Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Makin Diminati, Ini 8 Keuntungan Bermain Golf

Tak hanya untuk kesehatan, golf juga memberikan peluang bagi Anda untuk membangun relasi bisnis.

Makin Diminati, Ini 8 Keuntungan Bermain Golf
Foto: Courtesy of 123RF

Bukan rahasia lagi bahwa golf dikenal sebagai olahraga yang eksklusif. Suasananya identik dengan para High Net Worth Individual berpakaian rapi sembari mengendarai golf cart di area lapangan yang luas dan asri. Padahal, seiring berjalannya waktu golf semakin inklusif yang artinya terbuka untuk semua orang dari segala usia dan kemampuan. Meski terlihat tak seintens sepak bola atau tenis, layaknya olahraga pada umumnya golf juga memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh dan mental, bahkan menjadi ladang peluang untuk membangun relasi bisnis. Selengkapnya, inilah manfaat yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Melatih fokus

"Semakin kecil targetnya, semakin tajam fokus sang atlet. Semakin baik konsentrasinya dan semakin baik hasilnya," demikian kutipan Bob Rottela yang dikenal sebagai Sport Psychologist. Kemenangan dalam olahraga golf ditentukan dari pemain yang memiliki jumlah pukulan paling sedikit dalam memasukkan bola ke lubang. Dalam satu ronde permainan terdapat 18 lubang. Tantangan lain di area terbuka adalah distraksi alam seperti angin, suara, dan cahaya matahari yang menyilaukan terkadang tak dapat dihindari. Oleh karena itu, Anda perlu memusatkan perhatian sepenuhnya dan memperhitungkan akurasi dalam menembak bola guna memenangkan permainannya. 

2. Membentuk karakter

Dari latihan fokus, Anda juga akan ditantang untuk mengontrol mental dan melatih kesabaran dalam prosesnya. Golf juga melatih kepercayaan diri pemainnya menjadi seorang problem solver. Anda akan dihadapkan pada situasi untuk membuat keputusan secara mantap saat memperhitungkan pukulan bola golf agar tepat sasaran. Prosesnya lah yang akan memperkaya pengalaman Anda, dan seperti yang diucapkan oleh Bob Rotella, golf memberikan Anda kesempatan untuk merasakan itu. "That process, no the end of result, enriches life," demikian bunyi kutipannya.

3. Membangun relasi bisnis

"Deals are made on the golf course" sering terdengar namun itu bukan hanya sebuah kalimat. Mengutip Forbes, Universitas Syracuse menerbitkan info grafis yang menyebut bahwa sebanyak 90 persen dari 500 CEO Fortune bermain golf, 54 persen menganggap bahwa golf sebagai media bisnis, 80 persen terbantu dalam membangun bisnis baru, dan 93 persen menganggap golf adalah cara yang baik untuk dapat membangun hubungan yang lebih dekat. Melihat perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ruang lingkup golf diisi oleh para pemain bisnis yang dapat Anda pertimbangkan untuk menciptakan peluang mengembangkan networking.

4. Mengurangi stres dan kecemasan

Olahraga adalah cara jitu untuk dapat melepaskan endorfin, tak terkecuali golf. Terlebih lagi, olahraga ini dilakukan di area outdoor dengan tata letak yang apik ditambah dengan suasana hijau di sekitarnya dan embusan udara segar. Berdasarkan itu, artikel Men's Health menyebutkan bahwa golf adalah stress reliever. Berada di area outdoor dapat membantu mengurangi tingkat kortisol, yakni hormon yang mengatur tekanan darah dan membantu Anda menghindari mental fatigue.

5. Mendapatkan asupan vitamin D

Karena golf adalah permainan outdoor, maka Anda berpeluang untuk menerima asupan vitamin D yang kaya manfaat dari hangatnya sinar matahari. Jangan lupa untuk tetap mengaplikasikan tabir surya dan mengenakan pakaian golf yang tepat untuk melindungi kulit.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Sekilas golf terlihat santai, namun olahraga ini memungkinkan Anda untuk berjalan kaki dalam jarak yang cukup jauh. Usai melakukan tee shot (pukulan pertama), biasanya pemain golf berjalan kaki untuk mendatangi bola yang sudah dipukulnya. Jarak rata-rata yang ditempuh pemain gol sekitar 3 sampai 6 mil atau kurang lebih 4 sampai 10 kilometer. Untuk mencapai ronde 18 lubang kira-kira bisa mencapai 12.000 langkah. Berbicara mengenai manfaatnya bagi kesehatan, berjalan kaki dapat membantu sirkulasi darah dalam tubuh dan bermanfaat untuk menguatkan jantung serta ototnya. Maka dari itu, usahakan mengurangi menggunakan golf cart agar dapat memperoleh manfaatnya secara maksimal sekaligus membakar kalori.

7. Dapat dimainkan oleh orang dari segala usia

Golf diyakini memiliki risiko cedera yang kecil pada sendi dan otot. Maka dari itu, golf aman dan ideal untuk dimainkan oleh pria, wanita, dan anak-anak dari segala usia, termasuk para pemain yang sudah berumur sehingga cocok untuk mengisi waktu ketika Anda memasuki masa pensiun nanti. 

8. Olahraga yang family friendly

Karena olahraga ini ramah untuk semua usia, maka golf dapat dikategorikan sebagai olahraga yang family friendly. Mengingat geraknya yang tak terlalu intens, Anda memiliki cukup ruang dan waktu untuk membangun kebersamaan dan mempererat ikatan bersama pasangan dan anak-anak sembari bermain dan mengitari golf court. Lewat golf, Anda pun dapat mengajak anak-anak untuk belajar nilai-nilai penting seperti kejujuran (ajak mereka menjadi score keeper), kedisiplinan, dan teamwork.

Beruntung bagi para Pribadi Istimewa BRI Private, sebab Anda bisa mendapatkan benefit tambahan dari bermain golf. Di tengah tren permainan golf yang sekarang sedang naik daun, Anda bisa mendapatkan privilege untuk bermain di lapangan eksklusif Pondok Indah Golf dan Senayan Golf Club yang merupakan area bermain golf terbaik di Jakarta. Pribadi Istimewa BRI Private dapat menikmati beragam promo menarik sebagai penyempurna, beberapa di antaranya adalah diskon green fee hingga 20 persen, free 50 bola setiap main 100 bola, serta diskon 20 persen untuk pembelian makanan dan minuman jika bermain di Pondok Indah Golf. Selain itu, Pribadi Istimewa juga dapat menikmati potongan sebesar 15 persen apabila memilih untuk bermain di Senayan Golf Club. Promo ini berlangsung hingga 31 Desember 2022. Satu lagi penyempurna atas kedua privilege tersebut, Pribadi Istimewa di seluruh Indonesia bisa mendapatkan Special Golf Lesson for BRI Private oleh private pro coach.

Siap bergabung dan mengayunkan stik golf Anda? Private Bankers BRI dan BRI Premium Contact Center 0800-1017-017 / 021-575-8899 siap menjawab semua pertanyaan Anda. Lanjutkan langkah Anda untuk mengunjungi situs promosi BRI di sini.

Foto: Courtesy of 123RF