Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Menghadapi mercury Retrograde Agar Aktivitas Tetap Menyenangkan

Tak perlu kuatir akan fenomena alam ini! Berikut tip untuk menghadapinya

Cara Menghadapi mercury Retrograde Agar Aktivitas Tetap Menyenangkan
Source: Pexels/Faik Akmd

Mercury retrograde akan segera dimulai lagi. Meski banyak ditakuti, namun sesungguhnya Mercury retrograde adalah bagian alami dari kosmos. Terjadi tiga kali dalam setahun selama tiga minggu setiap kali, pada kenyataannya Merkurius adalah planet yang paling sering mengalami retrograd dibandingkan planet lain dalam tata surya. Jadi jika Anda belajar bagaimana menavigasi waktu-waktu ini dengan bijak, maka kabar baiknya adalah Anda malah bisa menciptakan peluang sepanjang tahun untuk hal-hal yang sifatnya positif.

Berikut adalah jadwal terjadinya Mercury retrograde:

1 April 2024 hingga 24 April 2024,

5 Agustus 2024 hingga 27 Agustus 2024, dan

25 November 2024 hingga 15 Desember 2024.

Hal pertama yang perlu dipahami adalah Merkurius sebenarnya tidak bergerak mundur di langit melainkan ia hanya tampak seperti itu. Merkurius adalah planet yang bergerak paling cepat dalam tata surya. Ia mengelilingi matahari setiap 88 hari, yang berarti mengelilingi Bumi hingga empat kali dalam setahun. Ketika ia melewati bumi, ia akan menciptakan ilusi optik seperti ketika sebuah mobil melewati kendaraan lain yang bergerak lebih lambat. Tampaknya mobil yang lebih cepat sebenarnya bergerak mundur sejenak sampai sepenuhnya ia melewati mobil yang lebih lambat. Inilah efek yang sama dengan yang diciptakan oleh Mercury retrograde.

Secara keseluruhan, Merkurius mengatur komunikasi yang ada di bumi, termasuk semua teknologi dan sistem pertukaran informasi. Merkurius mengatur bagian-bagian yang menyerap informasi dalam sekejap dan mengirimkan informasi itu kepada orang lain. Ketika ia retrograd, aliran energi normal pun berbalik. Hal yang sama terjadi dengan komunikasi dalam perangkat digital kita semua. Server email turun, platform media sosial menunjukkan bug-nya, dan sistem normal mereka gagal memenuhi harapan Anda. Ini bisa menjadi waktu yang bakal membuat Anda frustrasi apalagi jika Anda sedang diburu oleh kepentingan tertentu seperti kerajaan yang mendesak atau hal lain yang berhubungan dengan koneksi internet. Oleh sebab itu,  berikut  adalah beberapa tip untuk membantu Anda dalam melewati masa-masa sulit yang disebabkan oleh fenomena Mercury retrograde.

Galaxy
Source: Pexels/Min An

Perhatikan kata-kata Anda

Selama periode Mercury retrograde, berhentilah sejenak sebelum Anda berbicara. Tarik napas dalam-dalam dan kumpulkan pikiran Anda, terutama jika Anda merasa kehilangan kata-kata. Jika akan berkomunikasi dengan pasangan, ambil jeda sepanjang percakapan untuk memberi waktu bagi kalian berdua untuk berpikiran tentang. Lalu jika Anda mengalami kesulitan lain dalam hal berkomunikasi pada sesama, pahami bahwa hambatan yang terasa sesungguhnya begitu dangkal. Informasinya sudah ada di kepala. Anda benar-benar hanya perlu menembus penghalang Mercury retrograde yang begitu kecil dan dapat dengan mudah diatasi dengan ruang dan waktu.

Biarkan orang lain bicara

Begitu Anda berhasil menembus ruang dan waktu serta membiarkan kata-kata Anda mengalir pada akhirnya, Mercury retrograde dapat memengaruhi Anda untuk terus berbicara dan tidak memberi kesempatan orang lain untuk melakukannya. Waspadalah terhadap dominasi percakapan Anda yang bisa mengganggu orang lain ini. Lagi-lagi, berhenti sejenak dan bernapaslah, beri diri Anda waktu untuk memperlambat diri sedikit. Kenali saat Anda mengambil keuntungan dari audiens yang tertutup dan kendalikan aliran informasi yang mungkin keluar dari Anda. Saat orang lain berbicara, kirimkan energi kepada mereka untuk membantu mereka memperjelas pikirannya. Ciptakan percakapan yang seimbang, di mana setiap orang merasa dilihat dan dihargai.

