Selamat datang di The Week in Fashion, panduan singkat dari Bazaar mengenai topik-topik yang sedang diperbincangkan di industri mode.
BACA JUGA: Seluruh Penampilan Selebriti di Academy Museum Gala 2025
Simak kelima berita dari dunia mode untuk menemani langkah Anda di minggu ini:
1. Dakota Johnson Bergabung dengan Keluarga Valentino sebagai Global Brand Ambassador
Dakota Johnson kini memulai peran barunya. Dan tidak, kali ini bukan untuk serial televisi atau film. Awal pekan ini, diumumkan bahwa bintang Materialists tersebut telah ditunjuk sebagai global brand ambassador untuk Valentino, menjadikannya salah satu nama pertama yang diangkat di bawah arahan direktur kreatif baru, Alessandro Michele.
“Saya sangat gembira bisa bergabung dengan keluarga Valentino dan lebih dari itu, bahagia dapat kembali bekerja bersama sahabat terdekat saya, Alessandro Michele,” ujar Dakota dalam pernyataannya. “Merupakan sebuah kehormatan dan kegembiraan untuk memulai babak baru ini bersama tim yang luar biasa dan penuh talenta.”
Sebagaimana disampaikan oleh maison tersebut dalam pengumumannya, Dakota melanjutkan “dialog berkelanjutan dengan individu-individu yang mewujudkan komitmen terhadap seni, keanggunan, dan relevansi budaya.”
2. Balenciaga Merilis Kampanye Perdana di Bawah Arah Kreatif Pierpaolo Piccioli
Awal bulan ini, Pierpaolo Piccioli resmi memulai debutnya sebagai direktur kreatif Balenciaga setelah meninggalkan posisi serupa di Valentino yang telah diembannya selama 17 tahun. Peragaan busananya yang dihadiri oleh bintang besar seperti Anne Hathaway dan Duchess Meghan berhasil menuai pujian, menampilkan interpretasi baru dari siluet ikonis, Cristóbal Balenciaga, memberi penghormatan pada mantan direktur kreatif Demna sekaligus mempertahankan ciri khas Pierpaolo sebagai desainer.
Kini, rumah mode tersebut meluncurkan kampanye perdananya di bawah arahan Pierpaolo dengan foto karya David Sims yang menandai era baru bagi label berusia 108 tahun itu. Dalam potret-potret tersebut, model Mona Tougaard dan Sandra Murray berpose di dalam l’Hôtel de Maisons sambil memegang dua tas ikonis Balenciaga: Rodeo dan Le City.
“Untuk kampanye pertama saya bersama rumah mode ini, saya ingin menghadirkan sesuatu yang terasa benar-benar personal dan mampu menceritakan kisah tentang keindahan yang alami serta sisi kemanusiaan yang lembut,” ujar Pierpaolo dalam pernyataannya. “Bekerja bersama sahabat saya sekaligus seniman, David Sims membuat proyek ini semakin istimewa. Bersama, kami menangkap sosok Mona dan Sandra sebagaimana adanya, spontan, nyata, lembut, namun kuat, sebuah refleksi dari sosok perempuan Balenciaga yang baru dan awal dari babak yang sangat bermakna bagi saya.”
3. Manolo Blahnik Gelar Pameran Marie Antoinette dan Afternoon Tea di Hôtel de Crillon
Musim gugur ini, Hôtel de Crillon di Paris seolah kembali ke abad ke-18 lewat sebuah pameran yang didedikasikan untuk mengenang keanggunan dan gaya ikonis Marie-Antoinette. Konon, ratu terakhir Prancis itu pernah mengambil pelajaran piano di salah satu salon hotel tersebut. Kini, ruangan-ruangan itu disulap menjadi tempat bagi pameran dari Manolo Blahnik yang merayakan warisan mode sang ratu. Para tamu hotel dapat menikmati koleksi sepatu, sketsa, serta capsule collection Manolo yang terinspirasi dari Marie-Antoinette, semuanya ditampilkan di area lobi dan boudoir hotel. Sementara itu, chef Matthieu Carlin menghadirkan afternoon tea istimewa di Jardin d’Hiver.
4. Louis Vuitton Kembali Berkolaborasi dengan Takashi Murakami
Louis Vuitton dan Takashi Murakami memang pasangan serasi di dunia mode. Setelah kembali bekerja sama awal tahun ini, keduanya sekali lagi menghadirkan kolaborasi yang penuh keajaiban. Sejak 2019, rumah mode asal Prancis tersebut secara rutin mengundang para seniman untuk menjadikan tas Capucines sebagai kanvas kosong, menghasilkan seri “Artycapucines”, koleksi tas edisi terbatas yang unik dan bernilai tinggi. Tahun ini, untuk bab ketujuh dari tradisi tersebut, Louis Vuitton menggandeng Takashi untuk merancang 11 variasi berbeda dari tas Capucines, semuanya diwujudkan dengan gaya khasnya yang penuh warna dan imajinatif. Koleksi Artycapucines VII diperkenalkan secara resmi di Art Basel Paris pada 21 Oktober lalu. Bagi yang ingin memilikinya, harus terlebih dahulu bergabung dalam daftar pemesanan yang cukup panjang.
5. Zimmermann Hadirkan Koleksi Resort dan Cruise Terbaru yang Membuat Kita Rindu Musim Panas
Kampanye terbaru dari Zimmermann akan membuat Anda serasa ingin segera terbang ke destinasi yang lebih hangat dan bernuansa pantai. Awal pekan ini, label mewah asal Australia tersebut meluncurkan koleksi Cruise 2026 Ready-to-Wear dan Resort/Swim 2026 yang dipenuhi detail ruffle feminin, motif floral, siluet lembut yang mengalir, serta permainan material seperti denim dan sutra yang dihadirkan dengan sentuhan ceria. Bagi Anda yang ingin memperbarui koleksi menjelang musim panas mendatang atau tengah merencanakan liburan tropis dalam waktu dekat, seluruh koleksi terbaru Zimmermann kini sudah tersedia di situs resminya.
BACA JUGA:
Kampanye Coach “Revive Your Courage” Bersama Elle Fanning, Soyeon, dan Lilas
7 Rekomendasi Model Blazer Wanita agar Terlihat Lebih Elegan dan Chic
(Penulis: Joel Calfee; Artikel disadur dari BAZAAR US; Alih bahasa: Syiffa Pettasere; Foto: Courtesy of BAZAAR US)
