Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

23 Lagu Terbaik di Tahun 2021

Menampilkan Lil Nas X, Olivia Rodrigo, Adele, dan banyak lagi.

23 Lagu Terbaik di Tahun 2021
Courtesy of Bazaar US

Setelah jeda selama setahun pada acara, konser, dan festival, serta peralihan ke upacara penghargaan virtual karena pandemi Covid-19, tahun ini kami akhirnya tidak hanya dapat mendengar kabar terbaru dari artis favorit kami, tetapi juga melihat mereka lagi. Lagu-lagu terbaik tahun ini bervariasi di semua genre, tentu saja, baik itu kesempurnaan pop-punk yang dibawakan oleh Olivia Rodrigo, lagu-lagu cinta dari Adele, atau Lil Nas X yang sedang bersiap untuk mendominasi tangga lagu. Di bawah ini adalah favorit kami tahun ini.

Baca juga: 20 Lagu Natal Terbaik Sepanjang Masa Favorit Bazaar

1. Happier than Ever - Billie Eilish

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Selama dua menit, "Happier than Ever" terdengar seperti Billie Eilish, tapi mungkin lebih manis. Tanpa beberapa kecenderungan mengerikannya, track dibuka dengan ukulele dan twinkles kotak perhiasan, saat Billie menyanyikan tentang cinta dalam bisikan lembut. Tetapi dengan cepat menjadi jelas bahwa ada sesuatu yang bersembunyi di bawah permukaan, "I knew when I asked you to be cool about what I was telling you / You’d do the opposite of what you said you’d do," keluhnya. Lagu pengantar tidur berlanjut, dengan Billie meminta maaf karena tidak dapat mengartikulasikan dirinya dengan lebih jelas. Dan kemudian, sesuatu akhirnya terkunci. Kedipan berhenti, dan gitar berubah dari ringan ke berat. Di salah satu bridge paling menggembirakan tahun ini, ia berteriak, "I'd never treat me this shitty / You make me hate this city." Gunung berapi meletus dan kemarahannya menusuk. “Happier than Ever” adalah lagu balas dendam pola dasar, hentakan kepala, dan teriakan yang dieksekusi dengan sempurna yang sama menghancurkannya dengan katarsis.

2. Break It Off - PinkPantheress

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Kepopuleran TikTok pada tahun 2021 memang tak terbantahkan. Melampaui jendela five-minutes-of-fame, aplikasi ini telah berada di puncak percakapan tentang plagiarisme kreatif, pembuatan konten, dan ketenaran DIY. Tidak mengherankan, itu telah menjadi sarana utama untuk bakat yang belum ditemukan, seperti YouTube dulu, dengan artis yang juga mengunggah cuplikan yang belum dikuasai dan sesi akustik kamar tidur. Salah satu kisah sukses terbesar dari kelas bakat perdana pertama aplikasi ini adalah PinkPantheress, penyanyi dan penulis lagu asal Inggris berusia 20 tahun yang mengembangkan pengetahuannya sendiri dengan tetap hampir anonim saat lagu-lagunya meledak di seluruh aplikasi. “Break It Off” adalah penghormatan yang menyenangkan untuk dunia musik Inggris, karena PinkPantheress memadukan suara garasi Inggris dengan neo-R&B dan hyper-pop menjadi nikmat didengar.

3. Linda - Tokischa x Rosalía

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Hanya beberapa tahun yang lalu penyanyi Spanyol Rosalía merilis El Mal Querer, lagu flamenco lembut dan kental yang pada akhirnya akan menjadikannya superstar global. Maju cepat ke 2021, dan Rosalía berkolaborasi dengan The Weeknd di track bachata dan beralih ke reggaeton dengan lagu-lagu seperti "Con Altura." Namun, dari semua eksplorasi genre (kontroversial), tahun ini kolaborasi dengan rapper Dominika Tokischa adalah favorit kami dan secara objektif paling menyenangkan. Tokischa adalah dasar lagu yang kokoh, rapping dengan kecepatan hampir Busta Rhymes, saat ia tanpa ampun bersandar pada kebebasan dan ekspresi seksual, menggoda Rosalía dengan cara yang kita semua inginkan. "Nos besamos', pero somo' homies'," gadis-gadis itu bertukar suara berulang kali dengan tawa, sebuah kalimat yang diterjemahkan menjadi, "Kami berciuman, tapi kami teman."

