Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

13 Foto Vintage Red Carpet Dari Penayangan Perdana Film Horor Klasik

Lihat tampilan Jada Pinkett Smith dan Drew Barrymore ikonis rock tahun '90-an di pemutaran perdana film 'Scream', ditambah foto karpet merah dari film horor klasik lainnya.

13 Foto Vintage Red Carpet Dari Penayangan Perdana Film Horor Klasik
Courtesy of Bazaar US

Sudah umum bagi para bintang untuk memulai karier mereka dengan mengambil peran dalam film horor. Itu terjadi pada Kevin Bacon di Friday the 13th 1980, Jennifer Aniston di Leprechaun 1993, dan Jamie Lee Curtis di Halloween (1978). Dan jangan lupa bahwa Matthew McConaughey melakukan tugas ganda dalam genre horor, memulai kariernya berakting bersama Renée Zellweger di The Texas Chainsaw Massacre: The Next Generation tahun 1995, serta muncul dalam episode orisinal Unsolved Mysteries.

Daftar urutan teratas para aktris yang memulai film-film menakutkan terus berlanjut. Tapi film horor bukan hanya tempat di mana selebriti mendapatkan kredit akting pertama mereka. Beberapa film kemudian menjadi sebuah karya klasik kultus dengan caranya sendiri. Jadi untuk menghormati musim spooky dan maraton film horor di mana-mana, mari kita melakukan perjalanan menyusuri karpet merah yang mengerikan dan mengunjungi kembali pemutaran perdana 13 film horor klasik.

1. Psycho (1960)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Sutradara Alfred Hitchcock mengemil pretzel raksasa di pemutaran perdana Psycho pada 28 September 1960.

Untuk menutupi berbagai plot twist yang terjadi di awal film, master of suspense yang terkenal mengumumkan selama konferensi pers bahwa bioskop akan memberlakukan "kebijakan presentasi yang lebih berani" yang secara ketat melarang masuk terlambat ke semua pemutaran film. Jika Anda datang terlambat ke teater, Anda harus menunggu sampai pertunjukan berikutnya. Secara tidak disadari, teknik pemasaran ini membangkitkan rasa ingin tahu penonton, dan film ini ternyata sukses besar.

2. Scream (1996)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Drew Barrymore tersenyum di karpet merah perdana Scream di London pada 25 Januari 1997.

Film tersebut, yang dirilis di Amerika Serikat pada 20 Desember 1997, memasarkan Drew sebagai bintang utama, sehingga penonton sangat terkejut ketika karakter Drew, tewas di adegan pembuka film. Momen mengejutkan datang atas saran dari Drew sendiri, yang awalnya ditawari untuk memainkan peran utama, tetapi malah mengambil peran dengan kematian pembuka untuk menggagalkan ekspektasi penonton.

3. The Birds (1963)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Aktris Tippi Hedren (yang berada di sisi kanan) melihat sutradara Alfred Hitchcock berpose ke langit pada pemutaran perdana The Birds pada 11 Mei 1963.

Dalam sebuah wawancara televisi di The Dick Cavett Show, Alfred mengungkapkan bahwa sekitar 3.200 burung dilatih untuk tujuan menggunakannya dalam film.

4. The Shining (1980)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Jack Nicholson tersenyum di pemutaran perdana The Shining di London.

Sebagian besar interior hotel Overlook difilmkan pada panggung suara di Borehamwood, Inggris, sedangkan foto eksterior hotel diambil di Timberline Lodge di Oregon. Pada tahun 2019, kapak terkenal yang digunakan Jack dalam film tersebut terjual dalam lelang dengan harga lebih dari $200.000.

5. The Exorcist (1973)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Garis antre memenuhi blok untuk pertunjukan pertama The Exorcist, yang dirilis pada 26 Desember 1973.

Film ini cukup menyebabkan kegemparan pada debutnya. Dilaporkan bahwa beberapa orang pingsan selama pemutaran film, dan banyak yang bahkan meninggalkan teater lebih awal karena mereka terlalu takut.

6. Halloween H20 (1998)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Pada pemutaran perdana Halloween H20 tahun 1998, bintang Jamie Lee Curtis menunjukkan pose peace saat ia berjalan di karpet merah bersama ibunya, aktris Janet Leigh dari Psycho.

