Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semua yang Anda Perlu Tahu Seputar Penobatan Queen Consort Camilla

Termasuk mahkota yang kemungkinan akan dikenakan pada acara bersejarah itu.

Semua yang Anda Perlu Tahu Seputar Penobatan Queen Consort Camilla
Courtesy of BAZAAR US

Permaisuri Camilla akan dimahkotai bersama suaminya Raja Charles III tahun depan dalam sebuah upacara yang akan berlangsung delapan bulan terhitung setelah kematian Ratu Elizabeth II.

BACA JUGA: Ratu Camilla Akan Dimahkotai Bersama Raja Charles III di Hari Penobatannya

Inilah semua yang kita ketahui tentang momen bersejarah itu.

Kapan itu akan terjadi?

Penobatan Raja Charles dan Camilla akan berlangsung pada 6 Mei 2023—tepat pada hari ulang tahun cucunya Archie Harrison Mountbatten-Windsor yang keempat.

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan dengan para media, termasuk BAZAAR.com, seorang juru bicara mengkonfirmasi bahwa upacara tersebut akan diadakan di Westminster Abbey London.

Permaisuri terakhir yang dinobatkan di Westminster Abbey adalah Ibu Suri Ratu Elizabeth, bersamaan dengan penobatan Raja George VI pada tahun 1937. Menurut Royal Collection Trust, pada saat itu, ia mewariskan mahkota beludru ungu dengan hiasan cerpelai dan 2.800 berlian.

Apakah gelarnya akan berubah?

Camilla awalnya dimaksudkan untuk mewarisi gelar putri setelah kematian Ratu Elizabeth, tetapi sebelum kematiannya, Ratu menyuarakan keinginannya agar Camilla dinobatkan sebagai permaisuri.

Sekarang ia telah dimahkotai, sebuah sumber mengatakan kepada BAZAAR.com bahwa kemungkinan Camilla akan mempertahankan status permaisurinya, namun dirinya tetap disebut sebagai Ratu Camilla.

Apa yang akan dikenakan Camilla? 

Melihat keluarga kerajaan memiliki perhiasan, mahkota, dan mutiara yang berlimpah, permaisuri memiliki banyak opsi untuk memilih mahkota penobatannya. 

Yang paling jelas untuk ia kenakan adalah milik Ratu Elizabeth, mahkota penobatan Ibu Suri (dengan berlian Koh-i-Nûr yang kontroversial).

Ia juga bisa memakai mahkota Ratu Adelaide dari tahun 1831, mahkota Ratu Alexandra ataupun Ratu Mary, meskipun milik mereka jauh lebih berat daripada yang dipakai Ibu Suri.

Ada banyak perdebatan tentang sumber dan kepemilikan berlian di bagian tengah mahkota Ibu Suri—yang ia kenakan untuk penobatannya bersama Raja George VI pada tahun 1937—tetapi berlian itu dapat dengan mudah dilepas dan diganti dengan permata lain. (Menurut Historic Royal Palaces , "Perusahaan India Timur mengambil permata itu dari Maharaja Duleep Singh yang digulingkan pada tahun 1849, sebagai syarat dari Perjanjian Lahore. Perjanjian itu menetapkan bahwa permata itu akan diserahkan kepada Ratu Victoria.") 

Mahkota yang tersedia, sejauh ini adalah yang paling ringan dan paling mudah dipakai karena memiliki bingkai platinum," ucap pakar perhiasan kerajaan Lauren Kiehna kepada salah satu media.

"Saya percaya bahwa Koh-i-Nûr harus dicabut dari mahkota jika nantinya akan digunakan. Tidak ada yang kontroversial tentang mahkota itu sendiri, hanya berliannya."

Siapa saja yang akan hadir?

Upacara tersebut akan dihadiri oleh keluarga kerajaan Inggris, para pemimpin dunia, serta bangsawan dari seluruh dunia.

Bagaimana saya bisa menyaksikannya?

Penobatan ini kemungkinan akan disiarkan langsung di seluruh dunia, meskipun detail pasti tentang bagaimana dan di mana untuk menontonnya sampai sekarang belum dibagikan oleh Istana Buckingham. 

Penobatan Ratu Elizabeth II tahun 1953 telah dihadiri sekitar 8.000 tamu dan disiarkan kepada 20 juta orang—ini adalah yang pertama bagi Westminster Abbey.

Baca juga:

Raja Charles III Memajang Foto Pangeran Harry dan Meghan Markle di Kantornya

Penobatan Raja Charles Akan Jatuh Pada Hari Ulang Tahun Archie

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR US)