Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inilah 15 Serial Televisi Barat yang (Mungkin) Anda Perbincangkan di Tahun 2020

Menjajaki kehidupan Kota Paris dan segala busananya hingga bermain catur dalam imajinasi.

Inilah 15 Serial Televisi Barat yang (Mungkin) Anda Perbincangkan di Tahun 2020
(Foto: Courtesy of @ratched)

Seperti yang kita semua ketahui, 2020 bukan tahun yang biasa. Waktu berlalu hampir terlalu cepat dan sebagian besar dihabiskan di dalam kenyamanan kamar tidur masing-masing, berkelana hingga dapur untuk mencari camilan menemani delapan jam (atau bahkan lebih) berada di depan laptop untuk bekerja.

Bekerja, belajar, hingga reuni dengan para sahabat di masa sekolah yang hanya mengandalkan koneksi internet dan harus meninggalkan kontak fisik, ditambah lagi dengan virus COVID-19 yang membangun rasa takut luar biasa bagi semua orang, rasanya segala sumber hiburan tidak lagi sekadar memuaskan keinginan tetapi juga memenuhi kebutuhan.

Dengan waktu yang hampir tidak terbatas dan ruang yang teramat terbatas, hiburan sederhana seperti menonton serial terbaru di platform streaming favorit terasa sangat istimewa dan sepanjang sisa tahun 2020, banyak serial yang tidak hanya menghibur tetapi memberikan kesan mendalam di hati para penikmatnya. Bazaar merangkum 15 serial yang menemani keseharian Anda selama tahun ini.

Anne With an E (Musim 3)

(Foto: Courtesy of @annewithane)
(Foto: Courtesy of @annewithane)

Anne Shirley, gadis 13 tahun yang ceria dan penuh semangat hadir dalam keluarga Matthew dan Marilla Cuthbert. Sebuah kisah yang diadaptasi dari buku anak-anak karya Lucy Maud Montgomery bertajuk Anne of Green Gables ini pertama kali merilis musim perdananya pada 19 Maret 2017. Anne yang juga merupakan seorang yatim piatu harus dihadapkan pada rasa tidak percaya Marilla terhadap dirinya serta ragam perundungan yang diterimanya ketika menempuh studi di sekolah Avonlea, dan ia pun berjuang untuk dapat diterima oleh masyarakat setempat dengan kecerdasan dan imajinasinya.

Memasuki musim ketiga yang rilis pada awal tahun 2020, Anda akan bertemu dengan sosok Anne di usianya yang menginjak 16 tahun ini memiliki keinginan untuk mengetahui kedua orang tua kandungnya, hal tersebut rupanya tidak disetujui oleh Matthew dan Marilla yang takut akan kemungkinan Anne memiliki kehidupan di luar Green Gables.

Proses pendewasaan tokoh yang diperankan oleh Amybeth McNulty ini dihadapkan pada berbagai isu-isu yang lebih kompleks, mulai dari kesetaraan gender hingga hak asasi manusia, selagi ia berusaha untuk menjadi bagian dalam perubahan dunia yang lebih baik.

Sex Education (Musim 2)

(Foto: Courtesy of @sexeducation)
(Foto: Courtesy of @sexeducation)

Drama komedi asal Inggris yang mengisahkan seorang remaja yang tidak percaya diri, Otis Milburn (Asa Butterfield) yang juga memiliki ragam pandangan tentang hubungan seks, mungkin karena sang ibu (Gillian Anderson) adalah seorang terapis seks yang tahu banyak tentang semua aspek berkaitan dengan seksualitas. Otis, yang sebelumnya menjadi korban perundungan akibat kekhawatirannya ketika berhubungan seks, membentuk sebuah bisnis konsultasi seks dengan temannya, Maeve.

