Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Daya Tarik Properti Terbaru Bangkok, Dusit Central Park

Area serba guna yang terdiri dari hunian, pusat ritel, dan perkantoran dari brand hospitality kenamaan Thailand.

5 Daya Tarik Properti Terbaru Bangkok, Dusit Central Park

Bangkok pernah memiliki bangunan legendaris dan tertinggi pada masanya. Ialah Dusit Thani Bangkok, hotel ikonis ibu kota Thailand yang berada di persimpangan Silom Road dan Rama IV. Setelah menjadi landmark selama lima dekade sejak 1970, bangunannya sekarang sudah diruntuhkan, dan siap berubah menjadi area mixed-use bernama Dusit Central Park untuk mengakomodasi gaya hidup perkotaan yang beragam dengan balutan mewah.

Dusit Central Park merupakan proyek mega hasil kerja sama Dusit International dengan Central Pattana. Menempati lahan seluas 2,3 hektar di lokasi prestisius Bangkok, area ini nantinya akan terdiri dari hotel baru Dusit Thani Bangkok, dua hunian yakni Dusit Residences dan Dusit Parkside, pusat perbelanjaan Central Park, dan bangunan perkantoran Grade A. Secara keseluruhan, area ini dirancang secara berkelanjutan sesuai dengan prinsip Feng Shui dan dihubungkan dengan Roof Park yang menghadap ke panorama kota dan Lumpini Park. Architect 49 Limited (A49) dipercaya menjadi arsitek di belakangnya.

La-ead Kovavisaruch, Chief Executive Officer Vimarn Suriya (anak perusahaan Dusit International) mengungkapkan bahwa sebanyak lebih dari 40 persen unit di Dusit Central Park sudah terjual ke warga Thailand berpenghasilan tinggi meski tengah diterpa badai pandemi. Dan inilah daya tarik Dusit Central Park yang dapat kami simpulkan.


1. Brand legendaris

Dusit Thani Bangkok Hotel

Nama Dusit telah melekat sebagai bagian dari Bangkok sejak didirikan pada 1948.

Dusit Thani Bangkok adalah hotel flagship-nya yang dikenal sebagai landmark di ibu kota Thailand selama lima dekade. Dibangun pada 1970, Dusit Thani Bangkok pernah menjadi salah satu hotel elegan dengan bangunan tertinggi di kotanya. Arsitekturnya khas terinspirasi dari Kuil Wat Arun dengan spiral emas di puncak gedungnya. Didirikan oleh Thanpuying Chanut Piyaoui sebagai sang ketua kehormatan Dusit International, hotel ini dikembangkan untuk mendukung pariwisata Bangkok dan mengangkat standar hospitality Thailand ke ranah internasional. Sekarang brand Dusit pun telah tersebar secara global, bahkan dulu sempat ada di kawasan Mangga Dua, Jakarta. Meskipun hotel lama Dusit Thani Bangkok telah resmi menghentikan operasionalnya pada 2019, impresi serta pelayanan legendarisnya akan tetap ada dan siap kembali untuk diwariskan ke generasi berikutnya lewat Dusit Central Park dengan tetap mengusung filosofi "Here for Bangkok" dan etos "Always Gracious."


2. Lokasi yang strategis di jantung finansial Bangkok

Dusit Central Park berlokasi di tempat Dusit Thani Bangkok dulu berdiri, yakni di persimpangan Rama IV dan Silom Roads. Area ini merupakan salah satu financial district penting di Bangkok tempat banyak institusi, perkantoran, dan kedutaan besar berada. Akses transportasi pun terbilang mudah sebab Dusit Central Park terhubung dengan BTS Skytrain dan MRT Subway. Tepat di seberangnya adalah Lumpini Park, taman publik multifungsi di mana Anda dapat melakukan beragam kegiatan outdoor seperti jogging, jalan pagi, Tai Chi, atau mengerjakan hobi. Anda cukup berjalan kaki saja untuk mencapainya.

