Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pernah Merancang untuk Putri Diana, Kini Bruce Oldfield Menjadi Panutan untuk Slow Fashion

Bruce Oldfield telah menemukan cara untuk berkembang di luar kecepatan industri mode.

Pernah Merancang untuk Putri Diana, Kini Bruce Oldfield Menjadi Panutan untuk Slow Fashion
Courtesy of BAZAAR US

Desainer Inggris Bruce Oldfield tinggal di flat yang indah di London Selatan, di jalan yang tenang dengan banyak cahaya. Pada usia 72 tahun, ia telah menjalani kehidupan glamor seorang desainer sukses. Ia melakukannya dengan cara lama: penampilan televisi, pertunjukan runway yang diproduksi dengan baik, rumah yang indah, dan mendandani selebriti terbaik di zaman kita, termasuk yang abadi, Diana, Princess of Wales. 

Baca juga: Cara Efektif Untuk Merawat dan Menjual Kembali Pakaian Bekas Anda

Namun selama dua tahun terakhir, Bruce telah mewujudkan jenis kesuksesan baru, yang hanya dibuka oleh perampingan seluruh proses desainnya—bahkan, seluruh bisnisnya. Ia terus mendandani banyak wanita yang sangat kaya dan berkuasa di dunia, atau mereka yang bersebelahan dengan pria yang berkuasa. Tetapi sekitar dua tahun yang lalu, ia mulai melakukan hal-hal yang sangat berbeda: dirinya membuat semua pakaiannya sesuai dengan pesanan. Bruce memprioritaskan pelanggan setia dan layanan pelanggan sarung tangan putih yang sangat baik, dengan pembeli datang ke flat desainer untuk perlengkapan.

Operasi couture ini sangat membawa keuntungan, mudah dikelola, dan berjalan dengan baik. Ia tidak lagi harus kompromi dengan kualitas gaun yang akan digunakan, dengan siapa bahkan bagaimana ia ingin membentuk gaun-nya. Dan ini termasuk juga pada orang-orang penting seperti Camilla, calon permaisuri Inggris. 

Karier Bruce—yang dimulai pada tahun 1970-an berlawanan dengan bisnis mode yang mendominasi tiga dekade terakhir. Model itu berarti lebih banyak musim, lebih banyak yang ditunjukkan, lebih banyak butik, dan jejak global yang lebih besar dan terus berkembang. Hari ini, Bruce menjadikan dirinya contoh dalam mode, seperti apa desainer yang tidak menemukan diri mereka dianugerahi gelar bangsawan, atau yang bisnisnya tidak perlu ditingkatkan ke tingkat global. Cara tradisional Bruce kini telah berputar kembali menjadi sesuatu yang segar, berkelanjutan, bahkan radikal.

Bisakah lebih banyak industri berayun ke arah bisnis dengan cara kuno yang bisa dibilang cerdik? “Saya harap begitu,” ucap Bruce. "Saya memutuskan sesuatu seperti  pada 18 Maret, dua tahun lalu, ini adalah waktu yang tepat untuk berpikir ulang."

Kisah Bruce memiliki awal yang cukup sulit; ia lahir sebagai anak yatim piatu di Yorkshire Utara, Inggris. “Sungguh didikan yang luar biasa,” tutur Profesor Mark-Evan Blackman, ketua program pakaian pria di Fashion Institute of Technology New York, yang telah mengikuti karier Bruce dengan cermat. "Ia bahkan tidak memiliki apa-apa untuk memulai, dan Anda menyadari betapa gigih kemauannya." Ia menambahkan, "Tidak ada hal yang tidak dapat diatasi untuk keinginan dan semangat seseorang."