Musim kedua yang rilis pada 17 Januari 2020 mengikuti hubungan Otis, setelah berhasil meresmikan hubungannya dengan Ola, harus dihadapkan dengan realita (dan tekanan) menjalin hubungan asmara semasa sekolah. Hubungan Otis dan Ola pun harus kembali diuji ketika beberapa murid baru menantang status quo yang berlaku di Moordale High, serta banyak orang yang terpapar chlamydia sehingga banyak murid yang mulai mempertanyakan isu tersebut.

Narcos: Mexico (Musim 2)

(Foto: Courtesy of IMDb)
(Foto: Courtesy of IMDb)

Setelah sukses mengisahkan sosok Paolo Escobar dan perdagangan narkoba yang terjadi Kolombia dalam serial Narcos, Netflix membawa penggemar dalam sebuah kisah perdagangan narkoba yang terjadi di Meksiko. Serial yang telah menayangkan musim keduanya pada 13 Februari 2020 ini mengikuti perjalanan Miguel Angel Felix Gallardo, yang kini menjadi pemimpin dari kartel terbesar di Meksiko, berusaha mengelola kuasa yang ia miliki, memperbesar kartelnya. Di saat yang sama, agen DEA Walt Breslin memimpin Operasi Leyenda untuk mengakhiri kejayaan kartel tersebut dengan cara yang tidak selalu mengikuti teori yang ada.

Bosch (Musim 6)

(Foto: Courtesy of IMDb)
(Foto: Courtesy of IMDb)

Serial keluaran Amazon Studios yang mengisahkan seorang detektif dari Los Angeles bernama Harry Bosch. Pada musim keenam yang rilis pada 17 April 2020, Detektif Harry Bosch berada di tengah menyelidiki kasus pembunuhan seorang fisikawan dan hilangnya zat beracun yang memiliki potensi untuk digunakan dalam aksi terorisme. Layaknya musim-musim sebelumnya, serial kali mengadaptasi dua karya penulis Michael Connelly bertajuk The Overlook dan Dark Sacred Night.

Sejak penayangan perdananya pada 2014, Bosch menjadi serial Amazon Studios yang paling banyak diminati. Untuk menjawab rasa penasaran tentang kisah sang detektif, mungkin serial ini dapat menemani Anda menyambut tahun yang baru sebelum perilisan musim ketujuh (dan terakhir) dari serial ini.

Never Have I Ever (Musim 1)

(Foto: Courtesy of @neverhaveiever)
(Foto: Courtesy of @neverhaveiever)

Menilik kehidupan aktris Mindy Kaling di Boston dalam kisah gadis remaja bernama Devi Vishwakumar, diperankan oleh Maitreyi Ramakrishnan, yang ingin mengubah status sosialnya, selagi berusaha mengelola duka yang ia rasakan setelah kepergian sang ayah. Serial ini menggambarkan tantangan yang harus dihadapi Devi, termasuk hubungannya dengan keluarga, sahabat, musuh, dan bahkan pujaan hatinya, Paxton.

Serial yang dibuat oleh Mindy Kaling bersama dengan Lang Fisher ini berhasil meraih berbagai respon positif dan digambarkan sebagai sebuah representasi bagi masyarakat Asia Selatan di Hollywood, serta mendobrak stereotipe tentang orang Asia. Keberhasilan serial ini pun direncanakan akan kembali ke layar kaca (melalui Netflix, tentunya) setelah resmi diumumkan pada 1 Juli 2020 untuk musim keduanya.

The Umbrella Academy (Musim 2)

(Foto: Courtesy of @umbrellaacad)
(Foto: Courtesy of @umbrellaacad)

Anda mungkin tidak asing dengan kisah tujuh anak yang diadopsi oleh Sir Reginald Hargreeves dan mengubah mereka menjadi sekelompok pahlawan super bernama The Umbrella Academy. Meski keenam anaknya ditugaskan untuk melawan kejahatan, Reginald memilih untuk menjauhkan Vanya dari saudara-saudaranya yang lain karena dianggap tidak memiliki kekuatan. Kisah keluarga yang unik ini pun dipertemukan dalam musim perdana ketika menghadiri pemakaman Reginald dan dipaksa untuk bersatu mengungkapkan sebuah rahasia keluarga.

