Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

18 Rekomendasi Tempat Hiburan Anak atau Keluarga

Ternyata tidak begitu membosankan juga untuk orang dewasa.

18 Rekomendasi Tempat Hiburan Anak atau Keluarga
Layout by Tevia Andriani

Memilih tempat wisata atau rekreasi untuk berkunjung, dapat terasa sedikit sulit bagi sebagian orang. Karena banyaknya kategori dan pilihan tempat yang berbeda, dan semakin banyak bermunculan dengan pesat. Hal tersebut juga berlaku saat Anda memilih tempat hiburan untuk anak. Tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak beberapa tempat hiburan anak yang juga ramah keluarga pilihan Bazaar!

Baca juga: 15 Ide Hadiah Mewah Namun Lucu untuk Anak-anak Anda

1. Jakarta Aquarium Safari

Courtesy of Jakarta Aquarium Safari
Courtesy of Jakarta Aquarium Safari

Courtesy of Jakarta Aquarium Safari
Courtesy of Jakarta Aquarium Safari

Start from: 109.250 rupiah

Lokasi: Neo Soho, Jakarta Barta

Salah satu tempat paling hit di Jakarta ini merupakan tempat di mana Anda dapat merasakan interaksi intim dengan hewan secara indoor, dan terbesar di Indonesia. Mendapatkan informasi menarik tentang satwa serta mengetahuinya lebih dalam. Dan bagi Anda yang hadir pada bulan November 2021, Anda akan disungguhi dengan suasana daun warna-warni khas musim gugur negeri gingseng dalam Festival Musim Gugur Korea yang diadakan di sana. Ada 5 hal seru yang bisa Anda lakukan seperti autumn tunnel, membuat gimbap, sewa baju hanbok, human claw, serta permen dalgona dan kuliner Korea. 

2. Skyworld Indonesia

Courtesy of Skyworld Indonesia
Courtesy of Skyworld Indonesia

Start from: 80.000 rupiah

Lokasi: Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur

Pastinya diantara anak kecil yang Anda kenal, atau bahkan anak Anda sendiri, ada yang mempunyai mimpi menjadi seorang astronot. Skyworld adalah tempat yang paling tepat untuk berhayal menjadi salah satunya! Wahana "Eduwisata Antariksa" ingin berpartisipasi dalam mengedukasi generasi bangsa Indonesia khususnya anak-anak (pelajar) dan generasi muda tentang wawasan/ilmu seputar dunia antariksa, aeronautika, dan teknologi-teknologinya, yang dihadirkan secara atraktif. 

3. J-SKY Ferris Wheel

Courtesy of J-SKY Ferris Wheel
Courtesy of J-SKY Ferris Wheel

Start from: 50.000 rupiah

Lokasi: AEON Mall Jakarta Garden City, Jakarta Timur

Bianglala ketinggian 69 meter ini merupakan "roda" tertinggi di Indonesia. Memiliki 32 kapsul penumpang, dilengkapi dengan pendingin ruangan, masing-masing dapat mengangkut hingga 6 orang. Selain dapat melihat pemandangan dari ketinggian, J-SKY Ferris Wheel juga memperbolehkan Anda mengadakan acara khusus (kecil-kecilan) di dalam kapsul. Mereka juga menawarkan romantic dinner loh!

4. Kidzania Jakarta

Courtesy of Kidzania Jakarta
Courtesy of Kidzania Jakarta

Courtesy of Kidzania Jakarta
Courtesy of Kidzania Jakarta

Start from: 175.000 rupiah

Lokasi: Pacific Place Mall, Jakarta Selatan

Theme park atau "kota" anak berasal dari Jepang, mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak. Dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya, namun dalam skala yang jauh lebih kecil dari kenyataan, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, teater, pabrik-pabrik, dan masih banyak lagi. Peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan, dan lebih dari 100 profesi lainnya, dapat dijelajah.

5. Bounce Street Asia Trampoline Park

Courtesy of Bounce Street Asia Trampoline Park
Courtesy of Bounce Street Asia Trampoline Park

Start from: 110.000 rupiah

Lokasi: Kelapa Gading, Jakarta Utara

Saat tiba, Anda akan langsung disambut dengan tempat bermain trampolin raksasa dan canggih, yang memungkinkan Anda menentang aturan gravitasi dalam petualangan udara yang menantang. Baik berlari di tembok, memantul untuk bersenang-senang, melakukan slam dunk, melakukan gerakan roll depan, atau rock climbing, bersiaplah untuk mengalami aliran udara yang luar biasa. 

