Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Setiap Perempuan yang Pernah Berkencan dengan Pangeran William

Lihat para perempuan yang pernah dikencani Pangeran Wales sebelum bertemu dengan Putri Catherine.

Setiap Perempuan yang Pernah Berkencan dengan Pangeran William
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Sebelum Pangeran dan Putri Wales, atau gelar mereka sebelumnya yaitu Duke dan Duchess of Cambridge, hanya ada pewaris muda takhta bernama Pangeran William.

Baca juga: Pangeran William & Putri Kate Rilis Kartu Natal Bersama Tiga Anak Mereka

Memang sudah cukup terkenal kisahnya bahwa William pertama kali bertemu dengan Kate Middleton yang merupakan teman sekelasnya di University of St. Andrews dan akhirnya menikahinya satu dekade kemudian, pada tahun 2011.

Tetapi sebelum melambuhkan hati kepada Kate, anggota bangsawan senior itu memang diketahui pernah menjalin beberapa kisah romansa lainnya.

Meski William dikabarkan tetap menjaga persahabatan dengan beberapa mantannya, termasuk cinta pertamanya, Rose Farquhar, yang pernikahannya ia hadiri secara diam-diam akhir pekan lalu.

Di bawah ini, lihat kembali semua mantan kekasih Pangeran William yang diketahui, ditambah detail tentang hubungan mereka.

Rose Farquhar

Rose dikabarkan merupakan cinta pertama William. Meskipun tidak banyak laporan seputar hubungannya dengan sang pangeran, Rose dan William sejak berpisah tetap mempertahankan hubungan persahabatan yang erat.

Rose tidak hanya menghadiri pernikahan William dan Kate pada tahun 2011, tetapi juga pernikahan Pangeran Harry dan Duchess Meghan pada 2018. Dan yang terbaru, pada tanggal 17 Desember, William terlihat tiba sendirian di upacara pernikahan Rose dengan George Gemmell di Cotswold Hills, di mana mantan kekasihnya yang lain, Olivia Hunt juga turut hadir.

Rose Farquhar
Rose Farquhar saat menghadiri acara pernikahan Pangeran Harry & Meghan Markle di tahun 2018.

Rose diketahui tetap menjaga hubungan baik dengan pihak kerajaan sejak hubunganya dengan William, terutama saat  membantu proyek-proyek khusus dan pengembangan bisnis untuk Kastil Belvoir Duchess of Rutland seperti yang diketahui lewat laman LinkedIn-nya. Ia juga terkenal karena pernah mengikuti audisi untuk acara pencarian bakat The Voice UK pada tahun 2016.

Isabella Anstruther-Gough-Calthorpe

Mungkin ini juga merupakan hubungan cinta yang paling serius selain Kate, yaitu bersama Isabella yang merupakan seorang aktris dan sosialita. Mereka pertama kali bertemu saat William melakukan perjalanan musim panas ke Yunani, dan ketika sang pangeran diduga sedang putus dengan Kate. William langsung jatuh cinta padanya, tetapi akhirnya cintanya ditolak karena Isabella sedang ingin fokus pada karier profesionalnya.

"Ia sangat jatuh cinta padanya dan ingin bersamanya," ujar seorang sumber kepada media. "Ia melamarnya beberapa kali selama musim panas dan meskipun Isabella masih lajang, ia menolak William dan mengatakan bahwa berhubungan dengan William akan terlalu merusak dirinya dan kariernya."

Isabella Anstruther-Gough-Calthorpe
Isabella Anstruther-Gough-Calthorpe

Sang pangeran kemudian kembali bersama Kate, yang membawanya kembali "dengan syarat ia tidak akan berbicara dengan Isabella lagi," menurut sumber tersebut.

Olivia Hunt

Tepat sebelum menjalin asmara dengan Kate, William sempat berkencan dengan Olivia, salah satu mantan teman sekelasnya di Universitas St. Andrews.

Carly Massy-Birch

William juga dikabarkan pernah berkencan dengan Carly Massy-Birch, yang juga merupakan teman sekelasnya di perguruan tinggi. Saat menceritakan hubungannya dengan sang pangeran selama wawancara tahun 2010 dengan sebuah media, Carly menyebut dirinyas sendiri sebagai "real country bumpkin" dan mengatakan itulah alasan mengapa ia merasa dirinya dan William cocok.

"Saya pikir itu sebabnya kami memiliki koneksi," katanya kepada media itu. "William berada setahun di bawah saya, dan kami kebetulan bertemu melalui St. Andrews. Tempat yang sangat kecil sehingga tidak mungkin untuk tidak bertemu dengan William, dan setelah beberapa saat tidak ada yang aneh melihatnya di sekitar daerah itu. Kami bergaul dengan baik, tapi saya pikir kami akan baik-baik saja bahkan jika tidak ada yang terjadi secara romantis. Itu hanya romansa universitas biasa."

Jecca Craig

William bertemu Jecca di Afrika selama tahun jeda pra-perguruan tinggi di tahun 2000, tepatnya saat mengunjungi suaka margasatwa Kenya milik keluarganya sebagai bagian dari perjalanan dinasnya. Diduga ada sedikit overlapping antara hubungannya dengan Jecca dan dengan Kate karena ketidakjelasannya hubungan antara William dengan Kate menurut penulis biografi kerajaan Christopher Andersen dalam bukunya Brothers and Wives.

Jecca Craig
Jecca Craig

Davina Duckworth-Chad

Davina dilaporkan pernah berkencan dalam kurun waktu yang singkat dengan sang pangeran pada tahun 1999 menurut berbagai laporan setelah bergabung dengannya dalam pelayaran di sepanjang Laut Aegea.

Davina Duckworth-Chad
Davina Duckworth-Chad

Juga dari keluarga kaya lama, ia adalah pewaris tanah Norfolk Old Etonian Anthony Duckworth-Chad. Saudara laki-lakinya, James Duckworth juga merupakan adalah mantan equerry mendiang Ratu Elizabeth II.

Arabella Musgrave

Arabella (putri gubernur Nicholas Musgrave) berkencan sebentar dengan William sebelum sang pangeran masuk universitas, meskipun kemudian berhubungan serius dengan salah satu teman William, James Tollemache.

Arabella Musgrave
Arabella Musgrave

Baca juga:

Pangeran Harry Mengenang Kembali Momen Mengerikan saat Pangeran William Meneriakinya

Siapa Saja yang Pernah Menjalin Asmara dengan Pangeran Harry Sebelum Akhirnya Menikah dengan Meghan Markle?

(Penulis: Sabrina Park; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae Haslim; Foto: Courtesy of Bazaar US)