Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Album K-Pop Paling Hit di Tahun 2021

Dari BIBI hingga NCT 127, inilah album K-pop yang menentukan tahun ini.

15 Album K-Pop Paling Hit di Tahun 2021
Courtesy of Bazaar US

Ketika berbicara tentang K-pop, album adalah perjalanan yang memiliki bobot budaya yang sangat besar. Ini adalah wilayah di mana trek B-side sama pentingnya sebagai single utama, dan setiap rekaman dirancang untuk memberikan pendengar pengalaman terbaik sambil membentuk identitas sonik artis di baliknya. Tahun ini, album terkuat tahun 2021 berkisar dari kesempurnaan pop tradisional hingga R&B sederhana dan surga alt-rock, menampilkan variasi musik genre ultra-popular. Di bawah ini ialah 15 K-album dan EP teratas yang membuat dampak besar pada tahun 2021.

Baca juga: CL Ungkap Mengenai Evolusi Global Gaya Fashion K-Pop!

1. 공감 (Empathy) - D.O.

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Setelah bertahun-tahun dinantikan oleh para penggemar, vokalis EXO yang berhati lembut, D.O., akhirnya melakukan debut solonya dengan 공감 (Empathy). Seperti rekan satu band-nya yang menjadi solois, D.O. memiliki kebebasan untuk memilih rute mana pun yang paling cocok untuknya, beberapa penggemar berpikir itu akan menjadi R&B; yang lain mengira ia akan pergi dengan ballad. Untungnya bagi kami, ia masuk ke kedua sisi dan keluar dengan sesuatu yang jauh lebih tulus dan sesuai dengan karakternya. 공감 (Empathy) adalah mimpi acoustic-pop-R&B yang dibutuhkan dunia setelah mimpi buruk tahun 2020. D.O. selalu memiliki kualitas yang kaya untuk suaranya, tetapi dalam lagu-lagu seperti "It's Love" dan "I'm Fine," ia mampu menyampaikan romansa dengan setiap suku kata.

2. idealism - Colde

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Semuanya baik-baik saja di dunia indie, begitu artis, penulis lagu, dan produser Colde muncul. Menyusul perilisan Love Part 1 tahun 2019, Colde merilis EP ketiganya, idealism, di puncak tahun 2021. Jika Anda adalah penggemar lama, Anda mungkin mengharapkan melodi yang lush dan lagu yang mudah didengar dari penyanyi R&B, dan Anda benar. idealism mengambil semua yang Anda ketahui tentang Colde dan dikali dengan 10. Sepanjang runtime 24 menit, idealism mencakup jazz (“The Museum”), ballad yang menenangkan (“A Song Nobody Knows”), dan bahkan alt-rock di pembuka EP, “Lighter”, sebuah trek yang tak terduga dan gaduh dari yang sebaliknya penyanyi sederhana. Nilai replay dari rekaman ini sangat tinggi dan layak mendapatkan perhatian penuh Anda.

3. Don’t Fight the Feeling - EXO

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Komunitas K-pop jatuh berlutut ketika EXO mengumumkan “album spesial” terbarunya. Dengan beberapa anggota grup yang pulang dari dinas militer dan yang lainnya mulai mendaftar, kemungkinan comeback grup tampak sangat rendah. Untungnya, Don't Fight the Feeling memberikan harapan dan kegembiraan yang dirindukan lagi. Judul lagu, dinamai sesuai EP-nya, sangat ceria, dan surat cinta yang tak terbantahkan untuk penggemar EXO yang tak tergoyahkan, EXO-L. Alasan rekaman ini bekerja dengan sangat baik adalah karena rekaman ini tidak terlalu serius, Anda benar-benar dapat merasakan cinta dan perhatian yang diberikan untuk merekam setiap lagu. Betapa epiknya album studio grup, tetap menyenangkan melihat mereka lepas dan nyaman satu sama lain. Melalui favorit penggemar seperti "Paradise" yang funky dan "Just as usual" yang diremehkan, Don't Fight the Feeling menawarkan kenyamanan bagi mereka yang telah melupakan betapa ajaibnya EXO saat mereka bersama.

