Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

14 Rekomendasi Minuman yang Cocok Diminum Saat Pagi Hari

Tidak hanya secangkir kopi yang dapatkan bangunkan Anda.

14 Rekomendasi Minuman yang Cocok Diminum Saat Pagi Hari
Michael Pondaag for Harper's Bazaar Indonesia

Ketika menikmati sarapan, apa minuman yang menjadi pendamping makanan Anda? Secangkir kopi hitam atau segelas kopi susu dingin mungkin adalah minuman wajib atau bahkan sarapan Anda setiap pagi. Dengan kandungan kafein yang tinggi, tentu kopi menjadi pilihan untuk membangunkan tubuh sekaligus pemberi semangat diri sebelum menjalani hari yang panjang.

Namun, mengawali hari tidak hanya dapat diberikan oleh secangkir kopi, terlebih jika Anda memiliki sistem percernaan yang tidak selalu bersahabat dengan kopi, ada berbagai pilihan yang lebih sehat dan ramah bagi lambung. Mulai dari air dengan perasan jeruk lemon hingga cokelat panas, berikut adalah minuman-minuman yang dapat Anda nikmati untuk memulai hari dengan kesegaran berbeda

Air hangat dengan perasan jeruk lemon

Foto: Courtesy of UNSPLASH / Claudia Crespo

Air putih menjadi minuman wajib ketika Anda bangun di pagi hari. Setelah bekerja sepanjang malam memulihkan diri, tubuh membutuhkan hidrasi yang maksimal dari konsumsi air putih. Namun, ada metode lain untuk menikmati air putih yang tidak hanya menghidrasi, tetapi juga menyegarkan serta membuang racun-racun dalam tubuh. Campurkan air putih hangat dengan perasan jeruk lemon dan Anda akan merasa berbagai manfaat yang baik untuk memulai hari. Mulai dari sistem pencernaan yang sehat, meredakan stres maupun meningkatkan suasana hati, hingga mengurangi kecenderungan Anda yang gemar mengudap camilan di tengah hari sehingga berdampak pada pola makan yang lebih baik.

Air madu dan kayu manis

Foto: Courtesy of Oleksandra Naumenko © 123RF.com

Minuman ini cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat tubuh, meningkatkan imunitas tubuh maupun menghilangkan bau mulut. Madu dan kayu manis adalah dua bahan yang paling umum digunakan oleh masyarakat India karena pada praktik Ayurveda, kedua bahan tersebut ketika dipadukan memberikan manfaat untuk atasi gangguan pencernaan, menyembuhkan deman, serta memulihkan infeksi pada saluran kemih. Cukupkan mencampurkan kayu manis bubuk dan madu, kemudian diseduh dengan air hangat. Anda meminumnya dalam keadaan perut masih kosong sehingga sangat cocok dinikmati pagi hari.

Teh kamomil

Foto: Courtesy of UNSPLASH/ Irene Ivantsova

Jenis teh yang terbuat dari kelopak bunga ini terkenal memberikan ketenangan bagi gemar meminumnya sehingga jika memilih untuk menikmati pagi Anda dengan lebih santai dan tenang, teh bunga kamomil bisa menjadi pilihan. Selain melepaskan penat dan stres, teh satu ini dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga terhindar dari flu dan demam, serta dapat mengatasi gangguan pencernaan dan rasa nyeri pada perut.

Air kelapa

Foto: Courtesy of Valenti Gabdrakipova © 123RF.com

Kesegaran air kelapa muda mungkin cocok dinikmati tengah hari untuk menemani makan siang Anda. Namun, meminum air kelapa di pagi juga dapat menjadi alternatif dari kopi hitam yang lebih sehat karena kandungan air kelapa yang kaya serat sehingga menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, air kelapa menjaga kesehatan jantung, menguatkan tulang melalui kandungan kalsium di dalamnya, serta meningkakan konsentrasi serta daya ingat yang baik selama Anda beraktivitas.

Cokelat panas

Foto: Courtesy of UNSPLASH / Maddi Bazocco

Rasanya segelas cokelat panas (mungkin ditambah dengan taburan marshmallow) adalah kenikmatan sederhana yang menemani Anda di akhir hari untuk setidaknya membuat suasana hati menjadi lebih baik. Namun, suasana hati yang bahagia juga dapat diawali ketika hendak memulai hari, tentunya dengan menikmati segelas cokelat panas menikmati udara pagi yang sejuk. Seduh bubuk cokelat atau lelehkan cokelat hitam dan kemudian dicampurkan dengan susu pilihan – disarankan Anda mencoba susu yang terbuat dari kacang-kacangan – sehingga menyajikan minuman yang tidak hanya memberi energi tetapi juga menjaga suasana hati.

Masala Chai

Foto: Courtesy of Elena Veselova © 123RF.com

Ramuan jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan lada hitam yang khas dari India ini juga dapat menjadi alternatif minuman di pagi hari. Beragam rempah yang diramu dalam satu cangkir ini akan membangunkan Anda di pagi hari dan serta kandungan lada hitam, jahe, dan kayu manis yang kaya akan antioksidan melindungi tubuh dari peradangan. Ketika meminum masala chai, teksturnya akan mengingatkan Anda dengan secangkir kopi susu favorit tanpa kafein yang berlebihan.

Air lidah buaya

Foto: Courtesy of Brent Hofacker © 123RF.com

Ekstrak lidah buaya dikenal sebagai bahan untuk mengobati luka, kulit yang meradang akibat sinar matahari, maupun menebalkan rambut, tetapi faktanya, tumbuhan satu ini juga membantu atasi gangguan pencernaan. Ekstrak lidah buaya memiliki kandungan anti peradangan yang membantu atasi peradangan pada bagian usus dan terbukti bermanfaat bagi penderita gangguan sistem pencernaan.