6. Flow Rider Pondok Indah Waterpark

Courtesy of Pondok Indah Waterpark
Courtesy of Pondok Indah Waterpark

Start from: 100.000 rupiah

Lokasi: Pondok Pinang, Jakarta Selatan

Berbeda dengan waterpark lain, tempat ini mempunyai alat simulasi surfing pertama dan satu-satunya di Indonesia. Bagi yang suka permainan air, Flow Rider menjadi pilihan yang tepat (terletak di bagian kiri gambar), mengingat kita masih berada di tengah pandemi yang tidak bisa terlalu bebas berpergian ke luar kota. Tidak perlu pergi jauh ke laut untuk merasakan sensasi berselancar dengan air, ombak, dan udara yang serupa, dengan pengawasan khusus. 

7. Kebun Raya Bogor

Courtesy of Kebun Raya Bogor
Courtesy of Kebun Raya Bogor

Courtesy of Kebun Raya Bogor
Courtesy of Kebun Raya Bogor

Start from: 16.500 rupiah

Lokasi: Paledang, Bogor, Jawa Barat

Awal zaman dahulu sebelum era sekarang, kebun ini hanya digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Namun kini, Anda dapat menikmatinya langsung. Elemen pendidikan dan wisata seperti study tour serta spot menarik (Taman Nepenthes, Taman Orchidarium, dan lainnya), berada dalam satu tempat yang dipenuhi dengan tanaman hijau yang rindang. 

8. Museum of Toys

Courtesy of Museum of Toys
Courtesy of Museum of Toys

Start from: 100.000 rupiah

Lokasi: Green Lake City, Tangerang, Banten

Tempat penyimpanan koleksi mainan dari desainer mainan ternama lokal dan internasional. Museum ini menampilkan koleksi pribadi Win Satrya, kolektor mainan, yang dikumpulkan selama 15 tahun. Memperlihatkan bagaimana para seniman berdedikasi pada gaya dan pengaruh artistik mereka sendiri ke dalam mainan. Karena ketenarannya, Museum of Toys juga sempat beberapa kali mengikuti pameran seperti di Indonesia Comic Con 2019 dan memiliki instalasinya sendiri di Ashta District 8 dan Cove at Batavia PIK.

9. Branchsto Equestrian Park

Courtesy of  Branchsto Equestrian Park
Courtesy of Branchsto Equestrian Park

Courtesy of  Branchsto Equestrian Park
Courtesy of Branchsto Equestrian Park

Start from: 35.000 rupiah

Lokasi: BSD, Tangerang, Banten

Menggabungkan peternakan dan restoran di satu tempat, Branchsto Equestrian Park menawarkan pengalaman unik kepada pengunjung di mana mereka dapat mencoba berbagai kegiatan berkuda dan menikmati santapan bergaya pedesaan. Selain fasilitas berkuda, tempat juga menawarkan kesempatan untuk mencoba banyak kegiatan lain, termasuk memanah dan memberi makan kelinci.

10. Dunia Fantasi

Courtesy of Dunia Fantasi
Courtesy of Dunia Fantasi

Start from: 225.000 rupiah

Lokasi: Ancol, Jakarta Utara

Dunia Fantasi atau yang lebih populer dengan sebutan Dufan, merupakan theme park pusat hiburan outdoor dengan "fantasi keliling dunia", melalui wahana permainan yang terbagi dalam 9 kawasan yaitu Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, Kalila, Fantasy Lights, Ice Age, Kontiki, Hello Kitty Adventure, dan Dufan Glow. Dengan berbagai macam jenis wahana, tentunya Dufan memiliki wahana ramah anak sepeti Istana Boneka, Gajah Bledug, dan lainnya.

11. Seaworld Indonesia

Courtesy of Seaworld Indonesia
Courtesy of Seaworld Indonesia

Courtesy of Seaworld Indonesia
Courtesy of Seaworld Indonesia

Start from: 110.000 rupiah

Lokasi: Ancol, Jakarta Utara

Sea World merupakan sebuah kawasan yang lengkap untuk memberikan hiburan dan pendidikan, khususnya dunia laut. Memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil, hingga biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil. Ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka. 

12. Sky Rink Jakarta

Courtesy of Sky Rink Jakarta
Courtesy of Sky Rink Jakarta

Start from: 85.000 rupiah

Lokasi: Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat

Sebagian dari Anda yang tinggal di Jakarta pasti telah mencoba Sky Rink Jakarta bukan? Lapangan es besar yang terletak dalam mall. Dengan sepatu khusus, sarung tangan, kaus kaki, dan loker yang disediakan, Anda siap untuk mengelilingi arena seluas 1.248 meter persegi dengan bersenang-senang. Untuk pemula, Anda dapat menggenggam pegangan di tepi arena, atau meminta pelatih untuk membantu pengalaman pertama Anda.

