Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rafael Nadal Umumkan Rencana Pensiun dari Dunia Tenis

“Ini jelas merupakan keputusan yang sulit, dan membutuhkan waktu bagi saya untuk mempertimbangkannya. Namun, dalam hidup ini, segala sesuatu pasti memiliki awal dan akhir.”

Rafael Nadal Umumkan Rencana Pensiun dari Dunia Tenis
Courtesy of BAZAAR US

Rafael Nadal resmi mengakhiri kariernya sebagai petenis.

BACA JUGA: Melihat Lebih Dekat RM 27-05, Kolaborasi Terbaru Richard Mille dengan Rafael Nadal

Petenis asal Spanyol yang telah meraih 22 gelar Grand Slam dan mencetak rekor dengan 14 gelar French Open ini mengumumkan rencana pensiun.

Meski sudah mulai jarang tampil di lapangan akibat serangkaian cedera, pagi ini Rafael membagikan video di media sosial yang menyatakan secara resmi bahwa ia akan segera pensiun dari dunia tenis.

"Beberapa tahun terakhir ini sangat berat, terutama dua tahun terakhir," kata Rafael dalam video tersebut. "Saya merasa tidak bisa bermain tanpa kendala. Keputusan ini tentu saja sulit dan membutuhkan waktu untuk saya pertimbangkan. Tapi dalam hidup, setiap hal memiliki awal dan akhir. Menurut saya, ini saat yang tepat untuk menutup karier yang lebih panjang dan lebih sukses dari yang pernah saya bayangkan."

Dalam video tersebut, Rafael juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukungnya selama ini, baik di dalam maupun di luar lapangan. Ia secara khusus mengapresiasi istrinya, María Francisca Perelló Pascual, atas dukungan yang telah ia berikan kepada Rafael dan keluarga mereka. "Bagi saya, keluarga adalah segalanya," ungkapnya sambil menyebut kedua orang tuanya dan putranya, Rafael Nadal Jr.

Turnamen terakhir yang akan diikuti Rafael adalah final Piala Davis di Malaga pada bulan November mendatang. Sebelumnya, ia direncanakan tampil di Laver Cup pada bulan September, namun batal karena masalah kebugaran.

Kabar ini menjadikan Rafael sebagai legenda tenis era 2000-an terbaru yang memutuskan pensiun, mengikuti jejak Roger Federer yang mundur pada 2022, di tahun yang sama saat Serena Williams juga menutup kariernya.

Rafael diakui sebagai salah satu petenis terhebat sepanjang masa, dengan berbagai pencapaian yang membuktikannya. Ia masih memegang rekor kemenangan terpanjang di lapangan tanah liat, dengan 81 minggu tak terkalahkan dari tahun 2005 hingga 2007. Selain itu, ia adalah satu-satunya pemain pria yang berhasil meraih Career Grand Slam dan medali emas Olimpiade dalam kategori tunggal dan ganda.

Sebagai majalah fashion, kami tentu ingin menyoroti gaya Rafael di lapangan. Ia dikenal berani dalam berpenampilan, seringkali memilih warna-warna mencolok dalam busananya. Gaya khasnya adalah atasan Nike tanpa lengan berwarna neon yang dipadukan dengan celana pendek "bajak laut" yang panjangnya melewati lutut. Kini, setelah pensiun dari dunia tenis, mungkin ada peluang baru di dunia fashion yang menunggu Rafael.

BACA JUGA:

Jam Tangan Pilihan Petenis Rafael Nadal Saat Memenangkan Turnamen French Open

Sederet Selebriti yang Hadir di Turnamen Tenis US Open 2024

(Penulis: Joel Calfee; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Vanesa Novelia; Foto: Courtesy of BAZAAR US)