Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Momen Fashion Terpopuler di Tahun 2022

Inilah kumpulan momen fashion terpopuler dan terbaik di sepanjang tahun 2022.

Momen Fashion Terpopuler di Tahun 2022

Tak terasa kini kita sudah di penghujung tahun 2022 dan setiap tahun, industri mode tak henti menunjukkan karya-karya yang lahir dari kreativitas tanpa batas lalu mengambil alih perhatian banyak khalayak. Tak hanya para desainer saja, namun selebriti dan ikon mode bersama dengan penata busana mereka juga kerap berhasil menata ansambel milik mereka menjadi sesuatu yang tak terlupakan.

Berikut Bazaar persembahkan beberapa momen ikonis di dunia mode yang terjadi pada tahun 2022:

(Courtesy of Harper's Bazaar US)

1. Gaun Bella Hadid di runway Coperni

Memang presentasi ini terjadi baru-baru ini di bulan Oktober, tetapi momen ini dapat dikatakan sangat ikonis dan seketika mengambil alih perhatian dunia media sosial. Sebelumnya, momen serupa pernah terjadi saat desainer Alexander McQueen menggelar runway koleksi musim semi 1999-nya dan menyemprot gaun model Shalom Harlow. Unsur berbeda dari Coperni terletak di keterlibatan material Fabrican, sebuah bahan cair di dalam kemasan kaleng yang kala disemprotkan ke tubuh dapat berubah menjadi tekstil yang bisa dikenakan.

(Courtesy of Instagram.com/kendalljenner)

2. Gaun Loewe milik Kendall Jenner

Kendall Jenner sering kali terlihat mengenakan ansambel era 2000-an dan banyak dari tampilannya yang mengundang decak kagum. Namun, gaun yang satu ini meninggalkan kesan berbeda dari banyak pihak. Kendall membagikan foto dirinya di sebuah lapangan parkir mengenakan gaun dengan motif blur yang terlihat menggunakan palet warna cat air menciptakan ilusi optik yang indah. Siluet bodycon dan belahan rok yang mengikuti bentuk tubuhnya dengan sempurna dan menciptakan efek jenjang, seketika langsung menjadi pusat perhatian dan membuat gaun rancangan desainer Jonathan Anderson tersebut menjadi salah satu most wanted item.

(Courtesy of Harper's Bazaar US)

3. Kim Kardashian mengenakan gaun milik Marilyn Monroe

Met Gala selalu menjadi ajang para selebriti tampil secara ekspresif dan memilih busana yang paling terbaik. Seperti Kim Kardashian yang mengundang kontroversi karena menghadiri peerhelatan tersebut dengan mengenakan gaun legendaris milik Marilyn Monroe rancangan Jean Louis saat menyanyikan lagu Happy Birthday ke Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy di tahun 1962. Di hari itu, Kim mengenakan gaun replika setelah melewati karpet merah, walau begitu beredar foto sebelum dan sesudah gaun dikenakan olehnya dan dikabarkan ada sedikit sobekan dan beberapa batu kristal yang menghilang dari gaun.

(Courtesy of Instagram.com/@jennierubyjane)

4. Ansambel Chanel Jennie Blackpink

Ansambel Jennie saat menghadiri runway musim semi/panas 2023 rumah mode Chanel menjadi salah satu ansambel yang ikonis dan paling diingat. Alih-alih mengenakan setelan jaket bahan tweed dari rumah mode, Jennie memilih ansambel dengan hamparan logo Chanel dan grafis Cambon berwarna-warni. Terdiri dari gaun dan one shouldered dan jaket cardigan, busana yang ia kenakan dibuat dari bahan tweed khas Chanel dan Jennie pun memadukan penampilannya bersama sepasang sepatu bot.

(Courtesy of Celine)

5. Lisa Blackpink, V BTS, dan Park Bo Gum menghadiri presentasi Celine

Ketiga bintang asal Korea Selatan tersebut menjadi trending topic dunia saat menghadiri presentasi koleksi busana pria rumah mode Celine rancangan Hedi Slimane untuk musim semi/panas 2023. Ketiganya tampak stylish mengenakan busana rancangan Celine di Paris Fashion Week. 

Valentino

(Courtesy of Valentino)

6. Valentino Pink Runway

Think pink! Direktur kreatif rumah mode Valentino, Pierpaolo Piccioli, menyulap sebuah lokasi menjadikannya serba merah muda dan mengerahkan sebuah koleksi yang seluruhnya dibaluti warna merah muda dari kepala hingga kaki. Presentasi untuk koleksi musim gugur/dingin 2022-2023 ini menyajikan ansambel merah muda dalam format gaun malam, gaun pesta, rok, blus, kemeja, dan aksesori dan dinilai sebagai salah satu koleksi yang cukup radikal karena hanya melibatkan satu warna saja.

(Courtesy of Instagram.com/@lalalisa_m)

7. Anne Hathaway menjadi wajah Bulgari

Setelah Lisa Blackpink, Anne Hathaway didapuk sebagai duta Bulgari dan tampil di kampanye bertajuk Unexpected Wonders. Perannya sebagai duta sang lini perhiasan lalu ia jalani bersama aktris Zendaya, dan Priyanka Chopra. Ia kemudian menghadiri agenda high jewelry berjudul Eden The Garden of Wonders di Paris yang mana ia tampak memukau dalam balutan setelan kemeja dan celana pendek berwarna kuning dari koleksi Spring 2022 rumah mode Valentino.

(Courtesy of Balenciaga)

8. Dua Lipa muncul di runway Balenciaga Couture 2022

Demna Gvasalia mendapuk beberapa selebriti untuk berjalan sebagai model di peragaan koleksi Couture musim gugur 2022 rumah mode Balenciaga. Selain mendapuk aktris Nicole Kidman dan Kim Kardashian, ia mengajak penyanyi Dua Lipa untuk memeragakan koleksinya. Sang penyanyi mengenakan gaun kekinian berwarna kuning neon, sarung tangan opera, dan stoking hitam.

(Courtesy of Harper's Bazaar US)

9. Gaun Pernikahan Jennifer Lopez & Ben Affleck

Sebulan setelah melakukan pernikahan intim diam-diam di Las Vegas, di bulan Agustus kemarin Jennifer Lopez dan Ben Affleck kembali melangsungkan pernikahan bersama teman-teman dan keluarga terdekat. Sang penyanyi memilih gaun rancangan Ralph Lauren dengan veil panjang, ekor gaun panjang berlengan pendek yang elegan dan sederhana.

(Courtesy of Harper's Bazaar US)

10. Koleksi tribut Olivier Rousteing untuk Jean Paul Gaultier

Sejak tahun 2021, rumah mode Jean Paul Gaultier rutin memilih desainer tamu untuk merancang koleksi adibusananya dan kali ini jatuh kepada desainer sekaligus Direktur Kreatif Balmain, Olivier Rousteing. Koleksi musim gugur 2022 ini sukses menggabungkan desain signature Jean Paul Gaultier dengan ciri khas desainnya dan menciptakan perbincangan karena membuat dua model mengenakan bodices menyerupai tubuh wanita hamil yang terinspirasi dari budaya Etiopia yang mana sang desainer memiliki garis keturunan dari negara tersebut.