3. Fasilitas penunjang gaya hidup modern

Dusit Central Park

Secara keseluruhan, Dusit Central Park ditunjang dengan fasilitas yang dipayungi oleh Dusit Thani. Oleh karenanya, layanan yang diberikan rasanya tak perlu diragukan lagi mengingat sejarah hospitality yang dimilikinya. Dusit Central Park terdiri dari empat bangunan yakni:


Dusit Thani Bangkok Hotel

Meskipun dalam rupa baru, Dusit Thani Bangkok tetap akan melestarikan warisan seni dan arsitekturnya. Akomodasinya berkamar 259 kamar ini akan dilengkapi dengan dengan rooftop bar bertingkat dan restoran yang terletak di puncak menara spiralnya. Di sana akan ditampilkan pula sebuah galeri digital unik yang menceritakan sejarah Dusit Thani Bangkok pendahulunya dan bagaimana mereka berkontribusi bagi industri pariwisata Thailand.

Dusit Parkside dan Dusit Residences

Dusit Parkside berada di lantai 9 hingga 29 dan terdiri dari 246 unit berukuran 55-155 meter persegi. Desain smart dan stylish yang dipancarkannya serta interior kontemporer dan bold menjadikannya pilihan yang cocok bagi para generasi dan keluarga muda. Dusit Parkside ini tersedia dalam pilihan satu hingga dua kamar tidur. Sementara itu, Dusit Residences menempati lantai 30-69 dan terdiri dari 160 unit mewah yang terbagi dalam pilihan dua hingga empat kamar serta penthouse. Hunian ini memiliki desain klasik dan elegan yang tak lekang oleh waktu dengan kombinasi warna-warna natural. Dusit Parkside dan Dusit Residences memiliki fasilitas bersama dan pribadi di antaranya adalah kolam renang, gym, yoga studio, library lounge, co-working area, wine cellar, private function room, dan kids' room serta playground. Fasilitas pribadi Dusit Parkside dapat Anda temukan di lantai 29, sedangkan fasilitas pribadi bagi penghuni Dusit Residences letaknya dikhususkan di lantai 46. Keduanya mengusung layanan bintang lima yang disediakan oleh Dusit Thani.

Central Park

Central Park hadir sebagai pusat ritel seluas 80.000 meter persegi yang akan menunjang gaya hidup dengan beragam pilihan berbelanja, hiburan, bersantap, dan berinteraksi. Mal ini dilengkapi dengan Roof Park, sebuah ruang hijau tempat beristirahat dan bersantai di jantung kota.

Central Park Offices

Central Park Offices menawarkan area bekerja premium dalam bangunan seluas 90.000 meter persegi dan total 40 lantai. Unit perkantorannya didesain untuk menyediakan konektivitas terbaik baik bagi perusahaan rintisan maupun perusahaan besar.

4. Desain yang cermat dan dilengkapi dengan area hijau yang luas

Dusit Central Park

Seperti disebutkan sebelumnya, Dusit Central Park dibangun berlandaskan prinsip Feng Shui guna mengoptimalkan perputaran energi alami dari angin dan air. Lebih lanjut, Roof Park yang berada di atas mal Central Park pun menjadi daya tarik yang rasanya layak untuk dibahas terpisah. Roof Park berperan sebagai ruang publik hijau yang menghubungkan empat bangunan tinggi di komplek serba guna itu. Dibuka untuk penghuni (dalam zona pribadi) dan masyarakat umum dengan desain seamless mengarah ke Lumpini Park, Roof Park memungkinkan pengunjung tak hanya untuk berolahraga namun juga mengakomodasi pameran, musik, relaksasi, dan ruang belajar bagi anak-anak. Terinspirasi dari desain taman di hotel Dusit Thani Bangkok yang lama, Roof Park akan dilengkapi dengan air terjun dan Infinity Park.

5. Ditengarai menjadi landmark baru di Bangkok

Dengan pengembangan yang kompleks dan masif, Dusit Central Park ditengarai akan menggantikan pendahulunya sebagai landmark baru yang menghiasi langit Rama Road IV. Proyek senilai 1.42 milyar USD ini dirancang khusus untuk meningkatkan daya tarik kawasan, meningkatkan infrastruktur yang ada sekaligus mengurangi kemacetan lalu lintas, menciptakan peluang baru bagi bisnis lokal dan memberikan gaya hidup baru serta pengalaman bisnis baru.

Dusit Thani Bangkok Hotel yang baru rencananya akan diperkenalkan pada 2023, diikuti dengan pembukaan Central Park dan Central Park Offices pada 2024, serta Dusit Parkside dan Dusit Residences pada 2025. La-ead Kovavisaruch juga menegaskan bahwa target pasar utamanya juga ditujukan pada pembeli internasional terutama di pasar Asia. Apakah Anda akan menjadi salah satunya?

Foto: Courtesy of  Dusit Central Park