Lulus dari Central Saint Martins pada awal 1970-an, Bruce adalah bakat yang cepat dikenal. Salah satu klien pertamanya adalah Bianca Jagger; dimulai ketika ia membutuhkan seorang penjahit dan menyelipkan beberapa setelan jas yang ia beli dari Rita Hayworth. Sejak pertemuan itu, kariernya terus menanjak. Kemudian datanglah department store Henri Bendel di New York, yang mengundangnya ke Amerika guna merancang koleksi untuk butik tersebut. Ia sempat singgah di Paris, bekerja sebagai freelancer untuk firma-firma Paris di siang hari, dan berdansa di Le Sept hingga larut malam. Tetapi pada akhirnya Bruce akan kembali ke London, memulai bisnis eponimnya dengan seorang teman pada tahun 1975, didanai oleh pinjaman kecil dari Banardo's, organisasi amal Inggris yang menyediakan perumahan baginya.

Itu adalah perjalanan yang sangat sulit, tetapi pada tahun 1985, bisnisnya dilaporkan memiliki pendapatan tahunan sekitar 1,5 juta poundsterling, menurut sebuah program televisi lokal di sana.

Tapi Bruce tetap berambisi membangun Inggris agar setara dengan Giorgio Armani, yang pada waktu itu sedang meningkatkan busana Italia-nya yang luar biasa ke dalam kemewahan global. Untuk sementara waktu, pelanggan Bruce menyarankan bahwa mimpinya mungkin akan terwujud. Ia mendandani para arbiter budaya pada zaman itu, menciptakan perpaduan kekuatan dan kemewahan yang luar biasa dengan gaun metalik dan jahitannya yang kontras: wanita seperti Jerry Hall, Joanna Lumley, dan Jemima Khan, dan tentu saja, Diana, Princess of Wales.

Putri Diana dalam balutan gaun zesty oleh Bruce Oldfield, tiba di sebuah pesta pada bulan Juli 1989

Dengan Diana, persahabatannya selama satu dekade terbangun, dan ia akan menjadi klien sepanjang tahun 1980-an. “[British] salah satu media ditugaskan untuk menjaga pakaiannya setelah pertunangannya [dengan Charles] dilangsungkan,” ucap Bruce tentang awal kemitraan mereka.

Para Editor majalah memilih sekitar sepuluh desainer, dan “kami diminta untuk mengirimkan masing-masing tiga sampel ke kantor editor. Diana pergi ke sana dan melakukan sesi fitting yang lama.” Ia memilih dua busana dari Bruce. Keharmonisan antara Diana dan Bruce dikonfirmasi ketika dirinya kembali dari bulan madu, Diana turun dari pesawat dengan "setelan wol gabardine berwarna cinnamon dengan peplum," kenang Bruce.

"Bruce hanya akan mengizinkanmu keluar dengan terlihat anggun—tidak pernah biasa dan tidak pernah vulgar."

Sepanjang tahun 1980-an, Bruce dikenal sebagai penata busana bagi masyarakat elit. Seorang desainer yang dapat dipercaya oleh kelompok bangsawan, seseorang yang memiliki keterampilan untuk meyakinkan mereka melalui kain dengan cara yang menyanjung dan memenuhi kriteria yang datang dengan memiliki gelar atau nama dengan bobot reputasi. 

Seorang klien pernah berkata kepada sang desainer, “Sangat sulit untuk membeli barang-barang mewah bagi kami.” Artinya pakaian yang chic dan bermartabat. Namun Bruce selalu punya jawabannya. 

Gaun Bruce adalah busana yang manisan elegan, dipotong dengan garis yang rapih dengan sedikit kilauan dan campuran frisson. Gaun terstrukturnya dipotong seksi tetapi dibentuk sehingga mereka terlihat kekinian. Rok sifon panjang berlapis warna coklat memiliki kemegahan. Romilly, Lady McAlpine (pernah dijuluki "First Lady Of Couture"), mereka menjelaskan daya tarik pakaiannya sebagai berikut: "Bruce hanya akan memungkinkan Anda untuk pergi keluar dengan tampilan yang elegan—tidak pernah biasa dan tidak pernah vulgar. Membuat Anda merasa istimewa namun tetap effortless.”

Romilly, Lady McAlpine, dalam ansambel Bruce Oldfield

Hubungan Diana dengan Charles sangat terkenal di awal 1990-an, begitu pula dengan hubungannya bersama Bruce. Saya menyimpulkan bahwa ia pikir dirinya menginginkan tampilan baru yang sesuai dengan kehidupan barunya. Pakaiannya menjadi Gianni Versace dan John Galliano: shorter, hipper, and tighter.