Serial Netflix yang diadaptasi dari serial komik karya Gerard Way dengan judul yang sama ini kembali hadir pada 31 Juli 2020 untuk melanjutkan kembali kisah kehidupan tujuh saudara tersebut. Setelah gagal menghentikan kehancuran yang terjadi dalam musim pertama, the Umbrella Academy terpaksa kembali ke masa lampau untuk menyelamatkan dunia. Namun, ketujuh saudara tersebut berakhir dalam tahun-tahun yang berbeda pada era 1960an di Dallas. Ketujuh saudara ini pun harus kembali dipertemukan untuk menghentikan kehancuran yang akan datang.

Ratched (Musim 1)

(Foto: Courtesy of @ratched)
(Foto: Courtesy of @ratched)

Aktris, Sarah Paulson berusaha melepaskan saudaranya yang berada di sebuah rumah sakit jiwa bernama Lucia State Hospital, setidaknya itu tujuan dari karakter yang ia perankan dalam serial Netflix bernama Ratched. Sebuah serial drama menegangkan yang mengikuti perjalanan seorang perawat bernama Mildred Ratched (Sarah Paulson) bekerja dalam sebuah rumah sakit jiwa di bagian Utara California pada 1947.

Kisah Mildred dalam serial ini pun tidak hanya sebatas menggambarkan kehidupan yang ia jalani sebagai perawat, tetapi juga misinya untuk mengeluarkan sang kakak. Kisah ini merupakan adaptasi dari novel karya Ken Kesey bertajuk One Flew Over the Cuckoo’s Nest yang terbit pada 1962 silam. Serial ini dirilis pada 18 September 2020 dan dapat Anda nikmati di platform streaming Netflix.

The Boys (Musim 2)

(Foto: Courtesy of @theboystv)
(Foto: Courtesy of @theboystv)

Sebuah serial pahlawan super yang dapat Anda nikmati di Amazon Prime Video ini mengisahkan sekelompok pahlawan super yang menjadi penolong masyarakat dan bekerja untuk sebuah perusahaan bernama Vought International. Meski menjadi penolong dengan kekuatan super, mereka tidak lepas dari pribadi yang arogan dan kerap menyalahgunakan kekuatan mereka. Serial yang diadaptasi dari komik karya Garth Ennis dan Darick Robertson, dengan judul yang sama, memulai musim kedua pada 4 September kemarin dan dimulai dengan pemakaman mantan anggota kelompok super tersebut yang tewas akibat ledakan bom.

Namun musim kedua serial ini berpusat pada kehadiran Stormfront (diperankan oleh Aya Cash) dan ikatannya dengan sejarah Vought. Dengan idealisme yang ia miliki tentang Vought, Stormfrotn berusaha mengambil kendal dengan membentuk sekelompok prajurit dari Supes dengan tim lawan, Homelander menjadi salah satu pimpinan. 

Emily in Paris (Musim 1)

(Foto: Courtesy of @emilyinparis)
(Foto: Courtesy of @emilyinparis)

Rasanya judul ini sudah cukup menggambarkan cerita dalam serial 10 episode tersebut, Emily di Paris. Sebuah kisah sederhana yang dibuat oleh Darren Star, sosok di balik kesuksesan serial HBO Sex and the City, tentang seorang perempuan bernama Emily yang berangkat ke Paris atas kesempatan bekerja di sebuah perusahaan pemasaran Prancis.

Serial yang dibintangi oleh Lily Collins ini menghadirkan seluk beluk kehidupan seorang gadis yang menyesuaikan diri dengan budaya baru (dan unik), mulai dari bos yang tidak ramah hingga kisah cinta segitiga yang tidak terduga, selagi menikmati keindahan Kota Cinta. Selain keindahan sudut kota dan dramanya yang ringan, koleksi busana Emily pun menjadi suguhan menarik bagi para penikmat (sekaligus kritikus) fashion. Meski serial ini menuai berbagai pujian maupun kritik, Emily in Paris berhasil menduduki peringkat sebagai sepuluh serial yang paling banyak ditonton pada minggu perdananya.

