Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Efektif Untuk Merawat dan Menjual Kembali Pakaian Bekas Anda

Kiat ahli tentang cara memperpanjang umur pakaian Anda, menjual kembali secara efektif dan membuat barang bekas terasa seperti baru

Cara Efektif Untuk Merawat dan Menjual Kembali Pakaian Bekas Anda
Courtesy of BAZAAR UK

Secondhand September baru saja usai, dan konsepnya lebih populer dari sebelumnya. Oxfam memulai janjinya pada tahun 2019, mendorong pembeli untuk memikirkan kembali cara mereka membeli pakaian. Alih-alih menambahkan ke lemari pakaian Anda dengan koleksi baru dari musim gugur, badan amal ini mendesak pembeli untuk ‘mengatakan tidak’ pada pakaian baru selama 30 hari, untuk mengurangi dampak pada planet ini. Bagian dari ini akan mencakup; membeli barang bekas dibanding yang baru, atau menyewa pakaian untuk acara khusus. Harapannya adalah semua ini akan mendorong pembeli untuk mengadopsi kebiasaan baru yang lebih sehat dalam hal konsumsi fashion.

Baca juga: Kini Material Denim Juga Bisa Mengikuti Konsep Sustainable, Seperti yang Dilakukan Levi's

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi jejak Anda dengan fashion adalah dengan tidak membeli sesuatu yang baru sama sekali – dan untuk melakukan ini, perlu dipastikan bahwa Anda telah merawat pakaian yang Anda miliki dengan sebaik mungkin. 

Jadi, apakah Anda ingin menjual dan menyewakan barang-barang bekas atau hanya ingin membantu memperpanjang usia pakaian? Bazaar menyajikan panduan lengkap untuk merawat lemari pakaian Anda dengan baik.

Untuk membantu hal ini, kami berbicara dengan Frej Lewenhaupt, CEO dan salah satu pendiri Steamery Stockholm – merek perawatan yang bekerja untuk memperpanjang umur pakaian – untuk mengetahui cara merawat lemari pakaian Anda dengan cara yang paling efisien, juga beberapa tips tentang cara menjual kembali pakaian Anda dengan benar.

APA KESALAHAN TERBESAR YANG DILAKUKAN KETIKA MERAWAT PAKAIAN?

“Pertama, sebagian besar pakaian tidak akan dibiarkan usang, mereka akan dicuci. Alasan paling umum mengapa pakaian kehilangan bentuk atau kualitasnya adalah karena kita mencucinya terlalu sering, atau dengan cara yang salah 

“Saran terbaik untuk merawat pakaian adalah dengan mencucinya sesedikit mungkin. Steaming adalah alternatif yang bagus untuk mencuci; itu akan menjaga pakaian Anda tetap segar di sela-sela pencucian. Saat mencuci pakaian, penting juga untuk mencuci dengan benar, dengan deterjen, teknik, dan suhu yang sesuai – perlakukan tekstil dengan cara yang layak.”

BAGAIMANA ANDA MEMPERSIAPKAN SEBUAH BARANG JIKA INGIN MENJUALNYA KEMBALI?

“Untuk menemukan pemilik yang baru, saran terbaik kami adalah menyegarkan barang Anda dengan baik sebelum menjualnya kembali. Pastikan untuk mencuci pakaian, menghilangkan pilling, menggunting benang yang lepas, dan men-steamnya. Di akhir, Anda dapat menggunakan semprotan kain beraroma lembut untuk memberikan aroma segar pada pakaian tersebut."

Courtesy of BAZAAR UK

BAGAIMANA CARA YANG BAIK UNTUK MENYIMPAN PAKAIAN?

“Dalam hal menyimpan dan mengatur pakaian Anda, kami sarankan untuk melipat pakaian rajut dan celana panjang agar tidak kehilangan bentuknya. Sedangkan untuk kemeja, blus, gaun, dan blazer sebaiknya disimpan pada gantungan baju."

APA SAJA ALAT DASAR UNTUK PAKAIAN YANG ANDA REKOMENDASIKAN?

"Jika Anda ingin berinvestasi dalam satu alat penting bagi perawatan pakaian, kami akan merekomendasikan steamer - baik versi handheld atau standing. Steamer adalah alternatif yang efisien dan lembut untuk menyetrika. Ini membuat pakaian Anda menjadi halus, segar dan bebas kerut. Uap panas akan mengurangi bau tak sedap, dan membunuh bakteri. Kami juga merekomendasikan fabric shaver, yang merupakan alat hebat untuk menghilangkan kekusutan dan untuk memperpanjang umur pakaian rajut Anda."

