Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Tampilan Mode Hip-Hop Paling Berkesan Sepanjang Masa

Penulis Sowmya Krishnamurthy mengulas kembali momen mode paling berpengaruh dari genre ini dalam bukunya yang baru, "Fashion Killa: How Hip-Hop Revolutionized High Fashion."

10 Tampilan Mode Hip-Hop Paling Berkesan Sepanjang Masa
Courtesy of Bazaar US

Hubungan antara hip-hop dan fashion telah mengalami evolusi selama beberapa dekade.

BACA JUGA: Kenali Pharrell Williams dengan 10 Fakta ini

Apa yang dulunya dianggap sebagai cara berpakaian khas perlahan berubah menjadi standar inspirasi ketika mulai muncul di runway, dimulai pada tahun 1980-an dan berlanjut hingga saat ini. Penulis dan jurnalis, Sowmya Krishnamurthy, mengeksplorasi sejarah hubungan ini dalam bukunya yang definitif, Fashion Killa: How Hip-Hop Revolutionized High Fashion (Gallery Books), yang dirilis hari ini.

Dalam "Fashion Killa", Sowmya melihat kembali beberapa peristiwa paling berpengaruh antara hip-hop dan fashion—seperti daya tarik industri terhadap Lil' Kim atau penerimaan Tommy Hilfiger terhadap rap dan hip-hop dalam kampanye iklannya. Tokoh-tokoh musik dan fashion seperti Diddy, Kimora Lee Simmons, Dapper Dan, dan mendiang Virgil Abloh juga mendapatkan pengakuan yang pantas dalam bacaan baru ini.

Sowmya ingin agar "Fashion Killa" menjadi tinjauan definitif tentang bagaimana hip-hop membentuk budaya yang lebih luas, terutama dalam pengaruhnya terhadap cara kita berpakaian sehari-hari. Berikut, penulis melihat kembali 10 tampilan paling berkesan dari masa kejayaan hip-hop dan mengapa kita masih tidak bisa berhenti memikirkan tentangnya sampai hari ini.

Pertunjukan runway Chanel, 1991

Courtesy of Bazaar US

Karl Lagerfeld mengambil inspirasi dari hip-hop dan gaya street style saat ia menciptakan pertunjukan runway ikonis Chanel tahun 1991, yang menampilkan beragam rantai emas, plakat nama, dan topi baseball. Saya hanya bisa membayangkan lagu-lagu apa yang ada di playlist-nya saat itu!

Tupac dalam busana Karl Kani

Courtesy of Bazaar US

Tupac Shakur tidak hanya menjadi model untuk Karl Kani, tetapi juga direktur kreatif dari pemotretan ini. Salah satu wawancara favorit saya dalam buku ini adalah bagaimana Karl Kani menggambarkan bekerja dengan rapper revolusioner ini:

Aku berkata, 'Yo! Pac. How much would you charge to do an ad?’” Sang rapper menjadi hening. "Ia menatapku dan berkata, ‘Yo. You’re Black. I don’t charge my people for nothing.’

Aaliyah in Tommy Hilfiger

Courtesy of Bazaar US

Aaliyah mencerminkan kekayaan pesona seksi dan keren, dan saya selalu terobsesi dengan penampilannya mengenakan busana Tommy Hilfiger. Seperti yang dijelaskan sang desainer, "Aaliyah memiliki aura santai yang luar biasa—gayanya begitu alami, dan ia hanya memancarkan keyakinan yang santai. Tidak bisa tidak tertarik padanya." Benar sekali.

Mary J. Blige dan Lil' Kim

Courtesy of Bazaar US

Apa yang masih bisa diungkapkan tentang penampilan ikonik Lil' Kim di acara MTV Video Music Awards yang belum pernah disebutkan sebelumnya? Payudara kiri yang mengubah dunia fashion selamanya.

Jennifer Lopez dan Puff Daddy

Courtesy of Bazaar US

Gaun NSFW yang benar-benar meluncurkan Google Images. Gaun ini "menghancurkan internet" bahkan sebelum istilah tersebut ada. Tidak peduli berapa kali saya melihat Jennifer Lopez dengan gaun Versace terkenalnya. Itu masih membuat saya terkesima.

Dame, Posh Spice, dan Biggs

Courtesy of Bazaar US

Foto ini dari Damon Dash, Victoria Beckham, dan Kareem "Biggs" Burke mencerminkan segalanya yang saya sukai tentang mode hip-hop di tahun 2000-an. Kaos putih yang sangat besar, sepatu Air Force 1, dan pager dua arah. Banyak orang tidak ingat saat Posh terkait dengan Roc-A-Fella Records—tapi ada gambar untuk membuktikannya!

Tupac di Milan

Courtesy of Bazaar US

Salah satu foto favorit saya di "Fashion Killa" adalah Tupac Shakur di Milan. Foto ini diambil oleh David McLean—yang begitu baik untuk menyumbangkannya ke buku ini—dan menangkap sang rapper dalam momen tenang yang langka, yang benar-benar memperlihatkan keindahannya.

Cardi B, di Met Gala 2018

Courtesy of Bazaar US

Cardi B benar-benar mengangkat tema Met Gala "Heavenly Bodies" pada tahun 2018 dengan sungguh-sungguh. Saya suka betapa anggun dan seksi penampilan sang pelindung hip-hop dan mode tinggi ini.

A$AP Rocky dan Rihanna, di Met Gala 2022

Courtesy of Bazaar US

A$AP Rocky dan Rihanna memimpin sebagai pasangan berkuasa paling modis dalam industri ini. What’s better than one fashion killa? Two.

Notorious B.I.G. dalam busana BAPE

Courtesy of Bazaar US

Rapper mana yang pertama kali mengenakan BAPE? Pertanyaan ini terus memicu perdebatan di antara para penggemar streetwear. Pada kenyataannya, Notorious B.I.G. sudah mengenakan BAPE sejak tahun 1997. Saya mendapatkan kisah latar yang menarik—dan gambar keren ini dari Shawn Mortensen—untuk buku ini.

"Fashion Killa" oleh Sowmya Krishnamurthy (Hardcover)

BACA JUGA:

Akhirnya Kita Tahu Siapa Nama Anak Rihanna dan A$AP Rocky

Album One in A Million Milik Mendiang Aaliyah Sekarang Telah Tersedia Secara Online

(Penulis: Bianca Betancourt; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR US)