4. Jackie - Yves Tumor

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

"When you wake up, do you think of me?" Yves Tumor memulai saat membuka "Jackie". Dalam iterasi terbarunya, ia berubah bentuk, proyek sebelumnya menyertakan kebisingan ambient dan eksperimental, terlihat dirinya memainkan semacam glam-rock demigod, tampil dalam rok kulit pendek dan sepatu bot setinggi paha. Yves tampak seperti front man terbaik di masa lalu, menulis lagu-lagu cinta yang entah bagaimana putus asa dan seksi. Terlepas dari anggukan retro, suaranya masih tetap miliknya dan tentu saja segar. "Jackie" adalah lagu cinta yang melewatkan romantisme sakarin dan langsung menuju obsesi.

5. Suck Teeth - L'Rain

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Suara L'Rain sulit dijabarkan. Ia dibesarkan di Brooklyn, di mana kakeknya memiliki klub jazz, dan di sekolah menengah, ia menemukan dirinya melekat pada melodi psychedelia dari Animal Collective, serta menjadi anggota band cover Iron Maiden. Album keduanya tahun 2021, Fatigue, adalah perwujudan anggun dari semua yang ia serap, kompilasi indah dan membingungkan dari pop eksperimental dan jazz terdistorsi yang dicampur dengan R&B. “Suck Teeth,” salah satu dari segelintir track dengan kredit produksi dari produser New York Slauson Malone, adalah pontification pada trauma transgenerational. Liriknya adalah beberapa gambaran puitis yang jarang, "Poison drifting out of me into you," komentarnya dengan acuh tak acuh, perwujudan yang terdengar dari "sucking teeth" sebagai tanggapan terhadap keniscayaan dan warisan kehilangan.

6. Stop Breathing - Playboi Carti

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Selama bertahun-tahun, obsesi Playboi Carti dengan budaya punk sebagian besar telah dimanifestasikan melalui pertunjukan estetika dan gaduh yang semakin hitam-merah (diabadikan di sampul album Die Lit-nya, yang dihiasi dengan gambar hitam-putih dari Playboi melakukan flip depan menjadi mosh pit). Namun di Whole Lotta Red, album terbaru sang rapper, perkembangannya menjadi punk akhirnya terbentuk secara sonik. Mengukur suara bayi bernada tinggi yang ikonis dengan teriakan kemarahan, "Stop Breathing" menemukan Playboi mengambil kemarahan sepupunya dan pembunuhan teman dekatnya Bigg Sosa, "Ever since my brother died / I’ve been thinking ‘bout homicide," ia berteriak.

7. Pick Up Your Feelings - Jazmine Sullivan

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Jazmine Sullivan tidak punya masalah untuk mengakui ketika seorang pria begitu baik sehingga ia tidak menyukainya, dan mungkin itu sebabnya ia sangat pandai memanggil pria ketika keadaan menjadi buruk. “Pick Up Your Feelings” mengambil salah satu tradisi terpanjang R&B, lagu perpisahan. Tapi track tidak berkubang atau merengek, itu jenis lainnya. Ini adalah jenis yang duduk bersebelahan dengan Beyoncé "Irreplaceable," kutukan membakar pria tidak setia yang ditulis oleh wanita yang tidak lagi memiliki energi atau, lebih tepatnya, "ruang untuk bagasi ekstra." Jazmine mengarahkan cinta dan nafsu dengan cara yang sepenuhnya dapat dipercaya, mungkin hanya dengan beberapa kepercayaan tambahan yang kita semua harap dapat kita kumpulkan, "Main bitch I ain’t average," ia mengingatkan kita.

8. Get into It (Yuh) - Doja Cat

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Doja Cat memiliki pengalaman berbeda mendaki ke wilayah bintang pop yang bonafid sementara seluruh dunia harus tetap berada di dalam ruangan. Saat bangsa ini mengalami kehancuran, duduk dengan tidak sabar, Doja memompa pukulan demi pukulan, menjadi sosok yang lebih besar dari kehidupan, namun sepenuhnya dapat dihubungkan, melalui pertunjukan streaming langsung yang sedang berlangsung dan TikTok yang tidak terikat. “Get into It (Yuh)” adalah salah satu hit dance terbesar tahun ini, sebuah perjalanan penguasaan efek vokal Doja Cat, mengambang melalui katalog rap bernada tinggi, nyanyian hype setengah berteriak, dan bisikan indah.

