Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

20 Fakta Wi Ha Joon, Aktor yang Berhasil Mencuri Perhatian Berkat Perannya di Squid Game

Sudah siap mengenal lebih dekat aktor pemeran karakter detektif di drama hits Squid Game?

20 Fakta Wi Ha Joon, Aktor yang Berhasil Mencuri Perhatian Berkat Perannya di Squid Game
(Foto: Courtesy of Instagram @wi__wi__wi)

Berhasil mencuri banyak hati para penonton Squid Game ketika dirinya berperan sebagai seorang detektif yang menyusup ke arena permainan Squid Game demi mencari kakak laki-lakinya yang secara misterius menghilang, aktor Wi Ha Joon di industri hiburan Korea sebetulnya bukanlah nama baru. 

Baca juga: Lama Tak Muncul di serial TV, Lee Jung Jae Siap Menyapa Anda di Squid Game, Apa Alasan Ia Bergabung?

Telah eksis berkarya sejak tahun 2012, dan kerap kali menjadi pemain pria kedua dalam berbagai judul drama hits mulai dari Something in The Rain hingga 18 Again, di bawah ini telah Bazaar rangkumkan 20 fakta menarik mengenai sang aktor yang perlu Anda ketahui sebelum menyebut diri Anda penggemarnya!

(Foto: Courtesy of Instagram @wi__wi__wi)

1. Lahir pada 4 Agustus 1991 di Pulau Wando, Provinsi Jeollanam-do, Korea Selatan, ia lahir dengan nama asli Wi Hyun Yi.

2. Seperti yang diutarakan dalam sebuah wawancara, alasan ia mengganti namanya menjadi Wi Ha Joon adalah karena menurut agensinya, nama aslinya tak memiliki makna yang berarti. “Pada masa-masa awal saya bergabung di perusahaan, CEO mengatakan bahwa nama saya tidak memiliki arti yang baik, jadi mereka meminta saya untuk mengubahnya,” ceritanya.

3. Sangat gemar berolahraga, pria berzodiak Leo dengan tinggi badan 180 cm ini memang kerap kali memamerkan tubuh atletisnya lewat akun media sosialnya (@wi__wi__wi)

(Foto: Courtesy of Instagram @wi__wi__wi)

4. Tumbuh besar di Soando, sebuah pulau lain yang masih berada di Provinsi Jeollanam-do, ketika ia masih belia, ia diketahui gemar memainkan permainan gonggi klasik yang menggunakan kerikil atau batu plastik berwarna-warni. Dan permainan  ini turut ditampilkan di taman bermain yang terinspirasi dari Squid Game di Itaewon, yang ia kunjungi baru-baru ini!

5. Walaupun diketahui ayahnya memiliki peternakan abalone (jenis kerang mahal yang menjadi favorit orang Korea), nyatanya dalam sebuah episode dari acara variety show Korea Problem Child In The House, ia mengaku bahwa ia tidak datang dari keluarga kaya raya. "Keluargaku berhutang." Namun Ha Joon lebih lanjut mengklarifikasi bahwa ini adalah situasi mereka di masa lalu dan sekarang mereka telah bebas dari hutang.

6. Ia kemudian pindah ke Seoul saat ia duduk di kelas 3 SMA.

7. Kecintaannya pada dunia hiburan tumbuh setelah ia bergabung dengan klub dansa saat ia masih duduk di bangku sekolah menengah.

8. Wi Ha Joon mengambil jurusan Teater dan Film di Universitas Sungkyul.

9. Tak seperti kebanyakan aktor lainnya, Ha Joon telah menyelesaikan wajib militernya di Divisi Angkatan Udara Korea tepatnya sebagai seorang polisi militer.

(Foto: Courtesy of Instagram @wi__wi__wi)

10. Setelah bertemu dengan aktor Lee Jong Suk dalam proyek drama Romance is A Bonus Book, keduanya dilaporkan tetap menjaga hubungan persahabatan yang baik walaupun telah menyelesaikan proyek syuting.

