Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Melihat Persahabatan Pangeran Philip dengan Penny Knatchbull Dari Waktu ke Waktu

Musim terbaru The Crown memperlihatkan lebih dekat rumor pertemanan antara Duke of Edinburgh dengan Penny Knatcbull.

Melihat Persahabatan Pangeran Philip dengan Penny Knatchbull Dari Waktu ke Waktu
Courtesy of BAZAAR US

Musim kelima The Crown menyoroti Pangeran Philip dan kedekatan dengan Penny Knatchbull, seorang wanita yang berusia 30 tahun lebih muda darinya. Sementara acara itu tampaknya mengisyaratkan rumor perselingkuhan di antara keduanya.

Baca juga: Benarkah Mendiang Ratu Elizabeth II Sempat Menonton The Crown? Simak Bocoran dari Pemain Terbaru The Crown S5 Lansiran Netflix

Hal pertama: siapa Penny sebenarnya, dan kedua: apa hubungannya dengan keluarga kerajaan?

Terlahir dengan nama Penelope Meredith Mary Eastwood, Penny adalah putri Reginald Eastwood, pendiri restoran Angus Steakhouse, dan Marian Hood. Keterlibatannya dengan keluarga kerajaan dimulai ketika ia menikahi Norton Knatchbull, the Earl Mountbatten of Burma, sehingga membuatnya menjadi Countess Mountbatten of Burma. Norton juga merupakan sepupu kedua Raja Charles, yang menjabat sebagai groomsman di pernikahan mereka, dan putra baptis Pangeran Philip.

Penny dan Norton memiliki tiga anak: Nicholas, Alexandra, dan Leonora. The Crown juga menggambarkan kisah Leonora, yang meninggal pada usia lima tahun karena menderita kanker ginjal. Di tengah kesedihannya, Philip (diperankan oleh Jonathan Pryce) mencoba menghibur Penny (Natascha McElhone) dan keduanya menjalin persahabatan dekat yang telah bertahan selama bertahun-tahun.

Jonathan Pryce dan Natascha McElhone sebagai Pangeran Philip dan Penny Knatchbull.

Sementara serial Netflix justru menunjukkan irama romantis pada hubungan Philip dan Penny (meskipun tidak banyak bukti kehidupan nyata untuk mendukung rumor perselingkuhan antara keduanya). Faktanya, Philip bukan satu-satunya keluarga kerajaan yang dekat dengan Penny. Ia memiliki ikatan yang dekat dan publik dan juga anggota keluarga—tidak terkecuali persahabatannya dengan Ratu Elizabeth.

Di sini, kami mencoba merangkum lebih lengkap persahabatan dan kedekatan Philip dan Penny dari waktu ke waktu.

1970-an: Penny bertemu Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip untuk pertama kalinya.

Pertemuan pertama Penny dengan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip terjadi saat dirinya bertunangan dengan Norton. Sementara itu, Penny dilaporkan bertemu Duke of Edinburgh selama pertandingan polo.

Pangeran Charles dan Penny Knatchbull di tahun 1970-an.

20 Oktober 1979: Penny dan Norton menikah.

Pasangan ini resmi menikah dalam upacara mewah yang digelar di Romsey Abbey, sebuah gereja yang terletak di Hampshire, Inggris. Dijuluki sebagai 'wedding of the year' pada saat itu, acara tersebut dihadiri lebih dari 900 tamu. Pangeran Charles juga saat itu menjadi groomsman untuk Norton.

Courtesy of BAZAAR US

1980-an: Penny dan Norton memiliki tiga anak.

Anak pertama mereka, seorang putra bernama Nicholas Louis Charles Norton Knatchbull, lahir pada 15 Mei 1981. Mereka kemudian dikaruniai anak kedua, seorang gadis yang mereka beri nama Alexandra Victoria Edwina Diana Knatchbull, lahir pada 5 Desember 1982. Dan akhirnya, pasangan itu  menyambutnya anak ketiga mereka, Leonora Louise Marie Elizabeth Knatchbull, pada 25 Juni 1986.

Norton dan Penny Knatchbull.

22 Oktober 1991: Leonora meninggal.

Anak bungsu dari pasangan ini meninggal pada usia lima tahun setelah berjuang melawan kanker ginjal.

1994: Leonora Children’s Cancer Fund diluncurkan.

Untuk mengenang putri mereka, Penny dan Norton mendirikan Leonora Children’s Cancer Fund. Pangeran Philip juga ikut mendukung charity tersebut, dilaporkan menghadiri resepsi dan makan malam untuk organisasi tersebut pada bulan Mei tahun itu.