9. Send Me - Tirzah

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Send Me” hampir menjadi sebuah himne, seruan berulang untuk istirahat dan peremajaan dengan Tirzah berkata, “Let me heal, let me heal, then wait some more.” Colourgrade milik Tirza adalah soundscape luas dari keintiman yang menghantui saat ia mengarahkan kehidupan barunya sebagai seorang ibu. “Send Me” adalah salah satu contoh terbaik dari penguasaan synth-nya, karena ia menciptakan kedalaman dan atmosfer dengan hampir tidak ada apa-apa selain dari vokalnya sendiri dan beberapa suara elektronik yang langka.

10. Brutal - Olivia Rodrigo

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Olivia Rodrigo memiliki daya tarik yang tidak dapat dijelaskan yang sering muncul dalam diri seorang bintang pop. Dalam waktu kurang dari setahun, ia telah dinobatkan sebagai wajah dari kegilaan pop yang sedang berlangsung dengan pop punk dan telah mendapatkan persetujuan tradisionalis dengan menulis semua lagunya sendiri, yang masing-masing berbunyi seperti entri buku harian yang diedit dengan baik tentang kecemasan, puppy love, dan membenci diri sendiri. Setelah lagu perpisahan yang menghancurkan, "Driver's License," sang putri pop melanjutkan dengan "Brutal," sebuah lagu yang menunjukkan giginya dengan bangga, menyerukan pengaruh yang jelas seperti Paramore dan band pop-punk manis lainnya seperti The Dollyrots.

11. Keep Moving - Jungle

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Saat lagu bernuansa disko yang funky ini terdengar optimis, lagu ini dibuat sebagai tanggapan atas tekanan dan kecemasan yang dialami duo elektronik Inggris saat membuat album 2018 mereka, For Ever. Ini adalah lagu yang meningkatkan suasana hati bagi siapa saja yang berurusan dengan kecemasan dan stres yang melumpuhkan.

12. Like I Used To - Sharon Van Etten & Angel Olsen

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Sharon Van Etten dan Angel Olsen bersama di sebuah lagu, perlu saya katakan lebih banyak? Kedua wanita ini adalah beberapa penulis lagu paling berpengaruh pada masanya, dan lagu ini, yang dengan sempurna menggabungkan kedua gaya khas mereka, adalah tentang mengingat dan memberi ruang bagi diri Anda yang paling otentik. Itu adalah lagu indah dan menyapu yang membantu saya menari melalui masa-masa sulit tahun lalu.

13. Hypotheticals - Lake Street Dive

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Lake Street Dive adalah rahasia musik yang paling dijaga. Tahun ini, band bergenre bending mengeluarkan album studio ketujuh, yang judulnya, Obviously, berasal dari kata pertama dari lagu pertama, "Hypotheticals." Ini adalah jenis lagu yang bouncy dan percussive yang akan Anda mainkan selama tahap awal suatu hubungan, ketika kegilaan total membuat Anda hanya melihat kemungkinan.

14. Big Star - Lorde

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Dengan sendirinya, "Big Star" cukup memilukan. Tanpa banyak produksi atau gembar-gembor lirik, Lorde mereplikasi perasaan sakit yang hampir tak tertahankan dari hati yang bengkak karena cinta (“Wanna to take your picture / ’Til I die"). Tapi itu menjadi lebih emosional ketika Anda mengetahui bahwa Lorde menulis lagu untuk anjingnya, Pearl, yang kematiannya menunda perilisan Solar Power.

15. The Only Heartbreaker - Mitski

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Dalam gaya khas Mitski, "The Only Heartbreaker" memasangkan refleksi lirik pada hubungan beracun dengan ketukan synth-heavy pop yang cocok untuk klub malam Bushwick. Mitski bernyanyi seolah-olah ia menyerah pada malapetaka romantis yang tak terhindarkan, membuat hidangan pembuka yang lezat untuk Laurel Hell, albumnya yang akan datang akan dirilis tahun depan.

