Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pablo Larrain Ungkap Dirinya Ingin Ceritakan Kisah Putri Diana dengan Berbeda

Sutradara Spencer berbicara kepada BAZAAR.com tentang membayangkan dunia emosional sang putri.

Pablo Larrain Ungkap Dirinya Ingin Ceritakan Kisah Putri Diana dengan Berbeda
Courtesy of Bazaar US

Spencer, yang telah hadir bioskop, bukanlah film biografi standar Anda. Faktanya, ini sama sekali bukan film biografi.

Baca juga: Bagaimana Perancang Kostum Film Spencer Bisa Menyempurnakan Gaya Fashion Putri Diana yang Ikonis?

Disutradarai oleh Pablo Larraín, film ini adalah fantasi yang terinspirasi oleh orang sungguhan, Putri Diana, tetapi menggambarkan peristiwa yang hanya mungkin terjadi. Ini adalah tragedi yang berpusat pada seorang wanita bermasalah di mata publik, tidak seperti film Pablo 2016, Jackie, yang dibintangi Natalie Portman sebagai Jackie Onassis pada hari-hari setelah pembunuhan suaminya saat itu, Presiden John F. Kennedy.

Spencer juga fokus hanya pada beberapa hari. Kristen Stewart memerankan Diana yang mulai berputar-putar akibat dipaksa menghabiskan Natal bersama Pangeran Charles, suaminya yang jelas-jelas mencintai wanita lain, dan keluarga tradisionalnya. Hidupnya penuh dengan kemegahan dan keadaan, ia sangat membutuhkan pergi ke luar di mana ia bisa menjadi dirinya sendiri. Film ini, seperti Jackie, menggunakan elemen horor, seperti bidikan yang ketat dan hal yang mengejutkan, untuk menangkap kondisi mental dan perjalanan emosional Diana.

“Saya pikir kita semua melewati saat-saat di mana keputusan besar harus dibuat. Ini adalah momen yang dapat menentukan kami, dan keputusan itu dapat menciptakan krisis besar,” kata sutradara Pablo Larraín kepada BAZAAR. “Ketika kita berada dalam krisis, kita berperilaku dengan cara yang tidak biasa kita lakukan. Krisis itu dapat mengungkapkan banyak hal tentang kita. Saya pikir itu adalah pendekatan yang bagus.”

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Spencer memiliki set dalam dekaden dunia kosong Diana, di Sandringham Palace, salah satu perkebunan negara Ratu, selama rentang tiga hari pada liburan Natal bersama keluarga kerajaan. Visi Pablo rumit dan bersemangat yakni pakaian harus menggambarkan pedesaan Inggris yang indah. Setiap ruangan di istana dari aula besar dan ruang makan hingga lemari es besar, mendominasi, dan indah, menciptakan suasana yang fantastis. Pengaturan glamor Pablo sangat kontras dengan pola pikir gelap Diana. "Ini potret yang sangat intim," kata Pablo. “Ini adalah kisah yang diceritakan dari sudut pandangnya, jadi kami melihat sudut pandangnya, dan kami bersamanya juga mengalami segalanya dari matanya. Ini hanya waktu yang sangat kecil, tetapi ini tentang identitasnya. Ini tentang dirinya sebagai seorang wanita, sebagai seorang ibu.”

Sorotan Spencer adalah penampilan luar biasa Kristen Stewart, yang menghasilkan pujian tinggi dan buzz Oscar. Orang mungkin mengharapkan Pablo untuk berbicara tentang momen ketika ia pertama kali melihat Kristen Stewart dengan rambut penuh, rias wajah, dan kostum di lokasi syuting, tetapi ia mengatakan itu tidak mengejutkan karena mereka telah menghabiskan begitu banyak waktu bersama untuk mempersiapkan peran tersebut, membicarakannya di Zoom, melatih aksennya, dari setiap pertemuan. Pada saat film mulai syuting, Pablo mengenal Diana dengan akrab. “Ada sesuatu internal yang berhubungan dengan kerapuhan (Diana) dan bagaimana Anda bisa melihat diri Anda dalam dirinya. Akhirnya Anda tidak melihat Kristen. Anda melihat Diana, dan itu adalah latihan perfilman yang luar biasa,” katanya.

Film ini menampilkan beberapa elemen fantastis, termasuk penampilan dari Anne Boleyn, Ratu Inggris dan istri kedua Henry VIII. Ada juga beberapa hal yang mengganggu yang melibatkan kalung mutiara pemberian kepada Diana oleh Charles sebagai hadiah Natal. Diana tahu bahwa Charles memberi Camilla kalung yang sama, yang meningkatkan kecemasan, kemarahan, dan rasa tidak amannya. Selama makan malam, Diana, yang merasa tidak nyaman berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja dengan Charles, berjuang untuk memakan supnya. Dan kemudian, sesaat setelah diambil dari film thriller psikologis, ia menarik kalung itu dari lehernya. Mutiara jatuh ke dalam sup dan iaia mengunyahnya menjadi potongan-potongan kecil, dengan efek suara yang sangat realistis sehingga akan membuat kulit Anda merinding. Itu tidak benar-benar terjadi, ini adalah momen simbolis yang menarik kita lebih dalam ke dalam pikiran Diana, tapi itu sangat menggugah.

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Film ini juga membahas bulimia (penyakit merasa lapar yang berlebihan dan ingin selalu makan, tetapi setelah makan lalu muntah) Diana secara lebih langsung. Ada beberapa adegan yang menggambarkan pesta makannya, dan beberapa adegan ia memaksa dirinya untuk muntah di kamar mandi, tetapi mereka tidak pernah merasa serampangan atau sensasional. Pablo menghindari kiasan umum yang berfokus pada ketipisan karakter, dan sebaliknya melihat di mana Diana secara mental dan emosional yang mengarah pada hal ini.

“Saya memiliki keterbatasan dalam pandangan saya karena saya laki-laki,” katanya. "Saya telah belajar hal-hal dalam proses dengan Kristen dan aktris lain yang bekerja dengan saya bahwa Anda harus mendengarkan, dan Anda harus memahami bahwa ada saat-saat tertentu di mana Anda bertanya, 'Bagaimana Anda ingin melakukan ini?'" katanya. “Dalam adegan kamar mandi itu, saya benar-benar mengoperasikan kamera. Saya akan bertanya, 'Menurutmu bagaimana kita harus melakukan ini, Kristen?' Dan saya akan melakukannya seperti itu, jadi itu tidak hanya menjadi perspektif saya."

Dengan Jackie dan Spencer, Anda pasti bertanya-tanya apa film Pablo berikutnya untuk menyelesaikan trilogi wanita tidak resminya. Apakah ada seseorang dari sejarah yang ada dalam pikiran Pablo? "Saya tidak yakin, tapi itu pasti seseorang dari abad ke-20, saya pikir," katanya. "Mungkin sepertiga dan yang terakhir, mungkin. Saya tidak yakin.”

Baca juga:

4 Tampilan di Film Spencer yang Dipakai Putri Diana di Kehidupan Nyata

Momen-Momen Penting dalam Kehidupan Putri Diana

Kristen Stewart Kembali Perlihatkan Transformasi dengan Rambut Bob Khas Putri Diana untuk Film Spencer

(Penulis: Carrie Wittmer; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)