Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tips Warna yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sawo Matang dan Rekomendasi Warna Penggantinya

Gantilah pilihan warna Anda dengan rekomendasi berikut.

Tips Warna yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sawo Matang dan Rekomendasi Warna Penggantinya

Siapa dari Anda di sini yang memiliki kulit sawo matang? Terkadang, memiliki warna kulit tersebut dapat menjadi tantangan dalam pemilihan warna rambut, rias wajah, dan juga pakaian. Tidak semua warna dapat dikenakan secara bebas, tanpa harus memikirkan nantinya kulit akan terlihat kusam dan juga fresh. Ada beberapa warna yang sekiranya harus selalu Anda perhatikan untuk menyesuaikan kulit. 

Baca juga: Warna-Warna Cat Rambut yang Cocok untuk Pemilik Kulit Gelap

Di bawah ini, Bazaar akan membantu Anda untuk mengetahui warna-warna apa saja yang harus dihindari, namun dengan solusi atau warna apa yang dapat menggantikannya jika Anda tetap ingin memakai warna dasar tersebut. 

1. Indigo Purple

Courtesy of Christian Siriano
Courtesy of Christian Siriano

Secara garis besar, warna ungu merupakan warna yang paling harus dihindari, tetapi ungu indigo merupakan yang utama. Menggunakan ungu indigo hanya akan membuat kulit Anda terlihat semakin tidak bercahaya, terlebih saat difoto. Warna tersebut akan menyerap warna kulit sawo matang Anda untuk membuatnya lebih gelap dan tak bernyawa. 

Warna pengganti: Dark Eggplant Purple

2. Pink Coral

Courtesy of sacai
Courtesy of sacai

Warna-warna tanggung tidak akan pernah menjadi warna yang cocok untuk Anda. Coral merupakan campuran dari warna merah muda dan oranye sehingga pemilihan warna ini sebaiknya dihindari. Untuk rias wajah, masih memungkinkan untuk dipakai, tetapi untuk rambut dan pakaian, masih banyak pilihan lain.

Warna pengganti: Hot Pink

3. Dijon Yellow

Courtesy of Christian Dior
Courtesy of Christian Dior

Berbeda dengan yang sebelumnya, kuning dijon harus Anda hindari dalam pemakaian apa pun, baik rias wajah, rambut, dan pakaian. Penggunaan warna kuning ini akan membuat kulit dan busana yang Anda kenakan menjadi satu. Sehingga tampilan tampak kurang maksimal dan membosankan, warna kuning terang akan membantu meningkatkan aura Anda.

Warna pengganti: Lemon Yellow

4. Coffee Brown

Courtesy of Burberry
Courtesy of Burberry

Ya, yang Anda bayangkan itu benar. Ketika memakai warna cokelat kopi, Anda akan menciptakan ilusi bahwa diri Anda tidak menggunakan busana. Itu disebabkan karena, warna kulit sawo matang, sangat mirip dengannya. Jika diharuskan memakai busana bernuansa cokelat, pilihlah cokelat tua sebagai alternatif.

Warna pengganti: Chocolate Brown

5. Broken White

Courtesy of Calvin Klein
Courtesy of Calvin Klein

Putih gading mempunyai tone yang sama dengan warna kuning dijon, tanpa perlu menjelaskan panjang lebar, Anda pasti tahu apa yang akan kami sampaikan. Itu tidak cocok untuk Anda! Jangan mengambil risiko dengan memilih putih gading, justru warna putih sudah cukup membuat Anda menjadi pusat perhatian.

Warna pengganti: White

6. Pastel

Courtesy of Armani Privé
Courtesy of Armani Privé

Seperti yang sudah kami sampaikan, warna-warna tanggung tidak berfungsi maksimal pada kulit Anda. Karena akan terlihat pucat dan lusuh saat dikenakan, terlebih saat menggunakannya secara keseluruhan pada tubuh Anda. Ganti dengan warna terang berani jika Anda memang menyukai tampilan yang penuh warna.

Warna pengganti: Neon

7. Grey Silver

Courtesy of Proenza Schouler
Courtesy of Proenza Schouler

Kami membicarakan warna abu-abu muda yang memiliki kesamaan warna dengan perak, apakah Anda terbayang? Segala jenis warna abu-abu muda perak tidak diciptakan untuk Anda yang memiliki kulit sawo matang. Mungkin sekilas, itu akan terlihat bagus, tetapi Anda akan menyesal setelah melihat kembali potretnya. Kulit Anda akan terlihat sangat kuning.

Warna pengganti: Charcoal Grey

8. Butterscotch Orange

Courtesy of Emilia Wickstead
Courtesy of Emilia Wickstead

Intinya oranye butterscotch merupakan campuran dari warna kuning serta sedikit sentuhan cokelat, dan itulah pembuat masalahnya. Anda akan terlihat sangat kusam, lebih dari Anda menggunakan kuning dijon atau cokelat kopi. Hindari butterscotch dalam koleksi busana di lemari Anda. Saran kami, masukan warna oranye yang lebih vibran, yang akan membuat warna kulit Anda pop.

Warna pengganti: Tangarine Orange

9. Green Artichoke

Courtesy of Brandon Maxwell
Courtesy of Brandon Maxwell

Warna yang membuat kulit Anda kusam lagi adalah hijau artichoke, kami bahkan tidak ingin Anda membayangkannya. Basically, secara mudah untuk menjelaskannya, hijau artichoke merupakan warna hijau olive, tetapi lebih muda. Warna artichoke akan mengahancurkan hari-hari spesial yang Anda jalani. Gantilah dengan harga hijau yang lebih deep untuk mengeluarkan kesan eksotis.

Warna pengganti: Emerald Green

10. Celeste Blue

Courtesy of Agnona
Courtesy of Agnona

Biru celeste adalah warna terakhir dalam daftar kami, yang patut Anda hindari. Meski celeste dapat dikatakan termasuk salah satu warna yang akan disukai banyak orang, tetapi sepertinya tidak untuk digabungkan dengan kulit sawo matang. 

Warna pengganti: Cobalt Blue

Baca juga:

Rekomendasi 12 Blush-On untuk Kulit Sawo Matang serta Cara Mengetahui Tone Kulit Anda

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah yang Ternyata Bisa Saja Berubah!

10 Lipstik Lokal dengan Warna Nude Terbaik untuk Pemilik Kulit Sawo Matang

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of Christian Siriano, sacai, Christian Dior, Burberry, Calvin Klein, Armani Privé, Proenza Schouler, Emilia Wickstead, Brandon Maxwell, Agnona)