Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

18 Lagu yang Enak Didengar Ini Ternyata Bermakna Seksual dan Menggoda

Anda mungkin sekarang mendengarnya dengan imaji yang berbeda dari sebelumnya.

18 Lagu yang Enak Didengar Ini Ternyata Bermakna Seksual dan Menggoda
Layout by Sophie El Fasya

Sebuah karya seni pasti miliki artinya sendiri, termasuk juga dengan musik. Terlebih, musik merupakan seni yang menggunakan kata-kata atau mungkin juga metafora untuk menjadikannya unik serta berbeda dengan yang lainnya.

Tak sedikit musisi juga yang membuat karyanya untuk mengungkapkan isi hati mereka saat senang, sedih, marah, sekalipun sedang merasa sensual. Maka dari itu, banyak musik yang saat didengarkan, terdengar biasa saja dan dinikmati banyak kalangan umur, tetapi miliki arti terselubung berarti seksual. Di situlah seninya.

Baca juga: 25 Film Sensual dengan Cerita Terbaik untuk Anda

Bintang-bintang besar seperti Beyonce, Ariana Grande, dan Bruno Mars, juga dikenal seringkali memberikan pesan seksual yang tidak disadari pada pendengar pada lagu-lagu mereka. Berikut daftar lagu kurasi Bazaar yang miliki arti seksual namun tetap nyaman didengar.

1. Cake by The Ocean - DNCE

Courtesy of Smule
Courtesy of Smule

Tidak perlu menerka-nerka untuk yang satu ini, karena sang vokalis sendiri, Joe Jonas, mengakui dalam sebuah wawancara bersama MTV News. Ia mengatakan bahwa, "saat mengerjakan lagu ini, para produser Swedia yang bekerja dengan kami, mereka terus bingung 'bercinta di pantai' dengan 'kue di tepi laut' (cake by the ocean), jadi begitulah lagunya dimulai," ucapnya.

2. Marvin Gaye - Charlie Puth ft. Meghan Trainor

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Jika Anda perhatikan liriknya ada beberapa kata yang cukup menarik seperti kama sutra dan judulnya sendiri Marvin Gaye. Marvin Gaye merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, dan musisi asal Amerika yang karyanya ditujukan terutama tentang bercinta dan cinta, dengan lagu-lagu seperti Sexual Healing.

3. Versace On The Floor - Bruno Mars

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Lagu yang sempat menjadi kontroversi di Indonesia ini memang miliki arti terselubung. Memilih Versace sebagai merek favoritnya, lagu ini menjadi hit global dengan pesan sensual yang dimulai dari lirik berbunyi, "so just turn down the lights, and close the door. Oh I love that dress, but you won't need it anymore." 

4. Candy Shop - 50 Cent

Courtesy of YouTube 50 Cent
Courtesy of YouTube 50 Cent

Faktanya, judul lagu dari 50 Cent ini miliki arti kamar, hotel, taman, atau tempat manapun yang bisa ia gunakan sebagai tempat intim bersama seorang wanita. Jadi, jangan berpikir bahwa toko permen di sini berarti tempat membeli suguhan manis untuk adik kecil Anda.

5. Side to Side - Ariana Grande

Courtesy of YouTube Ariana Grande
Courtesy of YouTube Ariana Grande

Kepada MTV News lagi para bintang mengungkapkan arti di balik lagunya, termasuk Ariana. “Seluruh lagu itu tentang "riding" yang mengarah ke rasa 'sakit',” katanya. "Ride d..k bicycle adalah liriknya, bahkan."

6. No Control - One Direction

Courtesy of YouTube One Direction
Courtesy of YouTube One Direction

"The pedal's down, my eyes are closed, no control. Got the taste on my tongue, I don't want to wash away the night before." Tidak heran jika James Cordon menanyakan langsung kepada One Direction tentang arti lagu tersebut di The Late Late Show with James Cordon, dan mengatakannya sensual!

7. Whistle - Flo Rida 

Courtesy of YouTube HipHipDX
Courtesy of YouTube HipHipDX

Jika berbicara mengenai peluit, pastinya Anda langsung terpikirkan mulut bukan? Ya, hal yang sama tentang lagu ini. Meski Flo tidak mengungkapkannya secara langsung, tetapi ia mengatakan, "Sebagian besar saya menjaganya tetap bersih (untuk didengar), tetapi jika Anda mendengarkannya, Anda dapat mengambilnya dengan padangan lain juga." Saat ditanya MTV News apakah dirinya pernah melewati batas (dalam pembutan lirik lagu yang ia buat), ia menjawab, "Ya, pada rekaman yang tidak akan Anda dengar. Sebagian besar saya pergi ke studio dengan semua hal yang telah direncanakan."

8. Animals - Maroon 5

Courtesy of YouTube Maroon 5
Courtesy of YouTube Maroon 5

Saat didengarkan Anda akan berpikir bahwa lagu ini benar tentang hewan, tetapi tidak saat Anda telah melihat video musik dan menyambungkannya dengan liriknya. "Baby I'm preying on you tonight... Hunt you down eat you alive.. Just like animals... Animals.. Like animals-mals..."

