Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Mendapatkan Extension Bulu Mata yang Natural

Teknisi bulu mata terbaik dalam bisnis bulu mata membagikan tips untuk mendapatkan tampilan paling alami serta tahan lama.

Cara Mendapatkan Extension Bulu Mata yang Natural
Courtesy of BAZAAR UK

Dari spray tan, manikur gel, hingga ekstensi bulu mata adalah beberapa dari banyaknya perawatan kecantikan yang menyempurnakan hidup wanita. 

Baca juga : Berikut Daftar Rilis Produk Kecantikan Terbaru yang Harus Diketahui Bulan Ini!

Menjadi wanita karier yang dikaruniai anak berusia enam dan dua tahun membuat maskara menjadi lebih rentan. Itu dikerenakan banyaknya aktifitas di setiap harinya, dari mulai antar anak sekolah, perjalan di kereta, maupun perjalan ke kantor. Untuk menghemat waktu, saya memutuskan untuk memilih ekstensi bulu mata. Perawatan ini memberi kesan yang selalu siap kapan pun dan juga dimana pun, termasuk saat bangun dari tempat tidur, ditambah kelopak mata saya bebas noda dari transfer maskara.

Courtesy of BAZAAR UK

Selain melakukan tanning dan menikur, tujuan saya melakukan extension bulu mata adalah untuk mempertahankan tampilan yang alami. Oleh karena itu, saya lebih memilih bulu mata yang bermodel klasik, yang dimana cara mengaplikasikannya itu secara satu per satu. Berbeda dengan russian layer yang lebih menunjukan tampilan bervolume. 

Selama lima tahun terakhir, Edyta Kurowska (Ahli extension bulu mata asal Inggris) telah saya percayai untuk menjadi teknisi pribadi saya. Seperti yang terlihat melalui karyanya yang dipamerkan di Instagram, yang bisa Anda lihat dari unggahan sosok ternama seperti Ellie Goulding, Lily Allen, dan Trinny Woodall, ekstensinya tampak lebih natural. Walau beberapa tamu juga ada yang meminta hasil yang lebih tegas, dan bervolume. 

Setelah bekerja di bidang bulu mata selama 15 tahun, pengalaman itu membuat Edyta menemukan keahliannya di bidang kecantikan. Pengalaman ini juga membuat Edyta memahami bentuk mata seseorang. Kini, Edyta ahli menyesuaikan kreasinya dan mengerti tentang bentuk wajah, jarak antara alis, dan garis bulu mata seseorang. Ia lakukan ini agar mendapatkan hasil yang maksimal namun tetap tampak alami. 

Pertama, Edyta akan mengadakan konsultasi sekitar 60 hingga 75 menit. Lalu, Ia akan menggunakan bulu sutra yang sangat halus dan bulu mata mink sintesis. Teknik ini dikenal sebagai one-to-one technique, salah satu metode ciri khas ektensi bulu mata klasik. Tidak hanya terlihat lebih alami metode ini akan mencegah kerusakan pada bulu mata asli kita. 

Courtesy of BAZAAR UK

Memang, extension bulu mata Edyta bertahan lebih lama dari ekstensi sebelumnya yang pernah saya coba. Bahkan sebulan setelah perawatan, saya hanya kehilangan satu bulu mata asli saya. Untuk mempertahankan tampilan yang rapih, saya melakukan pengisian bulu mata, yang dapat dilakukan setiap dua hingga tiga minggu sekali. 

Saya sekarang menganggap bahwa Edyta adalah teknisi yang terbaik dalam bisnis ini. Tetapi jika Anda tidak bisa menemui Edyta, di bawah ini adalah beberapa tips terbaik kami untuk extension bulu mata yang sehat dan tampak alami. 