11. Walaupun baru berhasil mencuri perhatian besar ketika dirinya berperan sebagai seorang detektif di drama orisinal Netflix Squid Game, nyatanya Wi Ha Joon telah aktif di industri hiburan sejak tahun 2012, tepatnya ketika ia pertama kali debut dalam film berjudul Peace in Them.

(Foto: Courtesy of Instagram @wi__wi__wi & @kknv1221)

12. Tahukah Anda bahwa Hi Ja Woon memiliki “kembaran lain” yang merupakan seorang aktor hingga membuat keduanya tak jarang berhasil mengecoh para penonton? Ya, bak sepasang kembar, Wi Ha Joon tak jarang dikatakan mirip dengan aktor Kim Kyung Nam yang berhasil meraih popularitas saat membintangi drama Prison Playbook dan juga King The Eternal Monarch. Bagaimana menurut Anda? Apakah keduanya berbagi kemiripan?

(Foto: Courtesy of Instagram @wi__wi__wi)

13. Ketika ditanya bagian tubuh mana yang paling membuat Ha Joon percaya diri, ia menjawab bahwa punggungnya adalah salah satu daya tarik utamanya dan ia gemar melatih otot punggungnya.

14. Ha Joon mengaku bahwa batas toleransi alkoholnya adalah hanya satu setengah botol soju dan bahwa sejujurnya ia tidak terlalu gemar minum-minum.

15. Makanan favoritnya adalah ramen, dan rasa es krim favoritnya adalah mint chocolate.

16. Tak hanya pandai berakting, Ha Joon juga telah membuktikan kualitas suaranya ketika dirinya menyumbangkannya suaranya untuk OST dari K-drama yang ia bintangi berjudul Matrimonial Class yang tayang pada tahun 2018 silam. Tonton klip-nya di sini.

(Foto: Courtesy of IMDb)

17. Dalam sebuah wawancara di tahun 2018, Ha  Joon mengaku bahwa bahwa ia selalu ingin berperan sebagai karakter antagonis, khususnya sebagai pembunuh berantai. Dan akhirnya mimpi tersebut menjadi kenyataan ketika  ia akhirnya membintangi film thriller berjudul Midnight. Berkat kepiawaiannya memerankan karakter antagonis, Ha Joon mampu menunjukkan sisi dualitasnya ketika ia berperan sebagai pria yang baik hati di siang hari namun merupakan seorang pembunuh di malam hari.

(Foto: Courtesy of Instagram @wi__wi__wi)

18. Ha Joon diketahui sangat menyayangi keponakan-keponakannya. Buktinya, ia kerap kali memamerkan sikap manisnya kepada para keponakannya lewat unggahan Instagram-nya.

19. Dalam wawancara bersama penyanyi Jessi ketika mempromosikan film terbarunya Shark: The Beginning, ketika ditanya mengenai sosok wanita idelanya, Ha Joon mengungkapkan bahwa ia akan jatuh hati dengan, “seseorang yang terlihat dingin tetapi ketika aku mengenalnya sebenarnya ia adalah seorang yang berhati lembut.”

(Foto: Courtesy of AsianWiki)

20. Benar-benar berhasil menarik perhatian fans ketika berperan sebagai detektif Hwang Jun Ho, sebenarnya Ha Joon telah membintangi deretan drama serta film sejak tahun 2015. Dan beberapa proyek dramanya yang lain yang tak kalah menarik seperti Something in the Rain, Romance is a Bonus Book, 18 Again, hingga film layar lebar Shark: The Beginning (tayang pada bulan Juni silam). Dan yang terbaru setelah Squid Game, rencananya ia akan membintangi drama Bad and Crazy bersama Lee Dong Wook (akan tayang pada bulan Desember mendatang). Are you excited?

Baca juga:

13 Drama Korea dan Reality Show yang Tayang Selama Bulan Oktober 2021, Mana yang Ditunggu?

(Foto: Courtesy of IMDb, AsianWiki, Instagram @wi__wi__wi & @kknv1221)