Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Merayakan Akhir Tahun di Rumah Saja? Simak 15 Rekomendasi Aktivitas yang Dapat Dilakukan Bersama Orang Terdekat

Jangan sampai pandemi coronavirus menyurutkan semangat dan akal Anda merayakan momen perayaan pergantian tahun.

Merayakan Akhir Tahun di Rumah Saja? Simak 15 Rekomendasi Aktivitas yang Dapat Dilakukan Bersama Orang Terdekat
Nicoline Patricia Malina for Harper's Bazaar Indonesia

Tak terasa kurang dari dua minggu lagi kita akan memasuki tahun 2021. Dengan pandemi yang tak kunjung usai baik secara global maupun di dalam Indonesia, tentu hal ini telah "merusak" rencana perayaan momen pergantian tahun yang telah dirancang dari jauh-jauh hari.

Kendati demikian, walaupun kebijakan PSBB transisi masih tetap diterapkan hingga akhir tahun 2020, jangan sampai hal ini menyurutkan semangat (serta ide) Anda untuk menikmati momen bahagia ini bersama dengan orang-orang terkasih. 

Untuk itu, berikut Bazaar telah kumpulkan 15 aktivitas seru yang dapat Anda lakukan bersama keluarga untuk merayakan momen akhir tahun:

1. Homemade dinner
(Foto: Courtesy of Instagram @chrissyteigen)

(Foto: Courtesy of Instagram @chrissyteigen)


Mempersiapkan hidangan untuk malam tahun baru sendiri bersama seluruh anggota keluarga? Mengapa tidak! Manfaatkan waktu ini untuk melibatkan anak-anak ketika menyiapkan santapan keluarga untuk dapat kembali memperkuat hubungan bersama anak yang mungkin selama ini jarang dapat dilakukan sebagai akibat dari kesibukan masing-masing.

2. Aktivitas permainan & bertukar kado

(Foto: Courtesy of Unsplash)
(Foto: Courtesy of Unsplash)

Setelah selesai menyiapkan santapan malam dan menikmatinya bersama seluruh anggota keluarga, lanjutkan keseruan dan ikatan emosional yang telah terbina bersama dengan bermain permainan-permainan khas musim libur seperti board games, permainan werewolf, atau manfaatkan Nitendo switch Anda untuk bermain permainan dance bersama-sama. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas tukar kado yang dikemas dalam cara yang lebih spesial seperti dengan menerapkan sistem secret santa atau white elephant

3. Virtual celebration 

Selain merayakan momen akhir tahun bersama keluarga inti, Anda juga tetap dapat berbagi keceriaan di musim penuh kasih ini bersama dengan keluarga atau sahabat yang berada di kota atau negara lain. Gelar virtual celebration dengan sanak saudara dan sahabat yang tak berada dekat dengan Anda untuk berbagi sukacita di musim ini.

Untuk semakin memeriahkan sesi selebreasi virtual, hadirkan permainan sederhana seperti sesi tanya-jawab mengenai film favorit mereka sepanjang tahun 2020, hal terbaik (atau mungkin terlucu) yang mereka alami tahun ini, dan apa yang ingin mereka capai di tahun yang baru. Gabungkan semua pertanyaan dan biarkan semua orang memilih pertanyaan secara acak.

4. Merenung bersama keluarga & bikin resolusi baru

Momen musim akhir tahun ini juga dapat menjadi kesempatan yang tepat untuk kembali merenungkan segala hal (baik yang membawa kebahagiaan maupun pembelajaran), apa yang terjadi sepanjang tahun 2020 dan menetapkan kembali resolusi yang akan dicapai setiap anggota keluarga di tahun 2021. 

5. Garden party

(Foto: Courtesy of Unsplash)
(Foto: Courtesy of Unsplash)

Anda memiliki lahan pekarangan yang cukup luas untuk menghelat garden party? Manfaatkan kesempatan ini dengan mengundang keluarga terdekat untuk berbagi kegembiraan dan melewatkan momen pergantian tahun bersama. Menu makanan yang biasa dijadikan andalan? Tentu saja BBQ!

Terlalu malas untuk menyiapkan hidangan dalam jumlah yang besar? Manjakan diri dengan memesan catering mewah yang dapat langsung disajikan ke kenyamanan rumah Anda sekarang juga!
Baca juga: Rekomendasi Catering Mewah ke Rumah untuk Merayakan Akhir Tahun

6. Movie marathon

Anda pencinta film sejati? Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengejar film ataupun serial yang terlewat akibat rutinitas kehidupan yang padat. Atau tonton kembali film-film klasik bertema musim libur!

