Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Fakta Jung Ho Yeon, Aktris Korea dengan Followers Terbanyak

Memulai karier dengan penuh tekad, terjun ke dunia modeling.

15 Fakta Jung Ho Yeon, Aktris Korea dengan Followers Terbanyak
Courtesy of Instagram @hoooooyeony

Siapa di sini yang tidak pernah mendengar Squid Game? Sebuah drama milik Netlix yang telah menjadi pertunjukan paling mendebarkan tahun ini, sejauh ini. Salah satu karakter utamanya yaitu HoYeon Jung (begitu nama akrabnya) yang memerankan karakter Kang Sae Byeok, seorang pembelot Korea Utara yang bergabung ke dalam permainan untuk mendapatkan uang agar kakaknya keluar dari panti asuhan dan ibunya keluar dari Korea Utara, pun mendapatkan perhatian khusus dari banyak penggemar drama berkat aktingnya yang luar biasa. Dan ternyata, setelah ditelusuri lebih dalam, HoYeon merupakan sosok penuh talenta yang mempunyai mimpi untuk terjun dalam dunia perfilman. 

Baca juga: Apakah Serial Squid Game Akan Hadir Season 2?

Awal mula dirinya dikenal sebagai seorang model berpengalaman yang mengikuti ajang pencarian model papan atas Korea’s Next Top Model Cycle 4. Sejak itu HoYeon mendapatkan banyak penawaran lain, memulai karier sebagai model freelance yang berkesempatan menjadi sampul Harper's Bazaar Korea edisi Februari 2018 dan pada akhirnya mencapai segala mimpi yang ia inginkan. Simak 15 fakta menarik mengenainya yang perlu Anda ketahui sebelum menyebut diri Anda tahu akan dirinya!

Courtesy of Instagram @hoooooyeony
Courtesy of Instagram @hoooooyeony

1. Miliki zodiak Gemini, HoYeon Jung dengan nama asli Jung Ho Yeon lahir pada 23 Juni 1994, Seoul, Korea Selatan.

2. Tak heran dirinya terlihat tinggi dari pemeran perempuan di Squid Game, karena tinggi badannya mencapai 176 cm.

3. Dengan tinggi badan yang ideal, ia memulai karier sebagai model pada usia 16 tahun tanpa agensi dan cukup dapat dikatakan berhasil untuk seorang pemula bisa berjalan di Seoul Fashion Week. Dua tahun kemudian sang model menandatangi kontrak serta bergabung dengan manajemen model ESteem Models.

Courtesy of Instagram @hoooooyeony
Courtesy of Instagram @hoooooyeony

4. Setelah mendapatkan keberanian dalam dunia modeling, HoYeon ikut serta dalam ajang pencarian model papan atas Korea’s Next Top Model Cycle 4. Ia sempat tereliminasi di episode ke-3, kembali bertanding di episode ke-5, dan memenangkan peringkat ke-2 pada musim itu serta mendapatkan ketenaran melaluinya.

5. Merasa kariernya di dunia modeling tidak akan berkembang pesat jika tetap berada di tempat kelahirannya, ia sempat meninggalkan Korea untuk mengejar mimpinya. Untuk mengatur segala kebutuhan yang berhubungan dengan model ia pun bergabung dengan beberapa manajemen baru yaitu The Society Management, Elite Model Management, dan Nomad Management. 

6. Lakukan debut runway internasional-nya di New York Fashion Week untuk Opening Ceremony Spring/Sumer 2017 dan untuk Paris Fashion Week sebagai model eksklusif Louis Vuitton Spring/Summer 2017. Itulah awal mula hubungannya bersama para rumah mode ternama.

Courtesy of Instagram @hoooooyeony
Courtesy of Instagram @hoooooyeony

Courtesy of Instagram @hoooooyeony
Courtesy of Instagram @hoooooyeony

7. Tidak lama dari debutnya, HoYeon terlihat berada di mana-mana dengan berbagai merek fashion dunia yang tak terduga. Seperti Marc Jacobs, Alberta Ferretti, Chanel, Max Mara, dan Fendi, hingga berhasil menjadi wajah dari sampul Harper's Bazaar Korea.