16. All Too Well (10 Minute Version) (Taylor's Version) - Taylor Swift

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Perilisan ulang Taylor Swift dari "All Too Well" mengubah ballad Red yang paling terkenal menjadi epik dan sinematik, pasti akan memicu semacam kemarahan liar feminin pada pendengar yang tumbuh bersamanya dan yang sejak itu mungkin bertemu dan dicemooh oleh pencuri syal pribadi mereka sendiri.

17. Yonaguni - Bad Bunny

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Mustahil bagi Bad Bunny untuk membuat lagu yang bukan hit, itulah sebabnya ia menjadi artis yang paling banyak diputar di Spotify untuk tahun kedua berturut-turut sekarang. "Yonaguni" menandai kembalinya Benito ke dunia musik setelah El ltimo Tour Del Mundo yang sangat sukses. Ini menunjukkan kekuatan bintang reggaeton yang berkembang sebagai pendongeng, secara visual, lirik, dan musik.

18. Hold On - Adele

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

2021 menandai kembalinya Adele yang sangat dinanti. Sementara penyanyi itu memilih single andalannya dari 30 untuk menjadi rekaman semilir "Easy on Me", "Hold On" adalah lagu yang menonjol dari album studio terbarunya. Ini Adele yang terbaik, booming dan patah dan ratapan, tetapi dengan rasa baru ditemukan kekuatan dan keamanan dalam seni dan suaranya. Ini kesempurnaan.

19. Pa Mis Muchachas - Christina Aguilera feat. Nicki Nicole, Becky G, dan Nathy Peluso

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Kembalinya Christina Aguilera ke musik berbahasa Spanyol tidak mengecewakan. "Pa Mis Muchachas" adalah lagu kebangsaan yang berani dan bersemangat, merayakan persahabatan wanita yang membuat kita lebih kuat, di mana Christina memasang sabuk khasnya di atas ketukan guaracha tradisional Kuba. Lagu ini mengingatkan bahwa Christina tetap menjadi salah satu vokalis terkuat di generasinya, apa pun bahasanya.

20. Sad Girlz Luv Money - Amaarae feat. Moliy

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

2021 mengukuhkan Amaarae sebagai salah satu aksi musik baru paling menarik tahun ini. Hitnya "Sad Girlz Luv Money" adalah lagu sultry yang dipasangkan dengan produksi futuristik yang funky dan lirik candid yang merinci pendekatannya yang tanpa basa-basi terhadap hubungan intim dan romansa. Jelas bahwa Amaarae adalah seorang seniman yang siap untuk memerintah generasi baru.

21. Smokin Out the Window - Silk Sonic

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Sementara "Leave the Door Open" adalah hit pelarian Silk Sonic (alias Bruno Mars dan Anderson .Paak) membuat debut resmi mereka sebagai duo rekaman, "Smokin Out the Window" melangkah lebih jauh yang dipengaruhi retro. Liriknya yang nakal (dan langsung menular) telah menjadi umpan TikTok, tetapi jangan tertipu, lagu ini memiliki jiwa.

22. Industry Baby - Lil Nas X feat. Jack Harlow

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Lirik Lil Nas X yang sangat cerdas, swag Jack Harlow yang effortless, dan Kanye West di belakang untuk produksi, adalah resep pamungkas untuk hit nomor satu. Dentuman track akan langsung terngiang di kepala Anda, seperti video musik pemecah Internet.

23. Neon Punch - Snoh Aalegra feat. Tyler, the Creator

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Snoh Aalegra adalah yang paling eksperimental, dan terbaik, di track ini dari album studio terbarunya, Temporary Highs in the Violet Skies. Vokal jazzy Snoh yang dipadukan dengan produksi futuristik Tyler menghasilkan lagu segar yang tak terduga.

Baca juga:

18 Lagu yang Enak Didengar Ini Ternyata Bermakna Seksual dan Menggoda

15 Lagu untuk Bangkitkan Rasa Percaya Dalam Diri Anda

Apakah Judul Lagu yang Mewakili Karakter Zodiak Anda?

(Penulis: Bianca Betancourt, Chelsey Sanchez, Natalie Maher, dan Ariana Marsh; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)