Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

CL Ungkap Mengenai Evolusi Global Gaya Fashion K-Pop!

Sang superstar berbicara tentang perannya dalam membentuk tampilan definitif genre tersebut.

CL Ungkap Mengenai Evolusi Global Gaya Fashion K-Pop!
Courtesy of Bazaar US

Bintang pop global Chaelin Lee, atau CL (begitu panggilan akrab oleh para penggemarnya), telah menguasai kekuatan mode sejak ia memulai debutnya di mantan girl grup Korea 2NE1 pada tahun 2009.

Baca juga: Tips Membuat Makeup Natural ala Korea

Saat itu, saat berada di bawah pengawasan label musik besar Korea YG Entertainment, CL dan rekan lainnya (Dara, Bom, dan Minzy) didandani oleh mahasiswa mode Daniel Lee dan Yang Seung-ho, yang sekarang dikenal dengan nama XIN. Sementara sebagian besar girl grup Korea menganut seragam "malaikat" yang sangat feminin, Daniel dan Yang mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda. Grup ini sangat dipengaruhi oleh hip-hop dan mengandalkan celana baggy, rantai, kacamata hitam, dan sepatu sneaker, sebuah estetika yang dianggap sangat radikal pada saat itu. Saat mereka terus mendorong batas-batas pakaian, 2NE1 akhirnya menarik perhatian merek-merek seperti Chrome Hearts, Rick Owens, Moschino, dan Jeremy Scott.

CL yang sekarang menjadi penyanyi solo adalah sosok penyuka mode yang tak kenal takut, menggunakan mode untuk menopang persona publiknya, yang ia gambarkan di masa lalu sebagai semacam "baju besi." Ia bisa membuat sesuatu yang berisiko terlihat jinak dan mengangkat sesuatu yang lemah agar terlihat kuat. Sebagai anak dari generasi MTV, pengaruhnya luas dan internasional (ia bersekolah di Prancis, Korea, dan Jepang saat masih muda). Ia dapat ditemukan mengenakan apa saja dari Hood by Air ke Ambush ke Stella McCartney ke Juun.J, tetapi selalu ada sesuatu dalam gayanya yang menghubungkan kembali ke Korea. Artis ini suka menampilkan obangsaek, lima warna tradisional Korea yakni merah, biru, kuning, putih, dan hitam, seperti dalam videonya "Tie a Cherry" dari album debutnya, ALPHA.

Sejak 2NE1 secara resmi bubar pada tahun 2016, CL telah mencari berbagai cara untuk mencapai ketenaran pop dengan caranya sendiri sebagai penyanyi solo. Impian itu akhirnya terwujud di bulan Oktober bersama ALPHA yang dibuat oleh Very Cherry, creative hub-nya. Di bawah ini, ia berbicara dengan BAZAAR.com tentang mode di masa-masa awal ketenarannya di K-pop dan bagaimana ia mengembangkan kreativitasnya dengan ALPHA.

Courtesy of Instagram @chaelincl
Courtesy of Instagram @chaelincl

Pre-2NE1, bagaimana hubungan Anda dengan fashion? Seperti apa gaya Chaelin saat muda?

Saya adalah seorang gadis era MTV, jadi itu pasti mempengaruhi saya. Saya suka bermain dress-up sejak saya masih muda. Saya mencoba banyak, banyak gaya yang berbeda, bahkan sebelum itu adalah bagian dari pekerjaan saya.

Gaya 2NE1 membedakan Anda dalam lanskap K-pop. Bagaimana pengalaman styling yang biasa dilakukan dalam batas-batas label besar? Terutama sebagai "pemimpin", apakah Anda memiliki pendapat tentang citra grup?

Sekarang semuanya dilakukan melalui sistem label besar, tetapi di awal 2NE1, itu sangat organik. Ada sangat sedikit orang di perusahaan. Itu adalah saya dan direktur kreatif saya, kami semua berteman, dan kami baru saja berada di studio untuk menemukan apa yang kami sukai dan menemukan referensi.

Dan kalian bekerja dengan XIN dan Daniel Lee saat itu bukan?

Benar. Kami semua berteman, dan saya sudah mengenal Daniel sejak saya berusia 10 tahun atau lebih. Koneksi sudah ada di sana, dan itu organik. Itu sebabnya lebih mudah mengambil risiko. Saat itu, kinerja adalah titik utama, sehingga ini mengapa kami memakai sepatu di atas panggung, yang saya tidak tahu bahwa itu akan menjadi masalah besar untuk kelompok gadis di Korea. Kami hanya menjadi diri kami sendiri, dan itu membuat kami berbeda dari grup lain.

Apa yang Anda pelajari dari mereka?

Banyak hal. Saya pikir mereka masih mahasiswa pada saat itu, tetapi kami akan mendapatkan potongan-potongan vintage dan mengerjakannya kembali, kami membuat banyak barang kami sendiri yang menyenangkan. Saya belajar untuk tidak berpikir terlalu banyak, tetapi juga berpikir out of the box dan bagaimana mengekspresikan diri melalui fashion.

Anda semua termasuk yang pertama di dunia K-pop yang berkolaborasi dengan label mode besar seperti Chrome Hearts dan Jeremy Scott. Bagaimana hubungan itu terjadi?