Courtesy of Instagram @hoooooyeony
Courtesy of Instagram @hoooooyeony

Courtesy of Instagram @hoooooyeony
Courtesy of Instagram @hoooooyeony

8. Kariernya terus melejit dan mulai mendapatkan beberapa gelar hebat. Pada tahun 2018, ia berhasil meraih daftar Top 50 Models oleh Models.com, sebuah platform fashion yang memberikan peringkat (yang cukup) bergengsi kepada model-model di dunia. Lalu, pada tahun 2019 di acara Asian Model Awards, HoYeon memenangkan Asian Star Award.

9. Melihat peluang karier seorang model tidak abadi, ia berpikir untuk memulai karier di dunia akting. Maka dari itu, HoYeon beberapa kali sempat kembali ke Korea sambil menjalankan karier modelingnya dengan mengambil pelajaran akting selama tiga bulan sekaligus memperlancar bahasa Inggrisnya untuk membantunya belajar. Pada Januari 2020, ia menandatangani kontrak dengan agensi bakat Korea Saram Entertainment.

10. Squid Game adalah debut film pertamanya. Drama milik raksasa streaming terbesar, Netflix itu telah menjadi awal dari karier HoYeon di dunia perfilman. Pertunjukan paling mendebarkan tahun ini, sejauh ini, telah menjadi hit viral paling mengejutkan bagi streamer. Serial ini mengikuti kontestan dewasa dalam Game tipe Battle Royale, dengan beberapa babak berdasarkan permainan tradisional Korea dan anak-anak global (seperti Tug of War dan Red Light, Green Light).

Courtesy of Instagram @hoooooyeony
Courtesy of Instagram @hoooooyeony

11. Sang model berteman sangat baik dengan Jennie Blackpink. Bulan September lalu, ia baru saja mengunggah foto kebersamaanya di mana latar belakangnya terlihat seperti lokasi syuting Squid Game. Dan pada sebuah video bermain para pemain SG di kanal YouTube Still Watching Netflix, lawan mainnya Lee Jung-jae, yang memerankan Seong Gi Hun, mengatakan bahwa pertemanan keduanya sangat dekat. Ia juga mengungkapkan bahwa Jennie sempat mengunjungi mereka saat syuting dengan coffee truck.

Courtesy of Instagram @hoooooyeony
Courtesy of Instagram @hoooooyeony

12. Setelah semua yang telah ia lewati dengan segala tenaga yang ia berikan pada setiap pekerjaannya, sekarang ia merupakan aktris Korea yang miliki followers terbanyak yaitu 23 juta (per 1 November 2021), mengalahkan Lee Sung Kyung. Sejak serial ini dirilis pada 17 September, ia telah berubah dari 410.000 pengikut menjadi jutaan hanya dalam waktu tiga minggu, menurut sebuah statistik yang telah ditinjau Forbes.

13. Mempunyai keinginan untuk bermain dalam film romansa. Mengingat Squid Game adalah pengalaman akting pertama model, pastinya HoYeon masih mempunyai banyak keinginan untuk mendapatkan pengalaman karakter lainnya seperti "perempuan yang sedang jatuh cinta," ucapnya dalam wawancara singkat Netflix.

14. Dari seluruh bagian badannya, HoYeon mengatakan bahwa dua tahi lalat wajahnya, di bawah mata, merupakan daya tarik paling kuatnya. Ia mengatakannya sendiri pada wawancara yang sama dengan sebelumnya, bahwa dua tahi lalat tersebut adalah fitur yang paling disukai olehnya.

Courtesy of Instagram @hoooooyeony
Courtesy of Instagram @hoooooyeony

15. Telah dinobatkan sebagai Global House Ambassador Louis Vuitton pada awal Oktober 2021. Inilah berita yang baru-baru saja menggemparkan media sosial, di mana sang aktris yang telah memiliki hubungan erat dengan Louis Vuitton akhirnya menjadi wajah terbaru dari rumah. Kedua pihak saling mengagumi satu sama lain dan tidak sabar untuk memulai perjalanan baru.

Baca juga: 20 Fakta Wi Ha Joon, Aktor yang Berhasil Mencuri Perhatian Berkat Perannya di Squid Game

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of Instagram @hoooooyeony)