1990-an: Penny dan Philip menjadi semakin dekat ketika mereka berpartisipasi bersama dalam sebuah kompetisi. 

Mereka berdua menjalin persahabatan yang erat setelah terikat pada passion mereka dalam carriage driving, olahraga berkuda yang dipopulerkan oleh Philip.

Courtesy of BAZAAR US

Ia juga sering muncul di Royal Windsor Horse Show tahunan, yang mana dirinya telah berfoto bersama Philip, Ratu Elizabeth, dan anggota keluarga kerajaan lainnya.

Philip dan Penny berjalan bersama di Royal Windsor Horse Show tahun 2009.

Penny bersama dengan Ratu Elizabeth di Royal Windsor Horse Show tahun 2018.

2010: Norton meninggalkan Penny untuk Lady Nuttall.

Pada saat itu, sebuah tabloid melaporkan bahwa Norton telah pindah ke Bahama untuk menjalankan hubungan bersama dengan Lady Eugenie Nuttall, seorang desainer yang berbasis di London. Namun, Norton kemudian mengakhiri perselingkuhannya dan kembali pulang. Meskipun Penny menerimanya kembali, Norton dilaporkan telah ‘pisah kamar’ dengan Penny.

Dalam ketidakhadirannya, Penny telah mengambil peran dan tugas seremonial yang menjadi tanggung jawab Norton.

Sebuah sumber mengatakan bahwa keluarga kerajaan — terutama Ratu Elizabeth — mengagumi keberanian Penny dalam menghadapi isu perselingkuhan itu. Meskipun Norton adalah kerabat dekat dari bangsawan, namun sumber itu mengatakan bahwa Ratu dan Pangeran Philip "tidak bisa benar-benar memaafkan atas apa yang telah ia lakukan pada Penny."

Oktober 2020: Sebuah biografi menyebut Penny sebagai "secret keeper" dari Pangeran Philip.

Dalam biografi Prince Philip Revealed, sang penulis—Ingrid Seward —melukiskan potret intim persahabatan mereka selama bertahun-tahun.

Menurut Ingrid, Penny adalah "wanita paling penting kedua dalam kehidupan Duke of Edinburgh — teman setia, pendamping setia, dan seorang 'secret keeper.'"

Terlepas dari rumor perselingkuhan, Ingrid mengingat adegan yang menyentuh selama pesta dansa di mana mereka menunjukkan kasih sayang antara satu sama lain. "Ketika saya melihat Philip dan Penny berada di sekitar lantai dansa Royal Yacht Squadron Ball selama cowes week, tak satupun dari mereka memperdulikan siapa yang melihat mereka atau apa yang mungkin dikatakan oleh banyak orang," tulis Ingrid. 

"Saya melihat bahwa Philip adalah seorang penari yang hebat, dan benar-benar seirama dengan Penny yang cantik. Mereka merupakan teman dan mentor yang saling mendukung."

17 April 2021: Penny termasuk salah satu dari 30 tamu yang turut hadir dalam pemakaman Pangeran Philip.

Setelah kematian Philip pada 9 April 2021, Penny adalah salah satu dari sedikit orang yang diundang untuk menghadiri pemakamannya, yang mana pemakaman ini dibatasi kapasitasnya karena protokol Covid-19.

"Ia tampak patah hati ketika tiba di pemakaman," ucap salah satu sumber pada saat itu. "Penny kehilangan sahabatnya."

Sumber tersebut juga melaporkan bahwa Penny menghadiri pemakaman menggantikan suaminya, yang sedang tidak sehat–sehingga tidak dapat hadir pada saat itu.

Courtesy of BAZAAR US

2021-2022: Hubungan antara Penny dengan Ratu terus berlanjut di tahun setelah kematian Philip.

Penny menemani Ratu ke Royal Windsor Horse Show 2021, beberapa bulan setelah kematian Duke of Edinburgh.

Penny berdiri di belakang ratu selama pertunjukkan Royal Windsor Horse Show tahun 2021.

Ratu Elizabeth di antara Penny dan Pangeran Edward selama Royal Windsor Horse Show tahun 2021.

2022: Penny menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth.

Penny juga terlihat hadir di antara banyak pelayat pada saat pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth—yang meninggal pada 8 September 2022.

Courtesy of BAZAAR US

Baca juga:

Rahasia Kelanggengan King Charles III dan Queen Camilla Menurut Aktor di The Crown S5

Serial Televisi The Crown Season 6 Tidak Akan Terjadi Dalam Waktu Dekat

(Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR US)