The Haunting of Bly Manor 

(Foto: Courtesy of @thehaunting)
(Foto: Courtesy of @thehaunting)

Serial drama, horor, dan juga romansa yang dibuat oleh Mike Flanagan ini menghidupkan novel The Turn of the Screw karya Mike Flanagan pada 1898. Daniella Clayton atau Dani, perempuan muda asal Amerika yang mendapat pekerjaan sebagai pengasuh untuk dua anak dari keluarga Wingrave yang kaya raya di Inggris. Sang perempuan yang berusaha melupakan masa lalunya, dihadapkan pada kejadian-kejadian mistis di dalam rumah mewah tersebut.

Kisah Dani ini merupakan rangkaian serial antologi dari The Haunting yang juga dibuat oleh Mike Flanagan dengan kisah yang berbeda dengan serial sebelumnya, The Haunting of Hill House. Meski berbeda, serial ini kembali melibatkan beberapa nama yang mengisi serial sebelumnya, seperti Victoria Pedretti dan Henry Thomas.

The Queen’s Gambit

(Foto: Courtesy of @the.queensgambitnetflix)
(Foto: Courtesy of @the.queensgambitnetflix)

Jika Anda melihat saudara atau teman tiba-tiba jatuh hati pada dunia catur atau berimajinasi memindahkan pion-pion catur di langit-langit rumah, jangan bingung. Sebab, serial mini keluaran Netflix The Queen’s Gambit mungkin menjadi faktor kecintaan banyak orang terhadap dunia catur. Kisah Beth Harmon (Anna Taylor-Joy), seorang gadis yatim yang berhasil mendulang sukses sebagai seorang pemain catur ternama dunia, dalam serial berisikan tujuh episode ini berhasil menarik perhatian banyak pasang mata. Tidak hanya menilik lebih dalam dari permainan papan hitam putih tersebut, tetapi juga mengisahkan gangguan mental serta ketergantungan narkoba dan alkohol yang diderita Beth selama meraih mimpinya.

Kisah ini merupakan adaptasi sebuah novel terbitan tahun 1983 karya Walter Tevis dengan judul yang sama. Sejak perilisannya pada 23 Oktober silam, The Queen’s Gambit menjadi salah satu serial orisinil Netflix yang paling banyak ditonton, serta menuai pujian melalui akting Anna Taylor-Joy dalam memerankan sosok Beth serta kualitas produksi yang memukau banyak pasang mata.

The Undoing (Musim 1)

(Foto: Courtesy of @undoinghbo)
(Foto: Courtesy of @undoinghbo)

Mungkin Anda mengingat aktor ini melalui film komedi romantis seperti ini Bridget Jones’s Diary atau Notting Hill, tetapi setelah lama tidak menghiasi layar lebar maupun kaca, aktor Hugh Grant terlibat dalam sebuah serial mini keluaran HBO, bertajuk The Undoing bersama dengan Nicole Kidman. Dengan genre misteri thriller psikologi ini, Nicole Kidman dan Hugh Grant berperan sebagai Grace dan Jonathan Fraser, pasangan suami istri yang terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan atas perempuan bernama Elena dengan dugaan bahwa Jonathan Fraser adalah pembunuhnya.

Kisah dalam novel karya Jean Hanff Korelitz berjudul You Should Have Known menjadi latar belakang dari kehadiran serial tersebut. Serial yang rilis pada 25 Oktober 2020 ini berhasil meraih banyak pencapaian dengan salah satunya melampaui serial Game of Thrones sebagai serial Amerika yang berhasil ditayangkan di Sky, sebuah kanal di Inggris. Selain itu, The Undoing berhasil menuai beragam kritik positif.