Dalam potongan terakhir film, penggemar bermata elang akan dapat menunjukkan bahwa Michael Myers mengenakan empat variasi topeng putih ikonik sepanjang film.

7. Rosemary's Baby (1968)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Bintang Mia Farrow (di kiri) dan aktris Sharon Tate (di kanan) tampil di pemutaran perdana Rosemary's Baby di Cannes, 1968.

Robert Redford (bintang film Butch Cassidy dan The Sundance Kid) awalnya dicari untuk memainkan peran sebagai suami Rosemary, tetapi ia tidak dapat menerimanya karena komitmen penjadwalan sebelumnya. Aktor-aktor lain, termasuk Jack Nicholson, ikut menguji peran tersebut, tetapi akhirnya jatuh ke tangan John Cassavetes.

8. House of Wax (2005)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Paris Hilton tiba di acara Los Angeles untuk menghormati perilisan House Of Wax pada 6 Mei 2005.

Untuk memanfaatkan ketenaran tabloid Paris pada saat rilis film, mereka menggunakan slogan "See Paris Die" pada poster, iklan TV, dan bahkan kaos.

9. Bram Stroker's Dracula (1992)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Bintang Winona Ryder menghadiri pemutaran perdana Hollywood Bram Stroker's Dracula di Mann's Chinese Theatre pada 10 November 1992.

Dalam beberapa adegan, jeli merah ternyata digunakan untuk darah. Karena jika Anda akan membuat film tentang pengisap darah paling terkenal, setidaknya Anda akan membuat "darah" terasa enak, bukan?

10. The Amityville Horror (1979)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Bintang James Brolin dan aktor Peter Fonda berpose bersama di pemutaran perdana The Amityville Horror di New York City pada 24 Juli 1979.

Film rumah berhantu, yang didasarkan pada kisah nyata, sukses besar di box office, meraup lebih dari 86 juta US Dolar atau 1,225,633,300,000 rupiah (sekitar 300 juta US Dolar atau 4,275,465,000,000 rupiah pada tahun 2020). Film ini akhirnya melahirkan lusinan sekuel, spin-off (karya turunan dari karya orisinil), dan tiruan.

11. A Nightmare on Elm Street 5: The Dream Child (1989)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Bintang Robert Englund dan istrinya, dekorator set Nancy Booth, berpose konyol di premier setelah pesta New York City untuk A Nightmare on Elm Street 5: The Dream Child pada 10 Agustus 1989.

Aktor horor terkenal itu mengenakan pakaian Freddy Krueger untuk delapan film Nightmare on Elm Street, serta spin-off televisi berumur pendek, Freddy's Nightmares.

12. Scream 2 (1997)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Jada Pinkett Smith berpose di karpet merah pada pemutaran perdana Scream 2 di Los Angeles, 1997.

Sekuel horor ini memulai debutnya di bioskop pada 12 Desember 1997, kurang dari satu tahun setelah yang pertama meluncur ke layar lebar. Film ini merayakan akhir pekan dengan hasil pembukaan 32 juta US Dolar (456,049,600,000 rupiah), menghasilkan lebih dari akhir pekan pertama Titanic, yang dibuka dengan 28 juta US Dolar (399,043,400,000 rupiah) pada minggu berikutnya.

13. The Silence of the Lambs (1991)

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Bintang Jodie Foster berhasil kenakan dua potong hitam di pemutaran perdana karpet merah Los Angeles The Silence of the Lambs pada 1 Februari 1991.

Untuk karyanya dalam film tersebut, Jodie membawa pulang Academy Award untuk aktris terbaik. Lambs juga mencetak Oscar untuk aktor terbaik (Anthony Hopkins sebagai Hannibal Lector), skenario terbaik, sutradara terbaik, dan film terbaik. Hingga saat ini, hanya enam film horor yaitu The Exorcist (1974), Jaws (1976), The Silence of the Lambs (1991), The Sixth Sense (1999), Black Swan (2010), dan Get Out (2017), yang memperoleh nominasi film terbaik di Oscar. The Silence of the Lambs adalah satu-satunya yang memenangkan kehormatan.

(Penulis: Alex Aronson; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)