4. DON’T DIE COLORS - THAMA

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Artis solo THAMA telah terdengar untuk sementara waktu, dan meskipun Anda mungkin tidak mengenali namanya, karyanya berbicara sendiri. Selain sebagai vokalis yang baik, ia juga memproduksi beberapa nama besar di Korea, termasuk EXO, Kang Daniel, NCT 127, dan Dynamic Duo. Sejauh proyek pribadi, THAMA tetap sibuk dengan serangkaian single dan EP, semuanya berputar di sekitar R&B dan hip-hop. DON'T DIE COLORS adalah album studio pertama penyanyi ini dan berfungsi sebagai perpanjangan dari katalognya yang sudah menakjubkan. Enam dari 12 track menampilkan berbagai artis di seluruh arus utama dan adegan indie, menambahkan lapisan kedalaman dan karakter baru ke track masing-masing. Dengan vokal yang kuat dan perhatian terhadap detail, THAMA dengan mudah masuk dan keluar dari R&B ke hip-hop, soul-jazz (dipengaruhi oleh musik gospel), dan ballad. Ia pantas mendapatkan semua bunganya untuk yang satu ini.

5. Hello Future - NCT Dream

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

NCT Dream memiliki tahun tersuksesnya hingga saat ini pada tahun 2021. Hello Future, karya yang dikemas ulang untuk Hot Sauce, adalah kisah abadi tentang ikatan NCT Dream yang tak terpatahkan sebagai rekan band, teman, dan, yang paling penting, saudara. Bersama-sama, mereka menjelajah dan mengeksplorasi apa artinya menjadi dewasa muda sambil menjaga masa muda mereka dekat, dan itu bekerja seperti sulap. Sebagai salah satu album paling menarik tahun ini, hampir tidak mungkin untuk memilih yang paling menonjol. Getaran R&B optimis dari "My Youth" hangat dan akrab, sementara "Dive into You" memperkenalkan kita pada versi pop-rock grup, dengan instrumen band yang boastful dan pantulan yang tak tertahankan. Tapi "Life Is Still Going On" adalah lambang penggabungan sifat kekanak-kanakan mereka dengan elemen yang lebih dewasa, seperti hip-hop dan ketukan trap. Setiap lagu dibawa ke potensi penuhnya dan memperkuat posisi NCT Dream sebagai masa depan K-pop.

6. STEREOTYPE - STAYC

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Memulai debutnya di bawah High Up Entertainment pada tahun 2020, STAYC adalah grup pendatang baru yang paling mengejutkan tahun ini. Dengan hits viral seperti “So Bad” dan “ASAP”, girl grup ini telah menembus hati para penggemar K-pop dan tangga musik Korea. Dalam EP pertama mereka, STEREOTYPE, STAYC memanfaatkan kualitas yang telah membuat mereka sukses sejauh ini dan membangunnya untuk membuat empat lagu berbeda. Semua lahir di awal, enam gadis memancarkan relatabilitas dalam musik mereka, menekankan konsep semangat remaja atau "teen fresh." STEREOTYPE menyegarkan, manis, dan girly sambil membuat upaya sadar untuk menonjol di lautan nomor bubblegum-pop. Bahkan dengan runtime yang singkat, Anda akan melakukan perjalanan melalui segudang synth yang funky, riff gitar akustik, rumah tropis, dan R&B tahun 2000-an tanpa melewatkan satu pun. Menjadi jelas bahwa gadis-gadis STAYC lebih dari mampu mengokohkan tempat mereka sebagai perempuan terkemuka dari generasi baru K-pop.

7. Favorite - NCT 127

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Untuk sementara, ada jeda dalam aliran konten NCT 127 pada tahun 2021. Memang, mereka baru saja keluar dari era Resonance yang luas pada akhir tahun 2020 dan merilis album Jepang tidak lama setelah itu, mereka layak untuk istirahat. Namun setelah pengumuman yang telah lama ditunggu-tunggu, para penggemar menyambut mereka kembali dengan tangan terbuka dalam film terbaru mereka, STICKER. Dengan sendirinya, LP 11 track sudah mengesankan. Tetapi dengan tiga track tambahan yang disertakan dalam campuran, Anda mendapatkan Favorite, yang dikemas ulang dan pasangan yang lebih baik. Bukan rahasia lagi bahwa NCT 127, dari unit mana pun, adalah yang bertugas mendorong batas dari apa yang dianggap musik populer. Dicampur dengan "neo-print" yang jelas, Favorite membawakan rap keras yang biasa, ballad melankolis/R&B, dan ledakan semangat dari lagu pop klasik. Tapi seperti album 127 lainnya, mereka terus-menerus menemukan kembali roda dengan elemen-elemen yang belum pernah didengar penggemar, termasuk pengaruh masa depan dari "Breakfast" dan yang terinspirasi dari bass, "Love on the Floor." Melalui Favorite, pendengar dapat merasakan kedalaman penuh NCT dalam semua karakter berlapis mereka.

