Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rekomendasi 20 Film Seram Terbaik di HBO Max

Dari mulai badut pembunuh yang menyeramkan hingga masa depan dystopian yang terasa terlalu dekat dengan rumah.

Rekomendasi 20 Film Seram Terbaik di HBO Max
Courtesy of BAZAAR US

Apakah Anda sedang ingin menonton film horor klasik, atau pertarungan yang paling mengerikan, layanan OTT HBO Max memiliki sesuatu untuk semua orang. Layanan streaming ini memiliki banyak pilihan film klasik seperti The Exorcist, pertarungan remaja yang diperankan oleh semua bintang film favorit Anda di tahun 90-an, dan film-film lain yang sangat mengganggu pikirkan. Di sini, kami mengumpulkan 21 film paling menakutkan untuk ditonton di HBO Max pada tahun 2022.

Baca juga: 30 Daftar Film Terseksi Sepanjang Masa

A Nightmare on Elm Street (1984)

A Nightmare on Elm Street (1984)

Wes Craven memulai seluruh waralaba yang didedikasikan untuk Freddy Krueger, dimainkan secara luar biasa oleh Robert Englund. Dalam film tersebut, sekelompok remaja mulai mengalami mimpi buruk yang melibatkan seorang pembunuh anak yang dibunuh oleh massa beberapa tahun sebelumnya. Setelah Freddy menginvasi mimpi seseorang, mereka biasanya berakhir mati. Memiliki sebuah sekuel, serta remake pada tahun 2010 yang dibintangi oleh Rooney Mara.

Don't Be Afraid of the Dark (2010)

Don't Be Afraid of the Dark (2010)

Sally (Bailee Madison) dikirim untuk tinggal bersama ayahnya (Guy Pearce) dan pacar barunya (Katie Holmes). Ketiganya pindah rumah pada abad ke-19 di Rhode Island, dan tidak lama sebelum Sally mulai mendengar suara-suara, yang disebabkan oleh makhluk aneh yang muncul dari lubang tertutup di ruang bawah tanah. Guillermo del Toro berperan sebagai rekan penulis dalam film horor ini.

Freaky (2020)

Freaky (2020)

Jika Anda adalah penggemar Freaky Friday, maka Anda akan menyukai horor-twist pada genre body-swap ini. Vince Vaughn berperan sebagai Blissfield Butcher, seorang pembunuh berantai yang mencuri belati kuno yang bersifat magis. Ketika ia menyerang seorang gadis SMA bernama Millie (Kathryn Newton), dan menikamnya di bahu, luka yang sama muncul di tubuhnya sendiri. Dan — Anda dapat menebaknya — belati itu menyebabkan Millie dan pembantai itu bertukar tubuh, yang menghasilkan kejenakaan, bersamaan dengan beberapa pembunuhan keji.

Halloween Kills (2021)

Halloween Kills (2021)

Mengambil sisa Halloween 2018, Michael Myers melanjutkan amarahnya, dan kali ini sangat parah. Sementara Laurie Strode (Jamie Lee Curtis) dan keluarganya memulihkan diri di rumah sakit, kumpulan massa terbentuk untuk memburu pembunuh berantai yang legendaris. Michael berhasil bertaruh dengan beberapa pembunuhan yang sangat imajinatif, dan sutradara David Gordon Green memberi penghormatan dengan menyelesaikan triloginya, Halloween Ends tayang di bioskop pada 14 Oktober 2022.

Hostel (2005)

Hostel (2005)

Dua warga Amerika memulai perjalanan backpacking melintasi Eropa, ketika mereka didorong untuk mengunjungi hostel tertentu di Slovakia. Setibanya di sana, kedua orang ini menemukan bahwa mereka akan berbagi kamar dengan dua wanita, dan ini benar-benar kasus yang "terlalu bagus untuk menjadi kenyataan." Banyak "pornografi penyiksaan" yang terjadi ketika terungkap bahwa hostel ini dijalankan oleh kelompok penculik dan pembunuh. Dua film lainnya menyusul, mengubah Hostel menjadi trilogi yang sangat menjijikkan.

I Know What You Do Last Summer (1997)

I Know What You Did Last Summer (1997)

Terlepas dari menakutkan atau tidak, I Know What You Did Last Summer adalah film horror remaja tahun 90-an yang klasik, Jennifer Love Hewitt membintangi film ini bersama Freddie Prinze Jr. dan Sarah Michelle Gellar, yang bertemu saat syuting dan mulai berkencan 3 tahun kemudian. Satu tahun setelah kecelakaan mobil fatal yang tampaknya menyebabkan orang asing meninggal, sekelompok remaja dibuntuti oleh seorang nelayan dengan kail ditangannya. Anda bisa menebak apa yang terjadi selanjutnya.