APA CARA YANG PALING EFISIEN UNTUK MEMBUAT DAFTAR  BARANG?

"Saat menjual pakaian, saran terbaik kami adalah memicu minat pembeli dengan deskripsi yang tepat. Selalu tulis merek dan nama model tertentu dalam daftar Anda. Tentukan dari mana bahan itu dibuat, terutama jika itu adalah bahan eksklusif seperti wol atau sutra. Sebutkan ukurannya dan jelaskan kondisi pakaian Anda secara rinci. Jelaskan jika ada noda dan berikan letak detailnya, serta keliman atau benang yang longgar. Ingatlah untuk berusaha ekstra dalam mengambil foto yang bagus. Tempatkan pakaian Anda di depan latar belakang netral dan di siang hari untuk mendapatkan hasil terbaik."

BAGAIMANA CARA MEMBUAT BARANG BEKAS TERASA SEPERTI BARU?

"Bila Anda membeli barang bekas, mulailah dengan mencuci garmen. Selalu ikuti petunjuk pada label perawatan atau jika bahannya halus, Anda mungkin harus mencuci dengan tangan. Jika Anda membeli pakaian rajut, gunakan pencukur kain untuk menghilangkan pilling dan rajutan Anda akan terlihat baru kembali. Jika pakaian terasa tidak fit secara sempurna, saran terbaik kami adalah membawa pakaian Anda ke penjahit untuk menyesuaikannya dengan tubuh Anda. Mudah dan sangat layak."

APA KUNCI YANG BISA ANDA LAKUKAN UNTUK MEMPERPANJANG UMUR DAN KUALITAS DARI SUATU BARANG?

"Untuk memperpanjang umur pakaian dan tekstil Anda, kami sarankan Anda men-steam dan menggunakan pencukur kain untuk menghilangkan serat dan pilling dari pakaian Anda. Luangkan waktu Anda untuk memperbaiki pakaian yang memiliki lubang atau kancing yang longgar daripada membuangnya.

"Merawat pakaian Anda seharusnya tidak memakan waktu dan rumit; itu seharusnya mudah dan menyenangkan untuk semua orang. Perawatan pakaian sebenarnya cukup sederhana; biasakan dengan tidak mencuci terlalu sering, cucilah pakaian dengan benar, dan lebih peduli"

Victoria Jacobs, pendiri dan CEO layanan purna perawatan The Restory, menegaskan betapa pentingnya merawat pakaian Anda dengan cara yang benar: "Bersikaplah dengan lembut dan jangan mencuci terlalu berlebihan atau kasar. Pastikan Anda menggantung pakaian Anda, dan lipat mereka. Perawatan ozon adalah hal yang sangat bagus, de-bobbler berkualitas tinggi adalah sebuah investasi yang harus dimiliki (atau The Restory dapat melakukannya untuk Anda), jika ragu, serahkan pada ahlinya."

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda tidak menyimpan pakaian Anda dengan cara yang benar, maka semua perawatan ekstra Anda lakukan akan seperti membuang-buang waktu. Jadi bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan pakaian Anda? 

"Bahan kulit membutuhkan pelembab agar tetap terawat. Kami menganjurkan kain mikrofiber dan krim carnauba untuk sebagian besar bahan kulit, tetapi hindari menggunakannya pada veg-tanned leather, patent, nubuck, dan suede. Secara umum, kelunturan adalah mimpi buruk yang susah untuk dihilangkan, jadi waspadalah terhadap denim dan suede. serta pakaian lain yang mungkin tidak luntur.”

JIKA ANDA TIDAK SEHARUSNYA MENCUCI PAKAIAN TERLALU SERING, BAGAIMANA CARA YANG DAPAT DIPERHATIKAN UNTUK MERAWATNYA?

"Kami pasti akan merekomendasikan untuk men-steam pakaian Anda di sela-sela pencucian dan menggantungnya di luar semalaman untuk menghilangkan bau dan membuat pakaian Anda terasa segar kembali. Anda juga bisa menggunakan clothing mist atau semprotan kain untuk menyegarkan pakaian dan tekstil Anda. Jika Anda mendapatkan noda pada pakaian, Anda dapat menggunakan penghilang noda dan meneteskannya pada noda secara langsung daripada mencuci seluruh pakaian. Untuk denim, kami sarankan menggunakan semprotan kain atau memasukkannya ke dalam freezer sesekali,"

Baca juga:

Mengetahui Sejarah dan Asal Mula Denim

Sustainable Fashion, Mungkinkah Mimpi Besar Ini Tercapai?

(Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)