8. Savage - aespa

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Bisa dibilang salah satu rilisan yang paling dinanti datang dari aespa SM Entertainment, yang telah menggoda para penggemar (juga dikenal sebagai MY) dengan tiga single. Lalu datanglah Savage. Secara musikal, ini adalah angin yang berliku-liku. Seperti rekan satu label mereka, NCT, aespa mengambil pendekatan eksperimental, kemudian menambahkan harmoni, melodi, dan vokal. Melompat dari lagu kebangsaan yang stadium-worthy ke campuran cyber-punk dari hyper-pop, trap, dan dubstep, Savage menetapkan rekor seperti apa yang akan ada dalam dua lagu pertama. Sama seperti Anda berpikir Anda telah menyesuaikan diri, mereka akan membalik naskah Anda dan membuat Anda bingung tentang bagaimana Anda berakhir di sana, tidak masalah ketika Anda menikmatinya.

9. Life Is a Bi... - BIBI

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Jika ada yang melawan arus di industri ini, itu adalah penyanyi-penulis lagu BIBI, seorang bintang yang sedang naik daun yang dikenal dengan cerdik menyandingkan citra "imutnya" dengan topik-topik tabu. Dalam EP keduanya, Life is a Bi…, ia mengeksplorasi hubungan beracun yang dapat dibentuk seseorang dengan orang lain, dan bahkan dengan dirinya sendiri. BIBI menggunakan ritme upbeat dan bouncy untuk melawan depresi dalam liriknya di “Umm... Life.” Merujuk pada sampul album, yang menunjukkan penyanyi itu benar-benar memar, ia menjelaskan bahwa "mata hitamnya" berasal dari kemalangan hidup. Demikian pula, dengan empat lagu lainnya, BIBI menggabungkan ketukan trap yang menyenangkan dan riff harmonik untuk meringankan nada yang agak gelap di balik pesan. Melalui kebebasan artistik dan humornya yang halus, BIBI tidak takut untuk mengatakan apa yang orang lain tidak katakan, bahkan, itu adalah ranah permanennya.

10. Planet Nine: Alter Ego - ONEWE

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Planet Nine: Alter Ego ONEWE, memesona. Satu-satunya cara untuk menggambarkan musik mereka adalah "dunia lain," yang persis seperti Planet Nine: Alter Ego. Entah itu permainan tropis "Veronica" atau kekosongan "COSMOS" yang menghantui, ada pengalaman out-of-body yang mengintai di latar belakang setiap lagu oleh band rock alternatif. Dari single utama "Rain to Be" hingga B-side seperti "LOGO" dan permata city-pop "A.I.," setiap lagu terasa seperti berhasil melampaui waktu, ruang, dan kenyataan.

11. Peaches - KAI

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Anggota EXO ini telah membuktikan bahwa ada lebih banyak hal dalam dirinya daripada yang terlihat sejak debut solonya di tahun 2020. Tepat satu tahun setelah merilis album self-titled eklektiknya, KAI menandai comeback solonya dengan Peaches. Tetap setia pada suara yang dibuat di KAI (开), Peaches memperluas lanskap R&B dan hip-hop dengan sedikit elemen pop dan lo-fi. Tapi lagu-lagu seperti judul lagu eponymous dan "Vanilla" berbasis pop-indie relatif ringan dan sungguh-sungguh. Seperti yang telah ditunjukkan beberapa orang, Peaches adalah pengalaman siang hari yang setara dengan petualangan malam hari yang gerah di KAI (开). Namun, itu tidak berarti KAI sepenuhnya melunak, seperti yang dicatat dalam “Domino”, tempat di mana penyanyi merangkul daftar bawahnya dengan sepenuh hati. Sebagai seseorang yang tidak pernah berada di garis depan garis vokal EXO, ia jelas datang jauh dari hari-hari "MAMA"-nya.