The Mandalorian (Musim 2)

(Foto: Courtesy of @themandalorian)
(Foto: Courtesy of @themandalorian)

Tayang eksklusif di platform streaming Disney+ adalah sebuah serial yang merupakan bagian dari serial Star Wars bertajuk The Mandalorian. Kisah seorang pembunuh bayaran yang ditugaskan untuk menemukan sosok The Child dan mengambil latar waktu, lima tahun setelah peristiwa dalam film Return of the Jedi (1983) terjadi. Serial ini dibuat pada 2009, tetapi sempat berhenti karena dianggap memakan biaya terlalu besar.

Dengan tangan dingin sutradara Jon Favreau (The Lion King dan The Jungle Book), serial yang diperankan oleh aktor Pedro Pascal ini berhasil ditayangkan perdana di Disney+ pada 2018 dan telah kembali hadir di layar kaca pada 12 November 2020. Serial dengan delapan episode ini melanjutkan perjalanan Din Djarin atau Mandalorian untuk mengembalikan Grogu atau The Child ke kelompok sebenarnya yang tentunya penuh dengan tantangan.

Grey’s Anatomy (Musim 17)

(Foto: Courtesy of @greysabc)
(Foto: Courtesy of @greysabc)

Rasanya pantas untuk diungkapkan bahwa setiap tenaga medis yang berjuang menyembuhkan dan menyelamatkan banyak nyawa di tengah pandemi, perlu mendapatkan penghormatan serta apresiasi yang luar biasa tinggi. Tidak hanya dari pemerintah setempat, tetapi juga masyarakat. Mungkin inilah yang menjadi inspirasi musim ketujuh belas dari serial Grey’s Anatomy dengan mendedikasikan enam episodenya untuk memberi gambaran tentang perjuangan para tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19.

Serial yang dapat Anda saksikan di Disney+ ini juga kembali menghadirkan nama-nama yang turut menjadi bagian dalam serial ini seperti Patrick Dempsey (sebelumnya tampil terakhir kali dalam musim kesebelas) dalam perannya sebagai Derek Shepherd dan T.R. Knight (sebelumnya tampil terakhir kali dalam musim kelima) sebagai George O’Malley. Musim ketujuh belas ini memberikan penghormatan luar biasa tidak hanya kepada tenaga medis yang terus berjuang, tetapi bagi jiwa-jiwa yang meninggal akibat virus global ini dengan menuliskan nama-nama pasien yang meninggal akibat COVID-19 di Amerika Serikat pada kredit penutup.

The Crown (Musim 4)

(Foto: Courtesy of @thecrownnetflix)
(Foto: Courtesy of @thecrownnetflix)

Mungkin para penggemar menghela napas ketika rasa penasaran mereka terjawab atas sosok aktris, Emma Corrin yang terpilih untuk memerankan mendiang Putri Diana dalam serial drama tentang keluarga Kerajaan Inggris, The Crown pada musim keempat. Penulis dan kreator, Peter Morgan menghadirkan kisah hubungan pernikahan Charles dan Diana di balik kemegahan istana, serta hubungan Perdana Menteri Margaret Thatcher (Gillian Anderson) dengan Ratu Elizabeth II.

Kisah cinta dan pernikahan Charles bersama Diana, ditambah dengan hubungan sang pangeran dengan Camilla menjadi perhatian besar para penggemar terkait musim terbaru yang rilis pada 15 November 2020. Selain kisah cinta segitiga kerajaan dan hubungan tokoh perempuan penting dalam sejarah pemerintahan Inggris, musim keempat The Crown juga mengangkat momen-momen bersejarah yang terjadi pada periode 1979 hingga 1990 seperti perang Falkland, kematian Lord Mountbatten, serta Michael Fagan yang berhasil menyusup ke Istana Buckingham dan bertemu Sang Ratu (di kamar tidurnya).

(Penulis: Vanessa Masli)