9. Pillow Talk - Zayn Malik

Courtesy of YouTube zayn
Courtesy of YouTube zayn

Single pertama Zayn setelah keluar dari grup musik One Direction sangat dicintai banyak orang, yang miliki arti tak jauh dari bercinta. Kepada Elvis Duran and the Morning Show, ia mengukapkan, “Ini tentang bercinta, jelas ada hal tersebut dalam suatu hubungan. Namun, itu bukan keseluruhan insentif dari lagu tersebut," ucap pacar model Gigi Hadid.

10. Slow Hands - Niall Horan

Courtesy of YouTube Niall Horan
Courtesy of YouTube Niall Horan

Lagu ini terinspirasi dengan pengalaman Niall sendiri di mana ia menceritakan bahwa, “Saya ingin sedikit nakal dengan liriknya. Baris pertama dari lagu itu adalah, 'We should take this back to my place,' (mengajak untuk 'bermain' ke tempatnya) dan biasanya itulah yang akan dikatakan pria, tetapi kami membaliknya sehingga itulah yang dikatakan seorang gadis. Itulah yang ia katakan, tepat di hadapanku," jelasnya kepada SiriusXM.

11. Despacito - Luis Fonsi ft. Daddy Yanke

Courtesy of YouTube Luis Fonsi
Courtesy of YouTube Luis Fonsi

Selain Versace On The Floor, lagu dari Luis Fonsi dan Daddy Yanke juga termasuk yang terkena larangan untuk diputar siang hari di radio Indonesia. Kita tidak akan sadar sebelum kita menerjemahkan liriknya sendiri. Pada bagian reff lagu ada yang berbunyi, "Saya ingin menanggalkan pakaianmu dengan ciuman." Apakah Anda masih perlu penjelasan lebih?

12. Boom Boom Boom - Venga Boys

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Lagu yang sangat catchy ini adalah lagu up-beat tahun 1999 dari grup Eurodance Belanda Vengaboys. Liriknya, "Boom boom boom boom... I want you in my room, let's spend the night together," tidak bisa dibantah lagi bahwa lagu ini tentang berhubungan intim.

13. Blurred Lines - Robin Thicke ft. T.I., Pharell

Courtesy of YouTube Robin Thicke
Courtesy of YouTube Robin Thicke

Mungkin sebagian besar dari Anda berpikir sama seperti Pharell, "Apa yang salah dari lagu ini?" ucapnya sebelum mengerti pandangan dari pendengar. Lalu, kepada GQ Magazine ia menjelaskan bahwa orang melihat bahwa, "Kemudian saya menyadari bahwa ada pria yang menggunakan bahasa yang sama (seperti lirik pada reff) ketika mengambil keuntungan dari seorang wanita (secara seksual).

14. Birthday Cake - Rihanna

Courtesy of YouTube Rihanna
Courtesy of YouTube Rihanna

Lagu yang telah bocor sebelum resmi peluncuran ini, digunakan Rihanna sebagai sebuah metafora untuk menggambarkan bagian tubuh yang diinginkan kekasihnya. Sama seperti liriknya yang berbunyi, "He want that cake, cake, cake..."

15. The A Team - Ed Sheeran

Courtesy of YouTube Ed Sheeran
Courtesy of YouTube Ed Sheeran

Tak langsung mengartikannya pada diri sendiri, namun Ed menggambarkan seorang perempuan yang rela melakukan apa saja, termasuk bercinta dengan orang yang tak dikenal seperti prostitusi, demi tetap hidup di dunia.

16. Locked Out of Heaven - Bruno Mars

Courtesy of YouTube Bruno Mars
Courtesy of YouTube Bruno Mars

Bruno mengisahkan lagunya seperti ia telah mendapatkan keperluan seksualnya bersama orang yang ia cintai, dan merasa lega karena sudah terpenuhi hasrat hatinya. "Cause you make me feel like... I've been locked out of heaven... For too long, for too long..."

17. Cool for the Summer - Demi Lovato

Courtesy of Spotify
Courtesy of Spotify

Karya hit Demi ini menjadi banyak bahan perbincangan orang, karena lagunya seperti menceritakan dirinya yang sedang berhubungan intim dengan seorang wanita. Pada saat ditanya kebenarannya oleh Alan Carr, Demi menjawab, "Saya tidak membenarkan dan saya pasti tidak menyangkal. Semua lagu saya didasarkan pada pengalaman pribadi. Saya tidak berpikir ada yang salah dengan itu.”

18. Drunk in Love - Beyoncé

Courtesy of YouTube Beyoncé
Courtesy of YouTube Beyoncé

"I've been drinkin', I've been drinkin', I get filthy when that liquor get into me," dan berlanjut, "We woke up in the kitchen, saying, 'How the hell did this shit happen?'" Bey, adakah sesuatu yang dapat Anda sembunyikan lebih jelas?

Baca juga:

21 Video Klip Sensual yang Rasanya Tidak Tepat Ditonton di Kantor

15 Lagu untuk Bangkitkan Rasa Percaya Dalam Diri Anda

20 Lagu Natal Terbaik Sepanjang Masa Favorit Bazaar

15 Lagu Bertema Cinta Terbaik untuk Playlist Anda

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of YouTube 50 Cent, Ariana Grande, One Direction, HipHipDX, Maroon 5, zayn, Luis Fonsi, Robin Thicke, Rihanna, Ed Sheeran, Jason Derulo, Bruno Mars, Beyonce, Smule, Spotify, IMDb)