Stephen King's 'It' (1990)

Stephen King's 'It' (1990)

Berdasarkan novel epik dari Stephen King, film ini telah berhasil menakutkan anak-anak sejak tahun '90-an. Tim Curry berperan sebagai Pennywise, terlihat seperti badut ramah namun sebenarnya adalah sosok jahat yang memakan ketakutan orang. Film ini mengikuti The Losers Club saat mereka berhadapan dengan badut yang paling menakutkan dalam sejarah film horor. Dilanjutkan dengan film adaptasi tahun 2017 yang sama menakutkannya.

Malignant (2001)

Malignant (2021)

Annabelle Wallis berperan sebagai seorang wanita yang mulai memiliki visi grafis dan kekerasan yang melibatkan pembunuhan. Ia akhirnya mengetahui bahwa penglihatannya menampilkan peristiwa yang benar-benar terjadi, bersama dengan kematian yang nyata, dan ia dipaksa untuk mencari tahu apa peran dirinya dalam pembunuhan tersebut. Ditambah dengan latar belakang yang luar biasa, beberapa set yang sangat menyeramkan, dan koreografi level matrix, Malignant akan membuat Anda terpesona.

My Bloody Valentine (1981)

My Bloody Valentine (1981)

20 tahun setelah kecelakaan pertambangan yang mengerikan, penduduk kota kecil ini memutuskan untuk mengembalikan lagi tarian hari Valentine tahunan mereka. Namun ternyata ini menjadi kesalahan besar, karena salah satu penambang yang selamat, sebelumnya telah berjanji untuk menghindari semua kegiatan pembunuhan asalkan tarian itu dibatalkan untuk selamanya. Untuk membuat masalah menjadi lebih menakutkan, pembunuh di My Bloody Valentine mengenakan perlengkapan penambangan dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Poltergeist (1982)

Poltergeist (1982)

Film horor supernatural ini adalah versi asli dari Paranormal Activity. Berkat efek khusus dan suasananya yang luar biasa, Poltergeist tahun 1982 menemukan kembali film tentang "keluarga yang pindah ke rumah seram". Ketika mereka pindah ke rumah baru di California, mereka tidak tahu bahwa sekelompok hantu telah siap untuk menakut-nakuti setiap saat. Dan tunggu saja sampai mereka menemukan portal ke dimensi lain.

The Blair Witch Project (1999)

The Blair Witch Project (1999)

1999's The Blair Witch Project disajikan sebagai cuplikan rekaman yang diambil oleh tiga filmmaker yang hilang saat menyelidiki legenda lokal. Setelah menjelajah ke hutan, hal-hal aneh mulai terjadi pada ketiganya, saat mereka mengungkap kebenaran tentang apa yang disebut blair witch. Seiring berjalannya, The Blair Witch Project tetap menjadi ikon karena kesederhanaan dan cara cerdasnya meyakinkan penontonnya bahwa mungkin saja ada kebenaran dari legenda itu.

The Conjuring 2 (2016)

The Conjuring 2 (2016)

The Conjuring memperkenalkan dunia kepada Ed dan Lorraine Warren, pasangan paranormal kehidupan nyata yang eksorsisme dan juga studi okultismenya mengilhami serial yang sedang berkembang ini. Dalam sekuel kedua, Ed dan Lorraine melakukan perjalanan ke Inggris untuk menyelidiki sebuah rumah berhantu, menceritakan tentang keluarga yang diganggu oleh roh-roh jahat. The Conjuring 2 didasarkan pada kasus kehidupan nyata yang terjadi di Inggris pada tahun 70-an, dan secara luas dikenal sebagai Enfield Haunting.

The Curse of La Llorona (2019)

The Curse of La Llorona (2019)

Berlatarkan dalam The Conjuring Universe, Dead to Me. Linda Cardellini berperan sebagai pekerja sosial (Anna) yang sedang menyelidiki kematian dua anak laki-laki. Berdasarkan ceritanya,  La Llorona, "wanita yang menangis" dalam film itu adalah hantu pendendam yang menenggelamkan anak-anaknya sendiri, dan bersembunyi di sekitar air untuk menunggu korban baru. 