Apa yang harus diketahui untuk mendapatkan ekstensi bulu mata yang terlihat alami:

  • Seorang teknisi bulu mata dengan pengalaman make-up itu sangat ideal, karena mereka mungkin akan memahami bentuk mata pada sesorang. Cari tahu berapa banyak pengalaman yang mereka miliki di area bulu mata tertentu. Mereka harus memiliki kualifikasi dari merek terkenal seperti Lash Perfect, Nova Lash atau Nouveau Lashes.
  • Lakukan riset dan lihat karya mereka untuk mengetahui apakah itu sesuai dengan selera Anda. Instagram dan TikTok adalah tempat untuk mengetahui lebih dalam. Saat pertemuan pertama, jelaskan bagaimana Anda menyukai bulu mata Anda: tebal, keriting, panjang, tegas. Jelaskan apa yang biasanya Anda cari dalam maskara.
  • Tanyakan kepada beautician Anda jenis extension apa yang mereka gunakan. Yang paling umum adalah mink, sutra, dan sintetis. Panjang dan ketebalan juga penting untuk tampilan yang realistis; dengan spesialisasi alami Edyta. Ia menggunakan panjang bulu mata hingga 13mm dan tebal 0,10mm.
  • Tanyakan juga tentang lem yang digunakan. Edyta menggunakan lem hipoalergenik yang cepat kering dan tahan lama. Ia menyarankan untuk berhati-hati tentang penggunaan LED extension bulu mata sebagai pengganti lem tradisional. Hal ini bisa berbahaya karena teknik yang digunakan harus benar, kalau tidak akan menimbulkan risiko keselamatan. “Ada banyak penelitian dipublikasikan tentang potensi kerusakan mata akibat paparan cahaya terang langsung ke mata, termasuk kerusakan retina dan degenerasi terkait usia, yang tidak dapat dipulihkan. Selain itu, kulit di sekitar area mata sangat halus, dan merupakan area yang berisiko tinggi terkena kanker kulit.”

Cara membuat extension bulu mata Anda bertahan lama:

  • Selalu ikuti saran perawatan setelahnya. Jangan biarkan mata Anda basah selama 12-24 jam setelah aplikasi bulu mata. Jelas, jangan menarik dan memainkan bulu mata Anda.
  • Hindari tidur di depan Anda. Jika Anda tidak sengaja menekan bulu mata, sikat dengan lembut menggunakan sikat maskara bersih atau spoolie untuk membantu menyesuaikan kembali arah bulu mata.
  • Saat berenang dengan extension bulu mata, jika basah dengan air kolam atau laut, langsung bilas dengan air bersih setelahnya jika memungkinkan.
  • Jika Anda perlu menghilangkan eyeliner dan eye-shadow, gunakan penghapus riasan bebas minyak (minyak akan melembutkan perekat dan karenanya melonggarkan bulu mata). Edyta merekomendasikan Bioderma Sensibio H2O atau coba Revitalash Micellar Water Lash Wash, yang aman digunakan dengan extension bulu mata.
  • Hindari penggunaan tisu muka dan kapas, karena seratnya bisa membuat bulu mata Anda kusut. Gunakan cotton bud untuk menghindari area bulu mata.
  • Untuk riasan mata, pilih eye-shadow berbentuk krim daripada bedak, karena partikel bedak dapat terkumpul di bulu mata. Cobalah Trinny London Eye2Eye atau Vieve Eye Wands.
  • Jika Anda perlu memperkenalkan maskara saat extension Anda rontok, Edyta merekomendasikan lapisan yang sangat tipis dari Maybelline Great Lash atau Clinique High Impact .
  • Jangan khawatir tentang ekstensi bulu mata yang merusak bulu mata alami Anda, apabila perawatan Anda dipasang oleh teknisi yang berkualifikasi, seharusnya tidak demikian. Namun, Anda dapat mendukung pertumbuhan bulu mata alami Anda saat menggunakan extension, dengan produk seperti The Ordinary Multi-Peptide Lash & Brow Serum, yang dapat digunakan bersamaan dengan extension bulu mata.

Baca juga:

7 Rekomendasi Klinik Kecantikan Sekaligus Treatment yang Harus Anda Coba di Jakarta dan Sekitarnya

Simak Daftar Lengkap Pemenang Produk Kecantikan Terbaik di Bazaar Beauty Awards 2022

(Penulis: Katie Intner; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Erlyzza Nurzahra ; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)