berkat konser-konser seperti Usher dan Adele, The City of Sin kembali dikenal sebagai destinasi konser.


66. Celana The Row


Bak rasa percaya diri dalam wujud busana, celana ini memiliki detail lipit dengan potongan wide leg yang sangat effortless dan mengkomplementasi tubuh.


67. Tas burung merpati JW Anderson 

Tas ini menjadi viral setelah Sarah Jessica Parker terlihat mengenakannya di lokasi syuting. Ya, bisa dibilang tren ini menjadi salah satu yang paling tak terduga tahun ini.


68. Anting klasik Nouvel Heritage


Tidak ada yang lebih seksi dari sepasang untaian anting emas dengan berlian yang menyentuh bagian pundak.


69. Fire Island

Film ini memaksa industri film untuk menilik kembali genre gay rom-com. Bagi aktor dan penulis skrip, Joel Kim Booster, hal ini dimanifestasikan lewat sebuah cerita yang tidak bertumpu pada karakter berkulit putih.


70. Rap Sh!t

Serial TV komedi garapan Issa Rae memaparkan kehidupan malam dan budaya di kota Miami dengan latar belakang musik yang sempurna.


71. Serena Williams pensiun dengan penuh gaya

Era legendaris di sejarah dunia olahraga berakhir di US Open tahun ini, ketika Serena Williams memainkan turnamen terakhirnya setelah beberapa dekade menjadi sosok teratas liga olahraga tenis.


72. Mo

Ramy Youssef berkontribusi sebagai co-writer untuk serial TV mengenai seorang penduduk Palestina yang melarikan diri dari perang dan memulai hidup baru di Texas.


73. Baccarat Rouge 540

Walaupun pertama diluncurkan pada tahun 2015, parfum ini kembali populer setelah disorot di kolom komentar TikTok, dibicarakan banyak selebriti, serta disebarkan secara mulut ke mulut. 


74. Kursi West Elm oleh Mara Hoffman

Kursi ini menjadi produk terpopuler dari koleksi fashion-meets-interiors tahun 2022 ini. (Seprai yang terinspirasi oleh popcorn-dress juga menjadi favorit banyak orang.)


75. Celana Pleats Please

Desain celana ikonis ini kembali disorot setelah mendiang desainer Issey Miyake meninggal tahun ini. 


76. Sepatu slingback croc-effect oleh Saint Laurent

Koleksi musim gugur 2022 Saint Laurent menampilkan apsirasi wanita zaman ini lewat sederet coat penuh pernyataan, soigné tude, dan sepatu slingback ini yang feminin sekaligus agresif.


77. Quinta Brunson

Serial TV-nya, Abbott Elementary, kembali tayang dengan season terbarunya September silam. Di bulan yang sama, Quinta menjadi sosok wanita berkulit hitam yang memenangkan Emmy untuk predikat penulis komedi solo.


78. Serial TV yang terinspirasi oleh berita kontroversial

Sederet serial TV seperti Pam & Tommy, The Dropout, dan Inventing Anna membuktikan ketertarikan orang terhadap cerita nyata, khususnya dengan konteks yang menyimpulkan bahwa mayoritas orang gagal untuk belajar dari cerita-cerita ini. 


79. Concealer Saie Hydrabeam


Produk teranyar dari Saie awet sepanjang hari dan terasa seperti kulit sendiri. 


80. Penny loafers Miu Miu 


Hal apa yang lebih keren dari sepasang sepatu penny loafers dengan visual koin penny


81. Sport band Apple Watch oleh Hermés

Unsur gaya dan atletik berpadu menjadi satu menjadi wujud Apple watch band ikonis.


82. Nope

Film bergenre thriller psikologis garapan Jordan Peele ini memaparkan komentar sosial terhadap fenomena Hollywood dan selebriti.


83. Harry & Meghan di Netflix

Sejak mengemansipasikan diri dari struktur kerajaan Inggris, Duke dan Duchess of Sussex tampaknya akan lanjut menceritakan sudut pandang mereka sepanjang orang masih mau mendengar. 


