Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mendefenisikan Arti Menjadi Seorang Ibu

Begitu banyak peran yang dikuasai seorang ibu, begini ungkapan dari Andien, Tasya Farasya & Ala Alatas, dan Anandita Makes.

Mendefenisikan Arti Menjadi Seorang Ibu
Andien, Ala Alatas & Tasya Farasya, Anandita Makes

Menyambut Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember, Bazaar bertemu dengan tiga orang perempuan hebat yang namanya pasti familier di telinga Anda. Dengan menjalani sejumlah protokol kesehatan terlebih dahulu, ketiga persona ini sengaja Bazaar alokasikan di waktu yang berbeda-beda. Tiga sosok ini adalah Andien, Tasya Farasya, dan Anandita Makes. 

Ketiganya kini telah menjadi seorang ibu. Ada yang ibu pada dua anak laki-laki, ada juga yang ibu untuk anak perempuan. Kata ‘ibu’ bukanlah kata yang dapat Anda tafsirkan dalam satu kalimat. Begitu banyak cerita dan peran yang terjadi di baliknya. Keunikan setiap cerita di balik peran ibu itulah yang membuat Bazaar memilih Andien, Tasya, dan Anandita.

ANDIEN AISYAH

Andien, Tabi, Kawa
Andien, Tabi, Kawa

Bagi Andien yang berusia 36 tahun, banyak sekali yang terjadi saat mengasuh. Tanpa disadari, setiap ibu itu juga mengasuh ulang dirinya sendiri. “Mengasuh itu bukan hanya mengasuh anaknya, tapi mengasuh ulang diri kita sendiri sehingga kita mampu mengasuh anak-anak kita sesuai dengan seperti apa mereka, bukan seperti apa yang kita inginkan,” tuturnya. 

Andien & Kawa
Andien & Kawa

TASYA FARASYA

Berbeda dengan Tasya Farasya yang Bazaar temui di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan. Ditemani sang ibu, Ala Alatas, keduanya ternyata menyimpan cerita tak terlupakan saat proses melahirkan. 

Ala Alatas & Tasya Farasya
Ala Alatas & Tasya Farasya

Sempat mengalami kesulitan melahirkan Lily, memori menegangkan itu masih vivid dalam ingatannya, “Lily juga dulu sangkut di panggul sewaktu proses melahirkan. Lama dan menegangkan! Tapi begitu saya melihat Lily, rasa sakitnya langsung hilang dan lupa.”

Lily & Tasya Farasya
Lily & Tasya Farasya

Serupa tapi punya sentuhan unik lainnya, Ala Alatas pun turut berbagi kisahnya membesarkan sepasang anak kembar, tak lain dari Tasya Farasya dan Tasyi Athasya. “Punya anak dua itu suka dukanya pun ada dua. Begitu juga dengan pelengkapnya, berbeda-beda. Rasa bangga yang saya rasakan pun berbeda-beda. Pokoknya keduanya memiliki keistimewaan.”

Tasya Farasya, Ala Alatas, dan Lily
Tasya Farasya, Ala Alatas, dan Lily

ANANDITA MAKES

Sedangkan untuk seorang business woman yang memiliki jadwal begitu padat, Anandita Makes berbagi cerita bagaimana terkadang ia ingin “meledak” namun di saat yang sama merasakan sesuatu yang begitu tulus dan murni. 

Gianara & Anandita Makes
Gianara & Anandita Makes

“On motherhood: your head is about to explode, yet your heart is so full. Being a mother is the most difficult and most challenging role, but at the same time the most rewarding and the most fulfilling. You never knew such huge love existed and you never knew you could love someone THAT much until you become a mother.”

Gianara & Anandita Makes
Gianara & Anandita Makes

To all the mothers out there, thank you
and Happy Mother’s Day!

--
Layout: Tevia Andriani

Portofolio ini:
Fotografer: Agus Santoso - NPM Photography, Hadi Cahyono
Editor Fashion: Michelle Othman
Wardrobe: Biyan, Petit Bateau, Laurencia Irena available at Masari & Masarishop.com, Max Mara, Sportmax, Tutto Piccolo available at Bimbi.com, Lanvin, Kakapo
Aksesori: Aidan & Ice
Makeup: Claudya Christiani Purba
Hair: Emi Xu, Yez Hadjo, Eka Sari Wahyuni
Editor: Ardhana Utama, Sabrina Sulaiman
Retoucher: Edward Gunawan, Erlangga Namaskoro
Asisten fotografer: Michael