Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

20 Gaya Rambut yang Boleh Dicoba Ketika Menghadiri Pesta Pernikahan

Ya, Anda akan menjadi tamu yang paling cantik.

20 Gaya Rambut yang Boleh Dicoba Ketika Menghadiri Pesta Pernikahan

Pada kenyataannya, terkadang menghadiri pesta pernikahan menjadi suatu yang memusingkan. Baik di tengah musim pernikahan, ketika Anda setidaknya menghadiri dua pernikahan dalam satu bulan, atau merencanakan kehadiran di sebuah pernikahan setelah larangan COVID.

Kami paham rasanya, ketika Anda harus tampil maksimal seperti pengiring pengantin, meski Anda hanya sebagai tamu undangan. Jika Anda tidak memiliki gambaran tentang penampilan di pesta pernikahan, khususnya bagi pasangan yang tengah menikah maupun kode busana pada undangan. Lalu, bagaimana Anda tahu gaya rambut yang cocok dengan penampilan dan lokasi pernikahan? Seberapa banyak volume dikategorikan berlebihan? Beruntungnya Anda, penata rambut ternama (dan kami dari BAZAAR Bride) hadir untuk memberikan jawabannya bagi Anda.

“Tidak jarang Anda berdandan dan menata rambut dengan model updo yang sudah dimodifikasi,” jelas Ryan Richman, penata rambut ternama yang telah bekerjasama dengan bintang besar sepert Sarah Hyland, Alexa Demi, Madelaine Petsch, dan banyak lagi. “Pernikahan adalah acara spesial ketika Anda harus tampil glamor dengan gaya terbaik. Lebih panjang, lebih bervolume, tata rambut yang keren, dan aksesoris rambut yang rumit dapat digunakan ketika menghadiri pesta pernikahan,” ungkap Ryan.

Jika perbincangan seputar gaya rambut pada pesta pernikahan terdengar sangat menarik bagi Anda, bersenang-senang dan tampil maksimal. Namun, jika Anda masih bingung tentang penampilan Anda sebagai tamu undangan sebuah pesta pernikahan, ada beberapa hal yang perlu diingat.

“Pertama, ketahuilah gaya pernikahan yang akan Anda hadiri,” jelas Ryan. “Untuk pernikahan kasual di siang hari, Anda tidak ingin menata rambut ke atas dengan tatanan yang rumit. Pilih gaya rambut yang tidak keluar dari zona nyaman Anda, jika Anda tidak terbiasa menata rambut ke atas, pilih gaya rambut lain.” Apapun yang dirasa sesuai dengan acara dan nyaman dikenakan harus menjadi penampilan yang Anda pilih.

Anda kemungkinan akan membutuhkan beberapa peralatan dan produk untuk menata gaya rambut pilihan Anda. “Salah satu peralatan yang paling penting dalam proses penataan rambut Anda adalah hairspray yang baik,” ungkap penata rambut ternama, Bryce Scarlett yang pernah bekerjasama dengan Brie Larson, Margot Robbie, Miley Cyrus, dan banyak lain.

“Jika rambut Anda bersih, semprotkan sedikit dry shampoo pada bagian akar sebelum menatanya, berjaga-jaga bila Anda berkeringat ketika berdansa. Lalu, produk berukuran kecil untuk disimpan dalam tas menjadi cara yang baik untuk melakukan touch-ups saat berada di acara.” Untuk penampilan yang dapat Anda tunjukkan kepada penata rambut atau referensi Anda pribadi, simak terus gaya rambut terbaik bagi Anda para tamu undangan ketika menghadiri pernikahan di tahun 2021 dan selanjutnya.

Soft Curls with Side Part

Ikal yang sangat halus dengan belahan di sisi kanan atau kiri memberikan sentuhan elegan dan sederhana untuk pesta di siang maupun petang hari.

Cara: Semprotkan sedikit hairspray untuk menjaga keawetan tata rambut ikal yang juga memberi aroma luar biasa pada rambut.

Ballerina Bun

Jadikan wajah Anda pusat perhatian dengan top knot tertata rapi dan bersih.

Cara: Gunakan matte pomade untuk merapikan anak-anak rambut dan menjaga penampilan benar-benar rapi.

Middle Part Party

Rambut belah tengah dengan gelombang besar adalah penampilan klasik pilihan banyak orang. Penampilan ini menunjukkan bagaimana Anda tetap tampil rapi tanpa berusaha terlalu keras, serta tidak sulit melakukannya sendiri.

Cara: Gunakan hot rollers untuk mendapatkan gelombang besar dan halus yang ditata belah tengah.

Feed-In Braids

Feed-in braids tidak hanya cantik, tetapi cocok dipadukan dengan pilihan busana yang Anda kenakan juga.

Cara: Gel rambut yang digunakan untuk menata anak-anak rambut sepanjang rambut dengan pola yang rapi dan sedikit bergelombang.

Half-Up, Half-Down

Rambut yang ditata setengah ke atas dan sisanya dibiarkan terurai adalah penampilan klasik ketika menghadiri pesta pernikahan, serta tetap menjauhkan rambut dari wajah Anda ketika menari di lantai dansa. Dibandingkan mengikat semua helai ke atas, tata rambut ini akan memberikan kesan berbeda dengan sebagian rambut terurai.