Berikut beberapa rekomendasi film bertema musim libur terbaik sepanjang masa kurasi Bazaar:


When Harry Met Sally


Sleepless in Seattle


New Year’s Eve


7. Pesta piama

Terkadang tampil sederhana di tengah semarak perayaan pergantian tahun bukanlah ide yang buruk. Bikin pesta piama bersama keluarga untuk bangun suasana santai namun tetap intim. 

8. Karaoke night

Karaoke bersama keluarga dapat menjadi cara sempurna untuk menyambut tahun 2021. Nyanyikan lagu-lagu favorit dan nikmati quality time bersama keluarga terkasih.

9. Menyesap cocktail, mocktail, atau sampanye

Lengkapi keceriaan perayaan pergantian tahun dengan keluarga dengan menyesap segelas (atau mungkin lebih?) cocktail atau sampanye. Atau untuk alternatif minuman tanpa kandungan alkohol, coba untuk berkreasi dengan mocktail favorit Anda.

(Foto: Courtesy of Instagram @moetchandon)
(Foto: Courtesy of Instagram @moetchandon)

10. Midnight snacking

(Foto: Courtesy of Instagram @moonchicken.id & @rosaliecheeseindonesia)

(Foto: Courtesy of Instagram @moonchicken.id & @rosaliecheeseindonesia)

Setelah menyantap hidangan malam buatan keluarga, bermain board games, menyesap cocktail atau sampanye selama menemani keseruan bersama keluarga, ini adalah saat yang tepat untuk menghadirkan "hidangan sela" untuk menjaga perut tetap terisi hingga pukul 12 tiba. Rekomendasi Bazaar, Anda dapat menyiapkan hidangan sederhana namun tak kalah menggoda selera seperti perpaudan ayam goreng berbumbu khas Korea dan bir, cheese platter, dan atau kembali bangun keceriaan anak-anak dengan menyajikan chocolate founde.

11. Santap es krim favorit Anda saat waktu tepat menunjukkan pukul 12 malam!

(Foto: Courtesy of Unsplash)
(Foto: Courtesy of Unsplash)

Ketika waktu sudah menunjukkan tepat pukul 12 malam, keluarkan es krim favorit Anda dari freezer dan manjakan diri Anda dengan rasa es krim favorit menjadi hidangan pertama dalam membuka lembaran baru di tahun 2021.

12. Abadikan momen berharga
(Foto: Courtesy of Unsplash)
(Foto: Courtesy of Unsplash)

Jangan sampai Anda melewatkan momen berharga bersama keluarga dan sahabat saat berkumpul.  Abadikan momen tak ternilai secara instan dengan kamera polaroid dan simpan untuk waktu yang lama.

13. Apreasiasi diri dengan membeli kado bagi diri sendiri

Selain sibuk mempersiapkan hadiah untuk sanak saudara dan keluarga, terkadang Anda juga perlu mengapresiasi diri dengan segala pencapaian yang telah Anda gapai sepanjang tahun 2020. Treat yourself dengan membeli barang yang selama ini Anda inginkan. 

14. Olahraga sederhana  sebelum 1 Januari 2021 tiba

Berolahraga sederhana seperti lunges atau push up setelah menikmati hidangan makan malam (yang sayangnya mungkin berkalori tinggi?) tampaknya bukan ide yang buruk. Lakukan olahraga singkat dan ajak seluruh keluarga selama 15 menit sambil menunggu tanggal 1 Januari 2021 tiba!

15. Dressed up!

Jika Anda ingin tampil lebih glamor (terutama dengan pandemi coronavirus yang telah membuat kita lebih banyak menggunakan baju rumah sepanjang tahun 2020), tak ada salahnya berdandan untuk membangun kepercayaan diri menyambut tahun 2021. Lakukan mini trunk show bersama orang-orang di rumah lewat referensi runway show yang kerap Bazaar unggah di akun Instagram!

Tapi jika Anda Ingin mencari nuansa baru namun tetap aman selama masa pandemi? Staycation mungkin dapat menjadi pilihan alternatif untuk melewatkan momen akhir tahun. Namun jangan lupa untuk selalu memilih tempat penginapan yang menerapkan protokol kesehatan yang sudah sesuai standar peraturan. Jika Anda berencana staycation, berikut kami punya beberapa info yang bisa dibaca di sini:
Bulgari Resort Bali Hadirkan B. Festive untuk Staycation Akhir Tahun
Amanjiwo, Pilihan Destinasi Lengkap untuk Staycation di Yogyakarta

(Foto: Courtesy of Harper’s Bazaar Indonesia, IMDb, Unsplash, Instagram @chrissyteigen, @moonchicken.id, @rosaliecheeseindonesia, @moetchandon @bazaarindonesia)