Golden Milk

Foto: Courtesy of UNSPLASH / Osha Key

Jika Anda memulai pagi dengan segelas susu hangat, mungkin minuman satu ini dapat menambah cita rasa berbeda dalam gelas Anda. Susu kunyit atau golden milk adalah sebuah minuman masyarakat India yang kaya khasiat. Kuning keemasan menjadi warna yang mendominasi karena minuman ini menggunakan kunyit sebagai bahan utama. Susu ini kaya akan antioksidan karena selain kunyit, kayu manis dan jahe menjadi bahan campuran dalam minuman satu ini, yang kemudian membantu tingkatkan sistem imunitas tubuh serta menjaga proses pencernaan. Anda cukup mencampurkan susupilihan Anda, kunyit, jahe, bubuk kayu manis, dan lada hitam yang dihancurkan. Madu juga dapat ditambahkan jika Anda ingin menikmati susu ini dengan sedikit rasa manis.

Teh peppermint

Foto: Courtesy of murika © 123RF.com

Mungkin Anda tidak asing mendengar kata peppermint salah satu daun yang kaya akan antioksidan dan menjadi salah satu cara menjaga kesehatan. Dengan kandungan mentol di dalamnya, tumbuhan satu ini telah menjadi bahan utama dalam pembuatan minyak esensial maupun teh. Daun yang dikenal denga khasiatnya ini dapat menjadi pilihan untuk Anda seduh di pagi hari, karena selain baik untuk tubuh, kesegaran rasa peppermint dapat memberikan semanga serta meredakan stres yang Anda rasakan. Ketenangan yang dirasakan pada pagi hari sangat berdampak pada bagaimana Anda menjalani aktivitas sepanjang hari.

Air jahe

Foto: Courtesy of Akepo Srichaichana © 123RF.com

Jahe telah menjadi salah satu rempah yang paling banyak dikenal khasiatnya. Selain rasanya yang tajam, rempah satu ini telah menjadi bahan wajib dalam pengobatan alternatif dan terbukti dengan meminum air jahe secara reguler, tubuh akan merasa manfaat jahe secara optimal. Ketika membiasakan diri meminum air jahe setiap pagi, minuman ini akan meningkatkan sistem pencernaan, melancarkan sistem peredaran darah, serta menjaga kekebalan tubuh. Cukup merebus jahe yang sudah diiris tipis dengan air selama 15 menit, setelah didiamkan beberapa saat, Anda dapat langsung meminumnya atau menambahkan perasan jeruk lemon.

Bulletproof Coffee

Foto: Courtesy of Natasha Breen © 123RF.com

Namun, jika Anda belum dapat melepaskan diri dari aroma dan rasa kopi hitam di pagi, bulletproof coffee dapat menjadi pilihan. Anda hanya membutuhkan tiga bahan: kopi hitam, mentega, dan minyak kelapa. Meski secara terpisah, ketiga bahan tersebut sepertinya bukan sarapan yang seimbang, tetapi ketika dipadukan akan menjadi sebuah minuman berenergi yang juga membantu proses penurunan berat tubuh. Bulletproof coffee adalah sebuah kreasi kopi yang ditujukan untuk membakar lemak dan kalori tanpa harus mengonsumsi sumber karbohidrat instan. Anda cukup mencampurkan kopi hitam yang telah diseduh, selagi panas masukkan mentega dan minyak kelapa dan mengaduknya hingga larut.

Teh Kombucha

Foto: Courtesy of Brent Hofacker © 123RF.com

Minuman hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan bantuan mikrobakteri bernama kombucha dan disimpan selama delapan hingga 12 hari. Teh yang berasal dari Tiongkok ini kemudian menjadi tren baru dalam gaya hidup sehat masyarakat saat ini. Kandungan kombucha yang kaya akan antioksidan dapat menjadi minuman pilihan Anda di pagi hari. Dengan memadukan teh hitam atau hijau, gula, ragi, serta bakteri tersebut, kombucha menjadi minuman yang kaya akan probiotik sehingga meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, mencegah panas dalam, serta membantu penurunan berat tubuh. Selain itu, mengonsumsi kombucha dapat mengurangi risiko penyakit jantung serta membunuh bakteri dan radikal bebas karena minuman ini juga memiliki manfaat yang mirip dengan teh hijau.

Air mentimun

Foto: Courtesy of fortyforks © 123RF.com

Selain menghidrasi tubuh dengan kandungan air dalam sayuran satu ini, air mentimun dapat menyegarkan tubuh Anda di pagi hari. Selain menyegarkan, dengan kandungan air yang tinggi, tubuh akan terasa lebih kenyang sehingga perlahan dapat mengurangi porsi makan Anda. Selain itu, air mentimun memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C sehingga dengan konsumsi yang teratur dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan penurunan fungsi penglihatan.

Jus buah delima

Foto: Courtesy of Alp Aksoy © 123RF.com

Jus segar di pagi hari tidak harus selalu didominasi dengan bayam. Untuk sesuatu yang berbeda, buah delima dapat menjadi salah satu alternatifnya. Buah delima dikenal dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari anggur merah maupun teh hijau sehingga sangat baik untuk membunuh radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, kandungan flavonol dalam jus buah delima mencegah peradangan yang berdampak pada kekuatan struktur tulang sehingga ditemukan dapat melindungi tulang dari kerapuhan dan nyeri otot.

Setiap orang membutuhkan kesegaran di pagi hari dan mungkin secangkir kopi adalah minuman yang paling sederhana. Namun, Anda tentu dapat melengkapi menu wajib penyuplai energi sepanjang hari dengan variasi yang lebih ramah bagi pencernaan dan tentunya lebih sehat. Selamat mencoba!

(Penulis: Vanessa Masli)