Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lakukan 4 Aktivitas Seru Ini di Ayana Jimbaran Bali

Semua aktivitas seru yang dapat mengisi hari-hari liburan Anda di Bali dapat Anda temukan semuanya bila menginap di Ayana Resort Bali.

Lakukan 4 Aktivitas Seru Ini di Ayana Jimbaran Bali
(Foto: Courtesy of Ayana Resort Bali)

Memang bukan pertama kali saya mendapat kesempatan untuk bermalam di beberapa hotel yang berada di bawah naungan Ayana Group. Ibarat sebuah checklist, mulai dari salah satu hotel terbarunya yaitu Ayana Segara yang masih berada di kompleks Ayana Estate Bali hingga Ayana Waecicu Beach yang bermarkas di Labuan Bajo sudah pernah saya tandangi. And it’s safe to say kata “bosan” tak pernah ada di kamus saya. 

BACA JUGA: 6 Alasan Ayana Komodo Layak Menjadi Labuhan Hati saat Ke Labuan Bajo

Dan di (hampir) penghujung tahun 2023 ini, saya kembali mendapat privilese untuk mengeksplorasi Ayana Estate yang berada di kawasan Jimbaran, Bali ini. Apalagi Ayana baru saja memperkenalkan tiga destinasi rekreasi terbarunya.

Yuk, simak apa saja aktivitas seru yang dapat Anda lakukan bila Anda menginap di Ayana Resort Bali:

1. Belajar tentang warisan budaya Bali di Museum Saka

Pembukaan Museum Saka di Ayana Resort Bali
(Foto: Courtesy of Ayana Resort Bali)

Dibangun untuk memberi penghormatan kepada warisan budaya Bali yang begitu kaya, Museum Saka yang akan resmi dibuka untuk umum pada tahun 2024 ini hadir untuk menjadi pusat pertunjukkan budaya yang tidak hanya merayakan ekspresi kreatif, spiritual, dan filosofis dari Pulau Dewata, tetapi juga mendukung seniman, sejarawan, ilmuwan, dan cendekiawan lokal. 

Namanya yaitu Saka juga dipilih bukan tanpa alasan melainkan terinspirasi dari kalender Saka Bali, sebuah kalender matahari Hindu kuno yang diadaptasi oleh masyarakat Bali untuk mengakomodasi kegiatan keagamaan dan upacara yang ditentukan oleh siklus bulan. 

Pameran Ogoh-ogoh di Museum Saka Ayana Resort Bali
(Foto: Courtesy of Ayana Resort Bali)

Kemudian untuk pameran perdananya, Museum Saka dengan bangga memamerkan karya seni berupa ogoh-ogoh, karya patung raksasa yang biasanya diarak di jalan-jalan pada malam hari sebelum Hari Raya Nyepi.

Tidak tanggung-tanggung, Ayana pun menggandeng sembilan banjar dan deretan seniman muda, beberapa di antaranya adalah Kedux & Gusman Koi untuk menciptakan karya yang magis dan penuh histori yang akhirnya sukses menciptakan salah satu ogoh-ogoh terbesar yang ada di Asia Tenggara.  

Good news! Bila Anda merupakan salah satu tamu menginap di properti yang ada di Ayana Estate (Ayana Villas Bali, Ayana Resort Bali, Ayana Segara Bali, Rimba By Ayana), Anda tidak perlu menunggu hingga tahun depan, pasalnya Museum Saka dibuka secara gratis dengan menjadwalkan kunjungan melalui Ayana web app.

Sedangkan mulai dari tanggal 1 Oktober, Museum Saka juga sudah terbuka secara terbatas bagi umum dengan menjadwalkan kunjungan pribadi dengan menghubungi [email protected].

2. Mengenal lebih dekat metode perkebunan tradisional yang diterapkan oleh para penduduk lokal Bali di Ayana Farm

Ayana Farm di Ayana Resort Bali
(Foto: Courtesy of Ayana Resort Bali)

Di atas lahan seluas dua hektar, Ayana menghadirkan Ayana Farm, sebuah program yang mengajak Anda merasakan pengalaman teknik pertanian tradisional yang berkelanjutan. Selain dapat mengenal lebih dekat lebih dari 130 jenis tanaman yang dibudidayakan di  “apotek hidup” Ayana Farm, Anda juga dapat menikmati afternoon tea yang menyuguhkan makanan ringan dan jajanan dari hasil panen pertanian Anda sendiri. 

3. Manjakan diri dengan perawatan spa di Ayana Spa

Ayana Spa di Ayana Resort Bali
(Foto: Courtesy of Ayana Resort Bali)

Sudah bukan rahasia lagi bila layanan spa di Ayana Resort Bali adalah yang terbaik. Buktinya, Ayana Spa berhasil membawa pulang penghargaan sebagai Hotel Spa Terbaik. Saya pun sempat mencoba sendiri Balinese Massage yang terkenal & merasakan relaksasi yang seutuhnya. 

4. Workshop membuat jamu hingga skincare di Jamu & Spice

Jamu & Spice di Ayana Resort Bali
(Foto: Courtesy of Ayana Resort Bali)

Berkolaborasi dengan dua brand lokal, Utama Spice dan the Jamu Bar, Ayana menghadirkan pusat pembelajaran dan concept store terbaru bertajuk Jamu & Spice. Baru saja diresmikan pada tanggal 10 Oktober lalu di area shopping arcade Ayana Resort Bali. Jamu & Spice menjadi destinasi kesehatan serta tempat untuk mempelajari dan memahami tradisi Indonesia, terutama jamu. 

Selain berbelanja, Anda juga dapat mengikuti lokakarya singkat dan mendalam selama 15 menit untuk membuat jamu tradisional dan teh herbal, serta produk perawatan kulit alami seperti parfum, minyak tubuh, hingga garam mandi. 

Jadi tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan Anda ke Bali dan pilih Ayana Resort Bali sebagai destinasi bermalam Anda!

BACA JUGA:

Jadikan Ayana Segara Sebagai Destinasi Akhir Tahun Anda

Rock Bar Bali, Destinasi Sunset Populer di Pulau Dewata

(Foto: Courtesy of Ayana Resort Bali)