Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Simak 30 Film Terbaik di Tahun 2023!

Dari Barbie karya Greta Gerwig, hingga Oppenheimer karya Christopher Nolan.

Simak 30 Film Terbaik di Tahun 2023!
Courtesy of Bazaar US

Tahun 2023 telah menjadi tahun yang luar biasa untuk dunia perfilman, baik Anda menonton di bioskop atau melakukan streaming dari sofa Anda.

BACA JUGA: Penampilan Terbaik di Pemutaran Perdana Film "The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes"

Sementara penawaran film tahun lalu difokuskan pada pandangan yang mendalam terhadap dunia dan masyarakat, tahun ini menjadi tahun bagi film yang bernilai tinggi dan memiliki karya ensemble berbakat, seperti Barbie, Oppenheimer, The Little Mermaid, dan lainnya. Berikut adalah 30 film terbaik tahun ini.

Wonka

Courtesy of Bazaar US

Timothée Chalamet sebagai Willy Wonka muda? Film ini menceritakan bagaimana Willy Wonka bertemu dengan Oompa-Loompas sebelum waktunya di pabrik cokelat dan seharusnya menjadi perjalanan nostalgia yang menarik ketika resmi dirilis pada tanggal 15 Desember.

Barbie

Courtesy of Bazaar US

C’mon, Barbie, let’s go party! Dengan Greta di balik kamera dan pemain yang terdiri dari Margot Robbie dan Ryan Gosling sebagai Barbie dan Ken, bersama Will Ferrell, Emma Mackey, Hari Nef, Issa Rae, dan America Ferrera, di antara banyak lainnya, Barbie ternyata menjadi film penentu tahun 2023. Ini adalah pandangan feminis tentang masa kecil perempuan, impian, dan peran gender yang pasti akan menjadi klasik acara tidur selama bertahun-tahun.

Anyone but You

Courtesy of Bazaar US

Sydney Sweeney dan Glen Powell membuat berita pada awal tahun ini dengan alasan yang terpisah dari film romantis komedinya yang baru, Anyone but You. Meskipun begitu, badai pemberitaan tabloid tersebut berhasil sebagai strategi pemasaran yang sah untuk film ini, yang menceritakan kisah kencan pertama yang gagal dan pertemuan tak terduga di sebuah pernikahan tujuan di ... Australia?

Dicks: The Musical

Courtesy of Bazaar US

Apakah Anda tahu bahwa Megan Thee Stallion berperan dalam film musikal tahun ini? Film musikal pertama A24, "Dicks," merupakan interpretasi aneh dari kisah klasik Parent Trap, di mana dua pengusaha menemukan bahwa mereka adalah saudara kembar yang telah lama hilang dan berusaha untuk menyatukan kembali orangtua mereka. Megan Mullally, Nathan Lane, Bowen Yang, Nick Offerman, D'Arcy Carden. Semua bintang hadir dalam "Dicks"!

Ferrari

Courtesy of Bazaar US

Hanya beberapa tahun setelah "Ford v Ferrari" yang dinominasikan untuk Academy Award, hadir "Ferrari," berdasarkan biografi tahun 1991 tentang raksasa otomotif Enzo Ferrari dan kisah balapan menentu sepanjang Mille Miglia di Italia. Di luar mobil-mobil keren yang luar biasa, ada pula pemeran yang sama menariknya: Adam Driver, Patrick Dempsey, Penélope Cruz, Shailene Woodley, bahkan Hugh Jackman dan Noomi Rapace!

Foe

Courtesy of Bazaar US

Kami akan melakukan segalanya untuk melihat Paul Mescal dan Saoirse Ronan tampil bersama di layar, dan "Foe" bukanlah pengecualian. Drama fiksi ilmiah yang memukau ini mengisahkan pasangan muda di Amerika alternatif yang terpisah ketika mereka bertemu dengan seorang asing yang menawarkan mereka kesempatan yang mengubah hidup, yang mempertanyakan hakikat manusia itu sendiri.

Maestro

Courtesy of Bazaar US

Film biopik, Leonard Bernstein, ini telah lama dalam penggarapan, dengan Bradley Cooper terlibat sejak tahun 2018, ketika Martin Scorsese masih dijadwalkan sebagai sutradara. Sebaliknya, Bradley mengambil alih kendali sebagai sutradara, serta peran utama sebagai Bernstein. Film ini akan berfokus hampir secara eksklusif pada hubungan legendaris komposer dengan istrinya, Felicia Montealegre, yang diperankan oleh Carey Mulligan.