13. Taman Safari Indonesia

Courtesy of  Taman Safari Indonesia
Courtesy of Taman Safari Indonesia

Start from: 195.000 rupiah

Lokasi: Cisarua, Bogor, Jawa Barat

Sudah pasti, dari namanya, Taman Safari Indonesia adalah tempat di mana Anda dapat mengajak si kecil melihat lebih dari 3.000 satwa yang terdiri dari 300 spesies di Indonesia. Kawasannya juga dilengkapi dengan wisata alam, wahana permainan, restoran, dan masih banyak lagi. Mereka juga menyediakan akomodasi bagi Anda yang ingin menginap. Dua pilihan yang direkomendasikan yakni Royal Safari Resort dan Safari Lodge Hotel.

14. Padi Padi 

Courtesy of  Padi Padi
Courtesy of Padi Padi

Start from: 60.000 rupiah

Lokasi: Tangerang, Banten

Para generasi milenial, Anda siap? Pemilik akun TikTok mungkin sedikit tidak asing. Ya, tempat yang sempat menjadi perhatian banyak orang ini memang layak dikunjungi. Tidak hanya suasana yang mendukung, Anda juga dapat meluangkan waktu berkualitas bersama anak-anak dengan bermain bola, menanam padi, memancing ikan, sesi foto, piknik, dan hal yang lebih menyenangkan lagi, Anda diperbolehkan membawa hewan peliharaan Anda.

15. Cimory Dairyland Puncak

Courtesy of  Cimory Dairyland Puncak
Courtesy of Cimory Dairyland Puncak

Courtesy of  Cimory Dairyland Puncak
Courtesy of Cimory Dairyland Puncak

Start from: 30.000 rupiah

Lokasi: Puncak, Bogor, Jawa Barat

Sudahkah Anda menyaksikan The Hobbit? Jika ya, Anda akan mengerti apa yang akan saya bicarakan. Cimory Dairyland Puncak menyediakan wahana Rabit Garden, Tractor Tour de Farm, Fun Archery, Moo Moo Train, Duck Feeding, Pony Riding, ATV Adventure, Photo with Parrot, dan terakhir kawasan Magic Village yang tampak seperti Bilbo Baggins. 

16. Scientia Square Park

Courtesy of  Scientia Square Park
Courtesy of Scientia Square Park

Courtesy of  Scientia Square Park
Courtesy of Scientia Square Park

Start from: 45.000 rupiah

Lokasi: Kelapa Dua, Tangerang, Banten

Bertujuan untuk memfasilitasi gaya hidup masyarakat kota yang sangat dinamis dan semakin lekat dengan teknologi pada awalnya, kini Scientia Square Park seperti pusat dari segala rencana perjalanan di Tangerang. Dipenuhi dengan aktivitas fun bersama keluarga, juga pilihan tempat makan yang nyaman. Dan apakah Anda tahu alpaca yang sempat hit di media sosial Tanah Air? Ya, itu merupakan salah satu alpaca di sana.

17. Buumi Playscape

Courtesy of  Buumi Playscape
Courtesy of Buumi Playscape

Start from: 195.000 rupiah

Lokasi: Pacific Place Mall, Jakarta Selatan

Nikmati waktu bermain berkualitas bersama si kecil di pusat permainan anak yang tidak hanya dapat bermain secara fisik tetapi juga permainan eksperimental dan terarah. Di sini, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halusnya, dengan cara yang menyenangkan.

18. Youreka Kids Farm

Courtesy of  Youreka Kids Farm
Courtesy of Youreka Kids Farm

Courtesy of  Youreka Kids Farm
Courtesy of Youreka Kids Farm

Start from: 220.000 rupiah

Lokasi: Kuningan City, Jakarta Selatan

Ingin mengetahui minat anak? Youreka Kids Farm merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan jawabannya. Anda hanya perlu memantau saat ia sedang mengeksplorasi minat dan bakat kuliner mereka sambil belajar memasak makanan dari pertanian atau peternakan. Terdapat berbagai pilihan arena yang bisa dinikmati, seperti ball pool, area digital, dan area market

Baca juga: 

Rekomendasi Model Tas Sekolah untuk Anak-Anak

Ikuti Permainan Padu Padan Busana Anak

Simak Cara Memantau Anak yang Suka Main Game Online

Rekomendasi Produk Kulit untuk Ibu dan Anak yang Bisa Dicoba

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Tevia Andriani, Foto: Courtesy of Jakarta Aquarium, Skyworld Indonesia, J-SKY Ferris Wheel, Kidzania Jakarta, Trampoline!: Bounce Street Asia, Flow Rider Pondok Indah Waterpark, Kebun Raya Bogor, Museum of Toys, Branchsto Equestrian Park, Dunia Fantasi, Seaworld Indonesia, Sky Rink Jakarta, Taman Safari Bogor, Padi Padi, Cimory Dairyland, Scientia Square Park, Buumi Playscape, Youreka Kids Farm)