Cara: Menambahkan texture spray pada bagian rambut yang Anda tata ke atas untuk menjaga rambut tetap bervolume sepanjang malam.

Braided Bun

Memilih untuk mengepang rambut Anda? Satukan dan putar semua kepangan dalam sebuah braided bun yang rumit untuk penampilan yang cantik ketika merayakan pesta pernikahan rekan Anda.

Cara: Gunakan restoring balm dengan kandungan minyak castor, bunga matahari, dan zaitun jika kulit kepala Anda mulai terasa kering atau gatal.

Pulled Back Pony

Gaya rambut pulled back pony ini meliputi banyak detail cantik. Kepangan pada bagian poni dan belakang, serta tertata rapi pada bagian sisi rambut.

Cara: Menggunakan shine mist untuk memberikan kilau lebih pada kepangan Anda.

Chic and Short

Menambahkan warna pada potongan rambut keriting Anda dengan pilihan warna pirang, dengan potongan lebih pendek dan berani ketika menjadi tamu undangan sebuah pernikahan.

Cara: Masker rambut yang dapat menjaga rambut bagian atas terlihat berkilau dan lembap.

Easy Side Sweep

Menghadiri pernikahan sahabat Anda dengan penampilan rambut ditata ke samping dan pada bagian ujung ditata dengan model keriting.

Cara: Pastikan rambut tetap ikal dengan hairspray yang kuat.

Slick Wave

Memiliki rambut yang pendek? Tata rambut dengan gelombang licin akan tetap awet sepanjang hari pernikahan sekaligus terlihat elegan sepanjang waktu.

Cara: Gunakan gel yang dapat menjaga tata rambut sepanjang hari.

Clips Galore

Terkadang sebuah gaya menarik tidak hanya terpancar dari rambutnya saja, tetapi juga dari aksesoris yang Anda gunakan. Gaya rambut yang ditampilkan Solange adalah salah satunya.

Cara: Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan jepitan lucu untuk penampilan ini.

Loose Bun

Bun yang longgar dan bebas menjadi penampilan sempurna dalam berbagai acara, dan memberikan sentuhan alami dengan bagian rambut yang dibiarkan membingkai wajah atau penampilan yang berani dengan ragam aksesori, seperti penampilan Margot Robbie ketika berjalan di karpet merah.

Cara: Gunakan catokan rambut untuk memberikan gelombang pada poni atau bagian rambut yang Anda biarkan terurai.

Pulled Back Long Locks

Tata rambut panjang (atau ekstensi rambut) berkilau dengan menatanya ke belakang dan sebagian rambut dibiarkan terurai, disempurnakan dengan ikal halus pada bagian ujung.

Cara: Longgarkan ikal rambut dengan sisir untuk gelombang rambut yang lebih halus.

Beach Waves

Beach waves adalah gaya rambut yang mudah untuk dilakukan dan memberikan kesan bahwa Anda adalah tamu yang santai dan menyenangkan, serta berpenampilan menarik.

Cara: Gunakan volume spray untuk menjaga volume rambut dari akar.

Sleek Bun

Bun kecil dan licin adalah gaya rambut yang tidak membutuhkan banyak peralatan dan teknik, tetapi memusatkan perhatian pada busana dan wajah Anda.

Cara: Gunakan banyak jepitan kecil untuk menjaga bun Anda sepanjang waktu.

The Big Bang

Poni tirai yang besar? Tepat sekali. Gaya rambut yang berani, cantik, dan dapat membuat gaya rambut yang berantakan terlihat seperti ditata dengan rapi.

Cara: Gunakan jepitan besar untuk menata poni Anda, ketika rambut basah sehingga mereka akan diam di atas mata Anda ketika kering.

Elegant Pony

Tata rambut yang diikat dengan elegan memiliki tampilan unik, dengan dua kepangan cantik yang membingkai wajah.

Cara: Edge tool yang membantu Anda menata rambut hingga rapi dan meninggalkan gaya rambut Anda tampak sangat mulus.

All the Romance 

Sebuah hiasan kepala sederhana dengan rambut yang sedikit terurai, poni, atau anak rambut yang membuat Anda terlihat seperti seorang peri pada hari besar tersebut, serta cocok untuk ditampilkan setiap waktu.

Cara: Hiasan kepala yang cantik adalah sesuatu yang dapat Anda pakai dalam sebuah pernikahan maupun acara-acara lainnya.

Sleek Side Braids

Kepangan yang ditata licin ke samping memberikan penampilan yang rapi dan dapat Anda gunakan mulai dari prosesi pernikahan hingga ketika Anda siap bergoyang di lantai resepsi, bahkan berpesta hingga larut.

Cara: Menggunakan sisir bergigi rapat untuk memberikan belahan tengah dan menata kepada pada setiap sisi wajah Anda.

High Pony

Tidak ada yang dapat menghentikan ikat ekor kuda super tinggi yang tidak hanya memberikan penampilan yang berani, tetapi Anda juga memiliki kepribadian yang luar biasa juga.

Cara: Memutar helaian rambut Anda pada bagian dasar untuk menutupi ikat rambut, kemudian mengamankannya dengan jepitan kecil dan hairspray.

(Penulis: Janell M. Hickman; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)