Past Lives

Courtesy of Bazaar US

"Past Lives," karya penulis-sutradara Celine Song, dibuka dengan pujian yang tinggi (dan lebih dari sekadar beberapa tetes air mata) di Festival Sundance tahun ini, dan telah menjadi pembicaraan para penonton dan kritikus sejak saat itu. (Film ini tayang di bioskop di seluruh negeri pada bulan Juni dan sekarang tersedia melalui video on demand.) Daya tarik abadi film ini dapat diatribusikan pada kemampuan Celine untuk menyentuh pengalaman universal tentang cinta, kerinduan, dan bertanya-tanya apa yang mungkin terjadi. Semua terjalin dalam sebuah cerita intim tentang seorang wanita Korea-Amerika (Greta Lee) yang meresapi kembali hubungannya dengan cinta masa kecilnya (Teo Yoo) di Korea.

May December

Courtesy of Bazaar US

Film terbaru dari Todd Haynes pasti akan menciptakan sensasi besar ketika tayang di Netflix pada 1 Desember, setelah mendapat pemutaran terbatas di bioskop pada akhir November. Natalie Portman berperan berlawanan dengan Julianne Moore, yang karakternya didasarkan pada Mary Kay Letourneau, seorang guru sekolah menengah yang menyebabkan skandal nasional karena hubungan seksual yang eksploitatif dengan seorang siswa kelas enam pada tahun 90-an. Film ini berlangsung 20 tahun kemudian, di mana pasangan yang terinspirasi secara longgar menemukan diri mereka berselisih mengenai karakter Portman, seorang aktor yang akan memerankan mantan guru tersebut dalam sebuah film biografi mendatang tentang hidup mereka.

Passages

Courtesy of Bazaar US

"Passages" tetap menghantui saya sejak saya menontonnya. Karya mengejutkan dari sutradara Ira Sachs, ini adalah kisah aneh tentang pasangan gay yang pernikahannya hancur oleh perselingkuhan dengan seorang wanita. Adèle Exarchopoulos bersinar sebagai Agathe, yang kecocokan di layar dengan Ben Whishaw dan Franz Rogowski menjadi legenda.

Priscilla

Courtesy of Bazaar US

Film autobiografi Sofia Coppola berdasarkan memoar Priscilla Presley tahun 1985, "Elvis and Me," menjadi bahan perbandingan menarik dengan biopik Elvis karya Baz Luhrmann pada tahun 2022, yang terkenal dengan akting Austin Butler. Sementara Elvis adalah narasi hampir mitologis dari kisah hidup Raja Rock and Roll, Priscilla lebih setia pada sumber materi asli, dan pasti akan membuat penonton mempertanyakan segala yang mereka ketahui tentang salah satu bintang rock paling kontroversial di Amerika.

Renaissance: A Film by Beyonce

Courtesy of Bazaar US

Tur Dunia Renaissance telah mengubah hidup saya dan sekitar sejuta hidup lainnya tahun ini. Seperti dokumenter konser milik Taylor Swift sendiri yang ditayangkan pada bulan Oktober, Renaissance akan tayang di bioskop untuk pemutaran terbatas pada bulan Desember ini. Dengan menampilkan rekaman dari tur dunia yang membuat sejarah, serta rekaman di belakang layar, ini adalah acara film yang pasti tak boleh dilewatkan sepanjang tahun.

Saltburn

Courtesy of Bazaar US

"Saltburn" adalah penampilan kedua Jacob Elordi dalam daftar ini, dan dengan alasan yang baik. Kritikus telah memberikan ulasan luar biasa tentang petualangan gaya Alice in Wonderland ini melalui dunia keluarga Inggris yang rahasia dan misterius, yang juga dibintangi oleh Rosamund Pike, Carey Mulligan, dan Barry Keoghan.

You Hurt My Feelings

Courtesy of Bazaar US

Nicole Holofcener membuat salah satu film romantis komedi favorit saya dalam 10 tahun terakhir, "Enough Said", jadi tidak mengejutkan bahwa ia dan muse Julia Louis-Dreyfus berhasil lagi dengan "You Hurt My Feelings". Ketika Beth (Louis-Dreyfus), seorang novelis, secara tidak sengaja mendengar pendapat kritis suaminya tentang bukunya yang terbaru, keduanya mulai mempertanyakan semua kebohongan kecil yang pasangan katakan pada diri mereka sendiri dan orang lain.

Close

Courtesy of Bazaar US

Film Prancis yang mengisahkan pertumbuhan dua sahabat terbaik berusia 13 tahun telah dijelaskan sebagai menyentuh dan luar biasa. Penggambaran intimnya tentang persahabatan pria muda benar-benar menggerakkan untuk disaksikan.

