Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Botoks Rambut: Manfaat, Khasiat, dan Biayanya

Mengulik treatment pelembutan rambut yang bebas jarum suntik.

Botoks Rambut: Manfaat, Khasiat, dan Biayanya
(Foto: Courtesy of Lambada, Getty Images)

Sudah banyak produk yang mempromosikan kelembutan, menambah kilau, atau menebalkan rambut. Namun, tidak banyak yang berani menjanjikan ketiganya, apalagi untuk efek jangka waktu yang lama. Kini, hadir treatment salon terbaru yang dapat menjadi jawabannya, yakni botoks rambut. Tenang saja, treatment ini tidak melibatkan jarum suntik.

Mirip dengan Xeomin dan Botox kosmetik yang dapat memudarkan kerutan halus untuk jangka waktu beberapa bulan, botoks rambut juga bersifat seperti kondisioner intens bersifat semi permanen yang ampuh melembutkan tekstur rambut dengan jangka waktu yang sama. Selain itu, kedua prosedur tersebut memang jauh berbeda. Nyatanya, botoks rambut bisa dibilang lebih serupa dengan treatment popular yang lain. “Botoks rambut sangat mirip dengan treatment keratin, hanya saja botoks rambut tidak menggunakan bahan kimia keras,” ujar Cedric, hairstylist dan pendiri Cedric Salon di hotel Lotte New York Palace.

Sesungguhnya, apa itu botoks rambut?

Pertama-tama, botoks rambut tidak seinvasif namanya. Menurut Cedric, botoks rambut “melembutkan sekaligus melapisi rambut dengan filler menyerupai keratin yang membantu mengisi bagian-bagian yang patah.” Proses ini membantu meningkatkan penampilan rambut yang lebih tebal dan kuat.

Bagaimana dengan namanya yang seolah melibatkan jarum suntik? Ya, nyatanya hal ini hanya strategi marketing. “Tidak ada jarum suntik,” jelas Cedric. Namun, jika ada pakar yang menggunakannya di treatment Anda, jangan panik. “Beberapa brand menggunakan jarum palsu sebagai wadah aplikasinya, tetapi hal ini sebatas tipu daya ,” tegas Cedric.

Menurut hairstylist, pakar, sekaligus edukator rambut yang berbasis di Bountiful, Utah, Jessica Page, nama botoks rambut juga berakar pada khasiat anti-aging-nya. “Berbeda dari prosedur botoks yang menyuntik bagian wajah, botoks rambut beraksi seperti kondisioner yang mereparasi kerusakan kemudian serta menjaga kesehatan rambut. Treatment ini juga manjur mengurangi efek penuaan pada rambut,” tutur Jessica. Perlu diketahui juga bahwa botoks rambut memiliki beberapa varian. Ragam formula dapat memenuhi kebutuhan berbagai macam tipe dan tekstur rambut. “Treatment yang Anda pilih menentukan komponen yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda,” tambahnya.

@themadisonrae I see Lisa at Oscar Blandi. It’s less intense than Keratin- it doesn’t change the texture - although my hair is flatter for the first week. It does slightly alter the color of your hair too- so I always try to do it when I know I have a color appointment coming up! Any questions? Happy to answer! #hairbotox #hairbotoxtreatment #nychair #nycmom #nycbeautyinfluencer #fyp ♬ Privileged Rappers - Drake & 21 Savage

Manfaat dari botoks rambut

Walaupun botoks rambut memiliki banyak macam formula, secara keseluruhan mereka semua berkhasiat menginfusi rambut dengan nutrisi yang ampuh memelihara dan memperkuat rambut. “Treatment ini mengandung vitamin seperti B5 yang efektif memasok kulit kepala dengan oksigen guna rambut yang sehat, serta omega-3 untuk memperkuat setiap helai rambut,” jelas Raven Hurtado, penata rambut di salon Maxine di Chicago.

Anggap saja treatment ini sebuah kondisioner intens yang membuat rambut Anda tampil lebih tebal, lebih sehat, dan lebih lembut. “Beberapa manfaat dari botoks rambut adalah reparasi internal baik eksternal pada kerusakan rambut, meningkatkan kadar kelembapan, serta memperlambat efek penuaan pada rambut,” lanjut Jessica.

Walaupun bisa dibilang sangat menyerupai satu sama lain, ada beberapa perbedaan distingtif antara botoks rambut dan treatment keratin. Salah satunya, botoks rambut tidak menggunakan formaldehyde yang menurut CDC (Centers for Disease Control) dapat menyebabkan kanker. “Berbeda dengan treatment keratin, botoks rambut tidak menggunakan bahan kimia keras untuk mereparasi rambut Anda,” ujar Raven.

@mattloveshair @v.stylez gave my #damagedhair benjamin button syndrome with this hair botox! Results at end😛 #shinyhair #hairtreatment #deepconditioning ♬ Ice Cream - BLACKPINK & Selena Gomez

Apakah botoks rambut aman untuk semua jenis rambut?

Ya, dan nyatanya semua orang dapat mendapatkan keuntungan dari botoks rambut. “Treatment ini dapat diaplikasikan ke semua jenis rambut, khususnya untuk Anda yang ingin memiliki rambut yang lebih berkilau dan tidak kusut,” tutur Cedric. “Treatment ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki rambut patah, karena akan semakin lembut dan kuat.”

Alasan pertama stylist akan menganjurkan treatment ini dibanding keratin adalah komponen yang tidak mengandung bahan kimia. Raven Hurtado juga menegaskan bahwa treatment ini aman dilaksanakan oleh ibu hamil sebab tidak mengandung bahan kimia keras yang mungkin terhirup saat aplikasi.

Khasiat botoks rambut

Botoks rambut bersifat semi permanen. “Efek botoks rambut dapat terasa selama dua hingga empat bulan, bergantung pada berapa seringnya Anda menyuci rambut,” jelas Raven. Untuk menjaga khasiat treatment ini agar lebih awet, Raven juga merekomendasikan penggunaan masker rambut setidaknya satu kali seminggu untuk menjaga kelembapan dan kehalusan rambut.

@bekah_and_co Replying to @xo.denizz #greenscreen would she is a product with a carcinogen in it? #katemiddleton #catherinemiddleton #duchessofcambridge #hair #hairstyles #hairdresser #hairtok #hairbotox #hairstylist #theroyalfamily #keratintreatment #brazillianblowout ♬ original sound - BEKAH & CO.

Berapa biaya yang harus Anda siapkan untuk botoks rambut?

Selain manfaatnya yang lebih banyak dari treatment keratin, Botox rambut juga lebih terjangkau. “Bergantung pada salon yang Anda kunjungi serta produk yang digunakan, treatment ini berbiaya mulai dari $25 hingga $150,” jelas Jessica. Harga ini jauh lebih terjangkau dari treatment keratin yang berada di kisaran $400. Jessica juga menegaskan bahwa botoks rambut kerap ditawarkan sebagai treatment tersendiri maupun sebagai tambahan di salon.

(Penulis: Lindy Segal; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Hans Hambali; Foto: Courtesy of TikTok @bekah_and_co, @mattloveshair, @themadisonrae )