Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kopi Kenangan x Pipiltin Cocoa: Kolaborasi dari Kreasi Anak Bangsa

Seluruh minumannya gunakan 100% bahan-bahan dari Indonesia

Kopi Kenangan x Pipiltin Cocoa: Kolaborasi dari Kreasi Anak Bangsa
(Foto: Courtesy of Kopi Kenangan)

Kopi telah menjadi nyawa dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia. Mulai dari sumber semangat setiap pagi (atau bahkan larut malam) hingga kawan terbaik di tengah banyaknya tanggung jawab yang harus terselesaikan, kopi adalah salah satu minuman yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan berkembangnya industri kopi kreasi dalam negeri menjadi sebuah motivasi besar bagi ritel minuman Kopi Kenangan untuk meningkatkan kecintaan konsumen terhadap produk lokal, khususnya kopi dan cokelat.

Dengan demikian, Kopi Kenangan menggandeng artisan cokelat kreasi anak bangsa, Pipiltin Cocoa (yang juga menjadi pemasok tunggal semua produk cokelat dalam varian minuman Chocolate Series milik Kopi Kenangan), untuk meluncurkan kampanye bertajuk Cinta Lokal (CinLok). Kolaborasi minuman ini terdorong dari kesamaan visi kedua perusahaan untuk terus mengembangkan komoditas lokal Indonesia. “Saya harapa melalui CinLok kita dapat turut membantu geliat petani dan UMKM lokal, khususnya dalam industri terkait, yaitu kopi dan cokelat,” ungkap Edward Tirtanata selaku CEO dan co-founder dari Kopi Kenangan.

(Foto: Courtesy of Kopi Kenangan)
(Foto: Courtesy of Kopi Kenangan)

Dalam menjalani usahanya, Kopi Kenangan telah menggunakan berbagai biji kopi yang bersumber dari berbagai daerah di Indonesia – mulai dari kopi arabika dari Aceh, dan Sumatera Utara hingga kopi robusta dari Jawa Barat dan Flores – sehingga secara tidak langsung berkontribusia kepada kesejahteraan petani dan pelaku usaha dalam rantai pendistribusian kopi di Tanah Air.

Hal senada juga diungkapkan oleh Tissa Aunila selaku co-founder dari Pipiltin Cocoa yang berharapa kolaborasi seperti CinLok dapat menciptakan ekosistem untuk mendukung perkembangan produk dan petani lokal. “Indonesia sangat kaya akan varietas tanaman seperti cokelat dan kopi, bahkan merupakan produsen besar dari kedua produk tersebut, tetapi kerap kali kalah pamor di negeri,” ungkap Tissa. Selain menumbuhkan rasa cinta yang lebih dalam terhadap komoditas lokal, kolaborasi Kopi Kenangan dan Pipiltin ini juga menyoroti keberlanjutan dan kesejahteraan petani sehingga memilih mitra atau pemasok bahan baku menjadi elemen penting bagi keduanya dalam mengembangkan usaha. “Kami harap CinLok dapat memberi sorotan lebih terhadap pentingnya keberlanjutan dan mendorong konsumen untuk mengonsumsi produk lokal,” jelas Tissa.

Kolaborasi CinLok hadir dalam menu Chocolate Series keluaran Kopi Kenangan yang terdiri dari lima varian, 100% Cokelat dan Cokelat Hazelnut dalam ukuran single cup maupun kemasan satu liter; serta Cokelat Pisang, Cokelat Salted Caramel, dan Mocha Latte (kopi maupun cokelat) hadir dalam ukuran single cup. Kenikmatan paduan cokelat (dan kopi) kolaborasi Kopi Kenangan dan Pipiltin bisa Anda dapatkan di gerai-gerai terdekat.

(Penulis: Vanessa Masli)