Knock at the Cabin

Courtesy of Bazaar US

M. Night Shyamalan, pembuat film yang dikenal dengan twist akhir ceritanya, kembali dengan thriller tentang ancaman eksistensial yang jatuh pada keluarga bahagia berjumlah tiga orang ketika empat orang asing muncul di pondok terpencil mereka. Berdasarkan novel Paul Tremblay tahun 2018 berjudul "The Cabin at the End of the World", sifat ancaman dan keputusan keluarga Jonathan Groff, Ben Aldridge, dan Kristen Cui yang menjadi misteri ketika para orang asing, diperankan oleh Dave Bautista, Rupert Grint, Nikki Amuka-Bird, dan Abby Quinn, mengacaukan liburan mereka.

Killers of the Flower Moon

Courtesy of Bazaar US

Berdasarkan buku nonfiksi terlaris dengan judul yang sama, drama kejahatan barat Amerika ini disutradarai oleh Martin Scorsese dan dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Robert De Niro, Jesse Plemons, dan Brendan Fraser. Alur cerita berputar di sekitar serangkaian pembunuhan yang terjadi di Oklahoma pada tahun 1920 setelah minyak ditemukan di tanah Indian.

Oppenheimer

Courtesy of Bazaar US

Film biopik pertama Christopher Nolan didasarkan pada kehidupan ayah bom atom, fisikawan J. Robert Oppenheimer (Cillian Murphy). Bahkan jika Anda tahu sedikit tentang sejarah ilmu nuklir, pemainnya sudah cukup menarik untuk menonton, dengan Emily Blunt, Florence Pugh, Robert Downey Jr., Matt Damon, Rami Malek, Josh Peck, dan Alex Wolff.

Cat Person

Courtesy of Bazaar US

Berdasarkan kisah pendek viral dari New Yorker oleh Kristen Roupenian, "Cat Person" tayang perdana di Sundance sebelum dirilis secara luas pada bulan Oktober. Dibintangi oleh Emilia Jones dari "CODA" sebagai Margot, mahasiswi muda yang memulai hubungan dengan Robert (Nicholas Braun), seorang pria 34 tahun yang sering mengunjungi bioskop tempat ia bekerja, cerita ini menimbulkan respons berdasarkan perhitungan halusnya tentang ketidakseimbangan kekuasaan dalam hubungan sebelum #MeToo.

Magic Mike’s Last Dance

Courtesy of Bazaar US

Film stripper ketiga dan terakhir dari Channing Tatum tiba tepat waktu untuk Hari Valentine. Ambil teman-teman Anda dan saksikan "Super Bowl of Stripping".

Cocaine Bear

Courtesy of Bazaar US

Jika Anda memiliki pertanyaan (seperti yang saya miliki) tentang mengapa film bernama "Cocaine Bear" dirilis tahun ini, Anda tidak sendirian. Tentang seekor beruang yang melakukan aksi pembunuhan karena pengaruh kokain, film thriller ini terinspirasi dari kisah nyata seekor beruang hitam berbobot 175 pon yang dijuluki "Pablo Eskobear," yang meninggal setelah menghirup tas duffel penuh kokain pada tahun 1985 yang merupakan waktu dengan tingkat kepelikan yang tinggi.


M3GAN

Courtesy of Bazaar US

Apakah Anda melihat boneka pembunuh tari yang viral di TikTok? tidak mengherankan bahwa film horor "M3GAN" sangat menonjol pada tahun 2023. M3GAN adalah boneka yang dirancang secara artifisial dan realistis oleh ahli robot Gemma (Allison Williams), yang memberikan prototipnya kepada keponakannya setelah menjadi pengasuh utama gadis itu. Apa yang terjadi selanjutnya adalah seperti dalam film Chucky, namun dengan sedikit sentuhan lebih.

When You Finish Saving the World

Courtesy of Bazaar US

Film pertama A24 tahun ini berfokus pada hubungan ibu-anak yang rumit antara Evelyn (Julianne Moore) dan Ziggy (Finn Wolfhard), dengan latar belakang zaman modern dan semua isu yang terkait dengannya, seperti streaming dan media sosial. Sementara keduanya berjuang untuk terhubung, Ziggy mengejar seorang gadis yang aktif secara politik dari sekolahnya dan Evelyn terhubung dengan seorang anak laki-laki di tempat penampungan tempat ia bekerja, membuat debut sutradara Jesse Eisenberg menjadi film yang menghibur dan emosional.