Dalam upaya untuk mengglobalkan mereknya, dengan gaya yang telah dicapai Giorgio di Italia, Bruce mengikuti jejak banyak rekan desainnya. Lisensi produk dan lini difusi siap pakai yang disebut 1992 (dinamai berdasarkan tahun pembuatannya) adalah uji coba untuk mendapatkan lebih banyak uang. Namun, pada pertengahan 90-an, dunia mode kehadiran para desainer dari generasi baru: pembuatan berita, materi iklan transgresif yang melihat dunia secara berbeda— seperti Alexander McQueen, Galliano, Hussein Chalayan—dan Bruce, yang merasakan pergeseran.

Ada juga masalah internal di perusahaan: hilangnya staf integral, dan lingkungan perbankan pasca-keuangan yang membuat pinjaman lebih sulit didapat. Untuk menjaga agar Bruce Oldfield tetap bertahan dengan harga yang mahal: pria yang lahir tanpa rumah, terpaksa harus menjual Elm Park Gardens yang ia beli pada tahun 1986 hanya empat tahun kemudian, pada tahun 1990.

Pada tahun 1993, Bruce memutuskan untuk keluar dari rumahnya. Ia hanya fokus pada couture yang dibuat sesuai ukuran. Ia menyadari pakaian siap pakai adalah kategori perusahaan "di mana uang selalu hilang." Apa yang tampaknya mempertahankan merek Bruce adalah layanannya yang lebih tenang dan terukur. Bruce cukup fokus pada apa yang ia lakukan, dan dirinya berhasil merancang busana untuk wanita tertentu.

Tetapi pada tahun 2020, Bruce menginginkan kehidupan yang lebih tenang, dan merasakan lempeng tektonik dari dunia mode mulai bergerak lagi, Bruce memutuskan bahwa bisnis perlu berkembang dengan cepat untuk terus berjalan dan tetap di bawah kendalinya. Untuk mencapai perubahan ini ia melepaskan sebagian besar pegawainya dan menutup butik Beauchamp miliknya. Waktunya akan terbukti sempurna. Dua hari kemudian, Perdana Menteri, Boris Johnson, akan memberlakukan beberapa tindakan pengamanan paling ketat di dunia barat. Untuk mode, itu berarti seluruh ekosistemnya akan berhenti selama berbulan-bulan.

Bruce menghabiskan waktunya di bawah bayang-bayang high fashion, cenderung pada apa yang akan menyelamatkannya selama masa ekonomi yang sulit: daftar kliennya. “Saya tahu saya bisa melakukannya, hanya dengan berbicara dengan klien saya. Tidak perlu menunggu tiga minggu untuk balasan email, itu hanya akan dibalas dua menit kemudian, 'Ya Tuhan, saya bertanya-tanya di mana Anda berada?'” Saat itu Bruce terus menerima pesanan. Bisnisnya sekarang sebagian besar diarahkan untuk merancang pakaian megah untuk acara malam, atau pernikahan.

“Seluruh transisi akan dibiayai oleh klien saya,” ucapnya. “Ini benar-benar fantastis.”

Sekarang, dunia Bruce adalah tentang operasi couture yang dapat dikelola dengan tenang, tetapi menghasilkan keuntungan, menyediakan pakaian khusus untuk daftar wanita terpilih yang secara rutin pergi kepadanya untuk didandani dalam visinya. Ini adalah klien eklektik: jutawan berusia 32 tahun yang berasal dari keluarga terkenal, wanita yang tinggal di belakang perkebunan berdinding batu, dan tokoh terkenal seperti Camilla, Duchess of Cornwall. "Ia adalah orang yang menyenangkan," ucap Bruce tentang kliennya yang paling terkenal. 