Hubungkan diri Anda dengan alam

Hal-hal yang cenderung rusak selama Mercury retrograde adalah sistem teknologi. Jika situs web Anda crash atau Anda terkunci dari e-mail Anda, gunakan waktu untuk memutus hubungan. Pergilah berjalan-jalan, lihat langit, atau celupkan kaki Anda ke laut. Ingatkan diri Anda bahwa tidak semua hal bersifat digital dan kadang-kadang Anda membutuhkan jeda dari perangkat Anda untuk terhubung dengan apa yang benar-benar esensial yaitu diri Anda sendiri. Gunakan waktu ini untuk berkomunikasi dengan alam dan Anda akan menemukan bahwa diri Anda lebih siap untuk menghadapi hari-hari kemudian.

Baca rincian

Anda bisa menandatangani kontrak saat Mercury retrograde. TAPI Anda harus membacanya dengan cermat sebanyak dua kali atau bahkan mungkin tiga kali. Mercury retrograde memiliki kebiasaan membuat kita melewatkan detail, terutama dalam bidang hukum. Mata dan pikiran Anda bergerak terlalu cepat melewati kata-kata sehingga kadang Anda tidak diberikan cukup waktu untuk memproses maknanya. Lagi-lagi, bernapas dan berhentilah sejenak. Baca dengan perlahan, luangkan waktu Anda,  dan Anda pun bisa meminta perpanjangan waktu. Pahami sepenuhnya apa yang Anda tandatangani sebelum Anda menulis di atas kertas. Jika Anda tidak nyaman dengan persyaratannya, biarkan Mercury retrograde membatalkan kontrak dan memulainya dengan yang baru. Sepertinya hal itu akan jauh lebih baik.

Konfirmasi rencana

Faktanya, Anda lebih rentan melewatkan banyak detil selama periode ini dibandingkan periode-periode lainnya. Misalnya saja perubahan jadwal, penerbangan yang terlewat, atau tanggal yang terlupakan. Selama tiga minggu ke depan, periksa kembali semua jadwal pertemuan dan pengaturan perjalanan Anda. Meski Anda merasa yakin seribu persen bahwa Anda memiliki waktu yang tepat, tetaplah verifikasi sebelum semua jadi berantakan. Karena biar bagaimanapun, fenomena Mercury retrograde bisa membuat segala sesuatunya jadi lebih rumit.

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Salah satu efek yang luar biasa dari Mercury retrograde adalah meningkatnya kemampuan untuk berbicara dengan diri sendiri. Retrograde terbukti mampu mengalihkan energi dari luar ke dalam. Hal ini jelas memungkinkan akses yang lebih dalam ke hati, intuisi, dan kompas batin Anda. Luangkan waktu untuk menulis jurnal dan menjelajahi pikiran Anda jika sedang ingin jadi pribadi yang lebih baik atau punya rencana untuk membenahi diri. Coba untuk memulai setiap pagi dengan mencatat rasa syukur dan menggaungkan afirmasi positif untuk diri Anda sendiri. Kegiatan ini akan membantu Anda mengatur ritme harian dan menghindari beberapa jebakan umum dari retrograde Merkurius yang justru bisa memperburuk keseharian.

Membuka diri

Terakhir, jika Mercury retrograde dianggap bisa merusak sesuatu dalam hidup Anda, anggaplah itu sebagai hal yang baik. Jika energi terkoneksi dengan sempurna, maka Merkurius tidak akan dapat memengaruhi semua hal yang bersifat buruk. Jika ia merusak beberapa hal, berarti hal-hal tersebut tidak pernah terhubung sejak awal. Anggaplah ini sebagai kesempatan Anda untuk membangun kembali semuanya dari nol. Versi berikutnya, ini tentu akan jadi fondasi yang lebih baik untuk semua rencana dan kegiatan Anda di kemudian hari. So, selamat menjalani retrograde tanpa perlu kuatir berlebihan!