12. Don’t Call Me - SHINee

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Mengantar gelombang generasi kedua tahun 2021 adalah SHINee, yang dijuluki Pangeran K-Pop. Hampir tiga tahun wajib militer membuat grup berusia 13 tahun itu keluar dari dunia musik untuk sementara waktu (tidak termasuk Taemin), tetapi bahkan dengan jeda, seolah-olah mereka tidak pernah pergi. Don't Call Me, album studio ketujuh mereka, adalah perayaan kembalinya SHINee yang penuh kemenangan dan sangat dibutuhkan. Dengan penulis lagu papan atas, produser, dan, tentu saja, SHINee sendiri, album ini menolak untuk membiarkan suara grup menjadi basi. Mengingat kesuksesan mereka, akan mudah bagi mereka untuk mengulangi konsep yang sama dan menyelesaikannya dengan cepat. Tapi SHINee terlalu artistik untuk dihafal. Don't Call Me adalah segalanya yang dapat diharapkan oleh penggemar yang sudah ada, dengan anggukan yang akrab dengan akar pop dan R&B grup sambil menarik audiens yang lebih baru melalui wilayah yang belum ada, seperti hip-hop dan reggae. Baik Anda yang telah menjadi penggemar K-pop selama 13 atau tiga tahun, ini selalu dapat dikenali ketika Anda mendengarnya.

13. [XYZ] - MRSHLL

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Mengingat kembali suasana menyenangkan tahun 90-an dan awal, MRSHLL asli California memicu sedikit pesta cinta retro dalam EP-nya, [XYZ]. Sangat mudah untuk didengarkan, yang terbaik adalah saat penyanyi mengunjungi berbagai tahap dalam suatu hubungan. Sebagai pendengar, Anda biasanya dapat mengetahui kapan sebuah rekaman sangat pribadi bagi seorang artis, dan bagi MRSHLL, jelas bahwa hubungannya dengan musik adalah penyelamat yang membuatnya terikat dengan dunia nyata. Yang menonjol dari [XYZ] termasuk slow jam yang dibutuhkan "DATE NiTE" dan getaran musim panas yang santai dari "WHAZ GooD," masing-masing menampilkan Yoonmirae dan Bizzy. Meskipun MRSHLL bukanlah orang yang hanya mengandalkan satu gaya, yang telah melakukan R&B, soul, dance, dan house, ia tampaknya telah mencapai titik manis dalam EP ini, dan kami berharap itu tidak akan berhenti dalam waktu dekat.

14. The Good Days Boys Vol. 5 - Jimmy Brown & Sweet the Kid

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

The Good Days Boys, merupakan kumpulan tiga teman yang kebetulan adalah musisi, penulis lagu, dan komposer yang sangat berbakat, adalah salah satu penemuan K-pop terbesar tahun ini. Ketiganya termasuk penyanyi R&B Jimmy Brown dan Sweet the Kid, bersama dengan rapper Rovv. Proyek The Good Days Boys adalah serangkaian album tunggal dan EP yang telah dirilis oleh ketiganya sepanjang tahun 2021. Dengan total tujuh volume, pada saat penulisan ini, seri ini mengikuti para artis melalui benang merah R&B sensual dan lagu-lagu yang terinspirasi dari trap. The Good Days Boys Vol. 5 sangat menonjol, dengan empat trek yang cocok untuk perjalanan tengah malam, termasuk "tonight" dan "would you let me." Menyentuh tema cinta dan lust, Jimmy Brown dan Sweet the Kid berbagi waktu yang sama dalam sorotan, dengan cameo kuat dari Rovv di "nike." Jika ini adalah indikasi tentang apa yang ada di 2022, Anda tidak akan mau ketinggalan TGDB.

15. Bambi - Baekhyun

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Anggota EXO/SuperM Baekhyun adalah cahaya yang konstan. Dalam EP-nya Bambi, sang vokalis mengejek pendengarnya dengan breezy falsetto, sophisticated, dan nada rendah yang kaya, cukup untuk membuat merinding. Bambi terstruktur di sekitar emosi yang berkembang dalam suatu hubungan. Memulai dengan penuh harapan, "Love Scene" adalah harapan lembut untuk cinta abadi, sesuatu yang Anda temukan di film. Tapi berakhir dengan keadaan putus asa, rekaman itu menutupnya dengan "Cry for Love" yang menyedihkan, mempertanyakan di mana semua kesalahan itu. Dengan enam level khas pop, R&B, soul, dan jazz, Baekhyun mencurahkan isi hatinya tanpa penyesalan.

Baca juga:

Persahabatan Bintang K-Pop Dengan Desainer Fashion

Penuh Pesan Moral, Ini 10 K-Drama yang Harus Anda Tonton!

16 Inspirasi Gaya Rambut Jennie Blackpink yang Bisa Ditiru

(Penulis: Chyenne Tatum; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)