Mengenai pakaian, ia datang kepadanya untuk busana kerajaan yang akan dipuji oleh banyak orang: bisa terlihat seperti gaun panjang yang menjuntai dari kain halus berlapis warna biru, dipotong dengan neckline yang sederhana dan anggun, semua bertatahkan bordir 3D yang menipis. Kebanyakan tidak menyadari bahwa itu adalah pekerjaan Bruce, yang baginya baik-baik saja. Ini adalah contoh dari jalan kemewahan yang tenang.

Menjadi klien Bruce berarti mengalami proses yang tidak jauh berbeda dengan apa yang terjadi dibutik adi busana di Paris. Kliennya memasuki ruang tamu dan studionya di Battersea Park, saat Bruce mulai berbicara dan membuat sketsa. Pelanggannya biasanya tertarik ke dinding tempat ia menempelkan inspirasi, sketsa, dan potongan kain yang berfungsi sebagai kolase eksternal otaknya. Setelah sketsa awal, teknisinya akan mengukur tubuh mereka, membuat toile, dan melakukan fitting, kemudian garmen akan dipotong, dan diselesaikan, semuanya diproses dengan tangan. Ini adalah proses yang memakan waktu antara dua hingga empat bulan.

“Mereka ingin memiliki perasaan glamor dan magis,” ucap Bruce tentang kebutuhan kliennya. “Ini adalah wanita yang cerdas. Mereka ingin terlihat tidak terlalu ripuh dalam berpakaian.” Mereka ingin memamerkan bentuk fisik mereka dengan selera tinggi: “Saya tidak punya klien yang mau memakai muumuu.”

Saya bertanya kepada Bruce apakah ia senang menjadi mandiri dalam mode yang dijalankan. Ada jeda sesaat, dan ia akhirnya memberi tahu. Saya percaya itu, tetapi sulit untuk tidak memiliki perasaan yang mengganggu perihal kerajaan Giorgio Armani yang sangat ia kagumi. “Saya tidak mencoba mengembangkan bisnis. Saya hanya perlu melakukan hal-hal yang saya tahu, dan hal-hal yang saya nikmati.”

“Ini adalah wanita yang cerdas. Mereka ingin terlihat seperti tidak terlalu ripuh untuk berpakaian. Saya tidak punya klien yang mau memakai muumuu.”

Saat ini, uang tidak lagi menjadi masalah. Ia telah membangun kembali kehidupan Bruce untuk zaman modern, meskipun dengan kecepatan yang lebih tenang, menggunakan pekerjaan tangan, dan juga teknik.

Sekarang tampaknya dunia sedang mengejar apa yang Bruce sadari bertahun-tahun yang lalu. Dipaksa untuk bermain di bidang pasca pandemi, desainer yang lebih muda dari Bruce kembali menemukan model bisnis yang dibuat berdasarkan pesanan dan dipimpin oleh klien.

Ada contoh di semua major fashion capitals: Ralph Rucci di New York, Giles Deacon di London, dan Olivier Theyskens. Bahkan konglomerat fashion, seperti Demna yang memimpin Balenciaga, telah mengakui pergeseran ini, memasang “couture salon” mereka, sebuah bukti konsep bahwa gaya operasi high fashion ini adalah sesuatu yang valid.

Kisahnya juga terus membaik. Sang perancang telah mengalami kebangkitan minat dalam karyanya. Baik melalui Camilla, yang baru-baru ini mengenakan busana Bruce untuk sebuah potret yang diambil oleh Jamie Hawkesworth, dan daya tarik budaya secara keseluruhan dengan bangsawan Inggris. Musim terbaru The Crown, yang baru saja debut di bulan November, akan menampilkan Elizabeth Debicki yang memerankan Diana dalam pergolakan fase Bruce Oldfield-nya.

“Saya merasa telah memasuki tempat yang luar biasa,” pungkasnya tentang kehidupan dan model bisnisnya yang berkembang.

Tempat yang sepenuhnya miliknya.

Baca juga:

Sustainable Fashion, Mungkinkah Mimpi Besar Ini Tercapai?

Arti Sustainable Fashion yang Perlu Anda Ketahui Sekarang

(Penulis : Christopher Blackmon; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa : Diah Pithaloka; Foto : Courtesy of BAZAAR US)