The Exorcist (1973)

The Exorcist (1973)

Jika Anda belum pernah menonton The Exorcist, Anda pasti pernah melihat jutaan parodi tentangnya. Berdasarkan buku dengan judul yang sama, The Exorcist bercerita tentang hantu yang merasuki seorang gadis muda setelah bermain dengan papan Ouija. Film ini diikuti oleh dua pendeta yang berusaha untuk menyingkirkannya dari entitas jahat. Beberapa dekade kemudian, The Exorcist tetap menjadi film horor klasik yang benar-benar mengerikan yang menampilkan efek khusus yang luar biasa.

The Forever Purge (2021)

The Forever Purge (2021)

The Purge Universe terus berkembang, dan kali ini ditujukan kepada siapa saja yang memakai topi MAGA. Saat itu tahun 2048, dan The New Founding Fathers of America berhasil mengembalikan Purge setelah delapan tahun absen. Namun, sekte berbahaya ini ingin memanggil "Ever After Purge", yang berarti bahwa mereka bebas membunuh siapapun dan kapanpun mereka inginkan. Film ini mengisahkan keluarga imigran Meksiko ketika mereka berusaha untuk tetap aman dari diskriminasi rasis dan pemberantasan tanpa batas.

The Night House (2020)

The Night House (2020)

Beth (Rebecca Hall) dihantui oleh kasus bunuh diri suaminya, dan catatan samar yang ditinggalkannya. Tinggal sendirian di rumah danau tepi danau, Beth memilah-milah peninggalan suaminya, dan mulai mengalami penglihatan aneh setiap malam. Ia dibawa ke rumah lain yang identik dengan rumahnya sendiri, tetapi memiliki denah lantai terbalik, dan penemuannya benar-benar menghancurkan realita. Beberapa twist dan kejutan, bersama dengan ketakutan yang nyata, membuat The Night House tidak dapat dilewatkan.

The Omen (1976)

The Omen (1976)

Anak-anak terkadang bisa sangat jahat. Dalam The Omen, sebuah keluarga secara tidak sengaja mengadopsi Damien, seorang anak laki-laki yang mungkin adalah Antikristus. Setelah kehilangan anak mereka sendiri, Robert (Gregory Peck), mengadopsi Damien sebagai penggantinya. Namun, hal-hal aneh mulai terjadi di rumah, mulai dari bunuh diri yang tidak terduga hingga kematian mendadak. Beberapa sekuel, dan remake tahun 2006 dibintangi Julia Stiles.

The Shining (1980)

The Shining (1980)

Berdasarkan buku karya Stephen King, The Shining rasanya tidak tidak perlu banyak pengenalan. Jack Nicholson berperan sebagai Jack Torrance, seorang pria yang mengalami “writer’s block”, yang memindahkan keluarganya ke Overlook Hotel untuk musim dingin. Namun, tulisan Jack tidak kunjung berjalan, dan putranya mulai mendapat firasat karena memiliki kemampuan psikis. Tidak lama sebelum Jack mulai kacau secara mental, dan pikirannya beralih ke pembunuhan.

Tusk (2014)

Tusk (2014)

Jika Anda mencari sesuatu yang sedikit berbeda, Tusk pasti cocok untuk Anda. Justin Long berperan sebagai Wallace, seorang podcaster menjengkelkan yang terbang ke Kanada, yang mana dirinya memutuskan untuk mewawancarai seorang pensiunan pelaut bernama Howard yang menawarkannya sebuah tempat tinggal. Howard mengungkapkan bahwa ia pernah diselamatkan dari kapal karam oleh seekor anjing laut bernama Mr. Tusk, dan saat itulah masalahnya benar-benar dimulai. Anda tidak akan percaya jika saya memberitahu Anda apa yang terjadi, jadi sebaiknya Anda menonton saja.

Twin Peaks: Fire Walk With Me (1992)

Twin Peaks: Fire Walk With Me (1992)

Jika Anda belum pernah menonton serial TV, jangan khawatir. Karya David Lynch Twin Peaks adalah film horor menyeramkan yang dapat dilihat sebagai cerita yang berdiri sendiri. Fire Walk With Me melacak tujuh hari terakhir kehidupan seorang Laura Palmer, menjelajahi semua petunjuk dan misteri yang mengelilingi pembunuhannya. Gaya khas Lynch sangat berpengaruh, dan menjadi seorang gadis remaja tidak pernah terlihat semenakutkan ini.

Baca juga:

10 Film Horror Terbaik di 2019, Mana yang Belum Ditonton?

13 Foto Vintage Red Carpet Dari Penayangan Perdana Film Horor Klasik

(Penulis: Amy Mackelden; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of Bazaar US)