84. Laser at-home oleh Lyma


Perkakas elektrik ini menjadi alat laser pertama yang diuji klinis oleh FDA dan terbukti efektif sebagai alat reparasi kulit yang dapat digunakan secara pribadi di rumah sendiri.


85. Candleholder keramik Laetitia Rouget


Objek dekoratif yang gemas sekaligus mencuri atensi.


86. Ultra mini UGG klasik


Di bulan Februari, kami menyebut Mini Ugg boots sebagai salah tren sepatu terbesar. Di bulan Desember, kami masih percaya dengan pernyataan itu. Desain ini menjadi interpretasi baru dari tren awal tahun 2000-an yang kini semakin semarak.


87. Tár

Banyak orang bilang bahwa Lydia Tár, sosok konduktor musik tersohor yang problematik, adalah peran terbaik yang Cate Blanchett pernah mainkan. Yang pastinya, karakter ini adalah yang paling stylish.


88. Demonstrasi untuk hak asasi aborsi

Jatuhnya Roe vs. Wade terasa suram, namun hal ini membangkitkan semangat baru yang berapi-api untuk memastikan wanita dapat menjaga haknya untuk membuat keputusan tentang tubuhnya sendiri.


89. Album ‘Cool it Down’ oleh Yeah Yeah Yeahs

Album pertama setelah sembilan tahun ini menandakan kembalinya band Indie Rock yang dikepalai oleh Karen O ke lanskap kultur pop.

90. BeautyTok Trends

Sederet tren kecantikan di TikTok berhasil mencuri perhatian banyak orang. Dengan setiap video yang menjadi viral, sebuah produk kecantikan habis diborong di pasaran.


91. Kursi Come Stai? oleh Bottega


Dengan harganya yang menjulang, tepatnya $1000, kursi biru bernapas modern dengan visual meleleh ini sudah hampir habis terjual.


92. Batu sapphire lab-grown oleh Dorsey

Persiapkan diri untuk menerima pujian dari setiap orang.


93. Sandal jepit The Row

Tren flip-flop semakin populer tahun ini, dan sepasang sandal The Row ini menjadi salah satu pelopornya. Kami rasa banyak orang akan menggunakannya di musim panas 2023 mendatang.


94. Lip Plumper terbaru

Injeksi bibir bukan untuk semua orang. Kini dengan kembalinya estetika Y2K, lip gloss plumping juga kembali. Lip gloss yang menjanjikan kelembapan hingga 24 jam ini hadir dengan 10 pilihan warna. 


95. Mangkok Infinity Edge oleh Jonathan Cohen

Toko Jonathan di Madison Avenue bagaikan sebuah kastil dengan kurasi objek terunik di dunia, salah satunya mangkok ini dari Seven Cedars NY.


96. Masker tangan retinol oleh Soft Services 

Krem ini menjaga tangan serta kuku tampil memukau dengan formula yang mengandung retinol untuk menjaga kelembapan dan mengembalikan hidrasi optimal guna kulit yang lembut dan bercahaya.


97. Midnights oleh Taylor Swift

Album kesepuluh Taylor Swift ini tidak mengecewakan penggemarnya yang selalu mempelajari setiap gerakannya. Benar atau tidak observasi mereka, album ini sungguh sebuah karya seni oleh seorang dewi musik pop. 


98. Nike Tom Sachs

Dirancang oleh seniman, Tom Sachs, sepatu ini tampil sangat simpel dan fungsional. Ironisnya, desain ini sangat menonjol di lautan penuh dengan sneaker berdesain mencolok.


99. Buku The Rabbit Hutch oleh Tess Gunty

Buku yang memenangkan National Book Award ini memaparkan kisah kedua anak yatim piatu, isu depresi dan loneliness, serta mimpi kehidupan sempurna di negeri Paman Sam.


100. House of the Dragons

Tiga tahun setelah Game of Thrones mengecewakan para penontonnya dengan finale-nya, apakah masih ada orang yang ingin menyaksikan sebuah cerita dengan latar belakang Westeros? Nyatanya iya. Hal ini dikarenakan sederet bintang pemeran serta campur tangan George R.R Martin.

(Penulis: Staf Bazaar US; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Hans Hambali; Foto: Courtesy of BAZAAR US)