Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Chanel Rayakan Karier Penelope Cruz di MoMA Film Benefit Tahunan ke-14

Aktris peraih Oscar ini mendapat penghargaan dari teman dekatnya, Rebecca Hall, Rosalía, dan Ricky Martin.

Chanel Rayakan Karier Penelope Cruz di MoMA Film Benefit Tahunan ke-14
Courtesy of Bazaar US

Tidak dapat disangkal bahwa Penélope Cruz adalah salah satu aktris yang menentukan di zaman kita.

Tadi malam, sang bintang dihormati di Museum of Modern Art Film Benefit tahunan ke-14, yang dipersembahkan oleh Chanel, di mana teman-teman dekat aktris dan sesama kelas berat Hollywood berkumpul untuk bersulang untuk karier filmnya yang penuh kemenangan. Aktris dan duta Chanel mengenakan gaun terbuka yang dibuat khusus oleh rumah mode untuk malam itu (terinspirasi oleh Look 22 dari koleksi haute couture musim gugur/dingin 2020-21 merek ini, membutuhkan lebih dari 700 jam untuk membuatnya). Dan ia juga berkilau dalam perhiasan Chanel, termasuk anting berlian Premiers Brins dan cincin emas putih toile Filante dan Comète.

Malam penghormatan dimulai dengan lawan main Penélope di Vicky Cristina Barcelona dan sutradara Passing, Rebecca Hall. Ia mengenang waktu mereka bersama membuat film, yang kemudian membuat Penélope mendapatkan Academy Award pertamanya, menjadikannya perempuan Spanyol pertama yang memenangkan Oscar.

"Penélope adalah definisi sebenarnya dari seorang bintang film," kata Rebecca.

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Rekan sesama pemain Spanyol dan superstar global Rosalía juga menghormati Penélope pada malam hari, berbicara tentang bagaimana ia tumbuh dengan menonton film-film Penélope bersama saudara perempuannya dan menyematkan tampilan layarnya yang terkenal (seperti gaun merah dalam debut filmnya di Jamón, Jamón tahun 1992) di mood board yang mereka buat bersama. Rosalía akhirnya membuat debut film utamanya bersama Penélope, dalam film Pedro Almodóvar 2019 Dolor y Gloria (Pain and Glory). Penyanyi itu bahkan memberi Penélope serenade dadakan selama pidatonya, menyanyikan sebagian dari "A Tu Vera" Lola Flores, yang mereka tampilkan bersama dalam film itu.

Musisi Ricky Martin juga memperingati persahabatannya dengan Penélope, berbagi kenangan saat mereka bersama dalam pembuatan film The Assassination of Gianni Versace: American Crime Story.

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Namun, momen menonjol pada malam itu adalah pidato Penélope yang mengharukan, di mana ia mengingat kenangan paling awal tentang jatuh cinta pada dunia film dan, lebih khusus lagi, kolaborator dan sutradara kreatif lamanya, Pedro Almodóvar.

"Dulu, saat saya masih kecil, saya terpesona oleh keajaiban dan keindahan layar raksasa di bioskop. Saya menghabiskan berjam-jam menonton dan memutar ulang film. Mundur dan kembali. Film Spanyol, Prancis, film Italia, dan, tentu saja, juga Amerika," kata Penélope, dengan para penonton di depannya yaitu Anne Hathaway, Diane Kruger, Kristen Wiig, dan banyak lagi. "Tapi kemudian, saya melihat film Spanyol Tie Me Up! Tie Me Down!, Saya belum pernah melihat yang seperti itu. Menonton apa yang dilakukan Pedro dan para aktornya membuat saya merasa bahwa saya ingin melakukan hal itu, bahwa saya harus menjadi bagian dari dunia itu. Jelas dalam cara ia menulis karakter perempuan itu sangat luar biasa dan kompleks, menunjukkan betapa Pedro mencintai dan menghormati perempuan. Saya tidak akan berada di sini malam ini dan dihormati oleh MoMA jika saya tidak memiliki hak istimewa untuk bekerja dengan sutradara brilian yang menginspirasi saya, mengajari saya, dan membantu saya tumbuh sebagai seorang seniman dan pribadi."

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Melestarikan keajaiban sinema adalah misi yang sama-sama dimiliki oleh Penélope dan Chanel, rumah mode tersebut telah lama menjadi pelindung industri film, baik itu Gabrielle Chanel sendiri yang mendandani bintang film Hollywood, produksi set landasan sinematik khas Karl Lagerfeld, atau kolaborasi berkelanjutan sutradara kreatif saat ini Virginie Viard dengan sutradara Sofia Coppola. Penélope mengakhiri pidatonya dengan mengingatkan penonton akan pentingnya pengalaman teater dan mendorong semua orang untuk memperjuangkan industri film, yang membangun kembali dirinya di tengah pandemi Covid-19.

"Saya pikir kita telah menyadari di dunia yang terluka, ketakutan, dan terbagi, kita membutuhkan semua bentuk seni, mungkin lebih dari sebelumnya," kata Penélope. "Kita membutuhkan film untuk melihat tidak hanya cerita kita sendiri yang dipantulkan kembali kepada kita, tetapi untuk melihat cerita semua orang diceritakan. Sinema itu tangguh, tetapi kita perlu melindunginya."

Baca juga:

Chanel Beri Dukungan Pada Retrospeksi Alain Resnais di Cinémathèque Française

Chanel Rayakan Ulang Tahun ke-70 Les Cahiers du Cinéma yang Bertabur Bintang

Bagaimana Perancang Kostum Film Spencer Bisa Menyempurnakan Gaya Fashion Putri Diana yang Ikonis?

(Penulis: Bianca Betancourt; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)