Asteroid City

Courtesy of Bazaar US

Film terbaru Wes Anderson diatur untuk membawa semua keterampilan bercerita yang mencolok ke meja, tetapi kali ini di sebuah konvensi Junior Stargazer di gurun. Seperti kebanyakan filmnya, Anda tidak benar-benar tahu apa "Asteroid City" itu sampai Anda selesai menonton, yang membuatnya sangat menyenangkan; dan pemeran ensemble-nya hanya tampak semakin baik, dengan film ini dibintangi oleh Tom Hanks, Margot Robbie, Scarlett Johansson, Maya Hawke, Liev Schreiber, Jeff Goldblum, Rita Wilson, dan Steve Carell.

The Color Purple

Courtesy of Bazaar US

Adaptasi musikal dari novel klasik Alice Walker, yang tayang perdana di Broadway pada tahun 2005, akan hadir di layar lebar (lagi) dan menampilkan pemeran yang luar biasa di tangan sutradara yang membantu dengan album visual Beyoncé, "Black Is King," dan Oprah Winfrey sebagai salah satu produsernya. Mengikuti protagonis Cellie (Fantasia) ketika ia mengatasi masa pertumbuhannya sebagai seorang wanita kulit hitam di daerah pedesaan Selatan pada awal abad ke-20, cerita ini memperkenalkan kita pada banyak wanita berbeda yang dia temui, seperti Sophia (Danielle Brooks), Shug Avery (Taraji P. Henson), Mary "Squeak" Agnes (H.E.R.), dan saudara perempuannya Nettie (Halle Bailey/Ciara).

Are You There God? It’s Me, Margaret
Courtesy of Bazaar US

Karya Judy Blume yang luar biasa ini akhirnya mendapatkan adaptasi film yang layak tahun ini. Dikenal karena pembahasannya yang terbuka tentang agama, seks, dan merenungkan masa remaja perempuan, film nostalgia ini adalah perjalanan emosional. Dengan Abby Ryder Fortson sebagai Margaret, film ini melengkapi pemerannya dengan Rachel McAdams dan Benny Safdie yang memerankan orangtuanya.

Scream VI

Courtesy of Bazaar US

Dengan tagline "Di kota dengan jutaan penduduk, tidak ada yang mendengar teriakanmu," installment terbaru film Scream ini menyimpan sensasi dan ketakutan yang tak ada seorang pun yang bisa siapkan. Film ini menampilkan para survivor dari film terakhir Melissa Barrera, Jenna Ortega, Jasmin Savoy Brown, dan Mason Gooding di kereta bawah tanah di kota, di mana Ghostface berikutnya beraksi.

The Little Mermaid

Courtesy of Bazaar US

Adaptasi live-action dari The Little Mermaid jauh melampaui harapan. Halle Bailey bersinar sebagai Ariel yang dicintai dan tampil dengan mudah bersama pemeran unggulan lainnya yang melibatkan Javier Bardem, Awkwafina, Melissa McCarthy, dan bintang lainnya. Ini akan membuat Anda percaya bahwa putri duyung benar-benar ada.

The Hunger Games: The Ballad of Songbird & Snakes

Courtesy of Bazaar US

Sebagai seseorang yang pergi ke setiap premier tengah malam dari setiap film Hunger Games asli, saya sangat bersemangat untuk prekuel ini tayang di layar lebar. Mengikuti seorang Coriolanus Snow muda (Tom Blyth) yang menjadi mentor dan mengembangkan perasaan untuk peserta perempuan dari Distrik 12 (Rachel Zegler) selama Hunger Games ke-10, ini akan menjadi petualangan nostalgia kembali ke dunia yang dibuat oleh Suzanne Collins. Plus, pemerannya juga melibatkan Viola Davis, Peter Dinklage, dan Hunter Schafer.

Bottoms

Courtesy of Bazaar US

Setelah debut sutradara cemerlang Emma Seligman, "Shiva Baby", ia kembali ke layar lebar dengan film tentang dua gadis queer yang tidak populer di tahun terakhir sekolah menengah mereka, yang memulai klub pukulan untuk mencoba mengesankan dan berhubungan dengan para cheerleader. Dibintangi oleh Rachel Sennott, Kaia Gerber, dan Ayo Edebiri, "Bottoms" adalah komedi Gen Z tahun ini.

BACA JUGA:

20 Film Aksi Komedi Terbaik yang Wajib Anda Tonton!

16 Rekomendasi Film Genre Horor Indonesia yang Wajib Ditonton

(Penulis: Brooke Lamantia, Joan Summers; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR US)