Chrome Hearts, saya pribadi menyukainya. Dan saya adalah penggemarnya, jadi saya mengoleksinya! Kami menjadi teman dahulu. Kemudian kerja sama itu terjadi. Dengan Jeremy, saya pikir ia baru saja menjangkau kami dan berkata, "Oh, saya ingin bertemu gadis-gadis itu!" Ia datang ke Korea, sebenarnya, dan begitulah hubungan dimulai. Jeremy memainkan peran besar untuk 2NE1. Sebagai sebuah grup, kami mengenakan banyak barangnya, dan itu benar-benar mewakili musik kami dengan sangat, sangat baik. Penuh warna, berani, dan menyenangkan; sporty, tetapi juga modis.

Bagaimana Anda mengikuti apa yang menginspirasi Anda?

Sekarang, dari segi mode, Jika saya menyukai sebuah merek, saya agak menggali merek itu. Saya akan menyukai desainer dan benar-benar memahami apa yang mereka buat bahkan di luar pakaian dan peragaan busana. Bagi saya, apa yang mereka lakukan adalah seperti membuat karakter. Saya suka menonton itu.

Anda mengumpulkan banyak Chanel vintage  bukan?

Saya mengumpulkan banyak barang antik pada umumnya. Ada banyak barang yang saya miliki yang bahkan tidak bisa saya pakai, tetapi saya menyukainya, mereka seperti karya seni bagi saya.

Courtesy of Instagram @chaelincl
Courtesy of Instagram @chaelincl

Courtesy of Instagram @chaelincl
Courtesy of Instagram @chaelincl

Saat Anda membuat roster untuk Very Cherry, bagaimana Anda memilih stylist Anda? Apa tujuan Anda menyatukan orang-orang tertentu itu?

Untuk waktu yang sangat lama, bahkan secara musikal dan kreatif, saya bekerja dengan satu tim. Jadi kali ini saya ingin mencoba untuk berkolaborasi dengan berbagai jenis stylist. Saya tidak bisa menyebutkan semuanya, karena jumlahnya sangat banyak. Bagi saya, dengan styling, saya bisa bekerja dengan siapa saja yang kreatif, mereka tidak harus menjadi stylist. Pada awalnya, saya bekerja dengan direktur kreatif, desainer, dan siswa seperti Daniel dan XIN. Kita bisa bekerja dan bergaya bersama.

Untuk setiap video musik di era ALPHA, Anda bekerja dengan rotasi tampilan yang berat. Apa yang menjadi favorit Anda? Apakah ada sesuatu yang tidak berhasil masuk di dalamnya?

Ya Tuhan, banyak sekali! Anda tahu video saya, saya suka melakukan itu, dan itu selalu seperti, "One more look! One more!" Tetapi ada beberapa setelan khusus yang tidak dapat saya perkenalkan dan beberapa penampilan lain yang saya sukai tetapi tidak berhasil.

Anda bekerja dengan banyak desainer baru.

Ini sangat istimewa karena terjadi sebelum karya itu perlu komersial. Ini seperti mimpi mereka, apapun yang ingin mereka ungkapkan. Itu sebabnya saya sangat menyukainya.

Courtesy of Instagram @chaelincl
Courtesy of Instagram @chaelincl

Courtesy of Instagram @chaelincl
Courtesy of Instagram @chaelincl

Anda suka memasukkan budaya Korea ke dalam penampilan dan video Anda, salah satu contohnya adalah hanbok dan obangsaek, spektrum warna tradisional Korea. Mengapa itu penting bagi Anda, dan apakah ada motif Korea lain yang bisa kami temukan dalam pilihan Anda?

Saya suka palet warna itu. Ini sangat indah, dan saya pikir itu sangat kuat. Dan itu jelas tidak tradisional, jadi itulah yang saya suka tentangnya. Saya tidak percaya Anda mengetahui tentang itu! Itu sangat mengesankan karena itu tidak mencolok.

Bulan September lalu adalah Met Gala pertama Anda tahun ini! Alexander Wang menarik referensi dari hanbok dengan gaun denim yang ia buat untuk Anda. Apakah itu ide awal Anda untuk membuat debut karpet merah Anda, atau ada ide lain?

Kami mengubah pakaian di menit terakhir! Ketika kami sampai di sana, itu benar-benar berbeda, seperti "cape." Kami melakukan pemasangan dan itu selesai. Tapi kemudian kami berpikir, Bagaimana kami bisa berbaur dalam budaya Korea? Ia melihatnya dalam mimpi, dan ia baru saja mewujudkannya dalam sehari. Itu sangat istimewa.

Pernahkah Anda tertarik untuk memulai lini Anda sendiri?

Anda tahu, saya suka pakaian, jadi saya tidak tahu. Jangan pernah bilang tidak bukan?

Baca juga:

8 Cara Memakai Jepit Rambut Ala Korea

Anda Penggemar Jennie Blackpink? Ini 13 Barang Fashion Esensial Pada Gayanya

Model Poni Korea yang Jadi Favorit Idol Maupun Aktris K-Drama

(Penulis: Scarlett Newman; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)